Bunga Hollyhock dan Perawatannya

loading...

Bunga Hollyhock dan Perawatannya. Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas mengenai Hama dan Penyakit Pada Bunga Hollyhock. Jadi kali ini lanjutannya ya mengenai perawatan bunga Hollyhock 😉 .

Bunga Hollyhocks di Jerman disebut Stockrose. Bunga yang warna hitam hanya satu lapis, saya nanam dari bijinya
Bunga Hollyhocks di Jerman disebut Stockrose. Bunga yang warna hitam hanya satu lapis, saya nanam dari bijinya

 

• karena biasanya tanaman ini tinggi menjulang, maka kita berikan kayu penyangga supaya tidak rubuh atau patah saat angin kencang.
• Hollyhock butuh sinar matahari sedikitnya 6 jam setiap harinya.
• media tanam berupa tanah dan kompos dan juga harus bersifat poros. Tanaman ini toleran terhadap tanah liat.
• jangan siram berlebihan.
• buang/bersihkan daun dan batang yang telah mengering, supaya muncul bakal daun baru.

Tanaman Bunga Hollyhock kalau sudah umur 3 bulan baru bisa taruh pot besar
Tanaman Bunga Hollyhock kalau sudah umur 3 bulan baru bisa taruh pot besar

 

• kalau ditanam di negara 4 musim, hollyhock tahan dingin (winterhart) asal dberi pelindung misal tanamannya ditutup dengan kain, koran atau mulsa dan taruh ditempat tidak kena hujan. Kalau ditanam ditanah langsung tetap tahan dingin, potong batangnya sisakan sekitar 5-12 cm.
• ketika masa berbunga selesai, potong batangnya sisakan kira-kira 12 cm diatas tanah. Di negara 4 musim biasanya mulai dipotong saat musim gugur (september). Selain itu gunanya memotong batang Hollyhock supaya tanamannya tidak menghasilkan biji, klo keluar bijinya tanamannya akan mati dan kalaupun masih numbuh akan jelek tumbuh bunganya.
• kalau mau tanamannya menghasilkan biji (reseeding) potong batang saat pods menghitam artinya bijinya sudah matang.

Bunga Hollyhock  dobel flower kuning. Bakal benih diambil kalau podsnya sudah mengering foto kanan
Bunga Hollyhock dobel flower kuning. Bakal benih diambil kalau podsnya sudah mengering foto kanan

 

F & Q Hollyhock

Berikut ini beberapa hal yang menarik mengenai Hollyhock saya terjemahkan bebas dari ext.nodak:

• pupuk yang cocok untuk hollyhock misal pupuk untuk mawar, rendah N dan tinggi P dan K nya. Pupuk untuk merangsang bunga juga bagus.
• pupuk teratur setiap 4-6 minggu sekali.
• Hollyhock tumbuh baik hampir dalam segala media tanam asal drainasenya baik. Media tanam yang disukai PH 6-8 .
• kalau mau berbunga setiap tahun, setelah masa berbunga selesai, segera potong batang bunganya jadi tidak akan terbentuk biji (pods).
• penyakit paling sering pada tanaman hollyhock adalah Jamur karat (Hollyhock rust) fungus puccinia malvacearum. Pada bagian belakang daun muncul bercak coklat, kalau dibiarkan akan menular ke daun lainnya.
Cara mengatasinya buang dan hancurkan daun yang terinfeksi (jangan jadikan kompos).

Baca juga: Hama dan Penyakit Pada Bunga Hollyhock

Hollyhocks flower. Alcea rosea Nigra. Stockrosen schwarz
Hollyhocks flower. Alcea rosea Nigra. Stockrosen schwarz

 

• gunakan antifungi pada musim semi untuk mencegah penularan penyakit Hollyhock rust, 2 contoh antifungi: Chlorothalonil dan Mancozeb. Kalau tidak tersedia antifungsi paling ampuh buang daunnya, tenang saja setelah daun dibuang akan muncul daun baru lainnya.
• saat menyiram langsung pada tanah, karena kalau daunnya sering kena air akan jadi busuk.
• selain jamur, kutu sering juga menjadi hama yang menjengkelkan. Nama kutunya Apion longirostre (Hollyhock Weevils). Bisa dibasmi dengan obat semprot Sevin, Malathion atau Orthene.

 

Video Bunga Hollyhocks hitamku

 

Sumber:

http://www.ext.nodak.edu/extnews/hortiscope/flowers/hllyhock.htm

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

27 thoughts on “Bunga Hollyhock dan Perawatannya

  • April 24, 2016 at 12:05 am
    Permalink

    duh cantik cantik bunganya…
    liatnya suka, ngurusnya duh… susaah, coz.. kucingku suka banget ngajak ribut bunga kak :))

    Reply
  • April 23, 2016 at 11:09 pm
    Permalink

    duuh, gardening itu ternyata ga cuma nanam, mupuk nyiram ya mbak :D.. Hharus bnyk tau juga ttg hama, cara nanam yg bener and so on and so on :D.. tiap baca tanaman2mu, aku suka ngayal nih kalo aja punya hobi begini dan punya halaman rumah, dan telaten ngurusnya yang paling penting 😀 …

    Reply
    • April 25, 2016 at 8:44 am
      Permalink

      Iya mbak Fanny kita perlu tahu juga seluk beluk tanaman yg kita tanaman, bgm cara basmi hama dan penyakitnya. Berkebun mengajarkan kesabaran loh hehehe :mrgreen: .

      Reply
  • April 23, 2016 at 6:07 am
    Permalink

    jadi tambah kepengen nanem 😀
    tapi masih maju mundur mau beli bibit holyhocknya 😆

    Reply
    • April 23, 2016 at 8:04 am
      Permalink

      Gampang ko nanamnya, asal pas nanati mau pindah ke pot besar ikutakan semua metan lama, soalnya klo rusak akarnya bisa stress tanamannya. Aku pernah pindah pot 3 hollyhock umur 6 bulan mati semua hahaha..

      Reply
  • April 22, 2016 at 4:09 pm
    Permalink

    bunganya cantik sekali, kelopaknya berlapis-lapis, kelihatan gede banget bunganya mbak 🙂

    Reply
  • April 22, 2016 at 2:15 pm
    Permalink

    udah lama nih gak berkunjung ke blog nya kak Nella…hehe
    ternyata masih konsisten dengan artikel tema bunga 🙂

    Reply
  • April 22, 2016 at 2:05 pm
    Permalink

    bung Hollyhock ini cantik ya, kelopaknya berlapis2…
    apa di Indonesia ada jenis Hollyhock ini Nel, rasa2nya ada pohon yang berbunga mirip ini.., tapi pohonnya gede

    Reply
    • April 23, 2016 at 8:53 am
      Permalink

      Hai kak Monda, ada ko di Indonesia sudha banyak yg nanam, aku tahu krn join forum berkebun 😀 . Bunganya ada yg berlapis ada juga yg tidak spt yg hitam hanya satu lapis. Klo keluarga tanamannya sama biasanya bentuk bunganya mirip kak, sama hibiskus masih satu keluarga nih sih hollyhock.

      Reply
  • April 22, 2016 at 11:21 am
    Permalink

    Wah ini yang aku tunggu2 tips perawatan hollyhock. Hollyhockku sampai sekarang belum berbunga. Berapa lama ya holllyhock berbunga kalau ditanam dari biji?sebelumnya pernah diserang aphid.

    Reply
    • April 23, 2016 at 8:55 am
      Permalink

      Hai Silvi, hollyhock berbunga di tahun kedua klo nanam dari biji. Tanaman saya juga sering kena aphid 🙁 klo musim panas bertarung melawan hama hehe.

      Reply
  • April 22, 2016 at 11:14 am
    Permalink

    Makasih loh mbak neil itu tips untuk kelinci biar g makan tanamanku it work loh…aq bikin spray campuran cabe rawit n sabun cuci piring, aq spray tiap pagi n sore tanamanku masih utuh neh g di makan kelinci liar ?

    Reply
    • April 23, 2016 at 8:56 am
      Permalink

      Hai Ima wah syukurlah sukses yaaa .. eh itu kelinci liar boleh ditangkap dan dipotong gak? katanya daging kelinci enak loh 😀 .

      Reply
      • April 23, 2016 at 9:46 am
        Permalink

        Baru bunuh 3 baby kelinci di buang ? ea boleh di tangkap n di potong klo mau bebek liar dan burung merpati liar jg banyak…tp aq g prnah makan kelinci sih lagian ribet yak klo mst motong ?

        Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: