Aneka Bibit Bunga Musim Panas Incaranku

Aneka Bibit Bunga Musim Panas Incaranku. Rasanya saya sudah mulai bosan dengan musim dingin ini. Saya tidak sabar menanti bunga-bunga musim semi yang saya tanam bermekaran. Tangan sudah mulai gatal mau bongkar-bongkar pot dan mau nanam-nanam lagi. Aneka bibit bunga seperti lily, dahlia, begonia, gladiol dan lain-lain bibit bunga musim panas sudah mulai bisa dipesan. Untuk pengiriman olshopnya sih akan mulai pengiriman saat cuaca memungkinkan, sekitar pertengahan Maret, sedangkan bibit dan tanaman yang agak tahan cuaca dingin biasanya sudah mulai bisa dikirim shopnya akhir Februari.

Bibit dalam bentuk tanaman kecil (Young plant) juga sudah mulai bisa dipesan, baca keterangan shopnya pengiriman akan mulai dilakukan minggu kedua Maret. Saya tidak melulu membeli bentuk bibit, ada juga bentuk youngplant yang saya beli, alasannya karena kalau nanam dari benih akan butuh waktu lama sekali baru tanamannya akan berbakti (berbunga atau berbuah). Tahun lalu saya beli youngplants antara lain: geranium, petunia mini, fuchsia biru, mint gantung dll. Pelihara 2 bulan tanaman-tanaman tersebut sebagian besar berbakti, bagus-bagus bunganya 🙂 . Postingan mengenai youngplants akan saya buat terpisah ya (semoga tidak malas hehe 😛 ).

Baca juga: Pemandangan Musim Semi tahun lalu di Balkon Rumahku

Nah saya lagi galau nih mau beli bulan ini Young plants dan bibit-bibitnya atau setelah melahirkan. Youngplant tuh harus segera dipesan karena cepat habis, saya lagi kepengen beberapa jenis fuchsia unik (hanya tersedia di satu olshop), tahun lalu sukses berbunga. Due date lahiran 4 maret, tapi kan si dede bayi tidak bisa ditebak, kapan dia maunya keluar, bisa saja sesuai dengan waktu yang diperkirakan, bisa saja meleset kalau bayinya masih betah didalam rahim saya hehe.

Oh ya akhirnya dokter rs membolehkan saya akan lahiran normal karena si bayi tidak terlalu berat. Pada pemeriksaan terakhir usia kehamilan 36 minggu berat janinnya 2,5 kg. Saya sudah bolak balik bilang ke dede bayi supaya tepat waktu keluarnya ya haha soalnya kalau youngplants yang akan saya pesan datang diminggu kedua tuh harus segara dikeluarkan dari kemasannya dan tanam di pot lalu taruh greenhouse dulu 2 bulan. Nah saya tidak yakin kalau misal saya masih di rs nantinya lalu youngplantsnya datang lalu nyuruh suamiku kerjain bisa kacau balau deh haha. Aneka youngplants ukurannya sangat kecil dan rapuh sekali. Memberikan airnya saja tidak boleh dari atas, melainkan merendam potnya, jadi air akan meresap dari bawah.

Berikut ini aneka bibit tanaman yang akan saya beli setelah pulang dari rumah sakit nantinya:
Bibit (umbi) aneka bunga Lily. Melihat gambar bunganya saja sudah membuat saya bahagia 🙂 apalagi kalau bibit yang saya tanam nantinya sebagus gambar dari tokonya, senang bukan main :mrgreen: . Ada 7 jenis bibit bunga Lily yang saya incar. Saya belum pernah punya kecuali yang stargazer, lalu ada 2 bunga yang jenisnya baru.

Aneka Bibit Bunga Musim Panas Incaranku
rothschildiana, Lilium lankongense, Tigrinum lancifolium splendens dan Lili Stargazer
Pada gambar saya beri nomer

 

1. Gloriosa – Ruhmeskrone rothschildiana, dalam Bahasa inggris dikenal sebagai flame lily, climbing lily, creeping lily, glory lily, gloriosa lily, tiger claw, dan fire lily, sedangkan dalam bahasa Melayu dikenal sebagai Bunga Kembang Songsang. Tanaman ini termasuk keluarga Colchicaceae.

Spesies biasa ditanam adalah G. superba dan G. rothschildiana. Sebenarnya tanaman ini bukan termasuk bunga lily, karena bentuknya saja yang mirip lily jadi saya masukkan ke bahasan lily 😉 . Saya mau beli yang G. rothschildiana karena yang superba lebih mahal sih haha.

2. Lilium lankongense. Saya tertarik lily ini karena lihat bentuknya yang unik, dan katanya ada wanginya.
3. Tigrinum lancifolium splendens. 2 tahun terakhir saya sudah pernah nanam lily tiger yang berbeda warnanya. Warna orange ini ingin saya lihat kembali di kebun saya.
4. Lili Stargazer. Ingin punya lagi karena suka jenis ini ada wanginya. Tahun lalu beli paketan lily mix eh salah satunya Lili Stargazer. Bunganya juga besar.

 

Lilium speciosum Uchida, Lilium Hybride Fusion dan Lily Black Beauty

1. Lilium speciosum Uchida. Lily jenis baru, ada wanginya, saya suka bentuk bunganya yang unik.
2. Lilium Hybride Fusion. Lily jenis baru, merupakan persilangan antara Lilium pardalinum asal Amerika dengan Lilium longiflorum asal Jepang.
3. Black Beauty. Entah kenapa lily ini dinamakan Black Beauty padahal kalau lihat gambarnya tidak ada unsur hitamnya.

 

• Bibit (umbi) bunga Dahlia.

Dahlia Tartan, Dahlia Windmill, Dahlia Funny Face, Dahlia Rebecca World, Dahlia Rip City

Bunga dahlia ada lebih dari 57.000 varietas yang secara resmi terdaftar melalui Royal Horticultural Society (RHS). Menurut tipe bunganya dibagi 14 grup, misalnya yang pernah saya tanam yang tipe ball, pompon, dekoratif, kaktus, bentuk bunga menyerupai anggrek, bentuk bunga menyerupai anemone. (Sumber: en.wikipedia.org/wiki/Dahlia )

Dahlia Tartan dan Rebecca World sudah pernah saya tanam tahun lalu namun belum sempat melihat bunganya karena telat nanam keburu datang musim dingin. Saya punya beberapa jenis dahlia yang umbinya saya simpan di gudang atap, nah belum tahu apakah masih bagus atau tidak, kalau umbinya tidak keras lagi (kopong) berarti sudah hancur dan tidak bisa ditanam. Umbi bunga dahlia seperti umbi singkong hanya ukurannya lebih kecil. Kalau mengikuti keinginan mata pengennya punya banyak bunga dahlia, sayangnya tempat nanamnya terbatas hehe 😀 .

Baca juga: Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia

 

• Zephyranthes. Baru sebatas tahu namannya dan mau coba nanam tahun ini. Lihat gambarnya mirip bunga krokus. Nama Zephyranthes berasal dari Zephyrus, ia adalah dewa angin barat dalam mitologi Yunani. Nama umum yang dikenal Rainflower, Rain Lily or Zephyr Lily. Ada kata hujannya karena tanaman ini muncul bunganya biasanya setelah musim hujan datang atau hujan deras, itulah sebabnya bunga ini mendapat julukan lili hujan. Warna bunga yang paling sering ditemukan adalah merah jambu, kuning dan putih, nah saya mau beli yang warna pink saja.

Zephyranthes pink - Zephirblume. Sudah lama dengar namanya, saya baru mau coba nanam tahun ini semoga sukses berbunga
Zephyranthes pink – Zephirblume. Sudah lama dengar namanya, saya baru mau coba nanam tahun ini semoga sukses berbunga

 

• Bleeding heart (Dicentra spectabilis). Saya sudah punya kedua warnanya yang pink dan putih. Warna pink beli pot kecil, waktu datang tidak keliatan tanamannya karena belum tumbuh. Saya pindah ke pot lebih besar saat musim semi tahun lalu mulai tumbuh besar tanamannya.

Dicentra spectabilis pink. Kanan sudah hampir berakhir masa berbunganya. Tanamannya akan menghilang hancur saat musim panas. Musim semi akan numbuh kembali

 

Nah kalau Bleeding heart putih belinya bentuk bagian tanaman (akar/rimpang) besar loh akarnya ini ada 3 mata tunasnya. Akar ini saya rendam semalaman lalu tanam dan cepat numbuhnya kalau cuaca sudah mulai bagus (musim semi).

Bagian tanaman Dicentra spectabilis putih, Rendam semalaman baru ditanam
Bagian tanaman Dicentra spectabilis putih, Rendam semalaman baru ditanam

Bunganya ramai sekali, kalau yang pink sedikit bunganya. Makanya saya mau beli lagi bentuk akar yang warna pink siapa tahu bunganya banyak seperti yang putih 😉 . Oh ya yang Bleeding heart putih setelah bunga rontok terbentuk polong (bakal bibit). Bijinya sempat saya kumpulkan saat polongnya hampir pecah, cuma saya lupa simpan dimana tuh bijinya hehe.

Bunga Bleeding heart putih. Dicentra spectabilis alba saat bermekaran. Foto 12 Mei 2016

 

• Iris Germanica Black. Saya sudah punya beberapa warna lain, termasuk iris-iris hasil ngambil dari kebun emak mertuaku saat beliau pindahan rumah tahun lalu. Nah senang sekali pas tahu di olshop ini ada yang warna hitam, soalnya saya ingin punya koleksi bunga-bunga warna hitam. Sebenarnya saya lebih suka rimpang iris yang sudah ada akarnya Karena lebih mudah numbuhnya, kalau rimpang kering ya entahlah semoga berhasil numbuh 🙂 .

Iris germanica black. schwarzpurpur Iris

 

• Alocasia Taro ( Alocasia esculenta syn. Colocasia). Saya masih galau mau beli atau tidak karena harga umbinya mahal haha 😆 . Ukuran umbinya 28/+ . Bentuk daunnya mirip tanaman kuping gajah, kalau di Indonesia dikenal namanya talas atau keladi, dalam Bahasa inggris disebut taro . Buka Wikipedia tanaman talas bogor tuh nama botaninya Colocasia esculenta berarti sama dong dengan bibit umbi yang saya mau beli ini, tidak mungkin kan harga satu bonggol umbi talas bogor rp.135.000? 😀 .

Jadi umbi tanaman yang mau saya beli ini tanaman hias atau talas yang bisa dimakan itu sih?. Kamu yang hobi berkebun dan punya tanaman Alocasia esculenta jelasin dong tanaman hias Colocasia itu sama juga talas?
.

Gambar tanaman dari olshopnya seperti dibawah ini:

Alocasia Colocasia. esculenta Coco

 

Saya ingin punya tanaman kuping gajah seperti yang saya lihat di kota tua waktu jalan-jalan akhir musim panas tahun lalu, nah gambarnya seperti dibawah ini.

 tanaman kuping gajah
Pengen punya tanaman kuping gajah ini. Kalau punya halaman luas bagus ya pelihara kuping gajah begitu

Kalau mahal umbi atau tanamannya saya minta mamaku bawain bonggol (umbi talas bogor) ajalah haha kan daunnya mirip tanaman kuping gajah juga toh 😉 .

 

Sebagai penutup berikut ini video aneka bunga cantik dan tanaman-tanaman di kota tua tidak jauh dari kota tempat tinggal saya. Video saya buat tahun lalu saat awal musim gugur yang rasa masih musim panas 😀 .

Video Aneka Bunga Cantik di Salah Satu Kota Tua di Jerman

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Baca juga: My Garden – Tulisan Berkebunku

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

54 thoughts on “Aneka Bibit Bunga Musim Panas Incaranku

  • April 10, 2017 at 5:01 am
    Permalink

    Hai mba nella, maaf saya mau tanya kalo pakai jasa freight forwarder itu brp? Trima Kasih….. ?

    Reply
    • April 10, 2017 at 2:34 pm
      Permalink

      Mahal banget pak, saya pernah sekali kirim pakai forwarder mygermany.com . Kata yang minta pakai jasa ini harus 10 kg, di tanah airpun harus punya kenalan bea cukai / karantina klo ga ya ga lolos deh. Makanya ya berhenti ga berani kirim2 bibit lagi.

      Reply
  • March 27, 2017 at 8:12 am
    Permalink

    Ok makasih mba nella. Liat bunganya aja udah senang apalagi nanamnya.

    Reply
    • March 27, 2017 at 11:47 am
      Permalink

      Kalau ada teman atau keluarga yg jalan2 ke eropa bisa nitip minta belikan mereka aja pak, klo kirim via pos saya ga berani lagi hehe 😀 .

      Reply
  • March 25, 2017 at 11:54 am
    Permalink

    Saya juga mau tanya harga umbi hyacint dan tulip ice cream, blac parrot, yokohama, darwin, dll itu brp ya? 1 umbi brtnya Kisaran brp? Bisa kirim ke kota mana aja? Trm Kasih hehehe. Smua bunga yang mba nella tanam Bagus Bagus deh jadi gatal mau nanamnya. Kalau suhu di kalbar, kapuas hulu cocok ngga ya? Agak panas sih

    Reply
    • March 26, 2017 at 11:40 am
      Permalink

      Hai pak Eric saya tidak berani kirim bibit umbi lagi, kuatir ditahan bc/karantina di tanah air. Coba join grup fb deh namanya klik Grup Bibit dan Bunga setahu saya ada seller2 di tanah air yang jualan bibit bunga Eropa. Btw klo mau nanam bibit musim semi spt hyacint, tulip, dafodil, krokus dll harus di cold treatment dulu pak, bibitnya disimpan di kulkas selama 3-4 bulan baru setelahnya ditanam. Dibuat begitu spy sama kondisinya spt di negara asalnya yg ditanam saat cuaca mulai dingin lalu melewati musim dingin dan numbuh saat musim semi.

      Reply
    • March 29, 2017 at 11:15 am
      Permalink

      Tapi kirim benih tanaman bisa kan?

      Reply
  • March 24, 2017 at 5:32 am
    Permalink

    Itu iris, dahlia sama bunga musim panas lainnya dijual nggak?

    Reply
  • March 6, 2017 at 4:26 pm
    Permalink

    Mba nellaaaaaa, udh lahiran blm nih ;)??

    Haduuuh itu bunga2nya cantik banget mba… yg dahlia aku paling sukaaaa ^o^.. andai aja tangaku sedingin tanganmu kalo urusan gardening ;D

    Reply
  • February 22, 2017 at 3:43 pm
    Permalink

    duh bunga-bunganya cakeepp-cakepp bangett mbaa. Resep ih liatnya, pantes mba pengen cepet lewat musim dinginnya heuuu.. Saya juga nanti mau belajar lagi nanem bunga yang dari bibit. Btw Ben mau punya adik ya, selamet y mba smoga dilancarkan lahirannya ya ^^

    Reply
    • February 23, 2017 at 12:05 am
      Permalink

      Iya mba tangan saya sudah gatel pengen cepat nanam2 nih, klo ga lagi hamil thn lalu saya malah sdh mulai nyemai dalam rumah aneka bibit sayuran. Berhubung hamil males aja berkotor ria dalam rumah hehe, jd nunggu cuaca diluar bangus deh baru berkebun setelah lahiran nanti. Makasih ya mba Yayang 🙂 .

      Reply
  • February 20, 2017 at 1:59 pm
    Permalink

    mba nella maaf mau nanya, saya punya easter lily (lilium longiforum) apa perawatannya sama kaya lili biasanya ? setelah masa berbunga habis apa perlu cold treatment ?

    Reply
    • February 20, 2017 at 2:06 pm
      Permalink

      Dear pak Deny, sama saja perawatannya dengan lily lainnya. Umbi lily tidak pernah saya cold treatment karena lily bunga musim panas, malah klo winter taruh dirumah atau greenhouse.

      Reply
  • February 14, 2017 at 2:08 am
    Permalink

    Bunga bleeding heart nya cakep ya mama ben,,
    Btw mudah2an dimudahkan dan dilancarkan proses lahirannya ya mama ben..

    Reply
  • February 13, 2017 at 7:25 pm
    Permalink

    Bagus-bagus Nel.. aku kepingin juga nanem bunga tar pas musim panas, tapi kok ya tahun kemaren aku coba tanam lavender ga berhasil 🙁
    Sehat selalu mami dan si dede sampai due date ya Nel ^^

    Reply
    • February 14, 2017 at 4:44 pm
      Permalink

      Klo lavender sih beli tanaman yg sdh jadi aja Sar, bakalan lama numbuhnya ntar malah keburu winter hehe 😀 . Aku pernah nanam juga ga berhasil. Aminnn makasih yaa doanya 😉 .

      Reply
  • February 13, 2017 at 7:07 am
    Permalink

    baru tau lily ada macem2 gitu ya… selama ini taunya cuma cala lily sama stargazer. hahaha.

    yang lankongense itu cakep banget! unik! 🙂

    Reply
    • February 14, 2017 at 4:46 pm
      Permalink

      Lily buanyakkk banget Man jenisnya, apalagi klo gardenernya rajin kawin silang ya pasti tiap tahun banyak muncul jenis baru 😀 . Stargazer memang terkenal tuh 😀 . Klo calla lily bukan termasuk lily, jenis bunga calla itu semoga ga bingung ya hehe 😀 .

      Reply
  • February 13, 2017 at 2:03 am
    Permalink

    Mbak nella biar pun mau lahiran tetap aja rencana berkebunya buanyak. Sekalian tanya mbak nella, tomat yang dulu saya tanam mati satu persatu. Padahal tanaman ibu lainnya dibiarkan ditempat yg sama kok bisa tumbuh gede? Apa tanaman tomat yg baru tumbuh nggak boleh kena hujan langsung ya? Soalnya pada roboh tanamannya. Kebetulan saya lalai gak nengokin tuh tanaman makanya pada mati.

    Reply
    • February 14, 2017 at 4:58 pm
      Permalink

      Hai Shiq krn sdh hampir musim semi harus di rencanakan mau nanam apa aja, soalnya klo ditunda atau telat nanam keburu datang winter yg kita tanam belum ada hasilnya haha. Klo di Indonesia sih bebas kapan aja bisa nanam kan ga ada winternya.

      Tomat ga bisa kena hujan berhari-hari bakalan busuk, makanya klo sdh 2 hari hujan biasanya aku tutupi sekelilingnya pakai plastik. Klo kelebihan air bisa kena macem2 penyakit misal buahnya jadi retak atau bagian bawah buah tomatnya bisa jadi hitam, atau busuk batang juga. Paling bagus pengusaha yg punya greenhouse deh, cuma aku belum sangguplah mahal GH haha. Bisa juga cari bibit unggul yg tahan cuaca, namun biasanya jenis yg tahan cuaca atau hama tuh mahal hehe.

      Oh ya bisa baca postingan lamaku: Budidaya tomat dalam pot.

      Reply
    • February 14, 2017 at 5:11 pm
      Permalink

      Hai mba Indah akupun maish banyak belajar ko, masih sering gagal juga. Paling klo lagi kesel banyak yg gagal ya libur berkebun dulu sementara haha 😀 .

      Reply
  • February 12, 2017 at 8:08 pm
    Permalink

    cantik-cantik deeeh mba bibitnya…aku suka sedih kaena ngga punya green thumb, padahal seneng banget dengan bunga dan tanaman..

    Reply
  • February 12, 2017 at 3:00 pm
    Permalink

    Aura musim semi sudah ngintip dari kebun Jeng Nella. Naksir iris hitam Jeng, yg banyak di sekitar Irish kuning. Kalau Jeng Nella beli youngplant, sedikit hemat waktu ya bisa segera berbunga. Salam hangat.

    Reply
    • February 12, 2017 at 7:40 pm
      Permalink

      Hai bu Prih semoga nanti saya sukses nanam iris hitamnya, klo umbi tanpa akar pernah nanam ga sukses hehe. Iya bu soalnya ada 4 musim klo nanam dari benih/bibit kuatir keburu datang winter yg ditanam belum sempat berbakti 😀 .

      Reply
  • February 11, 2017 at 4:46 pm
    Permalink

    bunga2 Eropa ini cantik2 warna dan motifnya
    pengen lihat bunga Iris hitam, belum pernah deh lihat ada bunga warna hitam

    Reply
    • February 12, 2017 at 11:12 am
      Permalink

      Bunga-bunga tropis juga ga kalah bagus kak Mon, spt adenium, kamboja klo di eropa mahal tuh harganya.
      Iris hitam sama kak aku juga belum pernah lihat 😀 .

      Reply
  • February 11, 2017 at 3:30 pm
    Permalink

    Wah mba nella sudah mau melahirkan ya.. smga lancar dan sehat baby dan ibunya ya…

    Reply
  • February 11, 2017 at 6:39 am
    Permalink

    Wah sudah bentar lagi ya Nel akan melahirkan. Semoga lancar dan sehat semuanya yaa.
    Kemaren siang sampai pagi ini Den Haag malah turun salju nih. Kirain sudah akan Spring, eh salju baru mampir haha. Mau bersih2 taman ketunda mulu, jadinya belum beli2 juga bibit kangkung, dan tanaman sayur lainnya.

    Reply
    • February 12, 2017 at 11:16 am
      Permalink

      Aminn makaish ya Den semoga lancar lahiranku 😀 . Di Sinsheim sempat salju 3 hari lalu cuma sebentar dan langsung hilang. Akupun maish malas bebersih kebun masih dingin hehe. Nanam2 sih mulai pertengahan atau akhir maret saja Den tunggu cuaca bagusan dulu 😉 .

      Reply
  • February 11, 2017 at 3:24 am
    Permalink

    Tulisan kak Nela menulaaarr…
    Aku jadi pengen berkebun lagi. Bungaku sudah rusak semuaa…

    Reply
  • February 11, 2017 at 2:37 am
    Permalink

    kak, postingannya udah muncul di news feedku 😀

    wah, aku jadi kangen menyemai benih juga. Tapi gak sempet-sempet hehehe

    Reply
    • February 12, 2017 at 11:19 am
      Permalink

      Hai Mayang, iya 2 hari lalu aku baca-baca tutorial bikin blog feed lagi, akhirnya muncul lagi blogku di wp reader 🙂 . Hobimu sih ada bbrp ya Yang ga hanya berkebun, sesempatnya ajalah mana hobi yg kamu suka yg penting bikin bahagia kan 😉 .

      Reply
      • February 12, 2017 at 12:52 pm
        Permalink

        Syukur ya kak, sudah bisa muncul lagi di newsfeed
        Hahaha, iya nih kak. Lagi fokus ke hobi menjahit. Jadinya hobi yang lain sedikit terabaikan ?

        Reply
  • February 11, 2017 at 2:31 am
    Permalink

    OMG. Gede banget kuping gajahnya mba Nel. Aku juga mau kalau ada. Jadi teduh kalau lesehan Hahaha. Tapi apa bisa tumbuh ya di Indonesia.

    Reply
    • February 12, 2017 at 11:21 am
      Permalink

      Hai Fiberti, iya gede banget tanamannya, benar bisa bikin teduh klo punya bbrp pot 😀 . Tanaman kuping gajah itu tanaman tropis ko bisalah numbuh di tanah air.

      Reply
  • February 11, 2017 at 1:46 am
    Permalink

    mau dong mom bibit bunga nya jadi baper pengen nanam bunga, tapi apa bisa numbuh ya di tanam di indonesia yang daerah nya dataran rendah kayak di surabaya

    Reply
  • February 11, 2017 at 1:17 am
    Permalink

    Selalu nunggu postingan ka nella neh,eh akhirnya dateng juga..aku coba nanam tomat dan cabe ka tapi pas waktu penyemaian eh perasaan aku liat numbuhnya banyak deh tau2 kmarin pada patah tinggal satu doang ka,gmna sih cara nyemainya ka?apa bibitnya ditanam satu2 ya? Soalnya aku langsung masukin kelobang banyak ka,maaf neh melenceng dari topik ya,hehehehe

    Reply
    • February 12, 2017 at 11:55 am
      Permalink

      Hai Ulfa menyemai biji tomat dan cabenya satu lubang satu biji, jangan terlalu rapat nanamnya krn nanti akarnya saling mengikat jadi susah saat mau pindah ke pot lebih besar. Menyiramnya juga dari pinggir potnya, atau rendam potnya jadi air menyerap langsung ke akarnya. Coba baca postinganku ini deh: 6 Tips sukes menyemai bibit tanaman.

      Reply
      • February 12, 2017 at 3:14 pm
        Permalink

        Oh pantesan ka aku nyemainya naro bibitnya satu lobang ada banyak,giliran pas numbuh eh tau2 pada tumbang,aduh gagal deh ka nella ? tapi pantang nyerah ah mau coba lagi nanti,hehehehe…makasih infonya ka

        Reply
        • February 12, 2017 at 7:38 pm
          Permalink

          Ulang lagi Ulfa nanamnya 😀 . Klo nanam agak banyak nanti jadi bisa pilih beberapa yg bentuk daunnya paling bagus, lainnya buang saja.

          Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!