Advertisements

Orang Jerman itu

Belakang ini saya malas sekali nulis, dua judul per minggu itu sudah maksimal. Tema-tema berkebun banyak bersliweran di pikiran, cuma kalau ngomongin soal kebun terus nanti penggemar blog saya ini malah bosan ga ya? :grin:. Maunya sih diselingi sekali cerita berkebun, berikutnya cerita keseharian di Jerman. Itu maunya saya prakteknya sering ga jalan tuh hehe. Saya suka sekali blogwalking (BW), tiap hari pasti BW deh, keasyikan BW blog sendiri ditelantarkan.

Oke sekarang kembali ke judul. Sahabat blogger, kita ngomongin orang Jerman yuk. Saya kan sudah 2 tahun menetap di Jerman, lama-lama sedikit tahu lah typisch deutsch, bagaimana sifat orang Jerman, ya paling gampangnya sifat suami sendiri. Tidak tahu sebaiknya urutannya bagaimana, jadi random saja ya, tulis berdasarkan yang terlintas di pikiran saya saat ini ;).

Orang Jerman itu:
1. Sangat amat tepat waktu. Kalau kamu punya janji misal rapat atau ke dokter atau bertamu harus tepat waktu. “Man muss pünktlich sein!”. Tidak boleh datang terlambat, tidak boleh juga datang terlalu awal. Misal kamu diundang ke acara orang Jerman, katakanlah ulang tahun atau pernikahan, sebaiknya datang tepat waktu. Jangan juga datang terlalu awal (pamali) karena mungkin si tuan rumah belum selesai dengan persiapan acaranya. Kalau misalkan kamu akan datang telat, sebaiknya informasikan atau telp ybs (yang bersangkutan). Jadwal alat transportasi juga tepat waktu! Pesawat, kereta, bus dll, yang biasa lelet harus bisa menyesuaikan diri kalau mau tinggal di Jerman.

Tahukah kamu kalau di salah satu buku traveling mengenai Indonesia ditulis salah satu sifat orang Indonesia itu „jam karet itu buku bahasa Jerman. Waktu pertama kali baca agak sebel, apalagi dulu si Frank sering ngatain saya „jam karet“. Lama-lama sih kebal. Sekarang saya jadi „orang  yang tepat waktu“ ya harus menyesuaikan dengan pola hidup disini toh. Ternyata nungguin orang yang „jam karet“ bikin kesel juga yaa :roll:.

2Orang Jerman cenderung tinggi, lebih dari 6-kaki (180 an cm bahkan lebih), banyak memiliki mata biru, rambut pirang bisa sampai agak coklat, kulitnya putih. Tinggi badan saya hanya sebahunya Frank, itu kalau pakai High Heels :D, maklum saya semeter kotor (*istilahnya orang Batak).

Nah karena kulitnya yang putih mereka senang mandi matahari, panas sedikit aja langsung berjemur. Jangan cari klinik untuk pemutihan kulit di Jerman, setahu saya tidak ada dan bakalan tidak laku deh. Klinik untuk menggelapkan kulit sangat laku disini, namanya solarium atau Sonnenstudio. Info lain mengenai menggelapkan kulit baca di wiki.

Mereka bangga sekali loh kalau kulitnya jadi gelap, sedangkan saya ogah banget ya kulit jadi gelap. Siapa yang setuju dengan slogan „white is beautiful?“ angkat tangan tinggi bersama saya :mrgreen:. Slogan tersebut tidak berlaku disini, buat mereka „black is beautiful“. Itu kenapa Frank memilih saya, karena kulit saya gelap, dan itu kenapa saya memilih Frank karena dia putih cocok kan? :smile:.

Di Indonesia saya selalu berpayung ketika panas, disini maluu, maunya sih putusin urat malu deh :cry:. Jadi kalau panas sekali dan mau keluar rumah, ya pakai lengan panjang, celana panjang dan bertopi. Orang Jermannya yang wanita asik ber hot pants ria, mereka pasti mengira saya orang aneh :???:.

3. Kopi, bir dan rokok. Ya ketiganya tidak bisa dipisahkan dari orang Jerman. Dalam sehari bisa loh minum lebih dari 5 cangkir kopi dan berbotol-botol bir. Setiap rumah tangga pasti ada mesin pembuat kopi dirumah mereka, saya saja punya dua *pamer. Berhubung Frank tidak merokok saya tidak tahu dalam sehari berapa banyak rokok diisap orang-orang disini. Jangan heran, kalau di jalan-jalan melihat remaja hingga orang-orang tua merokok. Pria dan wanita sama saja banyak yang aktif merokok sejak masa mudanya. Bagusnya di sini adalah ditempat umum tidak ada orang yang merokok!. Nyaman sekali kalau naik bus & kereta tidak ada asap rokok ;).

  • Rokok hanya boleh dibeli bagi mereka yang berusia min. 18 tahun. Kalau mau beli rokok kasir akan minta ktp untuk tahu usia Anda. Mau beli rokok di mesin otomatis penjual rokok  di jalan-jalan, harus masukkin ktp jadi ketahuan umur pembeli. Banyak juga yang nyolong-nyolong beli alias minta teman yang cukup umur untuk beli rokoknya.
  • Minuman beralkohol, sama seperti rokok. Boleh beli kalau kamu min. 18 tahun. Teman wanita saya dong, mungkin karena dianggap masih imut-imut, dimintain ktp, padahal usia dia sudah 30 tahun :lol:.  Di wilayah Baden-Württemberg  termasuk tempat tinggal saya ada aturan untuk minuman beralkohol, hanya boleh dijual paling lambat hingga jam 10 malam. Pernah loh Frank mau beli bir, eh disamperin petugas supermarket, tidak boleh beli sudah lewat jam 10 malam!. Salah satu alasannya supaya para remaja-remaja yang rajin dugem tidak bikin onar karena mengkonsumsi alkohol.

Keluarganya Frank kalau merokok akan jauh dari saya, lucky me :). Saya kalau minum beralkohol ya sesekali saja, kalau ada acara-acara keluarga, atau ketika musim dingin untuk menghalau hawa dingin yang rasanya menusuk sampai ke tulang.

Salah satu merek Bir Jerman. Orang Jerman itu

Salah satu merek Bir Jerman

 

4. Jangan datang kalau tidak bikin janji. Ya kita tidak bisa seenaknya langsung bertamu ke rumah teman dan keluarga tanpa buat janji sebelumnya. Begitu pula kalau ke kantor-kantor misal untuk mengurus surat-surat. Sampai mau buka rekening bank saja harus buat janji dulu.

5. Semua harus sesuai prosedur tertulis. Istilahnya textbook banget. Misal mau mengurus surat-surat itu jumlah kertasnya yang harus disertakan banyak banget. Saya mau mengurus ijasah saya supaya diakui di Jerman. Nah saya bawa dari Indonesia hanya ijasah kuliah, dengan pikiran hanya ijasah yang terakhir diperlukan, ternyata saudara-saudara mereka minta ijasah dari SD hingga ijasah terakhir kuliah, minta mamaku segara kirim deh :neutral:.

  1. Menyapa. Halo dan tschuß, ya itu dua sapaan yang khas disini. Misal berpapasan di lift saling menyapa. Untuk sapaan antar keluarga, teman atau yang sudah kita kenal bilang Halo. Bertemu orang asing misalnya bilang selamat siang (Guten Tag atau Grüß Gott). Jangan bilang „halo“ ke orang asing nanti dikira siapa elo! :razz:, tapi kalau ke kantor pos sih petugasnya selalu bilang halo, ya mungkin supaya akrab atau karena kita kan sering ke kantor pos jadi sudah saling kenal petugasnya.

Saya kadang bingung kalau ke supermarket kasirnya bilang halo ke bule, giliran ke saya bilang Guten Tag, mau naik bus juga begitu. Ah ini nanti saya bahas di bagian diskriminasi saja ya ;).

Nah buat saya kadang masih aneh saja, ketemu orang di jalan, saling menyapa, ga saling kenal loh! Frank paling rajin nih bilang Guten Tag, apakah di balas dengan yang ditegur?, kalau tidak dibalas ketahuan tuh mereka bukan orang Jerman hehe. Frank bilang kalau bertemu dijalan dan saling kontak mata kudu menyapa atau paling tidak tersenyum.

  1. Bersihkan hidung tidak pakai permisi. Biar kata lagi makan bersama, ya mereka santai saja bersihkan hidung (*maaf ingus) slorrrtt. Jadi ingat salah satu bapak di Indonesia, ketika ibadah gereja berlangsung, suasana hening, tiba-tiba terdengar slorrtt, itu bukan cuma sekali, dan saya tidak habis pikir mengapa istrinya tidak menegor. *bapak tersebut orang Indonesia.
  2. Taat aturan lalulintas. Di jalan raya (kota) jam 10 malam lampu lalu lintas akan otomatis mati, yang nyetir lurus boleh langsung, yang mau belok kanan atau kiri harus berhenti beberapa detik nengok kanan kiri untuk kasih jalan duluan yang lurus. Aturan ini juga berlaku di jalan yang tidak ada lampu lalu lintas.

Harus taat aturan lalu lintas, termasuk mematuhi batas kecepatan kendaraan. Kamera-kamera tersembunyi ada di jalan-jalan, kalau melanggar dan terpotret, maka surat tilang akan dikirim kerumah dan bayar melalui bank transfer.

  1. Bilang „Terima kasih (Vielen dank atau Danke)“. Ini juga khas Jerman *menurut saya. Setelah mendapatkan sesuatu, baik barang atau jasa selalu bilang „terima kasih“. Di supermarket, kantor-kantor, restoran, toko-toko, dijalan juga misal dikasih lewat duluan, antar anggota keluarga juga bilang terima kasih. Frank juga rajin bilang terima kasih setiap kali saya masak. Apakah kamu juga bilang terima kasih ke pasangamu setelah bersantap? Atau itu ya kewajiban istri toh buat masak :grin:.

Sebenarnya masih banyak yang mau di kasih tahu, bersambung saja ya supaya tidak bosan :lol:.

Apakah kamu mengenal orang Jerman?. Bagaimana khas orang Jerman menurutmu?. Share yuk supaya bisa saya tambahkan untuk postingan berikutnya bagian 2.

Bagian II klik disini.
Bagian III klik disini.
Bagian IV klik disini.

Happy Monday! 🙂

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Catatan Tinggal di Jerman

Advertisements
Advertisements

123 Comments

  1. GIRINDRA WIRATNI PUSPA December 14, 2016
    • Emaknya Benjamin br. Silaen December 15, 2016
  2. Ary Arya December 8, 2016
  3. ary December 8, 2016
    • Emaknya Benjamin br. Silaen December 8, 2016
  4. Nala December 9, 2013
    • pursuingmydreams December 10, 2013
  5. rini October 17, 2013
    • pursuingmydreams October 17, 2013
    • putuneehadisewoyo March 1, 2014
    • putuneehadisewoyo March 1, 2014
  6. Ricakel October 6, 2013
    • pursuingmydreams October 6, 2013
  7. yuyun October 2, 2013
    • pursuingmydreams October 2, 2013
  8. fixtor September 16, 2013
    • pursuingmydreams September 17, 2013
  9. elyana August 8, 2013
    • pursuingmydreams August 8, 2013
  10. Ailtje August 3, 2013
  11. riri July 8, 2013
    • pursuingmydreams July 8, 2013
  12. ded July 6, 2013
    • pursuingmydreams July 6, 2013
  13. Zizy Damanik July 6, 2013
    • pursuingmydreams July 6, 2013
  14. h0tchocolate June 30, 2013
  15. mudagrafika June 29, 2013
  16. Tami Kunz June 28, 2013
    • Tami Kunz June 28, 2013
      • pursuingmydreams June 28, 2013
    • pursuingmydreams June 28, 2013
  17. prih June 27, 2013
    • pursuingmydreams June 27, 2013
  18. Bertha June 27, 2013
    • pursuingmydreams June 27, 2013
  19. sulitnih June 27, 2013
    • pursuingmydreams June 27, 2013
  20. mariskaajeng June 26, 2013
    • pursuingmydreams June 27, 2013
  21. Oh Mas Gusman! June 26, 2013
  22. Erit07 June 26, 2013
    • pursuingmydreams June 26, 2013
  23. fufu christie June 26, 2013
    • pursuingmydreams June 26, 2013
  24. ine elkaje June 26, 2013
    • pursuingmydreams June 26, 2013
  25. ardika June 26, 2013
    • pursuingmydreams June 26, 2013
      • ardika June 26, 2013
  26. punyaliana June 26, 2013
    • pursuingmydreams June 26, 2013
      • punyaliana June 26, 2013
  27. danirachmat June 26, 2013
    • pursuingmydreams June 26, 2013
  28. ditter June 25, 2013
    • pursuingmydreams June 25, 2013
  29. renny tania June 25, 2013
    • pursuingmydreams June 25, 2013
  30. anastasiadisini June 25, 2013
  31. nyonyasepatu June 25, 2013
    • pursuingmydreams June 25, 2013
  32. Ilham June 25, 2013
    • pursuingmydreams June 25, 2013
      • Ilham June 25, 2013
  33. cutisyana June 25, 2013
  34. fiona June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  35. kayka June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  36. Noer June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  37. denita June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  38. Alid Abdul June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  39. oppie83 June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  40. Fascha June 24, 2013
  41. omnduut June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  42. Titik Asa June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  43. Pypy June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
      • Pypy June 24, 2013
        • pursuingmydreams June 24, 2013
  44. Evi June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  45. clararch02 June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  46. Melissa Octoviani June 24, 2013
  47. Arman June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  48. Ika Koentjoro June 24, 2013
  49. Nazimah Elfish June 24, 2013
  50. KSATRIO PINANDHITO June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  51. Ahmad Faza June 24, 2013
  52. n1ngtyas June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  53. anggitadenill June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
      • anggitadenill June 24, 2013
        • pursuingmydreams June 24, 2013
          • anggitadenill June 24, 2013
  54. elam June 24, 2013
    • pursuingmydreams June 24, 2013
  55. chandraputri June 24, 2013
  56. bambangpriantono June 24, 2013
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: