Kuliah di Jerman, Mahalkah?

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

50 Responses

  1. Tita Savitri says:

    Hai Nella….salam kenal….saya seneng banget baca postingan2nya, mulai dari kehidupan di Jerman, gardening. pokoknya semuanya deh. Oiya, anak saya yg gede baru kemarin pulang dari Bremen setelah ambil winter semester di sana. Dan anak saya yg kedua (skrg kls 3 SMA), rencana mau kuliah di Jerman juga, setelah UN nanti akan mulai ikut kelas persiapan kuliah di Jerman. Doain ya supaya anak saya bisa kuliah di sana. Salam.

    • Hai mbak Tita salam kenal ya, terima kasih sering berkunjung ke blog saya.
      Wah hebat-hebat anak mbak Tita, semoga semuanya lancar ya mbak hingga putra kedua bisa juga kuliah di Jerman ;-).

  2. Ilmu Kimia says:

    Manteeb. Pengen banget kuliah kimia di Darmstaadt. Kota kimia dan farmasi dunia.

    Salam.

  3. wah bagus bgt postingannya mba, bisa latian listening deutsch sprechen juga sekalian hehe 😀

  4. giewahyudi says:

    Mahal murah itu relatif sih, kalau ada duit ya murah-murah aja sih.
    Kata seorang temen yang baru mulai kuliah di Jerman, enak kok kuliah di Jerman, tapi itu di luar faktor keinginan dia yang sudah lama banget pengen ke sana. 🙂

    • Hai mas Gie, iya enak mas kuliah disini kalau bisa langsung menyesuaikan dengan kehidupan disekitar, seperti salah satu contohnya di mana-mana cuma ada text bahasa Jerman.

  5. wah..thanks infonya ya Mbak. Anakku masih SMP sekarang.. pengen juga suatu saat dapat kesempatan belajar di sana.

  6. Chitra says:

    mba, ada ga full scholarship khusus kedokteran??
    atau teknik informatia 🙂
    rekomendasinya ya mba 🙂

  7. winnymarch says:

    kak kalau teknik undustri kalau mau lanjut S2 di German khususnya fokus ke manajemen produksi dan PPIC bagusnya dmna yah kak?ada rekomendasi gk kak?mksh infonya kakak, nice blog, sehr gut 😀

  8. ryarld says:

    Wah salam kenal bak, baru buka buka blognya nih, dan tulisan ini sangat bermanfaat. Semoga bisa melanjutkan kuliah di Jerman dan bertemu mbak nantinya.

  9. mimpi kuliah di jerman semoga jadi nyata

  10. niee says:

    Pengen deh kuliah di sana, tapi maunya yang gratis 😀

  11. 'Ne says:

    semoga bermanfaat bagi yang berminat ke sana ya mbak hehe.. 🙂

  12. ded says:

    Informasi ini pasti sangat berguna buat banyak orang.
    Trm ksh Nel 🙂

  13. rajacolek says:

    Wah jangankan kuluah ke jerman..SMA aja gak tamat saya hihi..
    Kunjungan mlm nee..di tunggu kunjungan baliknya

  14. Nisa says:

    nice info mbx

  15. JNYnita says:

    Kuliah di luar negeri emang seru tapi jangan kedokteran karena kalau mau praktek di Indo, harus menjalani adaptasi aka jadi ko-as lagi..

  16. diana says:

    makasih banyak ya…berguna sekali utk anak saya

  17. Asep Nugroho says:

    Infonya very nice,makasiiih mbakk…:D

  18. Makasih Mba Nella.. bermanfaat banget nih info kayak beginian. pengen mulai nyari beasiswa keluar negeri emang. Hehehe. Semoga banyak yang terbantu ya dengan postingan ini.. 🙂

  19. katrinaedwards says:

    present here to appreciate this very good information…thank you Sis 🙂

    ~ KeY

    url katrinafarahdianayusof.wordpress.com dihapus pemilik blognya. katrinafarahdianayusof.wordpress.com is no longer available.

    The authors have deleted this site. Update 07.01.2017

  20. ahsanfile says:

    Kalau di hitung-hitung sih lebih murah di luar negeri mba sekarang dari pada kuliah di kampus favorit tanah air… mulai dari uang masuk, biaya kos sampai makan… sekarang muahalll banget … jadi kalo ditotal malah beberapa lebih murah di LN….

    hi hi hi, kapan yah aku bisa nyusul ke sana…

  1. November 1, 2012

    […] Kuliah di Jerman, Mahalkah?. […]

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: