Orang Jerman Itu (Bagian II)

Orang Jerman Itu (Bagian II). Sahabat pencinta blog pursuingmydreams.com selamat hari sabtu ya. Mau berakhir pekan kemana nih? :smile:. Saya mau melanjutkan membahas mengenai orang Jerman. Temanya sedikit diubah, bukan mengenai orang Jermannya langsung, namun bagaimana kehidupan di Jerman:

  1.  Asuransi kesehatan wajib HARUS punya, karena biaya rumah sakit mahal sekali. Aku 2 kali melahirkan (sesar) gratis, ke dokter anak gratis (pemeriksaan rutin sampai anak 17 tahun), ke dokter kandungan tiap tahun buat pemeriksaan kewanitaan gratis juga, kalau alat KB bayar 😆 ; yang ga enaknya kalau cuma sakit ringan batuk pilek lebih baik tidak ke dokter JANGAN HARAP dikasih obat, antibiotik dikasih kalau hampir mati lol: .
  2. Pensiun untuk pria 67 tahun dan wanita 65 tahun.
  3. Kalau bertemu orang salam tangan saja, tidak perlu cium pipi. Di negara lain ada yang cium pipi 3 kali, di Jerman banyak orang dari berbagai bangsa yg bawa kebiasaannya kesini. Ya aku ko risih digituin (cium 3 kali), walaupun yang cium aku seumuran bapak ku dan suami ku juga lihat, namun aku tak mampu menolaknya haha.
  4.  Anak-anak tidak boleh muncul di panggung (TV) setelah jam 10 malam. Kalau remaja dibawah 18 tahun ikut kontes musik lewat jam 10 malam tidak boleh naik panggung lagi, jadi hanya duduk dibangku penonton. Biasanya anak dibawah umur dibikin tampil sebelum jam 10 malam. Kalau pemenang kontes nyanyi nya dibawah umur, perayaan sorak sorainya di bawah panggung gitu 😆 .
  5. Sejak bayi lahir hingga si anak kuliah akan dapat uang anak dari negara (kindergeld) nilainya 180 EUR/bulan (sekitar Rp.2.300.000). *revisi, per Jan 2021 naik jadi 204 Euro/anak. Anak ke 3 dst nya dapat uangnya lebih banyak. (Biar dapat duit buat anak begitu, tetap aja orang Jerman banyak yang tidak mau punya anak tuh).
  6. Tidak boleh memukul anak. Si anak bisa melaporkan orangtuanya ke polisi dengan alasan kekerasan terhadap anak.
  7. Tidak boleh memaksa anak supaya cepat bisa membaca. Menurut gurunya jika waktunya tepat si anak akan bisa sendiri. Waktu ke dokter gigi pun si anak tidak boleh dipaksa, ya aku nya gregetan cuma disuruh naik ke bangku periksa buka mulut aja (periksa gigi aja), si kecil tidak mau. Perawatnya bilang ke aku jangan dipaksa, harus si anak sendiri yang mau, alhasil kita pulang haha .. dapat termin (jadwal) lagi bulan berikutnya, dan kusuruh suamiku aja yang antar! 😆 .
  8. Anak-anak tidak boleh main sendirian di taman, orang tua atau pengasuh harus selalu ada di dekatnya. (bahaya penculikan anak kali ya).
  9. Kalau punya mobil wajib punya juga asuransi mobil. Polisi bisa menilang kamu jika mobil tidak punya asuransi.
  10. Bersepeda juga diajarkan disekolah. Guru atau polisi setempat yang mengajar anak-anak di lapangan atau jalan raya (jalanan akan ditutup selama pelajaran), nanti siswa dapat sim sepeda.. Ceritanya disini.
Orang Jerman Itu (Bagian II). Belajar Bersepeda di jalanan

Belajar Bersepeda di jalanan

Tulisan Terkini

11. Di Jerman, perusahaan berkewajiban memperkerjakan orang cacat, paling sedikit 5%, jika mengelak maka siap-siap kena denda. Sepenggal kisahnya (Baca: Di Jerman Cacat pun Berpeluang Kerja).

12. Air keran di rumah bisa langsung diminum, aku ya ogah kecuali air botolan habis haha, suami sih minum air keran.

13. Wine sebagai hadiah atau tentengan bertamu. Ya ini khas Jerman banget. Ada yang ultah, bertamu, hari raya dll buat tuan rumah dikasih wine. Dirumah saya nih jadi ada berbotol-botol wine. Kalau bertamu lagi ya bawa yang dirumah saja. Asal ingat saja kita dapat winenya dari siapa, jangan sampai wine yang sama kembali ke pemberinya kan malu-maluin tuh hehe 😆 .

Wine sebagai Tentengan bertamu Khas Jerman banget, typisch deutsch

Wine sebagai Tentengan bertamu Khas Jerman banget, typisch deutsch

14. Ke sesama langsung pagi nama, tidak peduli tua muda, kecuali kalau resmi ke kantor-kantor baru panggil Frau (wanita) atau Herr (pria). Anak kecil ke orang dewasa juga panggil nama, aku ko risih ya, jadi kubilang sama anakku bilang “opa Bern“, jangan nama aja, tidak sopan kalau di Indonesia, ternyata yang bersangkutan malah bilang biarkan saja sudah terbiasa anakku panggil si opa ini begitu 😀 .

15. Memberi dan menerima sesuatu sah-sah saja dengan tangan kiri.

16. Waktu tenang (Ruhezeit) jam 1 hingga jam 3 sore. Jam 10 malam hingga jam 6 pagi.  Hari Minggu dan tanggal merah juga adalah hari tenang, jadi tidak boleh bikin gaduh tidak boleh pakai alat elektronik bikin ribut seperti potong rumput tidak boleh dilakukan.

Video Orang Jerman Cinta Ketenangan Nyatanya Bikin Ribut Juga Saat Ruhetag!

17. Kalau latihan alat musik di rumah, misal main drum, saxophone dll maksimal hanya boleh 1 jam. Kalau mau puas bermain bikin kamar kedap suara. Kalau bikin bising tetangga merasa terganggu si tetangga bisa lapor polisi.

18. Hari kerja kantor-kantor Senin hingga Jumat. Sabtu toko-toko kecil buka setengah hari  (hingga jam 12 atau jam 1 siang). Hari Minggu semua toko-toko, supermarket, termasuk pusat perbelanjaan tutup. Alasannya supaya pekerjanya juga bisa berkumpul dengan keluarga mereka. Jika ada yang bekerja di hari libur atau sabtu minggu (misal di layanan kesehatan, seperti rumah sakit)  maka gajinya lebih besar dari hari biasa, bisa dapat 2x lipat.

19. Bikin SIM di Jerman biayannya sekitar 2.000 Euro (sekitar Rp.25.800.000 *kurs Rp.12.900). Tidak ada calo SIM disini hehe :mrgreen: . Kalau test nyetirnya gagal terus ya tambah mahal biaya kursusnya bisa membengkak sampai 3.000-5.000 Euro 😆 .

20. Punya radio atau hp saja harus bayar pajak 5,75 EUR/bulan. Punya ketiganya radio, hp & televisi pajaknya 17,98 EUR/bulan. Kalau kamu tinggal sendirian ya bayar sendirian tapi untuk keluarga satu rumah bayar cukup sekali hitungan satu orang saja. Bayar melalui Bank transfer, kalau telat bayar ada dendanya! 😆 .

Tentang Orang Jerman & kebiasaannya Bagian I klik disini.

Demikianlah cerita saya mengenai Orang Jerman Itu (Bagian II). Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan cerita dari Jerman berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Catatan Tinggal di Jerman

99 Comments

  1. pursuingmydreams March 11, 2014
  2. modernbunda March 11, 2014
  3. pursuingmydreams January 1, 2014
  4. ellykurnia January 1, 2014
  5. pursuingmydreams August 4, 2013
  6. Ailtje August 3, 2013
  7. pursuingmydreams July 28, 2013
  8. mariskaajeng July 27, 2013
  9. pursuingmydreams July 13, 2013
  10. mkstories4life July 13, 2013
  11. pursuingmydreams July 5, 2013
  12. sav July 5, 2013
  13. pursuingmydreams July 5, 2013
  14. Rina July 5, 2013
  15. ardika July 4, 2013
  16. pursuingmydreams July 4, 2013
  17. ardika July 4, 2013
  18. pursuingmydreams July 3, 2013
  19. bebe' July 3, 2013
  20. pursuingmydreams July 3, 2013
  21. pursuingmydreams July 3, 2013
  22. Ilham July 3, 2013
  23. Alid Abdul July 3, 2013
  24. pursuingmydreams July 2, 2013
  25. pursuingmydreams July 2, 2013
  26. monda July 2, 2013
  27. chris13jkt July 2, 2013
  28. pursuingmydreams July 2, 2013
  29. pursuingmydreams July 2, 2013
  30. chris13jkt July 2, 2013
  31. Fascha July 1, 2013
  32. pursuingmydreams July 1, 2013
  33. pursuingmydreams July 1, 2013
  34. pursuingmydreams July 1, 2013
  35. pursuingmydreams July 1, 2013
  36. pursuingmydreams July 1, 2013
  37. Pypy July 1, 2013
  38. isnuansasn July 1, 2013
  39. Faradiba Achmadi July 1, 2013
  40. omnduut July 1, 2013
  41. dian_ryan July 1, 2013
  42. pursuingmydreams July 1, 2013
  43. officialchitras June 30, 2013
  44. cumilebay.com June 30, 2013
  45. pursuingmydreams June 30, 2013
  46. pursuingmydreams June 30, 2013
  47. pursuingmydreams June 30, 2013
  48. pursuingmydreams June 30, 2013
  49. officialchitras June 30, 2013
  50. Ni Made Sri Andani June 30, 2013
  51. elam June 30, 2013
  52. h0tchocolate June 30, 2013
  53. dyazafryan June 30, 2013
  54. pursuingmydreams June 30, 2013
  55. dyazafryan June 30, 2013
  56. pursuingmydreams June 30, 2013
  57. dyazafryan June 30, 2013
  58. pursuingmydreams June 29, 2013
  59. Fascha June 29, 2013
  60. pursuingmydreams June 29, 2013
  61. pursuingmydreams June 29, 2013
  62. pursuingmydreams June 29, 2013
  63. pursuingmydreams June 29, 2013
  64. Erit07 June 29, 2013
  65. kayka June 29, 2013
  66. dyazafryan June 29, 2013
  67. mudagrafika June 29, 2013
  68. pursuingmydreams June 29, 2013
  69. pursuingmydreams June 29, 2013
  70. fiona June 29, 2013
  71. pursuingmydreams June 29, 2013
  72. lieshadie June 29, 2013
  73. iwa Riot June 29, 2013
  74. pursuingmydreams June 29, 2013
  75. pursuingmydreams June 29, 2013
  76. pursuingmydreams June 29, 2013
  77. pursuingmydreams June 29, 2013
  78. pursuingmydreams June 29, 2013
  79. pursuingmydreams June 29, 2013
  80. pursuingmydreams June 29, 2013
  81. pursuingmydreams June 29, 2013
  82. pursuingmydreams June 29, 2013
  83. pursuingmydreams June 29, 2013
  84. pursuingmydreams June 29, 2013
  85. pursuingmydreams June 29, 2013
  86. ninarahmaizar June 29, 2013
  87. iwariot June 29, 2013
  88. iwariot June 29, 2013
  89. monda June 29, 2013
  90. niee June 29, 2013
  91. Melissa Octoviani June 29, 2013
  92. dyazafryan June 29, 2013
  93. Ryan June 29, 2013
  94. nyonyasepatu June 29, 2013
  95. bri-t June 29, 2013
  96. Nazimah Elfish June 29, 2013
  97. Arman June 29, 2013
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: