Cara Menanam Bibit Benih Tanaman Ukuran Kecil

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

100 Responses

  1. puspa says:

    Seneng dech baca nya. Saat ini saya juga menanam kangkung, bayam dan sawi (bentar lg panen) sya juga tanam tomat tapi saya coba tanam cabe keriting kenapa gak tumbuh y? Padahal sudah di rendam di air?

  2. toeti says:

    kebunnya bikin mupeeeeng.. dhuuh kapan ya bisa tengok..

    url sbasdiary.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  3. prih says:

    Kepuasan tak terkira panen sendiri tanaman di kebun (bahkan pot). Keren jeng Nella grennhouse mininya yang utama suasana iklim mikronya terkontrol. salam kebun

  4. chris13jkt says:

    Aku pernah tanam sawi di pot, Mbak. Lumayan sih bisa sampai panen juga dan hasil positifnya anak-anakku mulai doyan makan sayur sejak itu 🙂

    • Thn lalu saya nanam sawi banyak ulatnya, frustasi deh 🙁 jadi kapok nanam lagi. Pdhl lama2 ulatnya jd kupu2 sih :D. Besok2 coba tanam lagi deh, semiga kali ini ga ada hama ulat ;).

  5. tanobato says:

    Bah, bagus-bagus kali tanamannya, ito! Di rumah yang kami kontrak sekarang, istriku bercocok tanam sayuran (dulunya hanya bunga …) dan hasilnya lumayan bagus. Bukan karena kami ‘nggak usah lagi beli sayuran dan cabe atau tomat, tapi lingkungan rumah kami jadi lebih sejuk dan segar. Dan kalau ada yang bertamu, dengan bangga akan aku bawa mereka ke halaman belakang untuk menunjukkan hasil karya isteriku (sambil memuji “kehebatan” boru ni raja i, tentunya hehehe …).

    tamunya senang, isteriku juga senang, dan aku pun senang. Semuanya bersukacita …

  6. Klo postingan ini aku br stujuuuu kak!!!!!!!!!!
    tanaman itu yg yg edible aja,hehehe
    tp kdang dilema juga klo mau panen, rada sayang..hehehe
    aku punya bbrp bibit micro herbs n greens, tp kayaknya iklim Palembang kepanasan..
    cilantro aja gak bs tumbuh dsn kak…
    btw, punya tanaman buat garnish emang lbh hemat, gk perlu bli seiket klo mo dipake seiprit…..

    • Kan setelah panen tumbuh lagi, contohnya cabe, tomat dll, sayangnya disini ada musim dingin harus tutup kebun deh, di Indonesia bisa sepanjang thn berkebun ;). Herbs jangan kena matahari langsung, saya nanam basilikum, parsley, seledri :D. Haha iyaa kadang butuh seiprit harus beli byk, sisanya kadang kebuang.

  7. Fascha says:

    wuah suhunya ampe 36-an mbak? disini mentok 24 tapi anginnya dingin 🙁
    Oia mbak, taneman lomboknya Miku kalo kena panas kok ya malah layu yah? jadinya ribet kalo ditinggalin trus kena matahari 🙁

    • Jadi mau pindah ke tempatmu Cha, adem ya disana ;). Lomboknya kalau pagi-pagi siram agak banyak Cha, jadi pas siang ketika panas tanamannya lebih tahan panas. Lomboknya sudah taruh diluar? kalau didalam saja layu.

      • Fascha says:

        ditaruh di dalam mbak, nasib tinggal di apartemen, dah gitu gak punya teras 🙁 huhuhuhu

        • Ooo gitu, klo sudah summer ya harus diluar Cha supaya dapat udara segar, trus supaya bisa dihinggapi lebah dan kupu2 supaya byk bakal bunganya. Klo dalam ruangan coba kasih pupuk cair, spy nutrisinya tercukupi ;). Cabe-cabeku pas winter kan dimasukkin rumah, ya lama-lama layu sendiri walaupun sdh ditaruh pas kena sinar matahari tetap saja tamat rimawayatnya.

  8. Gila bisa sampai 36 derajat, berarti pana sjug ayaa disana. Aku pikir lagi semriwing2 hawa nya.

  9. Solusi cerdas mba…
    apa lagi kalau di indonesia menyikapi BBM naik…
    tentunya harga sayur mayur pun naik….

    saya juga sedang berusaha bercocok tanam sayuran di halaman yang sempit…
    hehe

  10. Zippy says:

    Soal tanam menanam, sepertinya faktor “tangan” juga berpengaruh ya.
    Katanya kalo tangannya bagus, tanem apa aja pasti subur 😀
    Btw, kalo di Jayapura, suhunya bisa lebih panas daripada itu, hihihi 😀
    Btw, dulu sih saya lumayan sering tanem sayuran (terutama tomat dan daun bawang). Karena simpel sih 😀
    Tapi sekarang udah jarang, udah pindah rumah dan pekarangannya sempit 😀
    Apalagi udah gak telaten 😆

    url narzis.net sudah tidak aktif lagi. Update 03.02.2017

  11. Mbak Nella tangannya dingin, nanam apa aja cocok.. 🙂

  12. Ilham says:

    wih serunya. tomat Daging itu unik ya bentuknya. mirip labu.

  13. 3snainc says:

    waah… menyenangkan sekaliiii… jadi pengen ikutan… 😀 cari benihnya disini harus ke trubus sepertinya…

  14. isnuansa says:

    Aaaaakkk, itu balkonnya lebih sempit daripada teras rumah saya tapi tanemannya buanyaaakk.. sedangkan teras saya kosong melompong…

  15. n1ngtyas says:

    wah ternyata dengan lahan terbatas pun bisa tetap bercocok tanam ya.

  16. tinggalin jejak dulu ya.. envy liat balkonnya.. pgn bgt bisa nanam mcm2.. tp trakhir cb bli 2 pot bunga aja dmainin sm si kecil, bunganya dicabutin smua 🙁 .. jd mamanya ga tega sm bunganya. well, nice info mba.. 🙂

  17. selaksabooks says:

    Wow baru sadar di Jerman bisa sepanas itu 😀

  18. giewahyudi says:

    Kalau di Indonesia sudah ada IDBerkebun, Mbak. Jadi nanem sayuran apa aja di deket rumah, siapa tahu bisa manen sayuran sendiri walau cuma sedikit..

    • Iya mas Gie ga masalah nanam cuma sedikit, karena hanya untuk konsumsi sekeluarga :). Disini malah cuma saya aja yang suka makan sayur, suami ga suka tuh sayuran :D.

  19. wahh panas banget di Jerman sekarang ya kak nella..
    bener2 rajin kak. salutt bangett bisa nanem sayuran. kalo punya kebun seperti di Indonesia ntah seberapa banyak sayuran yang uda kak nella tanam ya.. hehhee
    aku gak nanam syuran sama sekali kak. melihara bunga aja. kok gak terlintas ya buat nanem sayuran selama ini.

    • Haha iya Ren, kalau saya punya tanah agak luas aja, sudah saya tanami lebih banyak sayuran. Tetangga-tetangga disini punya taman walau kecil tetap dimanfaatkan nanam sayuran. Senang kalau lewat rumah mereka lihat yang hijau-hijau :D. Silakan di coba Ren nanam spt salat ga lama ko bisa panen, 1,5-2 bulan sudah bisa disantap, kalau di Indonesia malah lebih banyak pilihan bibitnya deh kangkung, bayam ahh jadi pengen :D.

  20. elzan says:

    bookmark dulu ah…
    ntar praktekin di rumah

  21. ditter says:

    Wuaah, panas banget mbak cuacanya!

    Kalau panen gitu biasanya sayur-sayurnya dimasak dan dikonsumsi sendiri ya, Mbak?

  22. Aku lg nanam basil loh mba nellaaaaa *pamer

  23. tulisan nya inpiratif bgt mbak. aku kemarin nyoba mau nanam bayam dan kangkung di pot. tapi dua-duanya mati. setelah aku cek katanya bayam penanamanny harus disebar gt di tanah. kalo kangkung stlh baca tulisan ini, kemungkinan memang harus nunggu tumbuh dulu baru dipindah ke tanah. bibitnya juga harus direndam dulu jangan langsung di tanam.

    jadi semangat mau coba nanam lagi.

  24. Tami Kunz says:

    *Mupeng* tapi ga ada balkon nih krn di lantai 1, dan ragu apa boleh taruh pot macam2 di sekeliling apartemen. Kalo indoor doang & bergantung pada sinar matahari yang masuk dari jendela bisa tanam apa ya? Prefer yang edible 😀

    • Untuk tanaman hias dlm ruangan, selain jenis kaktus, sukulen (keduanya cuma butuh sedikit air), trus ada spider plant, lidah mertua, zamio palme, yg jenis palem gitu mbak cocok dlm ruangan ;).

  25. Erit07 says:

    Banyak banget tanamannya,gak repot rawatnya mbak..

  26. ine elkaje says:

    telatennya kamu, bisa menanam sendiri. salut deh. kebunnya juga bagus

  27. Aduch Mbak, ribet banget ya menanam disana..
    Tapi mbak hebat banget bisa menanam disana bahkan ada kiat khusus nya.

    Kalo disini tinggal lempar aja itu biji-bijian udah numbuh. 🙂
    Aq cuma punya pohon tomat (yang ga sengaja tumbuh), dan pohon cabai.

    • Sebenarnya kalau sudah musim panas suhu sudah diatas 25 derajat C, bibit-bibitnya gampang tumbuhnya, cuma kalau baru mulai pas summer, ga keburu panen sudah datang musim dingin :D. Iya tomat, cabe klo habis masak, kadang iseng lempar ke pot, ehh numbuh :D.

  28. wahhh mba, bermanfaat banget postingannya. saya selama ini kebingungan menanam bibit yg ukurannya seperti pasir. seperti contoh, pappermint, mose rose. kemaren sih ppernah menggunakan media tisue, seperti mengecambahin kacang hijau, tisunya saya tata di dalam wadah, lapisan pertama adalah kapas, kedua tisu, kemudian di atasnya saya tebar benih yg sudah di rendam, terus sy semprot medianya sampai lembab. kemudian benihnya di tutup lagi dengan tisu yang sudah di basahi. Numbuh mba, udah 10 cm, tapi tanamannya halus halus, saya bingung habis itu mindahinnya gimana. sekali saya coba pindahin, ehhh besoknya layu mati tanamannya. 🙁

  29. Arman says:

    asik ya kalo nanem sayur sendiri. bener2 organik jadinya. 🙂

  30. Pypy says:

    Keren deh kak 😀 Lahan kecil memang gak membatasi buat berkreasi dgn tumbuh2an.. Salutt.. 😀 Dulu pernah nanem sayur 😀 Sayur toge hasil percobaan dari sekolah, dan berhasilll.. hehheehe 😀

    • Karena lahannya terbatas ya harus mikir, putar otak bagaimana bisa tetap berkebun :D. Dulu aku juga ada tuh pas SD nanam kacang hijau buat toge, seru buat kegiatan anak-anak :).

  31. fiona says:

    wah seru ya mba nella hahaha sy pny paprika juga da tunas kek mba pny heee itu pun bibit dr abg ipar sy n belajar tanam seh…n syukur bgt tunas d hahaha 🙂
    dan kl bibit tomat mba nella dtg mau sy tanam d pgn makan tomatnya ;p
    dan bunga lili mba nella mauuuuuuuu donggggggg ( * ngilerrrrrr ) …..o ya mba teknik semai pake tisu yg diajarin mba sy tanam paprika ….surpriseee… its works…. 🙂 n tunas d heee… dan ada 1 cara juga ( liat2 internet juga ) pake wadah kasi tisu dan semprot lembab trus bibit cabenya taruh diatas tisu n tutup wadahnya itu juga bisa lo mba heee dan akan berakar trus da lumayan panjang akarnya br pindah ke pot semai kecil n tanam jgn dalam kali tutup dikit tanah aja biar akar nga keberatan ketimpa heee….. bole dicoba lo temen2 yg ada disini 🙂

  32. Aku pernah tanem sawi, bijinya kecil dan lembut banget mungkin kayak salat itu. Nyiramnya salah jadi patah semua trus mati. Keknya nyiramnya cuma diciprat2 ya Nel

  33. Wany Sung says:

    ternyata begitu cara ny nanam bibit2 kcl……
    klo pny saya,bibit ny ngilang mulu kak!
    tar ku cb d……
    nice info kakak 😀

  34. Dy says:

    brokoli ama wortelnya mana mba’………………. 😛

    • Masih mikir-mikir nanam brokoli atau nga ya lama panennya, tanamannya juga besarrr loh, saya kan ga punya taman :D. Kalu wortel juga masih mikir butuh pot yang panjang :D.

  35. Diah Mitasari (Mita) says:

    Wowwwwwwwwwwwwwww…I love this so much 🙂 !! Jadi pengen buru-buru ikutan nanem-nanem deh jadinya :)….Mba izin share ya….

    url diahmitasari.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  36. Nikitaland says:

    WOW! What a beautiful garden you have started!

  37. teena says:

    Tomatnya keliatan seger bgt Mba Nella..yg lonjong kayak pepaya ya bentuknya 😀

  1. September 20, 2013

    […] Terkait: • Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman • Menanam Sayuran Yuk • Taman di Balkon Rumahku • Padatnya Kebun Tomatku 2012 • DIY Menghias Pot Bunga • Beberapa […]

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: