Penghujung Oktober 2012

loading...

Sesuai judulnya, jadi saya mau cerita apa saja yang terjadi di bulan Oktober ini.

1. 3-16 Oktober kedua sahabatku (Gini & Maria) dari Jakarta, mengunjungiku. Kurang lengkap sih, ada satu lagi sahabatku. Pengennya mereka datang bersamaan, bertiga, sayangnya Gini & Maria tidak sabar mengunjungiku :D.

Oh ya mereka tiba tanggal 3 Oktober. Tanggal tersebut adalah hari nasionalnya Jerman, dikenal sebagai hari penyatuan Jerman. Detailnya klik disini. Berhubung hari libur, jadi semua toko dan pusat perbelanjaan tutup. Hari itu kami hanya jalan-jalan di kota tua Bad Wimpfen, karena lokasinya juga dekat dengan rumah saya.

Jalan-jalan di Kota Tua Bad Wimpfen

Kamis paginya 4 Oktober, kami menuju München, naik kereta. Di München hanya satu malam. Detail ceritanya klik disini.

11-13 Oktobernya kami jalan-jalan ke Paris, akhirnya kesampean juga lihat menara Eiffel, namun ternyata saya merasa lebih terkesan dengan indahnya museum Louvre :). Detail ceritanya klik disini.

Hari-hari lainnya kedua sahabat saya berpetualang berdua di Eropa karena saya harus pergi kursus dari Senin hingga kamis.

Ketika keduanya kembali ke Jerman, kami menghabiskan waktu bersama. Belanja ke supermarket, lalu ke toko sebelah keduanya belanja baju. Sampai di rumah saya bikin cemilan Schinken-Schnecken. Resepnya klik disini lalu kami main congklak (khusus minta Maria bawa dari Jakarta), eh biji congklaknya kurang dua :(, pakai batu deh supaya pas!. Kemudian kami melihat-lihat foto-foto lama di media sosial yang kami ikuti, tertawa-tawa lepas melihat foto-foto kami. Ada hari dimana Gini panen tomat di kebun saya.

Kebersamaan Kami. Satu hari sebelum sahabatku Kembali ke Jakarta

Dan hari terakhir, masih sempat saja kedua sahabat saya ingin belanja. Oh salah satu sahabat saya di Jerman, Ni luh namanya, katanya dia bosan dirumah, jadi saya ajak sekalian menemani Maria dan Gini belanja. Kata pak supir bangku belakang kan bisa tiga penumpang, pas deh :).

Kalau jalan-jalan, beres-beres koper mendingan hari terakhir, cape bongkar lagi, bongkar lagi :D. Akhirnya semua bisa masuk ke dalam koper. Hasil jalan-jalan, Gini beli tujuh tas ber-merek, Maria beli tiga atau empat ya (lupa), dari Belanda mereka beli keramik-keramik, beli baju-baju, di Jerman beli 3 atau 4 botol (plastik) bir, sari buah. Busyetttt …

Hiks hiks Sedih Sahabatku Kembali ke Jakarta

Kita coba dong angkat koper, masih keangkat ko, belum 25 kg deh nih!. Frank suruh kami coba angkat botol air minum 24 liter, kami bilang wah berat sekali!. Koper Gini & Maria tidak seberat itu ko. Ternyata ..

Tiba di counter check in bandara Frankfurt, total kelebihan bagasi Maria dan Gini adalah 24 kg. Terbang dengan Lufthansa (ekonomi) hanya boleh membawa 23 kg bagasi, tidak boleh lebih 1 kg pun!. Kalau penerbangan timur tengah kan masih agak longgar aturannya. Bagasi perorang 25 kg dan lebih 2-3 kg tidak masalah.

Setelah tiga kali mengeluarkan isi koper dan tiga kali balik timbang ke counter check in, akhirnya berhasil deh, kedua koper masing-masing 23 kg, dan lainnya dimasukkan jadi tentengan ke kabin. Perorang bawa 3 sampai 4 tentengan yang berat, untungnya lolos bisa bawa sampai ke dalam pesawat dan tidak dipermasalahkan petugas, untung kedua cuma transit 1 jam di Singapur, jadi Maria dan Gini tidak repot-repot amat dengan tentengan kanan kiri, dan yang dipunggung.

Mereka pilih Lufthansa, dengan pertimbangan tiket sedikit lebih murah. Besok-besok lebih baik bayar sedikit lebih mahal, asal bagasi bisa bawa banyak (khusus yang hobby belanja) ;-).

2. Waktu musim dingin dimulai pada 28 Oktober jam 3 pagi. Jam dimundurkan 1 jam. Jadi sekarang perbedaan waktu antara Indonesia bagian barat dan Jerman adalah 6 jam. Pergantian waktu ini selalu dilakukan pada akhir bulan Oktober (pergantian waktu ke waktu musim dingin) dan pada akhir Maret (pergantian waktu ke waktu musim panas).

Selain di Islandia, negara-negara di Eropa menerapkan sistem pergantian waktu ini. Dan selain di Eropa. pergantian waktu juga diterapkan di sebagian besar negara bagian di Kanada dan Amerika Serikat serta di beberapa negara di Asia dan Afrika.

Penerapan dua waktu musim ini pertama kalinya digagas oleh Benjamin Franklin, yang idenya adalah agar waktu untuk menikmati sinar matahari lebih panjang pada saat musim panas. Kala itu gagasan Franklin adalah penggunaan waktu musim panas. (dikutip dari DWIndonesia).

Suamiku, Frank sudah bilang pas hari minggunya, supaya jam dinding dan jam tangan disesuaikan waktunya. Kalau jam digital dan komputer sih secara otomatis berubah sendiri. Buat pendatang di Eropa yang tidak mengetahui aturan ini, cukup merepotkan. Yang enaknya tidur bisa satu jam lebih lama euy! ;-).

3. Kebunku resmi ditutup!. Tahun ini salju datang lebih awal (walaupun belum tebal). Kalau tahun lalu, bulan Nov saya masih bisa asyik berkebun, ya walau berdingin-ria :D. Salju pertama turun pada sabtu 27 Oktober. Untungnya kebunku masih baik-baik saja. Saya juga sudah sempat memindahkan rak bunga berikut beberapa tanaman kedalam rumah.

Video salju pertama 2012

Sabtu dan minggu setelah berpakaian lengkap untuk melawan ganasnya udara dingin. Tanaman cabai yang berada di tanah langsung, saya pindahkan ke pot supaya bisa taruh didalam rumah (tidak semua saya taruh di pot). Tanaman tomat, saya bungkus beberapa bagian buahnya yang masih tampak bagus, yang menurut saya masih bisa diselamatkan.

Perlengkapan Tempur Sudah Lengkap, Siap Melawan Cuaca Dingin

Baju lengan panjang dobel, pakai sarung tangan, lalu dilapis sarung tangan plastik, kaos kaki dan sandal tertutup. Tetap saja tangan rasanya tebal sangking dinginnya, padahal masih minus 1,2 loh!. Bagaimana rasannya di Siberia (Rusia) yang sampai minus 30 derajatnya ya? bbbrrrrr…

Karena suhu minus pada malam 28 Oktober telah merusak seluruh taman saya maka senin sore (29 Okt) saya membongkar seluruh taman.

Tamanku 29 Okt. 2012 Jam 4.55 Sore. Taman Siap di Bongkar dan Bersihkan

Berikut ini keadaan tanaman dan kebun saya :
Bunga Dahlia Jenis Kaktus Park Princess, saya sangat suka tanaman ini, karena bunganya besar dan bentuknya seperti kembang api. Dibawah ini foto terakhir, sebelum salju merusaknya.

Bunga Dahlia Jenis Kaktus Park Princess Foto Terbaik terakhir pada 21 Oktober 2012.

Dahsyatnya Suhu Minus malam 28 Oktober 2012, menamatkan riwayat Bunga Dahlia. Foto kanan, tanaman dibersihkan dari Ranting dan Daunnya lalu disimpan untuk Tanam Tahun Depan

Tanamannya saya bersihkan dari daun-daun dan rantingnya, semua saya gunting, hingga menyisakan umbinya saja. Wah senangnya, ternyata ada beberapa umbi baru (warna agak putih), tahun depan saya bisa pisahkan untuk tanam di beberapa tempat ;-). Saya pernah menulis cerita mengenai bunga ini, detailnya klik disini.

Bunga Dahlia Schmuck

Kiri Schmuck Dahlia Pada 21 Okt. Kanan Sesudah Tanaman di Bongkar dan dibersihkan

• Malva Sylvestris

Kiri Malva sylvestris L. pada 21 Okt. Kanan setelah terkena serangan suhu dingin 28 Okt. Terpaksa dibongkar

Saya sudah simpan bibit-bibit bunga ini.

Saya pernah menulis cerita mengenai bunga ini, detailnya klik disini

• Beberapa jenis bunga Gladiol
Tahun ini belum muncul bunganya, karena bunga baru akan muncul di tahun kedua atau ketiga setelah penanaman. Setelah tanaman saya bersihkan, maka umbinya saya simpan untuk ditanam lagi tahun depan.

Tanaman Bunga Gladiol. Foto Kanan Setelah dibersihkan

• Tanaman Tomat

Tanaman Tomatku Masih Sehat 21 Oktober

29 Okt. 2012 KebunTomatku Tamat Riwayatnya

Tanaman tomat tidak ada yang bisa diselamatkan, karena ukurannya yang sekitar 2 meter, terpaksa saya babat habis. Tomat yang kecil (cerry tomat) tidak bisa diselamatkan juga, tanamannya sudah layu daunnya, saya bongkar juga.

Kalau Tomat Masih Mentah Seperti ini bisa diapakan ya. Paling buat hiasan saja 😀

Untungnya saya sudah menyimpan bibit-bibit dari beberapa jenis tanaman tomat yang saya miliki ;-).

Video terakhir kebun tomat 21 Okt. 2012

Saya pernah menulis cerita mengenai kebun tomat saya, detailnya klik disini.

• Tanaman Cabai & Paprika

Kebun Cabai dan Paprika 21 Okt. 2012

Tahun ini saya belum panen tanaman cabai & paprika, sayang sekali yang ditanam di tanah langsung (taman) sudah tamat riwayatnya.

29 Okt 2012 Tamat Riwayatnya Kebun Cabai & Paprika

Kayu dan Spiral Penyangga Tanaman di Bersihkan dan Bisa diGunakan Lagi Tahun Depan

Yang berhasil diselamatkan:

Tanaman Cabai dan Paprika, satu minggu sebelumnya sudah saya taruh didalam rumah, ada juga yang mulai ditaruh rumah 28 Okt. Siang.

Beberapa Tanaman Cabai & Paprika yang Sempat diselamatkan

Kebun Dalam Rumah hehehe

Tamanku 29 Okt. 2012 Jam 6.29 Sore. Tanaman sudah dibersihkan. Mulai Minggu ini Cepat Sekali gelap

Tulisan lain mengenai tamanku silakan lihat daftar isi my garden

4. Statistik Blog. Page Rank masih tetap di angka 1. Susah ya naikkinnya, kalau mau ke posisi no. 2 konon folower blog harus diatas 500, sedangkan saya saat ini masih di angka 383. Kalau terlihat banyak itu karena dari sosial media, tidak masuk hitungan wordpress. Atau ada cara lain untuk menaikkan peringkatnya?


Page Rank Check

Alexa sekarang makin bagus angkanya, dulu malu pasangnya karena berjuta-juta. Sejak Oktober 2012 semakin sering menulis, semakin baik peringkatnya. Terakhir cek 29 Oktober sudah diperingkat 852.132 ;-).

Alexa Blog pursuingmydream di Bulan Oktober 2012

Page View blog juga semakin baik. Untuk bulan Oktober, rata-rata per hari sudah 512 pageview.

Site Stats Blogku Semakin Bagus Hingga Per Oktober 2012

5. Tema Blog. Saya paling sering sekali gonta ganti tema blog. Tiap kali ada new release dari WordPress pasti iseng saya coba. Yang terakhir sudah mantap dengan tema Lovebirds. Latar belakangnya baru saya ganti dengan tema musim gugur yang serba nuasa orange.

Tema Baru Blogku Sesuai Musim Gugur

Oh ya belakangan kepikiran mau hilangkan embel-embel belakangnya alamat blog (dot WP), jadi ceritanya pengen gunakan yang berbayar, menjadi pursuingmydream.com sayangnya yang dotcom tersebut sudah ada yang punya :(.

6. Suami dan saya, kami akan pindahan kontrakan per 1 November nanti. Tidak jauh dari rumah yang sekarang, kalau naik kereta sekitar 10 menit. Jadi rumah lagi seperti kapal pecah deh, banyak karton, kotor, berantakan..

Kenapa pindah rumah? Karena kontrakan yang sekarang mau dijual pemiliknya, sedangkan kami setelah pikir panjang, tidak jadi membelinya karena terlalu mahal dan ukurannya juga terlalu kecil, kecuali kalau mau dikontrakin lagi.

Mungkin Anda tertarik? ukuran rumahnya 60 Meter. Jangan kanget dengan harganya banyak angka nolnya. Harganya 80.000 Euro, mau tahu berapa rupiah, tinggal kali Rp.12.000 ; kalau di Jakarta bisa dapat yang luas berapa ya dengan nominal tersebut :D.

Oh ya di Indonesia musim apa ya saat ini? Berita yang lagi hangat apa sih? Soalnya saya sudah jarang baca berita seputar tanah air

.

Sampai disini dulu ya curhatnya. Selamat pagi Indonesia, selamat malam Jerman. Saat ini di Indonesia bagian Barat jam 7.35 pagi dan di Jerman jam 1.35 dini hari. Saya mau tidur dulu ya ;-).

Tulisan Terkini:

Advertisements

54 thoughts on “Penghujung Oktober 2012

  1. Pingback: Sambal Ulek Andaliman | Rumah Silaen Salzgeber

  2. Wa.aaw akhir Oktober 2012 semua dapat perhatian penuh, Persiapan tutup buku ya mbak, he.he Mulai blog walking sungguhan teman2, waktu tidur bertambah dengan tibanya musim dingin, upacara penutupan kebun kesayangan(?), pindah rumah …sampai ‘rapor’ blog! tahu ‘ndak views blog mbak Nella 3.000 views di depan blogku mendorong aku blogwalking lho. Menaikkan PR? Mungkin harus bertanya ke http://blogs.indonesiamatters.com/?lang=en.

  3. Waaah, kasihan banget ya Mba Nella tanaman yang kena serangan musim dinginnya. Bener-bener beda keadannya.
    Selalu suka dengan poto-poto Jermannya. Melihat dari sudut pandang langsung orang yang tinggal di sana menyenangkan. 🙂
    Semoga pageranknya naik terus dan followernya bertambah ya Mba Nella. Blognya enak banget kok buat diikutin dan dibaca.. 🙂

  4. Asik, ada salju 🙂

    url z1riders.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

    • Iya Akang repot nih. Kalau di Indonesia cuacanya bagus bisa sepanjang tahun bercocok tanam.
      Dimasa depan saya pengen punya rumah kaca (green house) supaya bisa bercocok tanam ketika winter :D.

  5. gak kebayang dah siberia -30 derajat celcius 🙁 lalu kesibukan musim dingin apa aja disana kak? kalau di Indonesia skrg lg musim hujan (ditempatku), berita yg hangat adalah pak Ical (yg kasus lapindo) mau mencalonkan diri jadi presiden. Boro-boro mau jadi presiden, kasus lapindo aja gak beres-beres. Btw, kak, adikku baru tiba di Jerman, di Duisburg. Jauhkah dari tempat kakak?

  6. iya mbak biasanya tomat ijo bisa juga dibuat sambel. btw suaminya doyan makanan indonesia jugakah? katanya kan bule gak begitu suka yang pedes2… 😀

  7. Mbak di Jerman nya di kota apa sih? weekend lalu kita maen ke Biggest Mall in europe di Jerman (lupa namanya) 😀 memang udah dingin banget! Pas balik sampai di Belanda, ada hujan es.. ckckck.. ternyata musim dingin datang lebih awal ya?!?

      • Iya mba di Belanda juga musim dingin datang lebih awal. Udah sering ujan es batu di sini, kratak krutuk bikin sakit, kepala serasa kena timpuk ;D

        Orang banyak bilang katanya Christmast market di Jerman bagus ya mba? di kota apa yang seru ya?

        • Untungnya di sini belum hujan es batu :D.

          Iya saya suaka suasana Christmas market penuh warna warni lampu lampu hias, harum makanan, kue-kue yang di jual bikin lapar mata,
          pajangan-pajangan yang didagangkan cantik-cantik.
          Ayu maunya ke kota apa? kalau saya paling ke lokasi dekat rumah (skala kecil).
          Banyak travel agent menawarkan wisata yang termasuk melihat pasar malam tersebut
          atau coba cari infonya di google deh ;-).

          ah ga sabar tibanya bulan Desember :D.

  8. Kata temenku di Nuenberg, salju datang lebih cepat …. Nggak kebayang dinginnya kayak apa disana ya mbak. Persiapan tempurnya udah oke tuh, hehehhhe.

    Aduuhh kebunnya sayang ya, padahal bunganya cantik-cantik dan sayurannya juga pada seger.

  9. ih seru bangeeeeeeeetttt didatangin sahabat2nya, kebunnyaaa wooww….lg musim dingin yah disana??

    url menalarasati.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

Comments are closed.