Cerita Keseharian Mama 3 Bulan Bersamaku

Cerita Keseharian Mama 3 Bulan Bersamaku. Sungguh tidak terasa mama sudah hampir tiga bulan di Jerman, visa 90 hari mama akan berakhir awal Oktober nanti. Sedih banget mama akan segara kembali ke tanah air πŸ™ . Keluarga di tanah air tentunya kebalikan dari keadaan saya, mereka pasti tidak sabaran menanti kedatangan mama, apalagi kedua cucu mama lainnya (Kiarra dan Galen). Hiks tinggal Benjamin dan saya deh yang nantinya akan sedih bangettt. Bahkan saat saya menulis ini air mata tak terbendung lebay.com .

Bulan lalu saya iseng cari di google mengenai β€žmemperpanjang visa kunjunga 90 hariβ€œ . Saya mencari dengan kata kunci β€žvisum verlΓ€ngern, schengen visum auf 90 tage verlΓ€ngern, besuchervisum verlΓ€ngerung deutschlandβ€œ .

Pengen banget mama bisa tinggal lebih lama bersama saya. Nah saya temukan beberapa link mengenai perpanjangan visa. Saya langsung simpan link-link tersebut dan hanya membaca sekilas saja. Begitu ada Frank saya ajak diskusi dong.

Ternyata setelah artikel mengenai memperpanjang visa kami baca teliti, baru saya tahu mama tidak bisa memperpanjang visanya.

Visa kunjungan 90 hari dapat diperpanjang dengan kondisi :
β€’ Pemegang visa sakit keras, dirawat misalnya jadi ybs tidak bisa naik pesawat.
β€’ Alasan kemanusian, misal di negara ybs terjadi konflik, perang dsbnya.
β€’ Alasan pekerjaan atau sekolah yang sangat mendesak yang tidak diketahui sebelumnya ketika apply visa.

Kalau memenuhi kondisi diatas, maka visa dapat diperpanjang hingga 90 hari lagi, jadi total masa tinggalnya 180 hari.

Point kedua diatas untuk alasan kemanusiaan kan ya, jadi ibumertua pas kita ceritain mengenai hal ini komentar dong dia bilang β€žiya memang untuk alasan kemanusiaan ko, menjaga Benjamin ya tepat kan alasan kemanusianβ€œ hahaha.

Kalau mama ingin kembali berkunjung ke Jerman dan tinggal 90 hari juga, maka harus ada jeda 6 bulan dari kunjungan terakhir ini. Mama pengennya sih lihat salju, trus saya bilanglah kalau winter cuma dingin aja, tidak ada istimewanya tidak bisa kemana-mana dengan bebas dan nyaman. Jadi kalau mau berkunjung paling enak awal musim semi hingga musim panas, cuacanya bagus buat jalan-jalan.

Frank menyarankan supaya mama kursus bahasa Jerman dulu di Jakarta, ikut ujian A1 (ujian tingkat dasar bahasa Jerman) jadi nantinya bisa apply visa tinggal lebih dari 90 hari. Nah mama saya kan tidak muda lagi yaa, bagaimana mungkin belajar bahasa asing. Saya aja yang sudah 3 tahun di Jerman tidak pintar nih hahaha πŸ˜† .

Oh ya saya pernah email kedutaan Jerman di Jakarta loh, menanyakan bisa ga visa 90 hari diperpanjang, saya bilang kalau saya butuh mama buat menemani Benjamin, soalnya saya kan sekarang ikut kursus intesiv (B2) senin sampai Jumat selama 4 jam tiap harinya. Emailnya kaga dibalas saudara-saudara πŸ˜› .

Ya saya sadar diri saja kalau petugas-petugas Indonesia memang super sibuk buat membalas email yang tidak penting kan? Hehe. Beda loh kalau emailnya di tujukan ke petugas visa yang orang asingnya, besoknya langsung dibalas (pengalaman Frank nanya kapan visa mamaku selesai) di tulisan Cerita Mamaku Ngurus Visa Schengen Sendiri. Jadi intinya mama saya tidak bisa memperpanjang visa 90 hari.

Opung Boru dan cucunya

Opung Boru dan cucunya

 

3 bulan mama di Jerman apakah tidak bosan? Jawabannya tidakkk πŸ˜€ . malah mama kalau bisa pengen tinggal lebih lama. Mama bilang suka udara bersih di sini, serba teratur, lingkungan dan jalanannya bersih dll.

Apa yang membuat mama tidak bosan?

1. Bisa tetap mengikuti sinetron dan tayangan favorit mama. Nonton melalui MIVO Tv melalui tablet saya. Sering banget si mama ketawa-tawa ngakak kalau nonton misalnya sinetron tukang bubur naik haji, lalu ada juga istri yang soleha judul lainnya saya lupa :mrgreen: . Saya yang dulu tidak tahu sinetron top saat ini jadi kadang ikutan nonton πŸ˜› . Selain sinetron mama juga mengikuti berita politik di Indonesia termasuk berita selebritis haha.

Benjamin dan Mamaku nonton Tv Indonesia bersama

Benjamin dan Mamaku nonton Tv Indonesia bersama

 

2. Bisa tetap sms an ke tanah air. Awalnya kan mama bawa no simpati dan axis, entah kenapa tiap kali ada yang telp ko menguras pulsa, padahal tidak di jawab loh, aneh banget!. Setahu saya kan roaming internasional sudah otomatis bukan ya? tanpa perlu daftar lagi ke provider?.

Hp jadi dimatikan supaya pulsanya tidak terkuras melulu, lalu si mama lupa menambah pulsa axisnya jadi mati deh tuh nomer. No axis sayapun bernasib sama, saya lupa kapan batas akhir harus isi ulang, hanguslah 150rb pulsanya hiks.

Jadi saya belikan no hp Jerman, pakai telekom. Untuk sms ke tanah air biayanya 19 cent (sekitar Rp. 3.000 ) . Oh ya kalau dari Indonesia mau sms ke no luar negeri, jangan lupa tambahkan tanda plus + di awalnya. Ayah saya berulang kali kirim sms ke no Jerman saya katanya tidak pernah terkirim, ya iyalah karena ayah lupa menambahkan tanda plus tersebut.

Jadi kalau mau sms no luar negeri ketik : +49 0160 452 380 49 adalah kode negara Jerman tapi kalau mau telp jangan langsung begitu nomernya, pulsa kamu bisa langsung terkuras loh !. Supaya murah telp ke LN bisa gunakan skype misalnya, atau gunakan kode voip. Bagi yang perlu silakan lihat Kode-kode Telepon Selular (Indonesia) Untuk Menelepon ke Luar Negeri.

3. Jalan-jalan melulu bersama Benjamin dan saya. Dirumah melulu bosan dong ya, nah jadi kami sering keluar rumah. Dari depan rumah ada bus yang selalu lewat setiap 30 menit sekali, kadang kami juga jalan kaki, atau pernah juga ke kota sebelah naik kereta.

Kali ini kami jalan kaki aja soalnya dekat toko tujuan kami

Kali ini kami jalan kaki aja soalnya dekat toko tujuan kami

Jalan-jalan ke pusat kota, ke supermarket cari diskonan, keliling melihat-lihat toko-toko cari diskonan juga hehe. Ke taman, saya ajak ke toko/retail tanaman ah pokoknya tiada hari tanpa keliling kota. Kalau pegel ya besoknya istirahat dulu dirumah πŸ˜› .

Mama lagi di Supermarket minta difoto katanya supaya ada kenangannya

Mama lagi di Supermarket minta difoto katanya supaya ada kenangannya

 

Di taman bermain di Bad Rappenau

 

Kemana lagi yaaa πŸ™‚

 

Mama was my greatest teacher, a teacher of compassion, love and fearlessness. If love is sweet as a flower, then my mother is that sweet flower of love.
-Stevie Wonder

Senyum tiga generasi

Senyum tiga generasi

 

Baca juga: Cerita Mama ke Jerman Tanpa Pendamping

Advertisements
Advertisements

73 Comments

  1. libertymeivert November 6, 2014
    • Emaknya Benjamin November 6, 2014
  2. n1ngtyas October 25, 2014
    • Emaknya Benjamin October 25, 2014
  3. jessmite October 17, 2014
    • Pursuingmydreams October 17, 2014
  4. Ira October 7, 2014
    • Pursuingmydreams October 7, 2014
  5. Fascha October 6, 2014
    • Pursuingmydreams October 7, 2014
  6. Mila October 5, 2014
    • Pursuingmydreams October 7, 2014
  7. Princhesta October 2, 2014
    • Pursuingmydreams October 2, 2014
  8. Ailtje Binibule September 30, 2014
    • Pursuingmydreams September 30, 2014
  9. monda September 30, 2014
    • Pursuingmydreams September 30, 2014
  10. gegekrisopras September 29, 2014
    • Pursuingmydreams September 30, 2014
  11. Rere September 27, 2014
    • Pursuingmydreams September 28, 2014
  12. siti September 27, 2014
    • Pursuingmydreams September 28, 2014
      • siti September 28, 2014
        • Pursuingmydreams October 3, 2014
          • siti October 6, 2014
          • Pursuingmydreams October 7, 2014
          • siti October 7, 2014
  13. shintadarmawan September 27, 2014
    • Pursuingmydreams September 28, 2014
  14. veronicamanik September 27, 2014
  15. veronicamanik September 27, 2014
    • Pursuingmydreams September 28, 2014
  16. danirachmat September 27, 2014
    • Pursuingmydreams September 28, 2014
      • danirachmat September 28, 2014
  17. Denny Harapan September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 27, 2014
  18. Clarissa Mey September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 27, 2014
  19. dhira rahman September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 27, 2014
  20. sondangrp September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 27, 2014
  21. adhyablog September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 27, 2014
  22. Melissa Octoviani September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
  23. ysalma September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 27, 2014
  24. ndutyke September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
      • ndutyke September 27, 2014
  25. syifna September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
  26. Firsty Chrysant September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
  27. Pypy September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
  28. runtrader September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
  29. Puji September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
  30. rianamaku September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
  31. Arman September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
  32. jampang September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
  33. wulanwahyudi September 26, 2014
    • Pursuingmydreams September 26, 2014
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: