Panduan Mengurus Visa Schengen Kedutaan Jerman

Panduan Mengurus Visa Schengen Kedutaan Jerman. Pada postingan sebelumnya saya menceritakan pengalaman mama mengurus visa schengen sendiri (Baca : Cerita Mamaku Ngurus Visa Schengen Sendiri) maka kali ini saya ingin menjelaskan mengenai berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengurus visa schengen (melalui kedutaan Jerman). Jenis visa kunjungan masa tinggal hingga 90 hari.

Panduan Mengurus Visa Schengen Kedutaan Jerman

Visa kunjungan bisa kunjungan teman atau keluarga jadi yang apply visa menyertakan Verpflichtungserklärung / Declaration of Commitment / Surat undangan atau jaminan dari Jerman.

Walau tidak ada surat undangan, saat ini urus visa turispun tidak susah ko, asal berkas yang dibutukan disiapkan dengan lengkap. Syarat Visa Turis tujuan Jerman klik : Visa Schengen Jerman – Turis .

Berkas yang dibutuhkan untuk mengurus visa schengen melalui kedubes Jerman:

Yang disiapkan mamaku:

Paspor. Minimal masa berlakunya 6 bulan. Kalau punya paspor lama harap dibawa juga karena petugas akan melihat riwayat perjalanan sebelumnya.
Kopi KTP
Foto Biometris berwarna dengan latar belakang putih atau abu-abu muda, ukuran 3,5cm x 4,5 cm. Wajah harus sebesar 80% dari ukuran foto. 1 foto ditempel di formulir permohonan visa sebelah kanan atas dan 1 foto disisipkan.

Contoh Foto Biometris bisa lihat di (klik): https://www.bundesdruckerei.de/sites/default/files/sample_photos_for_id-documents.pdf

Mama bikin foto biometris di Jalan Haji Agus Salim, Menteng Jakarta Pusat. Pokoknya dekat Gondangdia dan Sarinah. Di lokasi tersebut banyak studio foto untuk berbagai kedutaan.

Baca juga: Macam-macam Asuransi Perjalanan ke Negara Schengen

Asuransi Perjalanan (Asuransi kesehatan perjalanan). Jumlah pertanggungan harus minimal 30.000,- Euro berlaku di wilayah Schengen. Polis berlaku selama ybs melakukan perjalanan. Mama saya akan tinggal di Jerman selama 90 hari, kami beli polis asuransi AXA. Travel tempat beli asuransi menyarankan lebih baik beli polis yang berlaku 1 tahun karena harganya lebih murah, yakni 135 USD, sedangkan asuransi yang berlaku 90 hari saja harganya 160 USD. Hanya kopiannya yang disertakan di berkas apply visa, aslinya pegang dan diperlihatkan saja ketika wawancara.

Tujuan perjalanan. Keterangan mengenai tujuan perjalanan harus ditunjukkan dengan berkas-berkas yang sesuai, terutama:
I. Untuk kunjungan keluarga atau saudara: Bukti hubungan keluarga : Akte lahir, akte nikah atau buku nikah, kartu keluarga.
II. Untuk kunjungan kerabat / teman: Petunjuk mengenai hubungan kekerabatan atau pertemanan: Surat menyurat antara pemohon dengan pengundang Keterangan mengenai lamanya atau jenis pertemanan (melalui telefon, keterangan mengenai pertemuan dll).

Baca juga: Cerita Seru Tinggal di Jerman
Untuk hal ini saya memberikan kopi akte nikah saya untuk mama sertakan dalam berkas visanya. Sebagai pengundang adalah Frank suamiku. Mama kalau tidak salah bawa kartu keluarga juga, jadi tertera saya sebagai anaknya yang menikah dengan wn. Jerman.

Tulisan Terkini

Reservasi tiket pesawat yang belum dibayar. Sudah beli tiket dari Januari 2014 padahal berangkatnya Juli. Riskan banget kan kalau visa tidak disetujui, repott ngurus tuh tiket, Puji Tuhan sih visa mama disetujui. Soalnya kalau beli tiket dekat tanggal keberangkatan ya mahal banget! 😀 .
Foto kopian rekening tabungan 3 bulan terakhir. Sebenarnya kalau sudah ada surat jaminan dari Jerman (Verpflichtungserklärung) tidak butuh lagi rek tabungan mama, ya disiapkan saja daripada di tanya petugas “mau ke luar negeri ko tidak punya duit???” saya pernah nguping ada petugas nyindir begitu .
Surat keterangan kerja dengan keterangan gaji (asli dan fotokopi). Mama tidak menyertakan ini karena statusnya ibu rumah tangga.
Bukti aset tidak bergerak (sertifikat rumah). Kalau punya bawa saja sebaga bukti pendukung finansial.
Mengisi formulir Visa Schengen Jerman http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/4004566/Daten/3547935/C0__Formulir_Pemohonan.pdf

Jika linknya patah/tidak berfungsi. Silakan masuk ke :
http://www.jakarta.diplo.de
• Pilih bahasa Indonesia (lihat bagian atas tengah)
• Ketentuan-ketentuan Visa (lihat sisi kiri)
• Pilih visa yang Anda inginkan (lihat sisi kiri)

Berkas yang disiapkan pihak pengundang di Jerman (jenis visa kunjungan):

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements

140 Comments

  1. Erick December 18, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen December 18, 2018
  2. Beber November 5, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 8, 2018
  3. Devi September 30, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 9, 2018
  4. Veronica June 11, 2018
  5. Ejanuari May 27, 2018
  6. Winwin March 30, 2018
  7. Winwin March 13, 2018
  8. Winwin March 8, 2018
  9. Winwin March 4, 2018
  10. dee November 27, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 27, 2017
  11. Delia November 26, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 27, 2017
  12. Angel November 11, 2017
  13. mey October 29, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 30, 2017
  14. Nurna September 19, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 19, 2017
  15. Nai July 26, 2017
  16. putris July 12, 2017
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: