Brezeln salah satu kesukaan saya di Jerman

Brezeln salah satu kesukaan saya di Jerman (English dan di Indonesiakan menjadi Pretzel), adalah salah satu kue (roti) yang menjadi kesukaan saya disini (Jerman). Kue ini berupa tiga simpul atau belitan. Rasanya asin dan sedikit manis. Brezel ada yang lunak dan ada pula yang keras. Pernah coba beli di Perancis, saya tidak suka rasa dan teksturnya (lebih keras), menurut saya lebih enak yang buatan Jerman ;-).

Ketika awal-awal saya makan begitu saja, tanpa tambahan apapun. Kemudian coba di olesi butter dibagian dalamnya, enak euy! Apalagi kalau kita makan pas hangat, tambah mantap !. Adonan brezel dibuat dari tepung terigu, air, gula, dan ragi, dan ditaburi dengan garam kasar. Kadang kalau terlalu banyak butiran garamnya, saya kopek-kopek (buang) butiran garamnya. Kalau mau panggang sendiri bisa beli yang masih mentah di supermarket, jadi kapan kita pengen baru deh masukin oven 😉 .

Baca juga: Orang Jerman, etika dan kebiasaannya

Kemarin baru ketemu bentuk lain lagi, di toko roti yang baru kami kunjungi, Puddingbrezel namanya, yummi! Sesuai namanya, maka dibagian tengah yang berwana kuning tersebut adalah pudding. Brezel ini termasuk yang rasanya manis.

Diolah dari berbagai sumber salah satunya wikipedia dan juga pengalaman penulis.

 

Tulisan Terkini

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: