6 Tips Sukses Menyemai Bibit Benih Dalam Ruangan

6 Tips Sukses Menyemai Bibit Benih Dalam Ruangan. Berkebun di negara 4 musim itu susah susah gampang, telat menanam bisa berujung telat panen juga. Sayang kan kalau sudah bersusah payah berbulan-bulan merawat tanamannya eh ternyata keburu datang musim dingin, lebih parahnya belum sempat satu kalipun panen terpaksa harus tutup kebun 🙁 .adnow

Misalnya tahun lalu, sama sekali tidak sempat mencicipi rasa tomat kuning, padahal tanamannya subur sekali dan buahnya banyak, sayangnya buahnya masih warna hijau. Saya terpaksa bongkar tanamannya karena cuaca sudah dingin, percuma diteruskan karena buah tomatnya tidak akan sempat matang dikarenakan matahari sudah tidak bersinar seperti biasanya, walaupun sekeliling tanaman saya tutupi plastik tebal ternyata tidak memberikan efek luar biasa hehe *tetapusaha 😆 .

Kalau menunggu cuaca bagus musim semi baru menyemai bibit tanaman makan akan terulang lagi telat panen. Tahun ini saya punya mainan baru, supaya bisa menyemai bibitnya dalam rumah. Mainan baru saya adalah greenhouse (GH) mini untuk ditaruh di windowsill (Jer : die Fensterbank). GH ini dilengkapi alas pemanas dan lampu 10 watt. Alat ini bisa dibeli terpisah. Saya beli di amazon.de .

Berikut ini saya ingin berbagi pengalaman langkah-langkah untuk menyemai bibit/benih tanaman secara indoor.

Greenhouse mini dengan lampu 10 watt dan alat pemanas. Zimmergewächshaus

Greenhouse mini dengan lampu 10 watt dan alat pemanas. Zimmergewächshaus

 

Yang dibutuhkan untuk menyemai bibit/benih indoor antara lain:

1. Tray Penyemaian
Alat ini bisa dibeli di toko pertanian (garden center), atau kita bisa juga memanfaatkan barang disekitar kita seperti bekas gelas air mineral atau wadah jougurt. Cuci bersih wadahnya sebelum digunakan. Karton/tempat telur bisa juga kita gunakan sebagai wadah penyemaian.

Baca juga: Wadah Bekas Sebagai Pot

2. Media Tanam
untuk hasil yang baik gunakan media tanam yang baik, sebaiknya jangan gunakan media tanam/tanah yang diambil dari kebun karena media tanamnya berat, tidak poros dan kemungkinan ada bakteri, hama, telur serangga tercampur didalamnya.

Belilah media tanam baru dari toko pertanian. Kalau saya gunakan cocopeat, metan ini baik menyimpan air, poros dan tidak membuat air tergenang.

3. Benih (bibit) yang Baik
Pilihlah bibit yang baik dan perhatikan bentuk benihnya (kalau besar seperti biji pea bisa dilihat apakah utuh atau tidak). Bibit yang expired bukannya tidak bisa ditanam, namun persentase sproutnya semakin berkurang.

Belum lama ini saya menanam 2 benih bunga geranium expirednya 2 tahun lalu haha. Mau dibuang ko sayang, tidak ada salahnya dicoba nothing to lose pikir saya. Ternyata yang 1 sprout, wah senangnya hatiku.

Perlu diperhatikan juga cara menaruh bibit/benihnya pada media tanam. Misalnya bibit adenium sebaiknya di tanam dalam posisi tegak. Pertama kali saya nanam salah posisi mungkin karen hal itu tidak numbuh, saat coba kedua kali numbuh kedua bibit yang saya tanam 🙂 .

4. Label (name tag)
Percayalah kamu tidak akan mungkin mengingat semua nama bibit yang kamu tanam, kecuali kalau hanya nanam satu jenis, misal pada satu tray penyemaian hanya menanam cabe semua atau tomat saja. Nah daripada tebak buah manggis dan bingung apa yang kamu tanam jadi berikan label pada bibit yang kamu tanam.

Pada name tag tanaman biasanya saya menuliskan:
• Nama tanaman, kalau labelnya besar saya tulis nama botani, dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Jerman.
• Tanggal bibit ditanam.
• Ukuran bibit kalau bentuk umbi.
• Perkiraan tinggi tanaman.
• Kalau ada hal misal bunganya wangi, maka akan saya tuliskan di name tagnya.

Name tag untuk penyemaian saya gunakan yang kecil kalau sudah di pot besar barulah saya gunakan yang besar jadi bisa nulis info lebih banyak.

5. Kantong Plastik/penutup
Tray penyemaian atau wadah pot yang digunakan untuk menyemai kita tutup dengan plastik, hal ini dilakukan untuk menjaga suhu ruang dan kelembapan yang dibutuhkan bibit tercapai. Kita bisa juga gunakan plastik ziplock sebagai alat penutup. Supaya media tanam tidak terlalu lembab yang akibatnya jadi berjamur maka sebaiknya plastik dibuka 1-2 hari sekali.

Kalau saya tahun ini beli greenhouse (GH) mini seperti saya singgung pada palagraf awal. Ah kenapa saya tidak tahu GH mini ini dari tahun-tahun sebelumnya ya, jadi menyemai bisa lebih cepat 🙂 .

Dengan GH ini suhu dan cahaya yang dibutuhkan benih/bibit terpenuhi. Tanpa GH ini biasanya lama bibitnya sprout, walaupun ditaruh didalam rumah tetap butuh waktu lebih lama. Pengalaman saya kalaupun bibitnya sprout/numbuh, seringnya tanaman muda yang baru numbuh ini akan kutilang (kurus tinggi langsing) karena tidak mendapat cukup cahaya.

6. Penyiraman (pemberian air)
Pemberian air saya lakukan dengan cara merendam potnya dalam wadah tertentu sampai permukaan basah.

kalau permukaan kering tandanya butuh air

kalau permukaan kering tandanya butuh air

 

Cara menyiramnya dengan merendamnya kalau dari atas kuatir daunnya patah. Rendam 10 menitan atau sampai permukaan basah

Cara menyiramnya dengan merendamnya kalau dari atas kuatir daunnya patah. Rendam 10 menitan atau sampai permukaan basah

 

Kapan tanaman muda perlu disiram?

kalau permukaan media tanamnya terlihat mulai kering baru saya berikan air. Kalau saya lakukan seminggu sekali. Penyiraman tergantung daerah kamu, tidak mutlak seminggu sekali, kalau tempatmu cenderung kering bisa saja dua hari sekali disiram.

Saya tidak siram dari atas karena benih yang baru numbuh ini rapuh sekali, kuatirnya patah kalau disiram dari atas.

Sedikit cerita tentang bibit-bibit (young plants) saya:
• Morning glory split sprout dalam waktu 3 hari cepat sekali ya 😀 . Sesuai petunjuk penanaman saya rendam dulu bibitnya dalam air selama 24 jam, barulah ditanam.

• Adenium akhirnya numbuh horeee. Nanam pertama kali tidak tumbuh. Yang berhasil ini metan (media tanam) pakai cocopeat. Adenium sprout dalam waktu 7 hari. Posisi bibitnya harus dalam posisi tegak/vertikal ya. Yang gagal sebelumnya saya salah naruh posisi bibitnya.

• Geranium tegak dua tahun lalu dapat warna salmon, yang sekarang penasaran akan dapat warna apa ya ?.

• Marigold krem tahun lalu tiga kali nanam, gagal ! tidak satupun bibit yang numbuh. Saya langsung sebar bibitnya di pot besar, karena yang orange saya lakukan begitu bisa dan dalam seminggu numbuh, ternyata yang putih krem ini lebih manja hehe. Setelah saya semai di pot kecil dan taruh dalam GH dari banyak bibit yang saya sebar hanya tumbuh 1 saja! haha 😆 biarinlah yang penting ada satu yang berhasil sudah senang ko 🙂 . Bibit sprout dalam waktu 3 hari.

• Dua jenis stroberi, kuning dan putih.

• Bibit tomat seminggu numbuh kalau cabai butuh lebih lama yakni 10 hari.

Umur satu bulan benih yang disemai, semoga bulan depan bisa taruh luar

Umur satu bulan benih yang disemai, semoga bulan depan bisa taruh luar

 

Semai tomat, cabe, marigiold krem, adenium, stroberi

Semai tomat, cabe, marigiold krem, adenium, stroberi

 

Akhirnya adeniumku numbuh

Akhirnya adeniumku numbuh

 

Pakai GH suhu dalam sekitar 26-29 derajat c, bibit yang ditanam jadi cepat numbuh

Pakai GH suhu dalam sekitar 26-29 derajat c, bibit yang ditanam jadi cepat numbuh

 

Oh ya kalau media tanamnya timbul selaput putih seperti jaring laba-laba, alias mulai numbuh jamur, bisa jadi karena terlalu lembab atau terlalu panas metannya, makanya sebisa mungkin sering di angin-anginkan, alias dibuka penutup tray penyemaiannya.

Kalau sudah terlanjur tumbuh jamur cara membersihkan selaput putihnya: saya lakukan dengan mencelupkan cotton bud kedalam cairan pembersih mulut (mouthwash) seperti listerin, lalu saya gosokkan perlahan cotton bud nya ke lapisan putih media tanam.

Video membersihkan lapisan putih pada media tanam penyemaian

 

Di lain kesempatan akan saya update lagi young plants saya yaa 🙂 Minggu lalu beli GH yang lebih panjang dan nanam lebih banyak bibit lagi.

Salam hijau! :mrgreen:

Advertisements
Advertisements

46 Comments

  1. Yosefin July 18, 2016
  2. Inspirasi Berkebun April 3, 2016
  3. tiyawann April 3, 2016
      • tiyawann April 8, 2016
  4. rynari April 1, 2016
  5. irfan fauzi March 21, 2016
  6. omtanah.com March 17, 2016
  7. cumilebay.com March 15, 2016
  8. Yasinta Ady March 14, 2016
  9. fanny fristhika nila March 12, 2016
  10. cozysphere March 11, 2016
  11. winnymarlina March 9, 2016
  12. coretandenina March 9, 2016
      • coretandenina March 12, 2016
  13. namaewagiska March 7, 2016
  14. sondangrp March 7, 2016
      • sondangrp March 9, 2016
  15. mayang_koto March 7, 2016
      • mayang_koto March 10, 2016
  16. adelinatampubolon March 7, 2016
  17. monda March 7, 2016
  18. jampang March 7, 2016
  19. Yusuf Saktian March 7, 2016
  20. emma March 7, 2016
  21. Arman March 7, 2016
  22. adhyasahib March 7, 2016
      • adhyasahib March 7, 2016
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: