May 30, 2020

Keyboard Laptop Rusak Alasanku Tidak Ngeblog

Keyboard Laptop Rusak Alasanku Tidak Ngeblog. Hai sobat bloger dan pembaca setia blogku, sudah tiga minggu lebih tidak ada tulisan baru di blog saya ini karena keyboard laptop saya rusak. Apa yang saya tekan tidak semuanya menghasilkan huruf yang seharusnya diketik πŸ˜₯ .

Ketik Huruf:Munculnya jadi:
aeaf
bb, ada komanya
eeaf
feaf
izi
l^45l
kmati/blank
pp#
wmati/blank
zzi
4^45l
55 ^45l
7/=
enter# dan volume speaker meningkat

Huruf lainnya berfungsi dengan baik. Saya mencoba memperbaiki sendiri dengan mencoba berbagai tutorial dari google dan youtube dalam 3 bahasa, namun hasilnya nihil πŸ™ .

Keyboard Laptop Rusak Alasanku Tidak Ngeblog

Dari tanggal 4 Maret saya coba perbaiki, pas anak-anak tidur jam 9 malam, langsung saya kerjain cari penyelesaiannya. Saya ikuti banyak sekali tutorial tapi tidak ada hasilnya. Besoknya sebenarnya saya sudah kesel nggak mau ngurusin lagi, eh ya ko tergoda juga. β€žah coba sekali lagi deh, sapa tahu kali ini beruntung!β€œ.

Saya kalau kena masalah begini memang selalu tergoda ingin coba lagi dan lagi. Terobsesi sampai masalah tersebut selesai. Akhirnya kerjaan lain malah terbengkalai. Awal mula rusaknya keyboard laptop ini karena saya berantem sama Benjamin jagoanku. Saya kalau sudah tiga kali mengatakan sesuatu, dan anaknya nggak nurut, saya marah, saya kesel.

Benjamin mau pakai laptopnya buat nonton nggak saya ijinkan karena dia tidak nurut apa yang saya katakan. Buru-buru saya tutup laptopnya dengan cepat, entah mungkin ada yang salah tekan atau sebelumnya Benjamin sudah tekan-tekan keras keybowrd laptopnya, karena dia juga kesel entah apa yang ditekan jadinya rusak deh.

Antara lain tutorial cara memperbaiki keyboard bermasalah yang saya praktekkan adalah sebagai berikut (dari berbagai artikel saya coba):

  • Coba ngetik pakai keyboardtester http://www.keyboardtester.com/ untuk melihat/mengetahui bagian keyboard mana saja yang masih aktif berfungsi. Ini jadinya pakai virtual keyboard, kita tetap ngetik pakai keyboard kita. Saya ketik angka 1 2 dan 3 pada keyboardtester angka 123 nya berwana hijau. Hijau ini berarti angka tersebut masih aktif berfungsi, sedangkan yang tidak ada tanda warna hijaunya berarti huruf/angka di keyboard sudah tidak berfungsi (mati). Keyboard saya yang tidak muncul warna hijanya adalah huruf w, dan k. Berarti huruf ini rusak bagian hardwarenya dan harus beli keyboard baru. Saya tes pakai keyboardtester ini setelah sehari sebelumnya bergadang, berkutat cari tahu penyelesaiannya. Hiks habis waktu saya deh. Nah kalau keyboard mu muncul semua warna hijau saat coba di keyboardtester. Maka lanjut coba cara berikut ini dibawah:
    • Tekan Fn + F11 bersamaan, lalu coba tekan keyboardnya, kalau belum normal lanjut cara dibawah berikut
    • Tekan Fn + Shift + Num Lock atau Fn + Num Lock.
    • Tekan Fn + F11 + Shift bersamaan tahan beberapa detik.
    • Non aktifkan cortana dari start, kalau bingung bisa baca keyboard not working in windows 10 .
    • Kalau mau pakai virtual keyboard, lihat bagian kanan bawah laptop, ada simbol keyboard, klik aja. Atau dari start ketik osk nanti akan muncul virtual keyboard. Saya tidak suka pakai virtual keyboard ini, karena susah mau ngetik cepat, dan sering ada satu huruf kelewat tidak terketik. Untuk keadaan mendesak ya terpaksa dipakailah virtual keyboard in, namun untuk kegiatan bloging seperti balas komentar di blogku, blogwalking dan jawab-jawab email masuk dari pembaca blog, sudah 3 minggu ku tinggalkan dulu, kalaupun waktu itu ada tulisan teman bloger yang ku komenin, tuh paling 1-2 aja karena sebel pakai virtual keyboard ini seperti siput ngetiknya haha.
  • Pilih Control Panel (dari start) > Regional and Language Options > Keyboards and Languages > Change Keyboards > Advanced Key Settings.

-Pilih opsi, β€œBetween Input Languages” dan klik β€œChange Key Sequence”
-Pilih β€œNot Assigned” untuk β€œSwitch Input Language” dan β€œSwitch Keyboard Layout”
-Klik β€œOK” untuk menerapkan perubahan.

Video 5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

 

Masih banyak tutorial lain yang saya ikuti, sayangnya saya lupa, karena terlalu banyak disuruh begini begitu. Saya buat video supaya tahu kalau misal salah, saya bisa kembalikan ke fungsi sebelumnya. Β Gara-gara keyboard laptop rusak, saya malas sering buka laptop, karena mau balas komen blogpun saya malas, ngetik pakai virtual keyboard lama dan saya belum terbiasa. Sialnya pas 2x balas komen saluran youtubeku, lah tinggal tekan enter ko salah, padahal saya sudah ketik panjang komennya, ternyata hilang hiks.

Hari kedua keybord laptop ini rusak, saya sodorin uang ke bapaknya anak-anak, minta dibelikan yang baru. Gaya horang kaya banget deh saya haha 😎 . Awalnya suami bilang harga keyboard windows 10 adalah 100 euro (Rp. 1,5 juta), ternyata pas cek online jauh lebih mahal.

Bapaknya anak-anak bilang bersabar saja, karena dia bakalan dapat voucher amazon 100 euro dari tempat kerja sebelumnya, namun sudah 3 minggu berlalu tuh voucher belum datang juga, laptopku belum ada perubahan. Saya pas disuruh lihat kardus laptop oleh suami, kan garansi 2 tahun, nah masih sebulan lagi tuh expirednya.

Sudah beberapa kali saya ingatan, untuk dibawa ke media markt, dia sih iya iya, tarsok melulu. Saya semakin kesal dengan keadaan ini. Mau kerja di laptop tidak bisa cepat, saya juga tidak bersemangatlah dengan segala urusan online.

Masih belum move on juga dari iseng coba benerin keyboard, kali aja bisa, lalu saya ikuti tutorial dari website windows, supaya di setting ulang, saya bisa pilih semua dokumen saya tetap ada. Nah malah menambah masalah baru dong dan kena omel bapaknya anak-anak haha karena semua app dan pengaturan jadi kembali default, termasuk buat sambuangan internetnya jadi bermasalah, masah cuma bisa buka google dan youtube saja, sedangkan website lain jadi kode 404, selama 3 harian tuh bermasalah internet laptopnya.

Mau kerja dari komputer di ruang tamu, nah tuh suami tercinta kalau pas dirumah dia selalu main online game melulu!. Kalau saya pakai komputer tersebut, si bocah Lisa Marie langsung bertingkah minta dipangku, kalau anaknya ditaruh dimeja diberantakin semua barang-barang disitu, termasuk keyboardnya di pencet-pencet. Paling tragisnya, kalau saya baru juga bentaran duduk, eh tiba-tiba komputernya mati!, colokannya dicabut si Lisa huhu .. Nih bulan terburuk deh buat saya haha.

Ok deh sampai disini dulu ceritanya, kalau laptop saya sudah beres lagi baru saya bakalan bw lagi dan balas-balas email pembaca yang nanya-nanya via form kontak blog.

Baca juga:Β 3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Sumber bacaan:
β€’ Kalau Keyboard Laptop Tak Sesuai Perintah
β€’ keyboard tidak sesuai dengan yang diketik
β€’ Penablog baik bangett jawabin yang pada nanya buanyak bener – Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Ketik Huruf Tertukar Menjadi Angka

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

46 thoughts on “Keyboard Laptop Rusak Alasanku Tidak Ngeblog

  1. Paling menderita saya mbaaa kalau laptop rusak. Laptopku baru setahun keyboardnya ada tombol yg mati, sudah sampai aku bongkar dan bersihkan dalamnya, masih engga mau jalan juga. Yasud besoknya langsung aku bawa ke centre resminya dan dalam seminggu sudah diganti dengan keyboard baru karena masih garansi.

    Mba masih bisa sabar menunggu yaa… Aku engga bisa sabar mba, pasti udah panikan duluan kalau yg namanya laptop… hidup matiky di laptop soalnya ha ha ha… kalau dalam dua-tiga hari belum bisa aku betulkan sendiri, udah langsung nyari service centre.

    1. Hai Miss Mae, laptopku keyboardnya model yg tipis, ga tahu juga bongkarnya. Pernah bongkar kamera, lupa cara pasang seperti awalnya, pinter bongkar doang akunya haha, makanya ga berani bongkar keyboard. Sabar sih terpaksa Mae, makanya akupun jd malas ngeblog dan bw. Ngetik pakai virtual keyboard nih ampunn dah lelet bangettt πŸ˜† .

  2. Wahh udah lama banget rasanya gak mampir disini. Biasanya sekali 3 hari pasti mampir nih.
    Setelah 2 minggu kemarin sibuk dengan urusan rumah sakit karena aku dan anakku harus dirawat.

    Gimana laptopnya kak? udah sembuh?
    Wahhh hebat ya Kak Nela mau aja utak atik laptop.

    Kalau aku sih pasti udah nyerah tuh kak. hahaha..
    Sama sekali gak paham dengan jeroannya laptop (“,)

  3. Kalau aku laptop tidak kenapa2 tapi ga ada waktu banget. Dan akhir-akhir ini lagi pengen ngajar bahasa jerman online lewat you tube…wkkkk jadi ga punya waktu untuk nulis :D…

  4. Tapi kak Nella masih punya kesabaran buat mau mencoba memperbaiki sendiri ya, kalau aku pasti sudah stress sendiri hahaha. Aku sejak timggal dijerman hampir tidak permah menyentuh pc ( laptop juga karena nggak punya ) karena selain nggak kuat di layar computer lama-lama, letak alphabet pada keyboard juga berbeda dengan di indonesia ya jadi kalau ketik sering membingungkan and bikin cepat naik darah.. hahaha jadi setiap x buat BW sama nulis blog mauoun comment selalu via Tablet…?, Btw semoga permasalahannya segera teratasi ya β™‘, nggak ada post dari kak Nella ibarat gurun tanpa hujan..hauss jadinya. *lah ini nyambungnya gimana* hahaha

    1. Hai Ann, disabar sabarin tp kesel dan marah2 sendiri aja, tambah kesel klo suami ga mau bantuin benerin, asal bilang beli yg baru aja haha. Karena sudah tiap hari jadinya terbiasa dan hapal mati dg keyboard Jerman, walau kadang ga ngerti banget, asal ingat klak kliknya bisa aja sih haha. Klo bw dan baca2 enak via tablet, klo utk bikin pstingan aku lebh suka di komputer atau laptop karena bisa ngetik cepat.

  5. Hallo kak, sudah lama sy kenalan dengan blog kakak tapi baru kali ini sempat mapir ninggalin komen. Sama ini seperti sy, laptop juga udah sekarat krna bolak balik jatuh krna dimainin bocah di rumah. tapi masih bisa dipakai walaupun harus pake mouse. semoga segera beres ya kak laptopnya, postingan kakak selalu kunanti. hehehe

  6. Halo mba nela, saya serin membaca blog mba nela mengenai kehidupan mba di jerman, saya ada ingin minta saran dengan mba nela, boleh saya minta apapunkontak atau email mba nela untuk chat lebih jauh?

  7. haduuh.. sengsara juga kalau keyboard rusak ya, keyboard kk hanya hilang button kurung kurawal aja bisa bikin bete, diganti nggak ada yg pas ukurannya..mengganggu pemandangan banget deh

    semoga cepat teratasi masalahnya Nel

  8. saya juga sering ngalamin keyboard error, kadang bener lagi, buat antisipasi saya beli keyboard gulung yang murah pake kabel USB, lumayan ringkas kalau mau dibawa-bawa meskipun tetap ga seenak keyboard bawaannya tapi bisa jadi solusi sementara dibanding menggunakan keyboard virtual

      1. Wah saya jadi penasaran soal ga ada untuk laptop windows, karena keyboard gulung/keyboard fleksibel yang saya maksud sama saja seperti keyboard PC pada umumnya hanya saja bentuknya lebih kecil & fleksibel bisa digulung sehingga tidak terlalu memakan tempat, untuk menyambungkan ke laptop/PC ada yang menggunakan kabel USB ada yang wireless, jadi memang bukan keyboard khusus untuk laptop, sifatnya juga untuk emergency aja daripada bawa-bawa keyboard PC yang besar ?

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: