Efek Samping Booster Vaksin Pfizer BioNTech Muncul Infeksi Herpes Zoster

Efek Samping Booster Vaksin Pfizer BioNTech Muncul Infeksi Herpes Zoster. 1 Juli 2022 hari ketiga bercak gatal bentol bintil merah di punggung kananku. Rasanya tidak nyaman, kombinasi antara gatal dan nyeri. Bintil merah tersebut isinya cairan. Kemarin saya suruh suami potret bercak merah tersebut karena potret sendiri walau pakai timer hp tidak bisa pas di posisi ruam tsb.

Efek Samping Booster Vaksin Pfizer BioNTech Muncul Infeksi Herpes Zoster

Ruam merah tersebut posisinya di tali bh kalau pakai bra ya makin tertekan dan nyeri.. Contoh pada gambar thumbnail diatas (gambar tengah), kalau pada gambar dibagian kiri nah saya gatal infeksi dibagian kanan.

Waktu nyusun artikel ini hampir selesai iseng ngegoogle pakai bahasa Indonesia, ngakak ada yang viral di Tiktok, seorang cowok yang mengira timbul jerawat di wajahnya. Bentol merah di wajah kalau bening isi cairan bukan jerawat ya, bisa jadi itu infeksi herpes, nih mau saya jelaskan lebih lanjut, yuk simak ..

Tulisan Terkini

Saya belum cerita detail mengenai gatal bentol ku, pak suami langsung bilang ini Gürtelrose efek samping vaksin Pfizer. Kamu divaksin lagi saja kata suami, “.. lah kan aku sudah dapat booster” jawabku. “..Kali ini minta vaksin Gürtelrose bukan vaksin covid” suami menjawab.

Suami menjelaskan banyak orang yang mendapat vaksin Pfizer mendapat keluhan Gürtelrose, jadi BioNTech mengeluarkan vaksin Gürtelrose tersebut. Halah ini kita ko jadi seperti kelinci atau hewan percobaan di lab itu ya jawabku, di coba-coba vaksin ini itu, ada efek samping bikin vaksin baru lagi. Pak suami ketawa saja karena dia sejak awal tidak mau di vaksin.

Setelah di vaksin covid malah kudapat infeksi virus herpes OMG sedihnya ..

Efek Samping Booster Vaksin Pfizer BioNTech Muncul Infeksi Herpes Zoster

Dugaan Infeksi Herpes Zoster hari kedua 30.06.2022

Gürtelrose (bahasa Jerman) juga dikenal sebagai Herpes zoster (nama lain: shingles atau cacar ular cacar api) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Setelah seseorang menderita cacar air, virus varicella-zoster akan menetap dalam kondisi dorman (tidak aktif atau laten) pada satu atau lebih ganglia (pusat saraf) posterior.

Apabila seseorang mengalami penurunan imunitas seluler maka virus tersebut dapat aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi ke kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes zoster.

Di kulit, virus akan memperbanyak diri (multiplikasi) dan membentuk bintil-bintil kecil berwarna merah, berisi cairan, dan menggembung pada daerah sekitar kulit yang dilalui virus tersebut.

Herper zoster cenderung menyerang orang lanjut usia dan penderita penyakit imunosupresif (sistem imun lemah) seperti penderita AIDS, leukemia, lupus, dan limfoma.

efek samping vaksin booster pfizer

Infeksi Herpes Zoster pada punggung kanan pas di tali bra. Pakai blitz jadi lebih terang terlihat bentol nya. Hari kedua infeksi 30.06.2022

 

Baca jugaAnak Mimisan Saat Tidur Malam Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cerita awal dapat vaksin covid

  • Vaksin 1 Moderna (27.06.2022). Lengan kiri yang disuntik dengan alasan tangan kanan lebih banyak dibutuhkan untuk aktifitas, kalau sakit, kebas setelah disuntik tidak bisa beraktifitas nantinya. Efek setelah di vaksin sakit di lokasi suntikan, nyeri otot, ngantuk dikit. Seminggu kemudian muncul gatal-gatal (ruam bintil merah) di paha kanan. Saya usap saja kalau gatal kuatir menyebar, gatal-gatal berupa ruam kulit membentuk lingkaran. Kalau tidur tentu saja tidak sadar menggaruknya kan. Setelah mendapat vaksin 2 Moderna lagi, saya mikir apakah akan mendapat efek samping yang sama, dan iya dong seminggu setelah vaksin dan tempatnya sama persis ditempat ruam kulit sebelumnya.
  • Vaksin 2 Moderna (08.08.2022). Lengan kiri lagi yang disuntik. Efek sakit dibekas suntikan, namun tidak sesakit yang pertama, tidak mengantuk Seminggu kemudian muncul gatal-gatal (ruam bintil) di paha kanan tepat dibagian seperti setelah vaksin pertama.
  • Booster 1 Pfizer BioNTech (11.01.2022). Tidak ada efek apapun sampai seminggu setelahnya!. Infeksi herpes muncul setelah 5,6 bulan mendapat booster.

Ruam bintil merah setelah 2 kali vaksin hilang dengan sendirinya, bekasnya jadi kehitaman. Saya tidak kedokter untuk pemeriksaan. Tidak menyangka ternyata 5,6 bulan setelah dapat booster mendapat infeksi yang sama, namun kali ini jumlahnya lebih banyak!.

Ruam herpes efek samping vaksin covid

Gatal bentol merah seminggu setelah vaksin 1 Moderna. Ini hari kedua ruam. Tidak ke dokter, biarin aja hilang sendiri. Foto 5 Juli 2021.

Vaksin pertama dan kedua saya mendapat Moderna, boosternya dapat vaksin Pfizer (messenger RNA). Dari yang pernah kubaca kalau sudah dapat mRNA sebaiknya booster yang berbeda, lah waktu ada program booster adanya vaksin Pfizer, jadi kuterima saja tidak cari yang lain, dan ngantri booster kala itu 2 jam. Antri berdiri di jalanan, waktu itu masih dingin, untung kupakai jaket tebal.

Ruam herpes efek samping vaksin covid moderna

Seminggu setelah vaksin 2 Moderna. Timbul gatal ruam ditempat sama seperti vaksin 1. Keadaan setelah semingguan mulai mengering. Saya tidak ke dokter, biarin aja hilang sendiri. Foto 22.08 2021.

Kalau di Indonesia sudah dapat vaksin 1 dan 2 nya Moderna booster yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI yaitu AstraZeneca, Pfizer, Moderna, dan Sinopharm.

 

Kembali mengenai infeksi Herpes Zoster. Apa itu Herpes zoster dan apa penyebabnya?

  • Herpes Zoster bukan Herpes Genital atau Herpes Simplex, oleh karenanya Herpes Zoster yang merupakan bawaan dari penyakit cacar air atau Varisela Zoster tidak akan menular pada orang lain menjadi Herpes Zoster juga, kecuali orang tersebut belum pernah terkena cacar air, maka ia bisa terjangkit cacar air.
  • Herpes zoster adalah ruam hemilateral, seperti ikat pinggang, sangat menyakitkan (tergantung daya tahan tubuh masing-masing).
  • Ketika ruam cacar air hilang, virusnya tidak: Seperti virus herpes lainnya, virus ini bertahan seumur hidup di tubuh manusia dan bersarang di saraf kranial dan akar saraf sumsum tulang belakang (ganglia tulang belakang dan tengkorak).
  • Dalam keadaan tertentu, misalnya dengan bertambahnya usia dan dengan melemahnya sistem kekebalan, virus varicella-zoster mulai berkembang biak lagi, bermigrasi keluar sepanjang saraf ke kulit. Herpes zoster kemudian berkembang di area suplai saraf, di mana virus sebelumnya telah mundur. Semua bagian tubuh, wajah dan juga organ tubuh seperti mata, telinga atau otak bisa terkena.
  • Vaksinasi Varisela sebaiknya diberikan pada orang yang belum pernah terkena cacar air, tetapi bagi mereka yang telah berusia di atas 50 tahun sebaiknya diberikan Vaksinasi Varisela apakah sudah pernah terkena cacar air atau tidak sebagai booster (penguat), sehingga jika timbul Lepuh (singhle) Herpes Zoster tidak parah.
  • Sebagaimana halnya Vaksinasi MMR yang juga menggunakan virus yang dilemahkan, maka pasien yang divaksinasi harus dalam kondisi Fit agar demam akibat vaksinasi minimal.

Ilmuwan masih terus melakukan penelitian apakah munculnya infeksi Herpes Zoster ini hanya kebetulan setelah mendapat vaksin Pfizer?

  • 6 kasus di Israel. 6 orang ini 1,2% yang dapt vaksin.
  • 121 kasus di Swiss.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah vaksinasi corona tersebut menjadi pemicu Herpes zoster ini „bangun“ (aktif) kembali?.

Saya waktu kecil sudah kena cacar air dan juga sudah mendapat vaksin cacar waktu kecil. Virusnya akan menetap dalam tubuh dalam keadaan dorman (tidak aktif atau laten) ada pemicunya vaksin covid 19 bangun virusnya 🙁 .

Faktor risiko untuk reaktivasi Herpes zoster

Virus hanya menjadi aktif kembali dalam keadaan tertentu. Hal ini terutama terjadi pada defisiensi imun sementara atau terkait penyakit serta usia tua, yang juga terkait dengan penurunan fungsi pertahanan sistem imun.

Trauma, stres, radiasi UV, dan obat-obatan yang melemahkan sistem kekebalan juga dapat memicu terjadinya herpes zoster. Kadang-kadang, herpes zoster juga terjadi secara spontan pada orang muda yang sehat.

Saya usia 43 tahun apakah masuk kategori tua? Haha .. badan ko rasanya sepuh belakangan ini .. saya tidak makan obatan apapun. Vitamin untuk rambut saya makan tiap hari selama 2 tahun belakangan.

Suami menyuruh saya ke dokter kulit supaya mendapat salep, saya bilang ogah kalau harus nunggu lama. Di Jerman kita telp dokter hari ini dapat jadwal 1 atau 2 bulan kemudian ya sudah hilang itu infeksi haha ..

 

Gejala Herpes zoster

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

8 Comments

  1. Oma Kiarra July 30, 2022
  2. yosefin July 4, 2022
  3. Blogmessa July 3, 2022
  4. Blogmessa July 2, 2022

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: