Cerita Mama ke Jerman Tanpa Pendamping

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

87 Responses

  1. arianimartini says:

    Mamanya hebat ya pemberani lho, umur 56 th masih gesit lagi,kalau saya nggak berani Mbak…oh iya kalau trebor dari bandara frankfurt jauh gak ? menantuku lagi disana sekarang selama 10 hari,dan oleh2 apa yg khas dari german Mbak,terima kasih sebelumnya….salam sayang utk sikecil ya…

    • Hai mbak Ari, heheh harus coba berani mbak, soalnya si mama juga siapa yg bisa jemput kan ga ada πŸ˜€ .
      Trebor wilayah mana ya mbak? aku google keluarnya nurnberg?. Khas Jerman paling beli kartupos mbak yg gambar2 pemandangan Jerman. Paling banyak sih coklat buat oleh-oleh. Coba cari magnet kulkas, atau gelas2 kecil yg ada tulisan Jermannya.

  2. adhyasahib says:

    waah seru pengalaman mamanya berangkat sendiri,,persiapan lengkap,,kira2 kalau mama saya kesini sendiri kayaknya harus ikutin tips2nya mbak nella nih,,secara mama saya juga gk bisa bahasa inggris,, πŸ™‚
    penasaran sama cerita baliknya mama ke tanah air,,, πŸ˜€

  3. n1ngtyas says:

    Hebaaat mamanya Nella berani berangkat sendiri. Demi ketemu cucu tercinta ya

  4. t3ph says:

    waduh pasti kangen banged ya ga ketemu mamanya 2 taon, hebat juga mamanya berani pergi sendiri padaal gabisa bahasa inggris.
    btw masa botol aer minumnya kudu dibuang juga sih? bukannya harusnya isinya doank yg dibuang?

  5. Fascha says:

    Aku udh keluarin dr spam kok mbak, btw si mama jago euuuuy!! Mudah2an ntar kl ortu kesini juga brani gt. Kl aku dl pake qatar, check in cuma di jkt mbak, pas transit gak check in lg, tinggal ke gate (abis lewatin imigrasi) baru disana boarding pass dicek lg.
    Trolley di bandaranya harus pake koin yah? Susah juga ya kl yg gak tau dan gak pny koin πŸ˜”

    • Iya Cha, klo di blogmu komenku ga masuk spam lagi πŸ˜‰ tp di blog lainnya masih masuk spam melulu atau komen ga muncul.
      Kalau ga pakai koin, orang2 yg pakai troley pasti ga akan kembalikan ke tempatnya, kan bikin kerjaan lg tuh, mana ada petugas khusus ngumpulin troley, mahal gaji pekerja hahaha. Di supermarket juga masukin koin untuk pakai troley πŸ˜€ .

  6. Puji Tuhan semua berjalan lancar kan mbak ya, sekali lagi sukses buat mbak sekeluarga.
    semoga suatu hari nanti bisa ketemu Benjamin, hehe.
    blog ini udah kayak jadi panduan baku buat yang mau ke jerman. Sampe sekarang udah disini, aku pantau terus setiap postingan terbaru, hehe.

  7. Neeeeel…
    Saking sayangnya Mama sama putrinya yang mau lahiran yah Neeeeel..
    Penuh perjuangan gitu deh.
    Kagum bener deh aku sama mama-mu, salut lah pokoknyaaa…

    Salam hormat untuk beliau yah Nel πŸ™‚

  8. Asiikk mama jagoan πŸ˜€

  9. Luar biasa, terharu baca postingan ini mbak. Salam buat ibunya, semoga panjang umur dan sehat selalu.
    Jangankan oma, temanku saja yang masih muda, kuat dan perkasa plus bisa berbahasa Jerman tetap aja kesasar di Frankfurt Flughafen. hehe

    Sukses selalu sekeluarga!

  10. hebat si opung, nah itulah yg orang bisa lakukan demi cinta buat sang cucu, klo buat anak sih belum tentu klo kata mamaku.
    jadi inget video ini kak, coba tonton deh

    • Deddd makasih ya videonya, bagus banget. Kumasukin ah dalam postinganku. Soalnya mamaku ga bw kamera kan jd ga bikin foto dan video πŸ™‚ .

      • aku juga suka ngebayaning gimana gitu klo mamaku hrs ngunjungin aku yg tinggal di luar, sayang mamaku bs nguasain lbh banyak bahasa drpd yg aku bisa, jd endingnya pasti kurang dramatis, hahahaha

        • Hahaha ko malah ngarepin yg dramatis sih πŸ˜€ Klo lancar kan lebih baik Ded πŸ˜‰ .

          • jd kmrn sempet obrolin soal ini sama mamaku,
            aku blg ntar tak suruh mamaku transit via taiwan atw Shanghai aja, kan mrk pake mandarin tuh, soalnya mamaku bisanya bhs hokkien ala ncik2 di pasar,
            trus mamaku blg gini:”you think i’m dumb enought to ask for help in english” hahaha
            trus aku jawab: kalo aku kasih alamatnya salah gimana?
            mamaku jawab: “ya tanya konsulat/kbri”
            klo aku pindah kewarganegaraan? “ya di kbri psti ada databasenya”
            klo aku ganti nama ? “ya pasti ada datanya juga dong”
            “mo ke lubang tikus juga pasti bisa lah aku nemuin pahoppuku”
            hahahahaha
            terlepas dr pembicaraannya, tp intinya ituloh kak: ni opung-opung emang niat semua ya sama pahoppunya
            so sweeet..
            #kidding

          • Kamu tinggal dimana sih Ded? πŸ˜€ .
            Iya para opung memang so sweet dah. Tiap pagi aku jadi telp mama, Ben cuma dengerin suara kami aja sambil terheran-heran πŸ˜† .

          • di Palembang kak, ini juga sama kayak mama, bill hp bs lbh sejuta sebulan buat nelfon cucu,
            btw, aku aja skrg lbh sayang sama ponakan kok drpad sama kakakku sendiri…
            jd wajar aja sih ya…
            anak2 emang ngasih energi positif sama yg tua2

          • Aku klo telp pakai skype, klo pakai telp rumah muahall bener πŸ˜€ . Iyaaa anak2 bikin orang dewasa awet muda hehe πŸ˜€ .

  11. Pengen nangis dan ketawa bahagia baca postingan ini. Perjuangan mama banget ya demi anak dan cucu.

  12. Messa says:

    ser maksudku seru kak belum selesai ngedit ketikan, kepencet tombol enter*

  13. Messa says:

    Emak Benjamin, aku suka nama barumu kak hahaaa πŸ˜€ btw, ser.bacanya kak. Manalah mamak gak bisa bahasa Inggris pula kan. Tapi ide bikin surat sakti itu bagus kak. Kali aja besok2 ortu ke Jerman sendirian. Terima kasih sudah berbagi ya πŸ˜‰

  14. Pypy says:

    Salut banget sama Mama nya kak Nella πŸ˜€ Aku aja kalau disuruh jalan kesana sndiri belum tentu berani lho kak πŸ˜€ Dinanti cerita lanjutannya πŸ™‚

  15. Mbak aku baca ini sampai meneteskan air mata.. membayangkan ompungnya ben jalan sendirian.. keinget mama aku dan kakaknya keliling eropa berduaan aja hihi…
    Tapi di bagian ompung gak rela tupperwarenya disita, itj aku ketawa.. aduh ompung peluk

  16. berani banget ibunya kamu Nel πŸ™‚ kalo nyoakp aku pasti udah gak berani itu heehe

  17. Wah seruu kak Nel baca ceritanya.. Mama hebat yah berani terbang ke eropa sndiri, perjuangan n pengorbanan demi anak cucu πŸ™‚
    Ditunggu cerita2 seru paz mama balik ke tanah air hihi

  18. Ami says:

    Salut banget sama mamanya mbak Nella, keberaniannya menempuh perjalanan jauh ke negeri asing nan jauh demi anak cucu jadi pengingat kita akan besarnya kasih sayang seorang ibu πŸ™‚
    Mbak Nella juga cerdik, sempat-sempatnya bikin surat sakti. Tapi nyatanya berguna banget hehe… πŸ˜€

  19. ysalma says:

    Salut buat si Mama, kuat dan yakin,
    yang terakhir itu menunjukkan, enak aja main suruh buang emang boleh dapet tuh tempat minum tetap semangat Ma πŸ™‚

    • Hehehe aturannya memang begitu sih Sal harus buang botolnya, klo buang airnya saja, kan tong sampahnya mungkin bolong atau klo air keras kuatir meleber kemana-mana πŸ˜† .

      Btw aku barusan komen di blogmu, ga muncul, pastinya masuk spam. Tolong keluarin dr spam box dong, makasih ya πŸ˜‰ .

  20. Arman says:

    iya disini juga pengantar bisa ikut ke tempat check in. emang bandara di jakarta lain sendiri. dan nyusahin ya. hahaha.

    komen lu udah gak masuk spam, tapi masuk moderasi hari ini entah kenapa…

    • Iya Man nyusahin dah bandara di Indo πŸ™ .

      krn komen gw sdh lu keluarin dr spam box, jd komen berikutnya harus dimoderasi. Barusan gw BW lg komen2 gw kaga muncul semua πŸ˜₯ kebetulan para bloggernya komen dipostingan ini jd sekalian gw minta cek spam box mereka πŸ˜‰ .

  21. ya ampun.. itu keren banget kak. ngakak baca surat saktinya, asli gak kepikiran. ehh.. soal bawaan yang banyak, inang2 kudu begitu lhoo. emang ribet! tapi itulah inang2 kita. hahahah.

  22. Persiapannya matang sekali Mba Nella. Hebat mamanya Mba.. ga gampang panik beliaunya. Kagum deh.

  23. ilmiy says:

    Seruuuuuuu.. Ditunggu cerita selanjutnya mb.nella.. ^^,

  24. jampang says:

    waduh…. mama hebat banget berangkat sendirian… kalau saya… mikir2 dulu πŸ˜€

  25. kayka says:

    seru bacanya mbak, ditunggu terusannya ya πŸ™‚

    salam
    /kayka

  26. Puji says:

    Aku terharu baca cerita ini. Mama hebaaat

  27. rianamaku says:

    Thx ya nel, udah bagi ceritanya.

    aduh pasti dig dug dag deh kalau aku.
    wah ditunggu cerita selanjutnya.

  28. joeyz14 says:

    Wahhhh si mama hebat y ka nella ke Jerman sendirian..dan idenya bagus juga tuh pake surat segala. Tapi tetep ya kejadian2 kecil macam trolley dsb.

    Ka nel, kayaknya problemnya sama kayak WP ku yg dulu…kalo aku Id ku ga bisa diklik kalo lagi komen di blog orang

  29. Menguasai mamanya… πŸ˜€

  30. Dinar says:

    serunya hahaha aku baca sambil senyum2 ketawa jg… kebayang klo suatu hari emak ku ke belanda ya wkwkkk

  31. Adel says:

    Nel…kl di bandara Indo di tetapkan pengantar bs sampe counter check in..akan ramai sekali semua calo dan pengantar di meja check in. Sy pernah berpikir demikian tp setlah sy telaahnkembali akan byk hal2 yg blm bs di terapkan di Indo (maaf kdg org Indo msh susah di atur ikut aturan) sy jg sekrg kl mudik pk maskapai timur tengah bagasi kan 30kgs..yaa resiko angkut sendiri ky kuli panggul..nasib hdp di Eropa bok:( pernah pk Lufthansa..dr German masih bs lebih 3kgs..total 26kgs thn 2012..tp mungkin tergantung kita bs nerangin apa ga ya..mereka biasa ya max 3kgs lewat..dr belgium jg pernah pk Lufthansa lewat 4kgs…:) tp skrg cr yg 30kgs aja abs bawaan byk..maklum di Eropa semua mkanan/bumbu dr asia mhl πŸ™

  32. ayanapunya says:

    Waah mamanya keren banget mba berani pergi sendirian

  33. prih says:

    Apresiasi luar biasa untuk Mama. Demi Nella, Frank dan Ben, Mama berjuang sampai di Jerman sendirian. Keluarga di Indo dan Jerman pun saling sport jantung ya.
    Postingan ini menginspirasi banyak keluarga loh Jeng bagaimana mempersiapkan anggota keluarga pergi sendirian. Salam

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: