Memisahkan dan Repotting Anggrek Cattleya Agar Berbunga

Memisahkan dan Repotting Anggrek Cattleya Agar Berbunga. Postingan ini pindahan dari subdomain blog berkebun yang sudah dihapus domainnya. Hai sobat berkebun khususnya orchid lovers, pada video dibawah saya repotting/mengganti media tanam anggrek cattleya.

Memisahkan dan Repotting Anggrek Cattleya Agar Berbunga

Anggrek cattleya tersebut sejak dibeli (keadaan berbunga) tidak pernah berbunga lagi selama 3 tahun.

Tulisan Terkini

Akhirnya saya tahu kesalahan saya, karena saya menaruh cattleya nya ditempat yang sejuk bersamaan anggrek bulan. Anggrek bulan berbunga setiap tahun, sedangkan si catty hanya beranak pinak saja (numbuh tunas baru/bulb).

Tahun depannya, saya pindahkan tempatnya ke yang lebih hangat, dan saya memutuskan menaruhnya diluar rumah, karena sedang musim panas.

Saya tinggal di 4 musim, jadi merawat anggreknya didalam ruangan. Kalau jelang musim panas bisa taruh cattleya diluar rumah (kalau anggrek bulan sepanjang tahun dirumah bisa berbunga).

Seperti dendrobium dan vanda, anggrek cattleya juga butuh tempat hangat, taruh tempat kena sinar matahari hingga jam 11 siang tahan anggrek ini, asal jangan panas terik 40 derajat C ya, bisa gosong si catty.

Awalnya sih kasihan melihat anggrek cattleyanya, daunnya berkerut, namun ternyata si anggrek cattleya ku bisa menyesuaikan diri deh dan numbuh tunas baru.

Baca juga: Bukan Berbunga Malah Anggrek Cattleya Tumbuh Keiki Hal Ini Penyebabnya

Penyiraman anggrek indoor saya lakukan seminggu seminggu, kalau pot kecil seminggu dua kali. Nah kalau kita rawatnya outdoor cepat sekali kering, jadi harus siram seminggu 3x atau bahkan saat panas terik bisa setiap hari. Penyiraman dilakukan saat sore hari, saat matahari hampir terbenam atau simat tidak mengenai anggrek lagi.

Sejak diberikan ramuan pupuk alami untuk anggrek banyak akar baru numbuh, lalu tunas-tunas baru tumbuh juga. Jika tunas baru semakin besar, gemuk bulbnya diikuti muncul amplopnya, berarti cattleya akan berbakti (berbunga).

Amplop bunga anggrek cattleya

Anggrek cattleya ada amplop nya semoga keluar bunga nya. Ada juga jenis cattleya tidak ber amplop, jadi tetiba muncul bunganya (jika bulb gemuk)

Dari amplop tersebut nantinya akan muncul bunganya. Saat bulb cattleya sudah gemuk dan beramplop hati-hati jangan sampai anggrek cattleya kekeringan, jangan sampai kurang air dan pupuk.

Semakin besar bulb, amplop cattleya akan terlihat ada isinya, biarkan amplop sampai terbuka sendiri. Kalau amplopnya mengering berarti gagal muncul bunganya, dicoba rawat lagi tunas baru berikutnya.

Video Repotting dan Memisahkan Anggrek Cattleya

Oh ya ramuan ajaib murah meriah nya adalah air cucian beras dan bawang merah bawang putih (bmbp) yang dihancurkan lalu campur air cucian beras, biarkan campuran tersebut semalaman. Saring dan siramkan ke anggrek dua kali dalam seminggu, dan buktikan sendiri, akan banyak numbuh akar dan tunas baru.

Baca juga: Ampuhnya Bawang Merah sebagai Pupuk Penyubur Tanaman Anggrek

Untuk media tanam anggrek cattleya, saya pakai cacahan sabut kelapa (Coconut Husk Chips/ coco chip) karena sabut kelapa lebih bagus menyerap dan menyimpan air, ketimbang sphagnum moos dan cacahan kayu pinus yang saya gunakan selama ini.

Sebelum digunakan metan coco chip ini harus direndam air dulu karena ada kandungan tanin dan garam. Media coco chip direndamnya selama 2 malam, atau sampai air hampir bening, tidak lagi coklat/merah pekat.

Video Sabut Kelapa Coconut Husk Chips Sebagai Media Anggrek

Tanin pada sabut kelapa adalah salah satu dari beberapa zat yang terkandung di dalam sabut kelapa. Zat tanin pada sabut kelapa dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman anggrek yang ditanam disabut kelapa menjadi kerdil, bahkan mati.

Baca juga: 7 Hal Perlu diperhatikan Saat Repotting Anggrek Cattleya

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Memisahkan dan Repotting Anggrek Cattleya Agar Berbunga, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini dan mendapat pencerahan yaa mengenai anggrek cattleya.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: