Perhatikan Banyak Larangan Memotret di Jerman

Perhatikan Banyak Larangan Memotret di Jerman. Tulisan ini saya buat karena sudah sering dapat model komen seperti berikut:
Kak banyak yang cari bareroot mawar nih, yang beredar saat ini apa aja?, potretin dong!” .
Carikan pohon/tanaman/bibit ini itu potretin dulu dong di tokonya“.

Nel ada baju, sepatu, tas diskonan gak disono?, cariin dong.”
Biasanya saya langsung tolak: “Ogah ah gak tahu gw kan selera lu bagaimana, salah beli ntar bagaimana?.
Potretin dulu dong!” kata temanku.
“Di Jerman tidak boleh potret sembarangan“! jawabku ๐Ÿ˜† .

Nih teman-teman saya mungkin berpikir di Jerman tuh seperti di Indonesia ya bebas asal potret sana sini. Sebenarnya saya jadi malas kemana-mana bawa kamera karena ya banyak aturan di larang memotret! haha.

Beberapa contoh lokasi di Jerman yang dilarang memotret:

โ€ข Garten Center (Toko Pertanian)
Saya sering sekali mengunjungi garden center, satu tempat yang saya kunjungi adalah Hornbach. Ditempat ini dilarang memotret. Saya baca di forum, garden center lain yang namanya obi mempunyai aturan yang yang sama. Baca diforum lain ternyata memang di Jerman sini dilarang memotret di supermarket bangunan dan garden center ( Bau- undย Gartenmรคrkte) . Peringatan dilarang memotret tertempel dipintu masuk. Kalau garden center yang saya kunjungi ketika ke Belanda tidak ada larangan memotret. Di pintu masuk saya cari simbol larangan potret, karena tidak ada simbolnya jadi saya asyik potret sana sini ๐Ÿ˜€ .

Perhatikan Banyak Larangan Memotret di Jerman. Simbol larangan Memotret di Garden Center. Potretnya secepat kilat, blitz pun saya matikan, sudah seperti mau ngemaling aja ngumpet2 haha

Simbol larangan Memotret di Garden Center. Potretnya secepat kilat, blitz pun saya matikan, sudah seperti mau ngemaling aja ngumpet2 haha

 

Baca juga: Mengunjungi Garden Center di Belanda

 

โ€ข Electronik Center
Dua contohnya adalah Media markt dan Saturn.

Seorang wanita bernama Karli, mengunjungi Media markt. Dia melihat televisi yang bagus yang mungkin dia incar untuk dibeli. Karli mengambil hp nya dan memotret tv tersebut (mungkin mau dibandingkan ditempat lain sebelum memutuskan membeli).

Datanglah seorang pegawai tokonya dan berkata: ” disini dilarang memotret” .
Karli :” kenapa dilarang?”.
Spg : ” karena disana (pintu masuk) tertera larangannya” .

Karli pergi ke pintu keluar. Disana ada 2 detektif yang berkata kalau dia sudah memotret dan harus menghapus foto tersebut.

Karli: ” memangnya kenapa tidak boleh memotret? ” .
Detektif: ” untuk alasan keamanan” .

Karli menghapus foto yang telah dia buat, lalu detektif meminta supaya Karli menunjukkan kameranya, untuk memastikan kalau foto benar-benar sudah dihapus.

โ€ข Kolam Renang
Ini di kota tempat tinggal saya ya. Kolam renangnya kalau menurut saya mewah. Indoor dan ada sedikit kolam outdoornya. Kolam utamanya sangat luas. Tepi kolam dihiasi begitu banyak bunga anggrek. Suasananya seperti di negara tropis, ada beberapa pohon palem menjulang tinggi. Bisa sauna, ada kolam air laut mati, kolam air magnesium, calsium dll. Pokoknya kalau mau memadu kasih dengan pasangan cocok lah ke tempat tersebut ๐Ÿ˜€ namun tidak boleh bermesraan yang berlebihan karena ada simbol larangannya .

Suatu kali saya pengen sekali memotret suasana dalamnya, katanya foto/gambar bisa berbicara lebih banyak kan yaa hehe. Nah tuh kamera sudah saya umpetin di handuk. Eh ketahuan bapaknya Benjamin, dia mengingatkan lagi kalau ada peringatan dilarang memotret tertempel di pintu masuk. Saya gigit jari lalu pergi taruh kamera ke lemari penyimpanan barang ๐Ÿ˜ณ .

Saya nemu videonya nih dari youtube. Suasana kolamnya saat malam

โ€ข Ruang praktek dokter kandungan & rumah sakit
Dua tahun lalu, saat kandungan saya sudah besar. Saya ingin punya foto buat kenang-kenangan saat berada diruang dokter kandungan. Saya meminta suami untuk memotret saya. Tentu saja bapaknya Benjamin bertanya dulu ke dokter apakah boleh memotret. Dokter mengatakan kalau disitu dilarang memotret. Walaupun tidak terpampang tulisan larangan memotret karena ibu dokter melarang, tentu saja kami patuhi.

Baca juga: Cerita Melahirkan Melalui Operasi Caesar

Kalau di rumah sakit bersalin, larangan memotret bisa saja dengan simbol kamera di coret. Seringkali saat kita mengunjungi saudara atau teman yang melahirkan, kita berlomba-lomba untuk memotret adik bayi yang baru lahir tanpa mempedulikan apakah blizt dari kamera menggangu si bayi atau tidak. Ingin langsung upload foto ke sosmed kalau bayi dari si teman kita sudah lahir. Apakah ibu dan ayah si bayi suka saat kamu upload foto bayi mereka?. Sudahkah kamu minta izin orangtua si bayi kalau kamu upload foto bayi tersebut? . Termasuk memotret si ibu yang masih lecek karena baru selesai bersalin atau repot ngurus si kecil, asal potret saja, asal upload ke sosmed, lalu si ibu kesal karena melihat fotonya terpasang di sosmed dengan tampang ala kadarnya.

Karena saya nanya di klinik dokter kandungan tidak boleh memotret, yasudah pastilah saat operasi sesarpun bakalan tidak diperbolehkan didokumentasikan, jadi saya tidak bertanya lagi, dan tidak punya kenangan-kenangan foto dan video di ruang operasi.

Tahu tidak sih, ternyata beda jauh dengan Belanda. Temanku (wni) akhirnya hamil juga dan melahirkan melalui operasi sesar pada Maret 2018. Saya bertanyalah ko bisa ya bikin foto dan video diruang operasinya?. Ternyata yang menawarkan untuk potret adalah perawat rumah sakitnya loh!. Hmm masah saya kudu ke Belanda sih? hehe ๐Ÿ˜€ . (update 12.02.2018).

โ€ข Toko Sepatu
Kalau tidak mau kena masalah karena potret memotret, sebaiknya sebelum masuk lihat dulu apakah di pintu masuk ada simbol kamera di silang.

 

Kenapa di Jerman tidak boleh sembarangan memotret?:
โ€ข kalau sudah ada larangan tertulis, seharusnya dipatuhi, tanpa perlu bertanya/heran alasannya. Kalau mau bebas memotret silakan di ruang publik misal jalanan. Bisalah sepuasnya selfi hehe. Kalau seperti di garten center, lokasi tersebut adalah milik pribadi/pengusaha dimana pemiliknya berhak membuat aturan yang mereka sukai.
โ€ข seorang pemilik toko kecil mengatakan (di forum) kalau pengunjung tidak menyukai aturan yang ada, “.. Anda tentu tahu dimana pintu keluar!”. (Kejam amat gitu ya orang Jerman hehe) .
โ€ข menyangkut hak cipta.
โ€ข kuatir saingan bisnis serupa meniru.
โ€ข kegiatan memotret seringkali menganggu pengunjung lain.

Bagi kamu yang mungkin kebetulan akan jalan-jalan/berlibur ke Jerman sebaiknya perhatikan baik-baik simbol larangan memotret ini. Larangan biasanya di pasang di pintu masuk, berupa simbol kamera di silang. Selain kamera disilang mungkin di toko tertentu ada juga simbol es krim disilang artinya dilarang makan mimun, simbol hati/love disilang dilarang bermesraan berlebihan kali ya haha saya lihat ada simbol ini di kolam renang indoor di kota tempat tinggal saya, ada lagi simbol/gambar anjing berarti dilarang bawa hewan peliharaan. Biasanya anjingnya di ikat di luar. Kalau kucing saya belum pernah lihat diikat hehe, biasanya sih kucing ditinggal di rumah ya.

Nekad ngumpet-ngumpet memotretnya ya bisa saja, asal kamu tahu saja dimana letak kamera-kamera tersembunyi berada. Saya pernah beberapa kali jelalatan di garden center pengen tahu dimana aja tuh kamera dipasan, banyak bo! haha ๐Ÿ˜Ž .

Oh ya apakah kamu termasuk yang sering upload-upload foto orang lain ke sosmedmu? temannya bisa teman dekat, teman jauh, rekan kerja, apakah kamu selalu minta izin mereka sebelum upload foto?.

Kira-kira dua tahun lalu teman saya yang suaminya bule bilang begini: Nel ntar pengacara suamiku hubungi kamu ya, kamu upload foto ada dia (nama) tuh. Temanku sih seperti nada bercanda ngomongnya, tapi kalau dipikirin serius ya bener juga sih, bisa saja kita dituntut sama yang ada di foto karena kita belum minta izin dia, belum tanya dia suka atau tidak kalau fotonya terpajang di sosmed. Saya langsung hapus foto dia. Truss waktu dia potret anakku lalu di upload ke sosmed dia, berarti saya bisa dong bilang hal yang sama, “.. saya tidak suka dan nanti pengacaraku hubungi kamu ya” hehe ๐Ÿ˜› .

Saya di undang makan siang ulang tahun teman saya, tentu saja ada orang-orang lain yang tidak saya kenal para undangan. Biasalah kita kan selalu gemes ya lihat anak kecil. Nah saat itu Benjamin umur 9 bulan lalu ada 1 anak bayi lainnya, ada temannya temanku potret kedua bocah kecil tersebut pakai hp, yang potret itu minta izin sama saya boleh ga potret Benjamin?, saya mau nolak juga ga enak kan toh dia sudah minta izin hehe.

Ada yang pernah dituntut ga gara-gara kamu potret sembarangan? ๐Ÿ˜€ .

Sumber:
โ€ข http://www.gutefrage.net/frage/fotos-in-geschaeften
โ€ข https://kwerfeldein.de/2009/02/24/darf-ich-darf-ich-nicht-ein-interview-mit-rechtsanwalt-philipp-dorowski-zum-fotografieren-auf-der-strasse/
โ€ข http://www.spiegel.de/netzwelt/gadgets/strassenfotografie-rechtsfragen-wen-man-knipsen-darf-a-1016555.html
โ€ข http://guidedmunich.com/german-privacy-laws/

Advertisements
Advertisements

74 Comments

  1. anggun sinaga March 1, 2017
  2. astiitah.as June 28, 2016
  3. baiqrosmala June 25, 2016
  4. Sekar May 29, 2016
  5. gue May 16, 2016
      • gue May 18, 2016
  6. omnduut May 6, 2016
  7. Timothy W Pawiro May 4, 2016
      • Timothy W Pawiro May 4, 2016
  8. Anang Jefry May 2, 2016
  9. just A April 20, 2016
      • just A April 21, 2016
  10. yusrizal April 18, 2016
  11. Liberto Amin April 18, 2016
  12. mellyloveskitchen April 15, 2016
  13. mamipapa April 15, 2016
  14. Kusdania Naibaho April 15, 2016
  15. imavandam April 14, 2016
  16. NisadanChicco April 14, 2016
  17. fanny fristhika nila April 14, 2016
  18. bluestellar April 14, 2016
  19. eda April 14, 2016
  20. Adel April 14, 2016
  21. rayamakyus April 14, 2016
      • rayamakyus April 14, 2016
  22. kayka April 14, 2016
      • kayka April 14, 2016
  23. shintadaniel April 14, 2016
  24. jampang April 14, 2016
  25. denaldd April 14, 2016
  26. adelescarlet April 14, 2016
      • adelescarlet April 15, 2016
          • adelescarlet April 18, 2016
  27. Fee April 14, 2016
  28. Fee April 14, 2016
  29. Arman April 14, 2016
  30. ardiantoyugo April 14, 2016
  31. shiq4 April 14, 2016
  32. wulanwahyudi April 14, 2016
      • wulanwahyudi April 14, 2016
  33. cumilebay.com April 14, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: