Taman di Balkon Rumahku

loading...

Taman di Balkon Rumahku. Hari ini cuaca cerah sekali, matahari bersinar terang dan yang paling saya suka sejukk serasa di puncak asmara. Dibanding suhu panas, saya lebih suka suhu yang adem seperti hari ini. 1 minggu lalu hampir 36 derajat C, dan pagi ini Jam 9 pagi suhunya 21 derajat C 🙂 .

Disini kadang aneh bisa panas seperti di gunung sahara, kemudian bisa dingin sedingin-dinginnya. Kalau cuacanya sejuk hingga dingin ya bisa pakai baju lebih tebal, sedangkan kalau panas, biar sudah telanjang bulat, tetap saja panas! 😕 .

Taman di Balkon Rumahku. Kiri Suhu 18 Juni 2013 panas banget hampir 36 derajat C. Seminggu kemudian.. Kanan Asyikk ademm 26 Juni 2013
Kiri Suhu 18 Juni 2013 panas banget hampir 36 derajat C. Seminggu kemudian.. Kanan Asyikk ademm 26 Juni 2013

Kalau cuaca cerah seperti ini, biasanya saya cek keadaan tanaman-tanamanku, dan potretin buat dipamerin ya hehe :mrgreen: .

Mulai dari balkon depan dulu

 

Yukk lihat secara detailnya

 

Sekarang mari melihat house plants alias tanaman dalam rumah

 

Menuju ke balkon belakang

 

Yang sudah berbunga ..

Dahlia Park Princess. Tahun lalu tinggi lebih dari 1 Meter, tahun ini karena mendapat sinar matahari langsung paling 50 cm tingginya. Umbi bunganya dari yang tahun lalu.

 

Edelrose Virgo. Ketika beli berupa root (batang dan akarnya), sekarang sudah muncul bunganya. Saya tanam bulan Maret 2013.

 

Mawar Favorite Hit. Beli tahun lalu ketika jalan-jalan ke Belanda. Pas beli memang sudah berbunga lebat. Ketika musim dingin rontok, dan sekarang subur kembali. 😎

Taman di Balkon Rumahku. Mawar Favorite Hit. Beli Mei 2012 di Belanda, musim dingin botak, sekarang subur kembali
Mawar Favorite Hit. Beli Mei 2012 di Belanda, musim dingin botak, sekarang subur kembali

Bunga Malva (Malva Sylvestris). Bibitnya dari tahun lalu, saya tanam 7 April, dalam dua bulan sudah berbung. Bunga Malva ini menarik kupu-kupu dan lebah berkumpul sekitarnya.

Malva sylvestris bibit dari tahun lalu. Bunga ini menarik perhatian lebah dan kupu-kupu
Malva sylvestris bibit dari tahun lalu. Bunga ini menarik perhatian lebah dan kupu-kupu

Terakhir yang berbunga

Fuchsia dan Petunia, keduanya beli tanaman jadi, tapi pas beli belum berbunga, sekarang ramai bunganya.

Fuchsia dan Petunia. Pas beli belum bebrunga sekarang suburr
Fuchsia dan Petunia. Pas beli belum bebrunga sekarang suburr

Yang makin subur dan bermunculan bakal bunganya adalah dahlia Pompom Merah dan pom pom pink, Dahlia Santa Claus, Dahlia Noordwijks Glorie dan bunga Lavender.

 

Pemandangan sisi lain balkonnya

Balkon Belakang. Cuaca Cerah sekali
Balkon Belakang. Cuaca Cerah sekali

Tanaman lainnya

 

Apakah kalian puas melihat foto-foto taman saya? 🙂 Apaaa tidak puas??? Masah sih?? 😀 . Oke saya kasih liat videonya ya. Maaf nih kalau videonya goyang maklum amatiran 😆 .

Video Taman di Balkon Rumahku

 

“Flowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.” – Luther Burbank-

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

103 thoughts on “Taman di Balkon Rumahku

  • February 14, 2014 at 9:09 am
    Permalink

    kereeen , banyk banget bunganya (y)

    ( ayuningrum-tipen.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 20.06.2016 )

    • February 14, 2014 at 3:41 pm
      Permalink

      Itu tamanku pada musim panas tahun lalu 😀 . Saat ini balkon saya masih sepi, masih dingin 🙁 . Akan mulai nanam-namam lagi bulan depan 😉 .

  • October 30, 2013 at 1:44 pm
    Permalink

    Mbak…tapi walaupun disana panas bisa 40 derajat celcius, tapi saya lihat kyknya lingkungannya sangat bersih, sama skali ngga berdebu, Dan tanaman2nya bisa numbuh subur sehat semua mungkin karena iklimnya yg sejuk…klo disini kan panasnya udah menyengat, trs banyak debu 🙁 tanaman2ku pada mati cuma karena panas matahari sore doank….padahal panas matahari siang kan yg paling panas,,,,
    Ada tips ngga mbak?
    Tanaman2ku yg mati itu bukan tanaman dewasa, tp seedlings ato yg ukuran tanggung 20cm-an tingginya.
    Apa waktu masih seedlings ga bole kena panas ya? Jadi hrs totally ditempat teduh?

    • October 30, 2013 at 3:19 pm
      Permalink

      Disini pas musim panas, sore hari juga panas sekali, bisa layu daun2 tanaman. Saya tutupi tanamannya pakai koran, sampai sinar mataharinya lewat.
      Untuk seeding jangan sampai kena matahari langsung, taruh ditempat teduh 😉 .

  • October 25, 2013 at 9:17 am
    Permalink

    Wah, keren banget taman balkonnya Dan bunga/tanaman sebanyak itu semua di pot ya? Jadi semangat nih, saya harus bisa juga menanam beraneka tanaman seperti ini.

    • October 25, 2013 at 9:54 am
      Permalink

      Semua tanaman2ku dalam pot, karena rumahku dilantai 1. Ternyata bisa juga ko berkebun di balkon 😉 .

    • July 29, 2013 at 1:32 pm
      Permalink

      Salam kenal Pelangi. Rumah idamannya bisa buat di luar Indonesia juga?. Ntar saya mampir deh 😉 .

  • July 6, 2013 at 3:37 am
    Permalink

    Wih, bunga-bunganya cakep yaaa…. Bisa berbunga semua…
    Aku setuju tuh. Bunga memang bisa membuat hati jadi lebih baik… sama kalau aku lagi bete, terus lihat bunga cantik di rumah langsung senang…

  • July 5, 2013 at 5:19 am
    Permalink

    wuih.. balkonnya keren.. tanamannya bikin mupeng.. nanem marigold juga to mbak?? senengnya

    url sbasdiary.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

    • July 5, 2013 at 9:19 am
      Permalink

      Iya saya nanam marigold yang tinggi dan yang pendek, sayangnya bunga ini ga bisa kena panas, langsung layu, setelah malam kembali mulai segar.

  • July 1, 2013 at 8:04 am
    Permalink

    Mba Nella, seru banget itu aneka ria tanaman di rumahnya. Didukung dengan cuaca yang kayaknya seger banget…duuuh jadi pengen pindah ke desa aja deh (lhaa bukan pindah ke luar negeri). Mba, ngeliat foto si Malve keingetan kemaren Malve-ku udah keluar kecambahnya loh dan pagi ini daunnya udah ngebuka tapi masih langsing banget tuh hehee. Lampionnya masih biji aja Mba udah seminggu. Trus Pfauenliliennya juga masih anteng2 aja kayak bawang merah ditanem…*mulai stress hahahaa. Keren Mba rumahmu…isinya tanaman semua *envy rumahku isinya buku melulu, sampe bingung naronya dimana. Sekarang nambahin lagi dengan pot2 kecil hehee.

    • July 1, 2013 at 12:30 pm
      Permalink

      Hai Nisa, Malvenya coba taruh tempat kena matahari tapi jangan yg terlalu terik. Klo daunnya sudah mulai tumbuh 4 – 6 helai bisa pindah ke pot lebih besar. Bunga lampion semprot tiap hari, taruh tempat kena matahari, begitu pula dg pfauenlilien taruh tempat kena matahari, klo sdh mulai tumbuh baru tempat teduh ;).

      • July 2, 2013 at 5:22 am
        Permalink

        Ooh Lampion dari kecil udah suka matahari ya Mba? Aku taronya di tempat teduh mulu. Tadi pagi aku lagi nyemprot Malve tau2 wadahnya slip aja gitu Mba…jadinya jatuh huhuhu. Bagus ga terlalu berantakan. Semoga sehat2 aja deh Malve.
        Aku kerja sih Mba, kalo pot2 aku taro di tempat terbuka takutnya hujan siapa yang mau ngangkat (suami istri kerja, dirumah adanya kecoa to’) hiks. Fullnya waktu pas weekend aja. Jadinya weekend gardener deh hehee

        • July 2, 2013 at 9:27 am
          Permalink

          Iya lampion sejak dari bibit taruh aja tempat kena matahari. Bunga Lampion dan malve ga masalah ko kena matahari jadi ga perlu dipindah-pindah ;).

    • June 29, 2013 at 6:08 pm
      Permalink

      Hai mbak Fara, saya selalu gunakan tanah dalam kemasan, beli di retail tanaman. Pupuk gunakan yang cair ;).

  • June 29, 2013 at 4:10 am
    Permalink

    Ka mawarnya bagus!
    Serius

  • June 29, 2013 at 1:38 am
    Permalink

    bunganya bagus2 ya mbak,, kalo dtanam di indonesia mungkin ga brbunga ya.. aku suka liat foto2 bunganya.. so sweet 🙂

    • June 29, 2013 at 6:50 am
      Permalink

      Mungkin aja ko, yang ku tanam sekarang bubga-bunga musim panas, jadi ya butuh sinar matahari yang terik ;).

  • June 28, 2013 at 3:50 pm
    Permalink

    Kak, ini motretnya udah pakai smartphone? Jernih soale hasilnya

  • June 28, 2013 at 5:31 am
    Permalink

    Mantap tamannya…… Seger ngeliatnya. Btw, Hydrangea Paniculata sama Lavendernya apa ditanam dari biji? Disini ada yang jual biji lavender, tapi nggak yakin di Indonesia bisa tumbuh….. Padahal pengen banget 🙂

    • June 28, 2013 at 8:59 am
      Permalink

      Hydrangea dan Lavender beli tanaman jadi ketika masih kecil jadi ya murah :D. Tahun lalu coba tanam lavender dari benih gagal krn nanam sdh dekat musim dingin ya ga numbuh2 :D.

  • June 28, 2013 at 4:05 am
    Permalink

    wahh.. kak nella.. tanamannya banyak sekali.. jenis-jenisnya juga banyak.
    hebat,, bukan cuma perkarangannya aja penuh bunga, dalam rumah juga banyak.. 😀
    rajin ya kak buat ngurusin tanaman segitu banyak. kak nella cermat ya, bisa mensiasati berbagai jenis bunga dan tanaman sayur ditengah pergantian musim. disana kan sampe 4 musim. kalo di indo, bunga dan tanaman sayur kak nella dibiarin aja, ntah uda seberapa besar ya kak.. hehehe…

    • June 28, 2013 at 8:58 am
      Permalink

      Hai Renny, tahun pertama saya disini banyak gagalnya, ya masa belajarlah :D. Sekarang sudah mulai tahu, belajar dari pengalaman dan banyak cari informasi dari media cetak dan media online ;).

  • June 27, 2013 at 5:13 pm
    Permalink

    Waaaah, saya di sini baru 30 derajat celcius aja udah kegerahan, Mbak… Fyuuh…

    Seneng ya mbak kalau tanamannya tumbuh sehat dan subur gitu. Puas banget, nggak sia-sia merawatnya, hehe….

      • June 28, 2013 at 5:45 pm
        Permalink

        Di Jogja kalau pas panas malah gerah banget mbak, hehe…. 😀

  • June 27, 2013 at 2:18 pm
    Permalink

    Rasanya betah nih kalo tinggal di rumah mbak, bener- bener bikin ijo mata 🙂
    Bunga dan sayurannya banyaaak…. seneng deh, hebaat mbak di cuaca begini bisa bikin mereka tumbuh seger gitu

    • June 27, 2013 at 3:58 pm
      Permalink

      Minggu lalu full panasnya Cha :D. Minggu ini adem, semoga minggu depan panas lagi. Dipupuk juga spy subur ;).

      • June 27, 2013 at 4:01 pm
        Permalink

        Iya kenapa ini hari jadi mendung juga ya mbak??
        Rajin banget… jadi inget Mom ku 🙁

        • June 27, 2013 at 4:04 pm
          Permalink

          Hikss iya mendung dari pagi trus bbrp kali gerimis. Bulan depan kamu pulang kampung yaa ;).

          • June 27, 2013 at 4:05 pm
            Permalink

            iya mbak , hehehe
            udah kangen banget ama keluarga di Indonesia

          • June 27, 2013 at 10:20 pm
            Permalink

            Terakhir di Indo Desember 2011 mbak, udah kangen banget sekarang ini!

          • June 27, 2013 at 11:00 pm
            Permalink

            Belum ada rencana pulang. Thn lalu ortuku datang ke Jerman, 2 minggu disini ;).

  • June 27, 2013 at 12:31 pm
    Permalink

    wih di tangga pun ada kembang. 😀 mbak nell emang talaten banget mengurus ‘anak-anaknya’.

    • June 27, 2013 at 12:41 pm
      Permalink

      Hehe itu yang ditangga supaya yang lewat depan rumahku bisa lihat2 juga :D.

  • June 27, 2013 at 9:48 am
    Permalink

    Bertangan dingin nih Jeng Nella, semua tanaman terawat subur dan kini mempersembahkan keindahannya. Salam kebun

  • June 27, 2013 at 8:44 am
    Permalink

    Rapi banget taman balkonnya,,nyaman di pandang mata..

    • June 27, 2013 at 8:10 am
      Permalink

      Kenikir yang mana mbak? disini bhs Jerman semua hehe jadi kalau ada yang kasih tau ya senang banget bisa tulis juga bhs Indonesianya. Oh ya kenikir yang disini ya? tanamannya yg kanan? namanya marigold kalau di Indo dikenal sebagai bunga “tahi ayam”.

  • June 27, 2013 at 6:50 am
    Permalink

    cantiknyaaaa bunga2 mba nella.. jd pengen piara (pet kaleee) 😀
    btw, kalo agustus pertengahan suhunya kira2 brp ya mba? panas bgt ngga?

  • June 27, 2013 at 6:29 am
    Permalink

    setuju kak… Bunga memang bikin aku lebih bahagia 🙂 hehe.

  • June 27, 2013 at 4:51 am
    Permalink

    Ahhh… Bagusss kakkk Nelllaaa.. Akuhh sukakk.. Serunya klo tanam menanam gini pas lagi mekar bunganyaa 😀 Sejukk mata jadinyaa..

    • June 27, 2013 at 7:55 am
      Permalink

      Iya Py apalagi klo cuaca ga panas-panas banget, bisa puas dekat bunga-bunganya tanpa kuatir tersengat matahari, makin senang aku :D.

  • June 26, 2013 at 10:11 pm
    Permalink

    Yaampun Nel.. sempet nyampe 36 derajaaaat?? Huaaaah iri.. Disini kok ujan mulu yaaa.. Cuma kemarin di Stockholm aja sempet ngerasain panas yang nyenengin gituu.. huhuhu..

    • June 27, 2013 at 7:50 am
      Permalink

      Kayanya ditempatmu ga panas-panas banget ya Be? jadi pengen tinggal disana hehe.

  • June 26, 2013 at 6:24 pm
    Permalink

    lihaat kebun ku (ralat *kebun mba nella) banyak bunga 2 hehe
    perjuangan tanaman ku masih panjang untuk seperti punya mba nella 🙂

    • June 26, 2013 at 6:36 pm
      Permalink

      Sayangnya belum muncul kupu-kupu nih, kan akan tambah cakep kebunku hehe. Di Indonesia bisa berkebun sepanjang tahun, ini aku cepat2 bikin bagus kebunnya sblm datang musim dingin :D.

      • June 26, 2013 at 8:03 pm
        Permalink

        hehe iya mba memang ada kelebihan dan kekurangannya 🙂
        semoga musim dinginnya masih lama 😀

      • June 27, 2013 at 5:37 am
        Permalink

        Kalau musim dingin apa semua tanaman itu mati? jadi harus menanam ulang lagi setelah musim dingin? Kalau di Indonesia bisa menanam sepanjang tahun, tapi hama serangga dan cendawan juga aktif sepanjang tahun 🙂

        Saya suka Dahlia Park Princess nya

        • June 27, 2013 at 7:57 am
          Permalink

          Ada yang mati, ada juga yang mati suri spt pohon-pohon buah, rontok dedaunannya. Masuk musim semi akan mulai tumbuh kembali. Untuk bunga-bunga berumbi spt tulip, dahlia dll akan tumbuh kembali, umbinya aman berada dalam tanah, hanya bagian atasnya yang rontok.

  • June 26, 2013 at 5:31 pm
    Permalink

    wwah mba… tanamannya banyak ya.
    enak deh kayaknya duduk di tangga itu.

  • June 26, 2013 at 5:29 pm
    Permalink

    postingan yang selalu kutunggu2 dari mba nel,,eheheh
    cukaaaaaaaaaaaaa banget sm balkonnya 😛

  • June 26, 2013 at 4:51 pm
    Permalink

    Wah semua tanamannya segar dan terawat. Mbak Nella rajin banget . . .

  • June 26, 2013 at 3:48 pm
    Permalink

    Asri banget balkon-nya mba…
    Kapan ya saya mampir kesana?
    Salam,

  • June 26, 2013 at 2:46 pm
    Permalink

    Ayahku hobi nanam buah. Ibuku seneng merawat kembang. Aku kebagian (baca : yang disuruh) nyiramin tuh tanaman. Klop, kan? hahaha 🙂

  • June 26, 2013 at 2:44 pm
    Permalink

    wahh ini dia nih… yang bikin suasana terasa sejuk wlo panas…slalu kreatif ,, tanamannya bagus2 mba 😀

  • June 26, 2013 at 2:37 pm
    Permalink

    duuuuh.. adem banget liat tanaman banyak gitu.. inget dirumaaaah :)))

  • June 26, 2013 at 1:47 pm
    Permalink

    kerennnn tanaman nya subur subur semua heeee pengen juga seperti itu cuma kdg indo agak susah kali ya se bagus tu krn cuaca kdg suka usilin tanaman ampe layu n daunnya gosong hahaha….tp sy ttp semangat nanam setelah mengikuti blognya mba nella xixixixi 🙂 mba nella giv me spirit n kesabaran lebih untuk nanam hahaha ( *big Hug )

    • June 26, 2013 at 2:06 pm
      Permalink

      Hai Cudy, disini kalau panas juga panas banget loh. Aku siap-siap deh Juli – Sep panas bisa sampai 40 derajat C. Paling tanaman yang bisa dimasukkin rumah ya masukkin dulu, sore dikeluarin lagi. Harus bisa mengakali cuaca ;).

      • June 26, 2013 at 7:37 pm
        Permalink

        Nanti cudi juga mau ahhhh seperti balkon mba nella bersih n terawat….:)

  • June 26, 2013 at 1:42 pm
    Permalink

    Cuacanya ekstrim, siang panas banget, kalo malam dingin banget.
    Puas ngelihat tanaman-tanamannya 🙂

  • June 26, 2013 at 1:21 pm
    Permalink

    masih panasan pekanbaru kak..kemarin rekor 37° C cuaca trpnas slma 30 tahun trkhir..

    • June 26, 2013 at 1:54 pm
      Permalink

      Panass bangett. Disini kalau sudah musim panas bisa lewat 40 derajat C, semoga tahun ini tidak sepanas itu :).

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: