Bersepeda di Jerman

Bersepeda di Jerman. Bersepeda atau bagaimana menggunakan sepeda menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah di Jerman. Pagi itu saya coba meng-abadikan momen anak-anak sekolah belajar naik sepeda. Berhasil ambil dua foto dari dalam rumah 😉 .

Bersepeda di Jerman

Anak-anak sekolah belajar naik sepeda. (Foto: dok. pribadi)

Pelajaran bersepeda diberikan oleh guru sekolah dan ada hari-hari tertentu, bapak / ibu polisi juga memberikan pengetahuannya. Beberapa kali saya sempat lihat juga, para orangtua membimbing putra putrinya bersepeda di sore hari.

Bersepeda di Jerman HARUS mematuhi aturan lalu lintas, harus lewat di jalur khusus untuk sepeda. HARUS menggunakan peralatan untuk pengaman diri sendiri, antara lain yang penting adalah helm. Jangan coba-coba bersepeda tanpa helm, alih-alih Anda akan kena tilang kalau pas bertemu pak polisi. Sepeda kita juga harus dilengkapi lampu penerang, gunanya kalau kita bersepeda di waktu gelap.

• Sepeda gunung-digunakan untuk lintasan off-road dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27.
• Sepeda jalan raya-digunakan untuk balap jalan raya, bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan, kombinasi kecepatan sampai 27
• Sepeda BMX-BMX merupakan kependekan dari bicycle moto-cross, banyak digunakan untuk atraksi
• Sepeda mini-termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda anak-anak, baik beroda dua maupun beroda tiga
• Sepeda angkut-termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda kumbang, sepeda pos
• Sepeda lipat-merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat dalam hitungan detik sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah
• Sepeda Balap – Sepeda yang model handlernya setengah lingkaran dan digunakan untuk balapan.
• Sepeda Fixie – Sepeda minimalis dengan rangka dan ban beraneka warna, setang pendek dan tidak banyak memiliki kabel-kabel sebagai pengatur tali rem

Kenapa bersepeda? Pertama : mengurangi penggotoran udara akibat penggunaan bahan bakar kendaraan (mobil atau motor), kedua : lebih sehat bersepeda, ketiga : pemandangan di negara-negara Eropa sangat indah, hamparan hijau dimana-mana. Keempat : hemat uang untuk beli bahan bakar kali ya he-he-he

Menurut website turunberatbadan.com, bersepeda memberikan manfaat, antara lain :

  1. Bersepeda dapat membuat tubuh menjadi berenergi dan menjaga bentuk tubuh. Hal ini dikarenakan ketika kita bersepeda, kita melakukan beberapa gerakan yang dapat membentuk, mengencangkan, dan menguatkan serta mengurangi lemak pada otot paha, betis, serta panggul.
  2. Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat mengurangi selulit pada paha. Bahkan gerakan bersepeda juga dapat menghilangkan stress di daerah lutut hingga pergelangan kaki seperti halnya ketika kita berjalan atau melakukan senam aerobik.
  3. Bersepeda dapat memperlancar proses sirkulasi darah kaya oksigen serta nutrisi menuju seluruh bagian otot di seluruh tubuh.
  4. Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat menghindarkan kita dari berbagai serangan penyakit. Misalnya diabetes, sebab bersepeda dapat menghindarkan kita dari tekanan darah tinggi dan menurunkan berat badan.
  5. Bersepeda dapat mengurangi stress dan menjaga kesehatan jantung.

Diolah dari berbagai sumber seperti :
– turunberatbadan.com/2463/manfaat-olahraga-bersepeda
– wikipedia.org/wiki/Sepeda
– pengalaman penulis

 

Baca juga:
Orang Jerman, Etika dan Kebiasaannya (Bagian VI)
Perhatikan Banyak Larangan Memotret di Jerman
Tinggal di Jerman

4 Comments

  1. Meyke April 1, 2013
    • pursuingmydreams April 1, 2013
  2. Dita January 3, 2012
    • pursuingmydream January 4, 2012
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: