Hapalkan Kode Huruf Abjad Alfa Bravo Charlie Delta Echo Agar Komunikasi Nyambung

Hapalkan Kode Huruf Abjad Alfa Bravo Charlie Delta Echo Agar Komunikasi Nyambung. Siapa yang tahu kode Alfa Bravo Charlie Delta Echo mungkin kamu seperti saya bekerja sebagai call center atau pekerjaanmu via telp atau masukin data atau apapun itu ada hubungannya dengan huruf-huruf.

Hapalkan Kode Huruf Abjad Alfa Bravo Charlie Delta Echo Agar Komunikasi Nyambung

Saya menuliskan ini karena barusan mengalami lagi situasi bingung dengan lawan bicara haha .. lagi nanya suami alamat website yang dia bilang buat kereta ke Leipzig, lalu ada dua kata saya tidak mengerti, trus dia bilang:

Richard, Emil 6“ lalu saya bengong, „..apaan?“ Tanya saya, lalu suami mengulangi kata yang sama. Kamu ngomong apaan sih,„saya nanya website kereta api tahu!“ Teriak saya bingung. Saya diam beberapa saat Ooh maksud dia „re 6 kali yaa“ saya cari di internet chemnitz leipzig re 6 ketemu yang saya cari.

Saya lalu ngomel ke suami saya bingung kamu ngomong apa. Sebagai mantan call center saya akan bilang „Romeo Echo 6“ kalau harus mengeja saya bilang Alfa Bravo Charlie Delta Echo Fanta begitu!.

Tulisan Terkini

Pak suami bilang dia tidak hapal alfabet fonetik NATO, lah saya bingung lagi kenapa NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara bahasa Inggris: North Atlantic Treaty Organization) dibawa ke pembicaraan kita? Haha. Supaya tidak tambah bingung saya cari tahulah di mesin pencari.

Sebagai ex-call center di Indonesia sampai sekarang saya masih hapal ejaan huruf alfabet call center, walaupun sudah 12 tahun berlalu semua abjad tersebut masih menempel baik di kepala saya. Singkatan abjad call center tersebut sangat membantu saat saya mengeja nama misalnya, sayangnya kalau lawan bicara tidak mengetahui kode tersebut saya nanya minta di eja yang disebutkan eh lawan bicara kasih kode berbeda, jadi sayapun cuma bisa bilang „tobat dah!“ haha.

Saya sarankan hapalkan kode ejaan huruf alfabet call center dibawah ini supaya mempermudah kita saat menyebutkan nama, kata-kata tidak jelas atau supaya lawan bicara tidak salah menuliskan yang kita sebutkan.

Alfabet fonetik NATO
AlphabetInternasional Alternatif
AAlpha
BBravoBeta
CCharlie(baca:,car-li,atau,syar-li)
DDelta
EEcho(baca:,e-ko)
FFoxtrot(baca:,foks-trot)Fanta
GGolf
HHotel
IIndia
JJuliet(baca:,ju-li-et)
KKilo
LLima
MMike/ Mama
NNovember/ Nano
OOscar(baca:,os-kar)
PPapa
QQuebec(baca:,ke-bek)Queen
RRomeo
SSierra(baca:,si-e-ra)
TTango(baca:,teng-go)
UUniform(baca:,u-ni-form,atau,yu-ni-form)
VVictor (baca:,vik-ter,atau,vik-tah)
WWhisky(baca:,wis-ki)
XX-ray(baca:,eks-rei)
YYankee(baca:,yang-ki)
ZZulu

Saat dulu bekerja sebagai call center, kerap kali saya tersenyum kalau lawan bicara di telp saya minta eja nama atau alamat rumah trus bilangnya yang aneh seperti huruf B dieja bebek, J dieja Jerapah atau kepikiran Jengkol haha ..mau ketawa mana boleh kan dikira tidak sopan.

Mereka yang tidak hapal kode diatas pun pastilah bingung mau cari padanan kata ejaan hurufnya, maka dari itu silakan dihapalkan ya menghindari kalian menyebutkan kata yang aneh bikin ketawa lawan bicara.

Kembali mengenai yang dikatakan suamiku mengenai alfabet fonetik NATO. International Radiotelephony Spelling Alphabet, biasa disebut alfabet fonetik ICAO, dan kadang juga ditulis alfabet fonetik dan kode angka ITU dan alfabet fonetik NATO, adalah alfabet eja radio telepon yang paling banyak digunakan. Meski sering disebut “alfabet fonetik”, alfabet eja tidak sama dengan sistem transkripsi fonetik seperti International Phonetic Alphabet.

Alfabet International Civil Aviation Organization (ICAO) adalah kode akrofoni yang disesuaikan dengan huruf-huruf alfabet Inggris, jadi huruf dan angkanya harus bisa diucapkan dan dipahami oleh orang-orang yang bertukar pesan suara lewat radio atau telepon tanpa memandang bahasa ibu atau kualitas saluran komunikasinya.

Alfabet eja dipakai untuk mengeja bagian pesan yang mengandung huruf dan angka agar menghindari kebingungan karena banyak huruf yang terdengar sama, misalnya “n” dan “m” atau “f” dan “s”; potensi kebingungan meningkat apabila suara kabur atau tidak jelas.

Contohnya, pesan “proceed to map grid DH98” bisa terdengar “proceed to map grid Delta-Hotel-Niner-Ait”. Mengucapkan “Delta” alih-alih “D” menghindari kebingungan antara “DH98” dan “BH98” atau “TH98”.

Adakah yang pernah pakai Alfabet eja Indonesia seperti dibawah ini?.

AlphabetInternasionalIndonesia
AAlphaAmbarawa
BBravoBandung
CCharlieCalcuta
DDeltaDemak
EEchoEnde
FFoxtrotFatimah
GGolfGarut
HHotelHongkong
IIndiaIndramayu
JJulietJeddah
KKiloKediri
LLimaLumajang
MMike/ MamaMadiun
NNovember/ NanoNurdin
OOscarOsaka
PPapaPadang
QQuebecQuadrat
RRomeoRembang
SSierraSolo
TTangoTegal
UUniformUlfah
VVictorValencia
WWhiskyWonosobo
XX-rayXantippe
YYankeeYokohama
ZZuluZanzibar

Demikianlah postingan saya kali ini mengenai Hapalkan Kode Huruf Abjad Alfa Bravo Charlie Delta Echo Agar Komunikasi Nyambung. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca disini semua judul kategori cerita tinggal di Jerman

Sumber bacaan:

id.wikipedia.org/wiki/Alfabet fonetik NATO

9 Comments

  1. Ira March 4, 2023
  2. Emaknya Benjamin br. Silaen February 28, 2023
  3. Emaknya Benjamin br. Silaen February 28, 2023
  4. Emaknya Benjamin br. Silaen February 28, 2023
  5. sofyan February 28, 2023
  6. omnduut February 27, 2023
  7. Blogmessa February 27, 2023

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: