6 Tips Sukses Menyemai Bibit Benih Dalam Ruangan

loading...

6 Tips Sukses Menyemai Bibit Benih Dalam Ruangan. Berkebun di negara 4 musim itu susah susah gampang, telat menanam bisa berujung telat panen juga. Sayang kan kalau sudah bersusah payah berbulan-bulan merawat tanamannya eh ternyata keburu datang musim dingin, lebih parahnya belum sempat satu kalipun panen terpaksa harus tutup kebun ๐Ÿ™ .adnow

Misalnya tahun lalu, sama sekali tidak sempat mencicipi rasa tomat kuning, padahal tanamannya subur sekali dan buahnya banyak, sayangnya buahnya masih warna hijau. Saya terpaksa bongkar tanamannya karena cuaca sudah dingin, percuma diteruskan karena buah tomatnya tidak akan sempat matang dikarenakan matahari sudah tidak bersinar seperti biasanya, walaupun sekeliling tanaman saya tutupi plastik tebal ternyata tidak memberikan efek luar biasa hehe *tetapusaha ๐Ÿ˜† .

Kalau menunggu cuaca bagus musim semi baru menyemai bibit tanaman makan akan terulang lagi telat panen. Tahun ini saya punya mainan baru, supaya bisa menyemai bibitnya dalam rumah. Mainan baru saya adalah greenhouse (GH) mini untuk ditaruh di windowsill (Jer : die Fensterbank). GH ini dilengkapi alas pemanas dan lampu 10 watt. Alat ini bisa dibeli terpisah. Saya beli di amazon.de .

Berikut ini saya ingin berbagi pengalaman langkah-langkah untuk menyemai bibit/benih tanaman secara indoor.

Greenhouse mini dengan lampu 10 watt dan alat pemanas. Zimmergewรคchshaus
Greenhouse mini dengan lampu 10 watt dan alat pemanas. Zimmergewรคchshaus

 

Yang dibutuhkan untuk menyemai bibit/benih indoor antara lain:

1. Tray Penyemaian
Alat ini bisa dibeli di toko pertanian (garden center), atau kita bisa juga memanfaatkan barang disekitar kita seperti bekas gelas air mineral atau wadah jougurt. Cuci bersih wadahnya sebelum digunakan. Karton/tempat telur bisa juga kita gunakan sebagai wadah penyemaian.

Baca juga: Wadah Bekas Sebagai Pot

2. Media Tanam
untuk hasil yang baik gunakan media tanam yang baik, sebaiknya jangan gunakan media tanam/tanah yang diambil dari kebun karena media tanamnya berat, tidak poros dan kemungkinan ada bakteri, hama, telur serangga tercampur didalamnya.

Belilah media tanam baru dari toko pertanian. Kalau saya gunakan cocopeat, metan ini baik menyimpan air, poros dan tidak membuat air tergenang.

3. Benih (bibit) yang Baik
Pilihlah bibit yang baik dan perhatikan bentuk benihnya (kalau besar seperti biji pea bisa dilihat apakah utuh atau tidak). Bibit yang expired bukannya tidak bisa ditanam, namun persentase sproutnya semakin berkurang.

Belum lama ini saya menanam 2 benih bunga geranium expirednya 2 tahun lalu haha. Mau dibuang ko sayang, tidak ada salahnya dicoba nothing to lose pikir saya. Ternyata yang 1 sprout, wah senangnya hatiku.

Perlu diperhatikan juga cara menaruh bibit/benihnya pada media tanam. Misalnya bibit adenium sebaiknya di tanam dalam posisi tegak. Pertama kali saya nanam salah posisi mungkin karen hal itu tidak numbuh, saat coba kedua kali numbuh kedua bibit yang saya tanam ๐Ÿ™‚ .

4. Label (name tag)
Percayalah kamu tidak akan mungkin mengingat semua nama bibit yang kamu tanam, kecuali kalau hanya nanam satu jenis, misal pada satu tray penyemaian hanya menanam cabe semua atau tomat saja. Nah daripada tebak buah manggis dan bingung apa yang kamu tanam jadi berikan label pada bibit yang kamu tanam.

Pada name tag tanaman biasanya saya menuliskan:
โ€ข Nama tanaman, kalau labelnya besar saya tulis nama botani, dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Jerman.
โ€ข Tanggal bibit ditanam.
โ€ข Ukuran bibit kalau bentuk umbi.
โ€ข Perkiraan tinggi tanaman.
โ€ข Kalau ada hal misal bunganya wangi, maka akan saya tuliskan di name tagnya.

Name tag untuk penyemaian saya gunakan yang kecil kalau sudah di pot besar barulah saya gunakan yang besar jadi bisa nulis info lebih banyak.

5. Kantong Plastik/penutup
Tray penyemaian atau wadah pot yang digunakan untuk menyemai kita tutup dengan plastik, hal ini dilakukan untuk menjaga suhu ruang dan kelembapan yang dibutuhkan bibit tercapai. Kita bisa juga gunakan plastik ziplock sebagai alat penutup. Supaya media tanam tidak terlalu lembab yang akibatnya jadi berjamur maka sebaiknya plastik dibuka 1-2 hari sekali.

Kalau saya tahun ini beli greenhouse (GH) mini seperti saya singgung pada palagraf awal. Ah kenapa saya tidak tahu GH mini ini dari tahun-tahun sebelumnya ya, jadi menyemai bisa lebih cepat ๐Ÿ™‚ .

Dengan GH ini suhu dan cahaya yang dibutuhkan benih/bibit terpenuhi. Tanpa GH ini biasanya lama bibitnya sprout, walaupun ditaruh didalam rumah tetap butuh waktu lebih lama. Pengalaman saya kalaupun bibitnya sprout/numbuh, seringnya tanaman muda yang baru numbuh ini akan kutilang (kurus tinggi langsing) karena tidak mendapat cukup cahaya.

6. Penyiraman (pemberian air)
Pemberian air saya lakukan dengan cara merendam potnya dalam wadah tertentu sampai permukaan basah.

kalau permukaan kering tandanya butuh air
kalau permukaan kering tandanya butuh air

 

Cara menyiramnya dengan merendamnya kalau dari atas kuatir daunnya patah. Rendam 10 menitan atau sampai permukaan basah
Cara menyiramnya dengan merendamnya kalau dari atas kuatir daunnya patah. Rendam 10 menitan atau sampai permukaan basah

 

Kapan tanaman muda perlu disiram?

kalau permukaan media tanamnya terlihat mulai kering baru saya berikan air. Kalau saya lakukan seminggu sekali. Penyiraman tergantung daerah kamu, tidak mutlak seminggu sekali, kalau tempatmu cenderung kering bisa saja dua hari sekali disiram.

Saya tidak siram dari atas karena benih yang baru numbuh ini rapuh sekali, kuatirnya patah kalau disiram dari atas.

Sedikit cerita tentang bibit-bibit (young plants) saya:
โ€ข Morning glory split sprout dalam waktu 3 hari cepat sekali ya ๐Ÿ˜€ . Sesuai petunjuk penanaman saya rendam dulu bibitnya dalam air selama 24 jam, barulah ditanam.

โ€ข Adenium akhirnya numbuh horeee. Nanam pertama kali tidak tumbuh. Yang berhasil ini metan (media tanam) pakai cocopeat. Adenium sprout dalam waktu 7 hari. Posisi bibitnya harus dalam posisi tegak/vertikal ya. Yang gagal sebelumnya saya salah naruh posisi bibitnya.

โ€ข Geranium tegak dua tahun lalu dapat warna salmon, yang sekarang penasaran akan dapat warna apa ya ?.

โ€ข Marigold krem tahun lalu tiga kali nanam, gagal ! tidak satupun bibit yang numbuh. Saya langsung sebar bibitnya di pot besar, karena yang orange saya lakukan begitu bisa dan dalam seminggu numbuh, ternyata yang putih krem ini lebih manja hehe. Setelah saya semai di pot kecil dan taruh dalam GH dari banyak bibit yang saya sebar hanya tumbuh 1 saja! haha ๐Ÿ˜† biarinlah yang penting ada satu yang berhasil sudah senang ko ๐Ÿ™‚ . Bibit sprout dalam waktu 3 hari.

โ€ข Dua jenis stroberi, kuning dan putih.

โ€ข Bibit tomat seminggu numbuh kalau cabai butuh lebih lama yakni 10 hari.

Umur satu bulan benih yang disemai, semoga bulan depan bisa taruh luar
Umur satu bulan benih yang disemai, semoga bulan depan bisa taruh luar

 

Semai tomat, cabe, marigiold krem, adenium, stroberi
Semai tomat, cabe, marigiold krem, adenium, stroberi

 

Akhirnya adeniumku numbuh
Akhirnya adeniumku numbuh

 

Pakai GH suhu dalam sekitar 26-29 derajat c, bibit yang ditanam jadi cepat numbuh
Pakai GH suhu dalam sekitar 26-29 derajat c, bibit yang ditanam jadi cepat numbuh

 

Oh ya kalau media tanamnya timbul selaput putih seperti jaring laba-laba, alias mulai numbuh jamur, bisa jadi karena terlalu lembab atau terlalu panas metannya, makanya sebisa mungkin sering di angin-anginkan, alias dibuka penutup tray penyemaiannya.

Kalau sudah terlanjur tumbuh jamur cara membersihkan selaput putihnya: saya lakukan dengan mencelupkan cotton bud kedalam cairan pembersih mulut (mouthwash) seperti listerin, lalu saya gosokkan perlahan cotton bud nya ke lapisan putih media tanam.

Video membersihkan lapisan putih pada media tanam penyemaian

 

Di lain kesempatan akan saya update lagi young plants saya yaa ๐Ÿ™‚ Minggu lalu beli GH yang lebih panjang dan nanam lebih banyak bibit lagi.

Salam hijau! :mrgreen:

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

46 thoughts on “6 Tips Sukses Menyemai Bibit Benih Dalam Ruangan

  • July 18, 2016 at 7:48 pm
    Permalink

    Halo mba nella, Salam kenal. Aku salah satu orang yang seneng baca blognya mba. Thanks ya atas info2nya yg sangat membantu. Mba aku jga tinggal di Jerman saat ini. Aku pernah baca di blog emba mengenai manfaat micin ato vetsin untuk tanaman. Aku sekarang lagi ngisi waktu dengan berkebun mba. Bisa diinfo di mana Aku bisa mendapatkan micin di Jerman ya mba? Aku sudah keliling di supermarket daerahku tapi ha Ada yg jual micin ato MSG ini. Apa ada nama yang familiar untuk micin di Jerman ya mba? Thanks u infonya.

    • July 19, 2016 at 9:09 am
      Permalink

      Hai Yosefin salam kenal ya ๐Ÿ™‚ . Micin saya beli di toko asia, klo toko online coba cari di google toko indonesia ada di Hamburg dan Berlin, pernah juga saya belanja di toko asia di Belanda (ongkir lebih mahal) saya sekalian borong macem2 kerupuk dan sambel. Kemasan depan micin ada gambar mangkok merah tulisan bhs tagalog, kadang terbaca juga tulisan “ajinomoto” .

  • April 3, 2016 at 7:45 pm
    Permalink

    wah sangat inspirastif,, tapi kyknya ribet bgt harus orang yang penuh kreativitas dan kemauan tinggi bisa buat seperti punya mbk ini.. salam succes pokonya ๐Ÿ˜€

    • April 7, 2016 at 4:53 pm
      Permalink

      Memulainya ga ribet ko, setelahnya nih ribet merawat benih yg sudah tumbuh ๐Ÿ˜€ . Rapuh sekali tanaman2 yg baru tumbuh ini, salah penanganan mati semua. Klo kesel krn hasilnya jelek paling langsung saya buang hehe .. mending beli jadi lah tinggal lanjut pelihara.

  • April 3, 2016 at 2:29 am
    Permalink

    maaf oot mbak, saya kan juga pake theme expound. Nah biar thumbnail/gambar muncul diartikel depan(home), itu diatur dibagian mana mbak?

    • April 7, 2016 at 4:58 pm
      Permalink

      Itu diaturnya dari masing-masing postingan/tulisannya. Saat buat tulisan baru lihat bagian kanan layar ada tulisan “featured image” nah pilih satu foto yang akan dijadikan thumbnail/gambar tulisannya.

  • April 1, 2016 at 8:02 pm
    Permalink

    Istilah metan media tanamnya unik Jeng. Menunggu Adenium hasil semai dari kebun Mama Ben. Salam hijau

    • April 10, 2016 at 9:20 am
      Permalink

      Hai bu Prih, adenium hasil semai ampun deh kecilll sekali, lama besarnya.. saya sdh dapat hadiah yg ukurannya 100x lipat dr hasil semai :mrgreen: .

  • March 21, 2016 at 6:36 am
    Permalink

    Sangat membantu sekali menyemai bibit dalam ruangan. mungkin nanti bissa saya coba dirumah untuk menanam bibit. alat2nya juga simple, prosesnya mudah. terima kasih untuk tips-tipsnya. salam kenal.

  • March 17, 2016 at 4:01 pm
    Permalink

    memang benar kalo kata lagu om koes, indonesia itu kolam susu. nanam apa aja tumbuh…

  • March 14, 2016 at 10:59 am
    Permalink

    Salam kenal Mbak Nella, seneng deh baca baca blognya bagus banget. Sangat inspiratif, jadi pengen deh sekali kali pergi ke jerman, main ke rumahnya mbak nella hehe..
    Bikin mata seger ya liat tanamannya mbak nella tumbuh subur, jadi keinginan lamaku buat punya kebun bunga muncul lagi deh,, ^^
    Kapan ya saya bisa bebas bertanam tanam kayak mbak nella?
    Eh, malah jadi curhat ^^

  • March 12, 2016 at 1:16 pm
    Permalink

    walo aku buta samasekali soal tanam menanam gini, tapi nth kenapa seneng kalo baca blog yg berhubungan dengan tanaman..apalagi kalo melihat foto2 tanamannya bisa tumbuh, berbunga dan berbuah… ๐Ÿ™‚ seneng aja melihat yg hijau2 gini mbak.. secara rumahku ga ada taman ya..

  • March 11, 2016 at 6:51 am
    Permalink

    Ide bagus mbak berkebun di dalam ruangan, kalau saya ide ini pengen saya terapkan karena tanaman di luar ( jambu biji dan delima) suka ga sempat berbuah karena baru bunga saja sudah dipetik anak anak yang suka main di depan rumah. Ya galau saja kadang kalau lihat bunga bunga bakal buah ini tahu tahu sudah di tanah dikiranya mungkin sejenis bunga biasa…

    • March 11, 2016 at 7:48 am
      Permalink

      Mungkin pohonnya pendek ya jadi bisa terjangkau anak-anak. Bakal buahnya coba dibungkus saja supaya aman ๐Ÿ™‚ .

  • March 9, 2016 at 10:41 am
    Permalink

    telaten ya Nel, salut! aku paling males ngurusin tanaman, jadi sejauh ini masih punya tanamanan yang nggak berbunga rata-rata.

    • March 11, 2016 at 7:39 am
      Permalink

      Hobi yang bikin saya bahagia hehe, kalau jahit menjahit ko sepertinya membosankan ya makanya ya sudahlah berkebun saja supaya bikin diri sendiri sibuk hehe :mrgreen: . Tanaman gak berbunga bagus juga ko, saya juga punya bbrp dalam rumah ๐Ÿ™‚ .

      • March 12, 2016 at 7:05 am
        Permalink

        wah, bisa jahit rupanya ya! saya pengen belajar ngejahit malah kalo ntar lagi ke indo. iya ya, hobi, yang mana mendatangkan kesenangan, dijalanin saja. iya say, tapi gregetan pengen punya juga gitu yang ada bunganya. cuma nggak bisa atur waktu ngurusnya.

  • March 7, 2016 at 1:01 pm
    Permalink

    kayak mau netasin telur ya Nel dilampuin hahaha
    Godaan banget deh Nel di sini ngeliat kebun orang cantik cantiiik banget, karena rata rata punya backyard kan, aku sama Gaoqi suka ngeliatin dr kamar Gaoqi yang ngadep ke taman belakang. Dan di sini hobby berkebun itu kayaknya didukung banget, di Aldi aja selalu ada jual bibit tanaman sesuai musim. Tapi aku nyadar diri sih gak telaten, meski gak ada kerjaan bawaanku kalo tanah itu langsung kebayang cacing. Tapi pas ngeliatnya sukaaaaaak

    • March 9, 2016 at 7:43 am
      Permalink

      Hahahha iyaaa pakai lampu dan pemanas segala ya.. klo punya kebun luas pengen pelihara ayam juga sih, atau netasin telur sendiri ๐Ÿ˜† .
      Di LN nih memang banyak godaannya Ndang, kebun orang2 ko cakep banget, di tv ada tayangan khusus berkebun, majalah2 banyak, ke garden center/supermarket buanyak banget godaannya yg mendukung haha. Klo ada cacing subur dong tanahnya, malah aku kepikiran mau beli cacing secara online nih haha ๐Ÿ˜† .

      • March 9, 2016 at 10:38 am
        Permalink

        hahahaahahahahah asli ngakaaaak baca mau b eli cacing online beneran ya satu hal yang menakutkan buat orang lain ternyata malah harta buat orang lainnya hahahahaa

  • March 7, 2016 at 9:49 am
    Permalink

    jadi kangen nyemai juga, udah lama gak nyemai tanaman ๐Ÿ˜€
    #belibibitdulu ๐Ÿ˜€

    • March 9, 2016 at 7:44 am
      Permalink

      Hai Mayang ayo nyemai lagi, berkebun lagi yukk.. kali aja suntuk bikin kristik bisa beralih ke berkebun dulu kan :mrgreen: .

  • March 7, 2016 at 9:11 am
    Permalink

    aku pakai wadah bambu memanjang gitu kak. tinggal dibaris beberapa lapis keatas jadi dech model hidroponik2an. tapi baru berani nanam bayam dan cabe doang. tapi serius senang yach lihat beginian, aku sudah panen beberapa kali loh hehehe..

    • March 9, 2016 at 7:46 am
      Permalink

      Bambu memanjang bikin vertikal ya De?, bagus buat yg gak punya lahan luas :mrgreen: Aku juga lagi cari2 ide bgm bisa nanam lebih banyak soalnya 2 balkon sdh penuh haha. Wah asyikk dong klo sdh bisa panen ๐Ÿ™‚ .

  • March 7, 2016 at 8:53 am
    Permalink

    baru tau lho ada greenhouse mini seperti itu..
    kk nyemai kacang panjang di luar, kelupaan moto…, eh pas dilihat lagi udah patah2 didudukin ayam
    eman haruss milih ya mau berkebun atau piara ayam

    • March 9, 2016 at 7:47 am
      Permalink

      Hai kak Monda, kebunnya paling kasih pagar kak supaya gak diganggu ayam.. atau ayamnya dikurung hehe ๐Ÿ˜€ .

  • March 7, 2016 at 2:38 am
    Permalink

    wah… mantap ini.
    sayangnya space di rumah saya masih kurang

  • March 7, 2016 at 2:12 am
    Permalink

    Moga tumbuh dengan baik tanamannya, btw niat banget kamu mbk ๐Ÿ˜€

  • March 7, 2016 at 1:23 am
    Permalink

    Semoga numbuh dengan baik tanamannya. .soalnya udah dimanja banget ngurusnya haha

  • March 7, 2016 at 1:05 am
    Permalink

    aduh dirimu niat banget ya nel… hihihi kalo kita males dah kalo mesti sampe segitunya, dilampuin segala… ๐Ÿ˜€

    • March 7, 2016 at 8:35 am
      Permalink

      Habis bgm gue kan ibu rt aja Man, puyeng klo gak banyak kerjaan hahaha, klo jahit menjahit gue males, pilih berkebun ajalah ๐Ÿ˜† .

  • March 7, 2016 at 12:30 am
    Permalink

    seneng banget banyak yang tumbuh bibitnya, kemarin saya coba tanam bayam merah di rumah, begitu mulai keluar tunasnya (tunas atau apa ya namanya itu) saya girang sekali, besoknya di tengok lagi udah ludes dimakanin sama ayam tetangga semua-muanya! ๐Ÿ™

    • March 7, 2016 at 8:37 am
      Permalink

      Waduhhh parah bangett Dhy, coba dibuat pagar aja di sekeliling kebunmu ๐Ÿ˜‰ atau klo punya mawar2 yg mau dipakas taruh di sekeliling kebunmu tuh batang2 mawarnya kan banyak durinya semoga ayam gak berani ke kebunmu lagi ๐Ÿ˜€ .

      • March 7, 2016 at 1:31 pm
        Permalink

        iya harus di pagerin kayaknya, ada sih mawar2 nanti coba dipakas baru taro sekeliling deh ( jadi pager darurat), kemaren karena udah kecewa bayamnya di makan ayam semua jadi gak semangat lagi deh nanemnya,hehe

        • March 9, 2016 at 7:40 am
          Permalink

          Aku juga sering kecewa ko berkebun begini, cuma ya gak lama2 paling seminggu ntar semangat lagi nyoba. Banyak baca2 majalan berkebun atau browsing2, atau lihat pinterest banyak sekali ide2 dan tips berkebun ๐Ÿ˜€ .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: