Hama dan Penyakit Pada Bunga Hollyhock

loading...

Hama dan Penyakit Pada Bunga Hollyhock. Halo sahabat berkebun, saya kembali lagi setelah sebulan absen dari dunia blogging hehe πŸ˜€ . Kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai bunga Hollyhock atau yang dalam bahasa Jerman disebut Stockrose.

Kira-kira sudah 3 tahun saya kenal tanaman bunga ini, paling tidak saya sudah sedikit tahu mengenai cara perawatan, penyakit dan termasuk hama yang sering merusak bunga hollyhock.

Bunga Hollyhocks di jerman disebut Stockrose. Bunga yang warna hitam hanya satu lapis, saya nanam dari bijinya.
Bunga Hollyhocks di jerman disebut Stockrose. Bunga yang warna hitam hanya satu lapis, saya nanam dari bijinya.

 

Bunga Hollyhock termasuk dalam keluarga Malvaceae, bunga ini mudah ditanam dari bibit (biji) nya atau bisa juga ditanam bentuk bare root plant nya. Kalau menanam bentuk bare root plantnya lebih cepat numbuhnya ketimbang dari biji.

Bentuk biji baru akan berbunga pada tahun kedua. Sedikitnya ada 60 jenis Hollyhock yang dikenal. Bunga ini masih ada hubungannya dengan bunga Hibiskus, wah pantas saja bentuk bunga Hollyhock ini ada yang mirip bunga Hibiskus πŸ™‚ .

Bibit biji Bunga Hollyhock. Saat pods bunga sudah coklat berarti biji/bibit sudah terbentuk dengan baik, kalau masih putih belum jadi bijinya tidak bisa sebagai bibit.
Bibit biji Bunga Hollyhock. Saat pods bunga sudah coklat berarti biji/bibit sudah terbentuk dengan baik, kalau masih putih belum jadi bijinya tidak bisa sebagai bibit.

 

Kalau kamu menanam Hollyhock dari bijinya, saat mau memindahkan tanaman hasil semainya, semua media harus ikut dipindah ke pot besar, jangan dibongkar akarnya. Hollyhock saya pernah banyak yang mati saat memindahkan, stres kali ya tanamannya. Kesal sih karena tanamannya sudah umur 6 bulanan, lalu saya mengulang lagi dari awal semai bijinya.

Saya merangkum beberapa hal mengenai bunga Hollyhock ini, baik dari pengalaman sendiri maupun dari beberapa website yang saya baca.

Bunga Hollyhock (Alcea rosea):

 Merupakan tanaman Perennial karena setiap tahun akan tumbuh terus.
 Termasuk tanaman biennial juga karena:
1. Berbunga dan menghasilkan biji pada tahun kedua.
2. Bisa juga artinya masa hidupnya panjang. Gabungan annual (tanaman semusim) dan perennial (tanaman abadi).
3. Menghasilkan bibit (self-seed).

 Suka tempat terkena matahari.
 Multiflora. Pada satu batang bisa tumbuh banyak bunga.

Bunga Hollyhock  yang saya tanam dari benihnya tahun 2014. Foto kiri benih umur sebulanan. Cantik yaa bunganya berlapis-lapis
Bunga Hollyhock yang saya tanam dari benihnya tahun 2014. Foto kiri benih umur sebulanan. Cantik yaa bunganya berlapis-lapis

 

 Warna bunga yang umum kuning dan pink biasanya tumbuh liar.
 Jenis yang umum dibudidaya Alcea rosea. Bunganya merah, putih, pink, kuning dan ungu.
 Jenis heirloom β€œNigra”. Bunganya nyaris berwarna hitam. Saya senang sekali saat pertama kali melihat si hitam mekar sempurna 😎 .
 Daunnya lebar.
 Setelah bunga rontok akan terbentuk biji (pods). Bisa kita kumpulkan untuk tanam lagi. Kalau malas menggumpulkan bijinya akan berjatuhan dan mungkin saja ada yang akan tumbuh kalau tempat jatuhnya kebetulan medianya lembab.

 

Bunga Hollyhock  di taman orang, karena dipinggir jalan bisa diambil bijinya saat kering hehe
Bunga Hollyhock di taman orang, karena dipinggir jalan bisa diambil bijinya saat kering hehe

 

Video Bunga Hollyhock di taman orang (Sept. 2014)

 

 Termasuk tanaman yang tahan panas ekstrim dan kering. Menurut saya kalau tumbuhnya liar yang tahan panas, kalau ditanam di pot Hollyhock punya saya manja sekali πŸ˜† panas sedikit langsung layu daunnya. Jadi saya taruh potnya ditempat teduh. Oh ya pagi-pagi sekali siram tanamannya jadi Hollyhock akan bertahan melewati siang hari yang panas.
 Bunga hollyhock ini menarik kupu-kupu dan burung kolibri (hummingbird). 3 tahun nanam sih balkon saya belum pernah didatangi hummingbird hehe πŸ˜€ .
 Ada yang satu lapis ada pula yang bunga ganda (dobel flower). Contoh yang dobel flower cantik sekali warna orangenya adalah yang jenis chaters double.
 Tinggi sekitar 1,8 – 3 meter. Punya tetangga saya ada yang kira-kira 2,5 meter, hanya 1 batangnya banyak sekali bunganya. Setiap tahun selalu berbunga terus, oleh pemiliknya saat musim gugur tanamannya dipotong, sisakan beberapa cm saja diatas tanah.

 

Hama dan Penyakit pada Bunga hollyhock

 Hama kumbang Mallow flea beetles (Podagrica fuscicornis) yang membuat lubang kecil pada daun.

Mallow flea beetles (Podagrica fuscicornis)  pada daun bunga Hollyhock. Sumber www.entomologie-stuttgart.de
Mallow flea beetles (Podagrica fuscicornis) pada daun bunga Hollyhock. Sumber www.entomologie-stuttgart.de

 Hollyhock Weevils (Apion longirostre) . Kalau lihat gambarnya ini adalah hama kutu. Biasanya saya temukan kutu ini pada biji siap panen (pods) bunga yang telah kering. Hama ini merupakan host-specific jadi kita tidak temukan pada tanaman lain atau ya paling si kutu di tempat/tanaman itu saja alias pada alcea saja πŸ˜€ .

Hama Hollyhock Weevils (Apion longirostre pada bunga Hollyhock. Photo oregonstate.edu
Hama Hollyhock Weevils (Apion longirostre pada bunga Hollyhock. Photo oregonstate.edu

 Aphids dan ulat . Tidak ada gambarnya, nantilah kalau Hollyhock saya kena hama ini lagi akan saya update gambarnya πŸ˜€ . Yang ada nih gambar kumbang lainnya, Hollyhock di taman orang.

Hama kumbang pada pods bunga Hollyhock. Saya kurang fokus potretnya jadi tidak jelas bentuk hama kumbangnya
Hama kumbang pada pods bunga Hollyhock. Saya kurang fokus potretnya jadi tidak jelas bentuk hama kumbangnya

Cara membasmi kumbang Podagrica dan kutu Apion langkah awal gunakan air sabun, semprot teratur, kalau tidak musnah juga baru gunakan insektisida bahan kimia. Penggunaan bahan kimia akan beresiko membunuh predator (serangga baik) juga jadi sebaiknya selagi bisa gunakan yang alami.

Menurut gardeningknowhow.com salah satu cara untuk mencegah datangnya kutu Apion adalah jangan biarkan terbentuknya pods bunga (bibit/biji). Kutu Apion larvanya terbentuk dalam pods bunga karena sumber makanannya dari situ.

Begitu bunga hampir layu langsung potong batangnya hingga dekat tanah. Lagipula kita tidak terlalu butuh biji/bibit yang banyak toh, kecuali kalau mau budidaya atau mau dijual. Kalau batang bunga kita potong maka tahun depan Hollyhock akan berbunga lagi, sedangkan kalau pods nya kita biarkan maka siklus hidupnya selesai alias mati. Kalaupun muncul bunga hasilnya jadi jelek sekali, saya baru tahu hal ini tahun lalu saya bertanya-tanya ko jelek sekali Hollyhock saya ternyata karena saya biarkan podsnya kering.

Video Bunga Hollyhock saya tahun ketiga. Tahun sebelumnya saya biarkan terbentuknya pods bunga, maka tahun berikutnya bunga tidak secantik sebelumnya.

 

 Jamur karat (Hollyhock rust) fungus puccinia malvacearum . Penyakit ini paling sering mengenai Hollyhock saya, tiap tahun pasti kena. Cirinya di belakang daun banyak sekali bintik kuning tebal. Cara mengatasi paling ampuh adalah segera buang daun yang terinfeksi karena jamur ini cepat menular ke daun lainnya. Kalau masih sedikit terkena jamur bisa disemprot dengan minyak nimba (neem oil) . Jamur ini biasanya muncul saat musim panas namun tiba-tiba hujan berhari-hari.

Jamur karat ini tumbuh subur di lingkungan yang basah, jadi jangan siram berlebihan tanaman kamu. Juga pastikan tanaman Hollyhock kamu memiliki sirkulasi udara yang baik. Cara lainnya untuk mengatasi Hollyhock rust silakan baca https://www.rhs.org.uk/advice/profile?PID=564 atau di forum ini http://davesgarden.com/community/forums/t/54094/#b

Jamur karat (Hollyhock rust) fungus puccinia malvacearum pada bunga Hollyhock. Photo wikipedia by user Gerhard Koller (Gerhard) at Mushroom Observer
Jamur karat (Hollyhock rust) fungus puccinia malvacearum pada bunga Hollyhock. Photo wikipedia by user Gerhard Koller (Gerhard) at Mushroom Observer

Daripada pembaca bosan membaca postingan ini terlalu panjang, jadi mengenai perawata bunga Hollyhock akan saya buat postingan terpisah ya πŸ˜‰ .

Oh ya siapa yang punya bunga hollyhock? Punya kasus yang sama seperti hollyhock saya? Kena hama dan penyakit yang saya sebutkan diatas?.

Ps. Bunga-bunga tulip saya mulai bermunculan, senang sekali tahun ini sepertinya banyak yang akan sukses akan bermekaran. Pohon cherry tetangga juga sudah banyak sekali bakal bunganya. Semoga saya punya waktu untuk menuliskannya di blog ini ya.

Salam hijau dari saya emaknya Benjamin :mrgreen:

 

Sumber:

http://www.gardeningknowhow.com/ornamental/flowers/hollyhock/controlling-hollyhock-weevils.htm

http://homeguides.sfgate.com/common-problems-hollyhock-plants-40460.html

https://www.rhs.org.uk/advice/profile?PID=5643

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

41 thoughts on “Hama dan Penyakit Pada Bunga Hollyhock

  • Pingback: Perempuan Menyulam Bumi | RyNaRi

  • April 19, 2016 at 4:02 am
    Permalink

    ditunggu postingan perawatan bunga Hollyhocknya kak πŸ˜€
    soalnya kepengen nanem hollyhock juga πŸ˜€

    Reply
    • April 19, 2016 at 9:59 am
      Permalink

      Bagus-bagus hollyhock loh, saya baru nanam yg warna ungu, gak ada benih jd beli bentuk youngplant nya. Bulan depan aja lanjutan postingannya a hehe πŸ˜€ .

      Reply
      • April 19, 2016 at 10:03 am
        Permalink

        iyakah, udah lama jadtuh hati ama si hollyhock πŸ˜€
        wah jadi penasaran nih ama hollyhock ungunya kakak
        bulan depan pun tidak mengapa πŸ˜€ , ditunggu postingannya kak πŸ˜€

        Reply
  • April 18, 2016 at 7:26 pm
    Permalink

    Melihat di kebun tetangga Jeng Nella, ooh sekarang tahu namanya dari postingan ini. Keluarga Malvaceae ya, pantesan ada kemiripan dg tanaman kapas. Wuih yang kelopak hitam canti sekali Jeng. Salam

    Reply
  • April 14, 2016 at 3:51 pm
    Permalink

    bunganya cakep kak Nel, itu perawatannya benar-benar harus dijaga in ya kak, aku kalau ingat kebun ingat kampung halaman banget kak

    Reply
  • April 13, 2016 at 5:12 pm
    Permalink

    Aduuuh suka deh liat bunganya… kalo ttg hama dan perawatannya aku mah awam bgt mbak.. lebih suka menikmati bunga2nya :).. itu bunga bntuknya kyk bros yg baru2 ini aku beli.. kirain itu bunga yg hanya terbentuk dr kreativitas si pembuat bros doang, trnyata bunga aslinya memang beneran ada :).. wanginya sendiri gimana mbak?

    Reply
  • April 13, 2016 at 4:18 am
    Permalink

    Tanaman juga stress yaa kalo di usik pindah sono sini
    macam manusia yg juga lelah kalo pindahan mulu hahaha

    Reply
    • April 13, 2016 at 10:58 am
      Permalink

      Iya Cum, klo mau pindah2 tanaman sebaiknya sore hari saat matahari sdh gak terik lagi .. klo siang tanaman kan lagi makan (proses fotosintesa) ya sama spt manusia aja lg makan diganggu ya stres atau ngamuk hahaha.

      Reply
  • April 10, 2016 at 7:38 pm
    Permalink

    Aq tahun kemaren beli bibit eh br sehari ku tanam di kebun besokny dah habis…dimakan kelinciiii tahun ini belum beli bibit bunga hollyhock neh besok tak belanja bunga2 n kompost … udah sedia kawat buat menangkal kelinci liar…bunga matahariku jg habis di makan kelinci ya begini dah klo tinggal di woodland tempatku banyak kelinci liar… eh curhat ?

    Reply
  • April 10, 2016 at 4:12 pm
    Permalink

    Keluarga saya malah kurang suka dengan bunga bungaan πŸ™‚

    Reply
  • April 10, 2016 at 7:36 am
    Permalink

    Kalo baca doang keliatannya gampang, kalo jalanin? Hahaha boro-boro mau ribet aku mah ?

    Reply
  • April 10, 2016 at 6:14 am
    Permalink

    ngeliatin foto2 hama nya jadi geli nel… serem.. hehehe

    Reply
  • April 10, 2016 at 1:22 am
    Permalink

    Telaten sekali ya rawat bunga, membangkitkan semangat urbanfarming nih. kalo saya baru mulai lagi tanam sayur, meski berulang gagal. Coba yg mudah, terong, tp masih perlu keseriusan, maklum, sedapatnya, tempat dan waktu terbatas. Media kayaknya kekecilan shg belum jg berbuah

    Reply
    • April 10, 2016 at 8:43 am
      Permalink

      Hai mas Tri, tahun ini saya pengen nanam lebih banyak sayuran yg cepat bisa dipanen aja πŸ˜€ . 3 thn lalu pernah nanam sawi putih banyak kena hama ulat jadinya mals nanam sawi lagi. Gagal sih saya juga sering, ntar klo sdh semangat lagi ya dikerjain lagi. Salam hijau yaa :mrgreen: .

      Reply
      • April 10, 2016 at 11:42 am
        Permalink

        Iya Mbak, ada temen yg semangat dan kreatif, padahal budidaya di genteng rumah, tapi bisa sampai jualan bibit daun mint dan delima. Makanya saya tetap mencoba, cuma ga totalitas

        Reply
  • April 10, 2016 at 12:23 am
    Permalink

    Cantik banget. Hampir mirip hibiscus ya πŸ™‚
    Kayaknya aku bakalan postpone berkebun soalnya puppy ku lagi rajin mencangkul πŸ™

    Reply
  • April 10, 2016 at 12:19 am
    Permalink

    Kalau satu batang bisa tumbuh bbrp bunga…. Bisa-bisa cuma kelihatan bunganya yah drpd daunnya.

    Reply
  • April 10, 2016 at 12:17 am
    Permalink

    Mba nel bunga yg warna pink cantik sekaliiii. .
    Semangat tanam2ku sementara punah semenjak pindahan dari rumah kontrakan sehabis lebaran kemarin. .ngerasa repot banget pas pindahan beresin semuanya sendiri. .pot2 tanamanku aku tinggal krn berat dan malas bawa. .aku buat pot itu dari ban bekas motor yg aku cat agar keliatan manis. .ga nyangka bakalan pindah2 lg pdhl udah betah bgt dikontrakan yg satu itu

    Reply
    • April 10, 2016 at 9:07 am
      Permalink

      Hai Emma kalau sudah selesai beberes kontrakan semoga kepengen lagi ya berkebun πŸ˜€ . Pot dari ban bekas aku pengen punya juga, sdh tunjukkin ke suami gambarnya dia bilang gak bisa bikin begitu ban di Jerman beda bahannya, iiihhh mungkin dia aja deh yg malaes, pdhl lihat foto bagus banget pot ban klo di cat.

      Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: