Giant Rhubarb Daun Raksasa Gunnera Asal Brasil Manusia Nampak Seperti Kurcaci Jika berdiri dibawah Tanaman Ini

Giant Rhubarb Daun Raksasa Gunnera Asal Brasil Manusia Nampak Seperti Kurcaci Jika berdiri dibawah Tanaman Ini. Saya terpesona melihat tanaman daun raksasa yang nama ilmiahnya Gunnera manicata ini.

Giant Rhubarb Daun Raksasa Gunnera Asal Brasil Manusia Nampak Seperti Kurcaci Jika berdiri dibawah Tanaman Ini

Dalam bahasa Jerman disebut Mammutblatt, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Brazilian giant-rhubarb atau giant rhubarb.

Gunnera manicata tumbuh sebagai herba yang gugur dan abadi yang mencapai ketinggian hingga 3 meter. Pertama kali melihat langsung saat musim semi pertengahan Mei 2022 di kebun raya Chemnitz (Jerman).

Tulisan Terkini

Saat musim semi itu tanamannya masih kecil, bagian di atas tanah akan mati di musim gugur dan bertunas lagi di musim semi. Mungkin kalau ditanam di negara tropis, atau negara tidak parah sekali musim dinginnya, tanaman ini akan tinggi menjulang.

Kalau lihat foto-foto di mesin pencari dan banyak video youtube kita akan terpesona dan bilang .. Wow ko orang dewasa jadi nampak seperti kurcaci sangking besarnya tanaman Gunnera ini ..“ Haha

Video Daun Raksasa Gunnera Mammutblatt saat musim semi

Musim panas kita kembali mengunjungi kebun raya, karena gratis masuknya rajin berwisata ke tempat ini haha..

Dalam 2 bulan tanaman daun Gunnera menjadi besar sekali, namun belum terllau raksasa seperti saya lihat pada gambar lainnya yang saya lihat di mesin pencari. Untung video saat musim semi belum saya hapus, jadi bisa dilihat perbandingan daunnya. Musim gugur nanti kita akan kesana lagi mau melihat bagaimana perubahan tanaman raksasa tersebut.

Informasi menarik lainnya mengenai daun raksasa Gunnera manicata:

  • Gunnera manicata, yang dikenal sebagai kelembak raksasa Brasil atau kelembak raksasa, adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Gunneraceae dari Brasil.
  • Herba abadi besar yang membentuk rumpun yang tumbuh setinggi 2,5 m (8 kaki) X 4 m (13 kaki) atau lebih.
  • Daun G. manicata tumbuh dengan ukuran yang mengesankan. Daun dengan diameter lebih dari 120 cm (4 kaki) adalah hal biasa, dengan penyebaran 3 m × 3 m (10 kaki × 10 kaki) pada tanaman dewasa.
  • Bagian bawah daun dan seluruh tangkai memiliki paku.
  • Periode berbunga berlangsung dari Juli hingga Agustus (musim panas), ia menghasilkan bunga merah-hijau kecil bercabang berbentuk kerucut, diikuti oleh buah bulat kecil.
  • Tanaman daun Gunnera terutama dibudidayakan untuk daunnya yang besar.
  • Tanaman Gunnera ini tumbuh paling baik dalam kondisi lembab seperti di dekat kolam taman, tetapi tidak menyukai musim dingin yang dingin dan basah.
  • Meskipun nama umumnya “Giant rhubarb (rhubarb/kelembak raksasa)”, tanaman ini tidak ada hubungannya dengan rhubarb sejati (Rheum rhabarbarum) karena bentuknya saja yang mirip rhubarb makanya dinamakan seperti itu. Namun, pada spesies yang ditemukan di Chili, tangkainya dikupas dan dimakan seperti rhubarb sejati.
  • Tanaman daun Gunnera bisa ditanam dari bijinya, namun harus panjang sabar ya. Proses germinasi 14 sampai 90 hari. Lebih mudah menanam pisahan bagian tanamannya (rimpang).
  • Tanaman daun Gunnera ini berasal dari pegunungan Serra do Mar di Brasil, di mana digunakan dalam pengobatan tradisional untuk penyakit menular seksual.

Video Daun Raksasa Gunnera Mammutblatt saat musim panas

Baca juga: 3 Tanaman dengan Satu Nama Kenapa Bunga Wijaya Kusuma dianggap Epiphyllum? Bikin Bingung Anak Cucu

Apakah daun mammoth Gunnera beracun?

Daun Gunnera tidak berbahaya bagi manusia dan hewan, malah hama seperti tikus tanah dan siput suka melahap tanaman ini. Daun Gunnera sangat dekoratif dan sangat mirip dengan rhubarb, kalau kamu punya lahan luas dan suka dengan tanaman unik cocok buat taman kamu.

Walau Daun Gunnera dinamakan Giant rhubarb namun tanaman ini tidak cocok sebagai makanan, kalau rhubarb sejati (Rheum rhabarbarum) enak dimakan. Dari hasil baca di Internet, di Chili, ada jenis Gunnera yang batang dikupas dan dimakan, namun bukan yang jenis Gunnera manicata.

Waktu saya naik bus saya lihat ada orang di Jerman sini nanam tanaman tersebut. padahal lahannya mungil saja, emang ya kalau pehobi sudah suka tanaman unik, tidak peduli ukuran tanaman dan rumah dia ya dibeli & ditanam. Kalau hasil baca-baca, tanaman gunnera ini bisa juga ditanam di pot, kalau saya baru sebatas suka lihatnya saja, kalau taruh terasku ketutup sama tanaman ini aja haha ..

Demikianlah postingan saya kali ini mengenai Giant Rhubarb Daun Raksasa Gunnera Asal Brasil Manusia Nampak Seperti Kurcaci Jika berdiri dibawah Tanaman Ini. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Klik disini semua postingan kebun emaknya Benjamin

3 Comments

  1. Ceritaeka August 20, 2022
  2. Kelix August 2, 2022

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: