Taman di Balkon Rumahku

loading...

Taman di Balkon Rumahku. Hari ini cuaca cerah sekali, matahari bersinar terang dan yang paling saya suka sejukk serasa di puncak asmara. Dibanding suhu panas, saya lebih suka suhu yang adem seperti hari ini. 1 minggu lalu hampir 36 derajat C, dan pagi ini Jam 9 pagi suhunya 21 derajat C 🙂 .

Disini kadang aneh bisa panas seperti di gunung sahara, kemudian bisa dingin sedingin-dinginnya. Kalau cuacanya sejuk hingga dingin ya bisa pakai baju lebih tebal, sedangkan kalau panas, biar sudah telanjang bulat, tetap saja panas! 😕 .

Taman di Balkon Rumahku. Kiri Suhu 18 Juni 2013 panas banget hampir 36 derajat C. Seminggu kemudian.. Kanan Asyikk ademm 26 Juni 2013

Kiri Suhu 18 Juni 2013 panas banget hampir 36 derajat C. Seminggu kemudian.. Kanan Asyikk ademm 26 Juni 2013

Kalau cuaca cerah seperti ini, biasanya saya cek keadaan tanaman-tanamanku, dan potretin buat dipamerin ya hehe :mrgreen: .

Mulai dari balkon depan dulu

 

Yukk lihat secara detailnya

 

Sekarang mari melihat house plants alias tanaman dalam rumah

 

Menuju ke balkon belakang

 

Yang sudah berbunga ..

Dahlia Park Princess. Tahun lalu tinggi lebih dari 1 Meter, tahun ini karena mendapat sinar matahari langsung paling 50 cm tingginya. Umbi bunganya dari yang tahun lalu.

 

Edelrose Virgo. Ketika beli berupa root (batang dan akarnya), sekarang sudah muncul bunganya. Saya tanam bulan Maret 2013.

 

Mawar Favorite Hit. Beli tahun lalu ketika jalan-jalan ke Belanda. Pas beli memang sudah berbunga lebat. Ketika musim dingin rontok, dan sekarang subur kembali. 😎

Taman di Balkon Rumahku. Mawar Favorite Hit. Beli Mei 2012 di Belanda, musim dingin botak, sekarang subur kembali

Mawar Favorite Hit. Beli Mei 2012 di Belanda, musim dingin botak, sekarang subur kembali

Bunga Malva (Malva Sylvestris). Bibitnya dari tahun lalu, saya tanam 7 April, dalam dua bulan sudah berbung. Bunga Malva ini menarik kupu-kupu dan lebah berkumpul sekitarnya.

Malva sylvestris bibit dari tahun lalu. Bunga ini menarik perhatian lebah dan kupu-kupu

Malva sylvestris bibit dari tahun lalu. Bunga ini menarik perhatian lebah dan kupu-kupu

Terakhir yang berbunga

Fuchsia dan Petunia, keduanya beli tanaman jadi, tapi pas beli belum berbunga, sekarang ramai bunganya.

Fuchsia dan Petunia. Pas beli belum bebrunga sekarang suburr

Fuchsia dan Petunia. Pas beli belum bebrunga sekarang suburr

Yang makin subur dan bermunculan bakal bunganya adalah dahlia Pompom Merah dan pom pom pink, Dahlia Santa Claus, Dahlia Noordwijks Glorie dan bunga Lavender.

 

Pemandangan sisi lain balkonnya

Balkon Belakang. Cuaca Cerah sekali

Balkon Belakang. Cuaca Cerah sekali

Tanaman lainnya

 

Apakah kalian puas melihat foto-foto taman saya? 🙂 Apaaa tidak puas??? Masah sih?? 😀 . Oke saya kasih liat videonya ya. Maaf nih kalau videonya goyang maklum amatiran 😆 .

Video Taman di Balkon Rumahku

 

“Flowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.” – Luther Burbank-

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Advertisements

103 thoughts on “Taman di Balkon Rumahku

  1. kereeen , banyk banget bunganya (y)

    ( ayuningrum-tipen.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 20.06.2016 )

  2. Mbak…tapi walaupun disana panas bisa 40 derajat celcius, tapi saya lihat kyknya lingkungannya sangat bersih, sama skali ngga berdebu, Dan tanaman2nya bisa numbuh subur sehat semua mungkin karena iklimnya yg sejuk…klo disini kan panasnya udah menyengat, trs banyak debu 🙁 tanaman2ku pada mati cuma karena panas matahari sore doank….padahal panas matahari siang kan yg paling panas,,,,
    Ada tips ngga mbak?
    Tanaman2ku yg mati itu bukan tanaman dewasa, tp seedlings ato yg ukuran tanggung 20cm-an tingginya.
    Apa waktu masih seedlings ga bole kena panas ya? Jadi hrs totally ditempat teduh?

    • Disini pas musim panas, sore hari juga panas sekali, bisa layu daun2 tanaman. Saya tutupi tanamannya pakai koran, sampai sinar mataharinya lewat.
      Untuk seeding jangan sampai kena matahari langsung, taruh ditempat teduh 😉 .

  3. Wah, keren banget taman balkonnya Dan bunga/tanaman sebanyak itu semua di pot ya? Jadi semangat nih, saya harus bisa juga menanam beraneka tanaman seperti ini.

  4. Wih, bunga-bunganya cakep yaaa…. Bisa berbunga semua…
    Aku setuju tuh. Bunga memang bisa membuat hati jadi lebih baik… sama kalau aku lagi bete, terus lihat bunga cantik di rumah langsung senang…

  5. wuih.. balkonnya keren.. tanamannya bikin mupeng.. nanem marigold juga to mbak?? senengnya

    url sbasdiary.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  6. Mba Nella, seru banget itu aneka ria tanaman di rumahnya. Didukung dengan cuaca yang kayaknya seger banget…duuuh jadi pengen pindah ke desa aja deh (lhaa bukan pindah ke luar negeri). Mba, ngeliat foto si Malve keingetan kemaren Malve-ku udah keluar kecambahnya loh dan pagi ini daunnya udah ngebuka tapi masih langsing banget tuh hehee. Lampionnya masih biji aja Mba udah seminggu. Trus Pfauenliliennya juga masih anteng2 aja kayak bawang merah ditanem…*mulai stress hahahaa. Keren Mba rumahmu…isinya tanaman semua *envy rumahku isinya buku melulu, sampe bingung naronya dimana. Sekarang nambahin lagi dengan pot2 kecil hehee.

    • Hai Nisa, Malvenya coba taruh tempat kena matahari tapi jangan yg terlalu terik. Klo daunnya sudah mulai tumbuh 4 – 6 helai bisa pindah ke pot lebih besar. Bunga lampion semprot tiap hari, taruh tempat kena matahari, begitu pula dg pfauenlilien taruh tempat kena matahari, klo sdh mulai tumbuh baru tempat teduh ;).

      • Ooh Lampion dari kecil udah suka matahari ya Mba? Aku taronya di tempat teduh mulu. Tadi pagi aku lagi nyemprot Malve tau2 wadahnya slip aja gitu Mba…jadinya jatuh huhuhu. Bagus ga terlalu berantakan. Semoga sehat2 aja deh Malve.
        Aku kerja sih Mba, kalo pot2 aku taro di tempat terbuka takutnya hujan siapa yang mau ngangkat (suami istri kerja, dirumah adanya kecoa to’) hiks. Fullnya waktu pas weekend aja. Jadinya weekend gardener deh hehee

  7. Mantap tamannya…… Seger ngeliatnya. Btw, Hydrangea Paniculata sama Lavendernya apa ditanam dari biji? Disini ada yang jual biji lavender, tapi nggak yakin di Indonesia bisa tumbuh….. Padahal pengen banget 🙂

    • Hydrangea dan Lavender beli tanaman jadi ketika masih kecil jadi ya murah :D. Tahun lalu coba tanam lavender dari benih gagal krn nanam sdh dekat musim dingin ya ga numbuh2 :D.

  8. wahh.. kak nella.. tanamannya banyak sekali.. jenis-jenisnya juga banyak.
    hebat,, bukan cuma perkarangannya aja penuh bunga, dalam rumah juga banyak.. 😀
    rajin ya kak buat ngurusin tanaman segitu banyak. kak nella cermat ya, bisa mensiasati berbagai jenis bunga dan tanaman sayur ditengah pergantian musim. disana kan sampe 4 musim. kalo di indo, bunga dan tanaman sayur kak nella dibiarin aja, ntah uda seberapa besar ya kak.. hehehe…

    • Hai Renny, tahun pertama saya disini banyak gagalnya, ya masa belajarlah :D. Sekarang sudah mulai tahu, belajar dari pengalaman dan banyak cari informasi dari media cetak dan media online ;).

  9. Waaaah, saya di sini baru 30 derajat celcius aja udah kegerahan, Mbak… Fyuuh…

    Seneng ya mbak kalau tanamannya tumbuh sehat dan subur gitu. Puas banget, nggak sia-sia merawatnya, hehe….

  10. Rasanya betah nih kalo tinggal di rumah mbak, bener- bener bikin ijo mata 🙂
    Bunga dan sayurannya banyaaak…. seneng deh, hebaat mbak di cuaca begini bisa bikin mereka tumbuh seger gitu

    • Kenikir yang mana mbak? disini bhs Jerman semua hehe jadi kalau ada yang kasih tau ya senang banget bisa tulis juga bhs Indonesianya. Oh ya kenikir yang disini ya? tanamannya yg kanan? namanya marigold kalau di Indo dikenal sebagai bunga “tahi ayam”.

  11. cantiknyaaaa bunga2 mba nella.. jd pengen piara (pet kaleee) 😀
    btw, kalo agustus pertengahan suhunya kira2 brp ya mba? panas bgt ngga?

  12. Ahhh… Bagusss kakkk Nelllaaa.. Akuhh sukakk.. Serunya klo tanam menanam gini pas lagi mekar bunganyaa 😀 Sejukk mata jadinyaa..

  13. Yaampun Nel.. sempet nyampe 36 derajaaaat?? Huaaaah iri.. Disini kok ujan mulu yaaa.. Cuma kemarin di Stockholm aja sempet ngerasain panas yang nyenengin gituu.. huhuhu..

    • Sayangnya belum muncul kupu-kupu nih, kan akan tambah cakep kebunku hehe. Di Indonesia bisa berkebun sepanjang tahun, ini aku cepat2 bikin bagus kebunnya sblm datang musim dingin :D.

      • Kalau musim dingin apa semua tanaman itu mati? jadi harus menanam ulang lagi setelah musim dingin? Kalau di Indonesia bisa menanam sepanjang tahun, tapi hama serangga dan cendawan juga aktif sepanjang tahun 🙂

        Saya suka Dahlia Park Princess nya

        • Ada yang mati, ada juga yang mati suri spt pohon-pohon buah, rontok dedaunannya. Masuk musim semi akan mulai tumbuh kembali. Untuk bunga-bunga berumbi spt tulip, dahlia dll akan tumbuh kembali, umbinya aman berada dalam tanah, hanya bagian atasnya yang rontok.

  14. Ayahku hobi nanam buah. Ibuku seneng merawat kembang. Aku kebagian (baca : yang disuruh) nyiramin tuh tanaman. Klop, kan? hahaha 🙂

  15. kerennnn tanaman nya subur subur semua heeee pengen juga seperti itu cuma kdg indo agak susah kali ya se bagus tu krn cuaca kdg suka usilin tanaman ampe layu n daunnya gosong hahaha….tp sy ttp semangat nanam setelah mengikuti blognya mba nella xixixixi 🙂 mba nella giv me spirit n kesabaran lebih untuk nanam hahaha ( *big Hug )

Comments are closed.