Musim Semi di Balkon Rumahku

loading...

Musim Semi di Balkon Rumahku. Halo sahabat berkebun, saya bahagia sekali karena banyak bibit-bibit bunga musim semi yang saya tanam ketika musim gugur tahun lalu sukses berbunga. 2 tahun belajar dari kegagalan tahun ini memetik hasilnya :mrgreen: .

Saya ingin berbagi kebahagian dengan kalian walau hanya lewat cerita dan foto-foto di blog saya ini.

1. Bunga-bunga musim semi

Setiap tahun saya menanam banyak bibit bunga musim semi, kalau tulip sudah pasti wajib ya. Selain tulip ada Narcissus (daffodil), krokus, muscari (grape hyacint), hyacint nanam dalam rumah, Allium kapok nanam karena tidak pernah sukses haha.

Iris Belanda gagal lagi, sudah terlihat bakal bunganya, ditarik pelan copot, busuk umbinya sering kena hujan. Tahun depan coba lagi. Paperwhite nanam dalam rumah, narssicus Paperwhite ini memang untuk ditanam dalam rumah. Wanginya luar biasa! <3 .

Video bibit/umbi bunga Tulip

 

Narcissus Avalanche umbinya besar sekali, tahun lalu sukses berbunga semua dan membuat balkon saya harum semerbak, nah tahun ini sukses gagal semua haha, busuk semua umbinya kena hujan melulu. Saya tidak patah hati karena Avalanche yang gagal karena saya dihibur dengan Narcissus unik lainnya yang sukses berbunga. Fritillaria imperialis umbinya besar sekali namun saya masih gagal juga nanamnya alias tidak berbunga 🙁 .

Musim Semi di Balkon Rumahku. Bibit tulip dan bibit musim semi lainnya. Ada yang saya jual dan banyak yang nanam buat sendiri. Nanam saat musim gugur 2015 mulai mekar april hingga Mei 2016.

Bibit tulip dan bibit musim semi lainnya. Ada yang saya jual dan banyak yang nanam buat sendiri. Nanam saat musim gugur 2015 mulai mekar april hingga Mei 2016.

 

Saya ceritakan singkat dan yang saya ingat saja apa yang saya tanam, karena kalau saya ceritakan satu persatu apa yang saya tanam bakalan dua hari dua malam baca postingan saya kali hihi.

Video bibit/umbi bunga musim semi lainnya

 

Berhubung yang mengikuti blog saya tidak hanya yang suka berkebun, daripada penasaran lihat bentuk bibit bunga musim semi jadi saya buat video diatas. Saya buat bentuk video supaya tidak menghabiskan jatah penyimpanan foto di blog hehe 😉 .

Tulip-tulip yang sukses bermekaran

Bunga-bunga tulip saat terlihat bakal bunganya saja sudah bahagia luar biasa

Bunga-bunga tulip saat terlihat bakal bunganya saja sudah bahagia luar biasa

 

Sabar menanti sampai tulip-tulipnya mekar sempurna .. 😎

Kalau sudah kena dingin 3-4 bulan maka bunga musim semi bisa di rangsang cepat numbuh dengan cara taruh dalam rumah. Bulan Januari 2016 saya taruh rumah 5 potnya dan 2 Februari bermekaran. Bunga Krokus mekar lebih dulu.

Saya taruh beberapa pot dalam rumah karena saya butuh pot-potnya untuk menanam bibit-bibit bunga musim panas.

Hanya satu pot sukses mekar dengan indahnya. Bunga lainnya numbuh dan mekar hanya tidak bagus dan ada juga yang kering bakal bunganya.

Tulip fosteriana orange emperor. Tulip pertamaku yang sukses berbunga cantik tahun ini. Tahun lalu yg orange begini gagal mekar. Foto 4 Feb 2016

Tulip fosteriana orange emperor. Tulip pertamaku yang sukses berbunga cantik tahun ini. Tahun lalu yg orange begini gagal mekar. Foto 4 Feb 2016

 

Bunga-bunga tulip sudah bermekaran eh turun salju huhuhu (Baca : Ko bisa sih Salju di Akhir April loh?)

Tenang saja karena bunga-bunga musim semi tahan dinginnya salju 🙂 .

 

Baca juga: Menanam Tulip di Iklim Tropis (Jakarta)

Salju berlalu datang mentari hangat yang bersinar cerah selama beberapa hari. Sehari cerah, dua hari hujan, tiga hari cerah lagi, beginilah cuaca aneh di Jerman 😆 .

 

Berhubung di tanah air banyak sekali yang sukaa tulip, dan sudah banyak loh yang sukses nanam sampai berbunga. Semoga saya bisa buat postingan khususnya ya 😉 .

Baca juga : Kumpulan postingan Bunga Tulip

Aneka Narcissus unik

 

Masih ada lagi .. 😀

 

Muscari armeniacum alias grape hyacinth

Muscari armeniacum. Mau nanam yang warna pink masih mahal banget bibitnya

Muscari armeniacum. Mau nanam yang warna pink masih mahal banget bibitnya

 

Bunga-bunga musim semi lainnya saya akan buat postingan lanjutan saja karena masih banyak sekali haha.

2. Pemandangan Balkon saat musim semi

Saya bahagia kalau bibit-bibit bunga yang saya tanam banyak yang sukses berbunga, mau potret atau buat videonya jadi semangat 🙂 .

Video balkon belakang 20 April 2016

 

Indahnya balkonku saat bunga-bunga bermekaran 🙂

 

Bagi yang kangen melihat Benjamin nih beberapa foto dan video terbaru. Sudah 6 bulan deh saya tidak buat postingan milestone jagoanku ini, tidak sempat euy *sok sibuk gitu haha. Saya kesal kalau lagi pas online tangan ditarik-tarik Benjamin ngajak main gulat maka hilanglah konsentrasi dan mood ngeblog saya 😳 .

Memang dasarnya saya malas saja hihi bisa dilihat dari postingan blog yang semakin jarang 😥 . Saya mencoba bagi waktu antara membalas banyak inbox dari surat pembaca blog (tidak semua juga bisa dibalas 🙁 ) lalu ngintip sosmed, blogwalking, balas-balas email teman-teman berkebun, ngajak Benjamin setiap hari keluar rumah, ngerjain kerjaan rumah yang tidak pernah ada habisnya. Maka saat malam hari ada sedikit waktu buat online hilang sudah semangat saya, sudah cape aja 😳 paling hanya baca-baca sambil menunggu tidur.

Video Benjamin main di Balkon

 

Saya suka berkebun untuk berbagai alasan: untuk menyenangkan mata saya, untuk menyenangkan jiwaku, menantang kesabaran diri saya, untuk mencoba hal baru atau bernostalgia. Namun sebagian besar adalah kebahagian luar biasa yang saya dapatkan ketika yang saya tanam berhasil tumbuh dengan baik – Terjemahan bebas quotenya David Hobson

Matahari bersinar cerah. Pagi yang sejuk di balkon belakang

Matahari bersinar cerah. Pagi yang sejuk di balkon belakang

 

Salam hijau selalu! 🙂 .

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Advertisements

67 thoughts on “Musim Semi di Balkon Rumahku

          • hai Tin tp mulai mulai depan klo cabe dan tomat berbunga akan saya buang spy gak jadi bakal buah, krn sdh mulai musim gugur sdh dingin spy buah2 yg mati hijau bisa cepat matangnya dan saya bisa panen.

            Klo aktif ngeblog gak juga sih, pas ada waktu dan mood bagus aja (pas bisa online dari komputer) baru menyapa teman2 blogger, klo dari tablet paling baca2 krn lama banget ngetik2nya dan sering banget salah2 nulis (typo) 😆 .

          • ahahaa,, kemarin2 saya jualan tanaman di batam mbak, tapi sambilan kerja.udah pernah nyobain hidroponik juga.tapi akhir2 ini udah gak bnyak waktu buat nanam karna kerja n ngurus suami..hihi, tapi saya senang baca n nulis.jadi kalo ada waktu luang di kantor saya buat nulis di blog.apalagi setelah kenal mbak, waduh jadi makin semangat saya 😎

    • Hai pak Kurniawan, klo ditanam di kebun dibiarkan saja sampai daunnya kuning dan rontok sendiri, setiap tahun akan numbuh sendiri saat musim semi. Klo nanam di pot saya bongkar dan buang umbinya, krn butuh pot2nya buat nanam bunga musim panas 😀 . Saat beredar lagi penjualan bibit tulip (dimusim gugur) saya beli lagi, klo ditanam ulang yg thn sebelumnya tidak berbunga krn umbinya mengecil setelah berbunga harus dirawat dulu sampai ukuran sebesar sebelum berbunga.

          • Heheh bener, aku sedang coba vegan, emang susah sih, aku makan tetep daging ayam, ikan, tapi red meat udah sebulan gak makan. Aah kalu kena namanya ‘Rendang’ duuuh sudah hehe kalah apalagi ada sambel ijo hehe.

          • Di Jerman sini daging banyakkk bangett, klo waktu di Indo hampir tiap hari aku makan ikan. Aku gak mau beli ikan di jerman klo kulihat aneh dan gak tahu namanya haha 😆 . Rendang aku bikin Lu pakai bumbu jadi, pertama kali gagal ko spt sup banyak kuahnya haha, ternyata harus dimasak minimal 3 jam jd kering deh. Sambel aku bikin sendiri tiap 2 minggu. tp muka jd banyak jerawat huhuh klo gak makan sedap gak enak spt ada yg kurang 😆 .

          • Bener bgt! Sejak disini aku juga konsumsi lebih sering drpd di Indonesia, mahal soalnya ya daging di Indonesia. Hehe kalu kayak sop namanya kalio daging mungkin ya. Bumbu jadi Bamboo? Ikan kita sini sering juga, variasi aja.

  1. duuh, aku lebih seneng liat rumah yg walopun mungkin kecil tapi dpenuhi bunga2 gitu, drpd rumah mewah tp kosong :D.. betah mata ngeliatnya ya mbak.. kayaknya bunga itu punya efek menenangkan hati dan pikiran juga..

    • Mbak Fanny kalau aku sih mending rumah kecil deh, klo gede gempor beresinnya haha. Rumah besar yg ada kebun/tamannya disini harus bayar pajak tahunan juga mbak, trus harus dipelihara klo ada tamannya, klo pohon sdh tinggi menjulang harus di tebang. Nah amsalahnya klo yg tinggal hanya seornag lansia dia sdh gak bsia berkebun lagi dan harus bayar org buat merapikan kebun, drpd bayar mungkin lebih baik dikosongin aja deh hahaha. Iya mbak bunga2 dan tanaman bisa bikin aq bahagia dari kepenatan hidup ini hehe.

  2. Selalu keren dan bikin iri kalau lihat ulasan isi taman kak Nela…
    Tamanku lagi sekarat karna dikacaukan anjing baru..
    Huuhuhuuhu…
    Semoga aku bisa berkebun lagi.

  3. Itu jalan di balkon nggak susah yah cuma seiprit jaraknya hahaha salah fokus seperti biasa bunganya cakep2 bikin seger mata yang lihat 🙂

    Udah lama memang gak baca update cerita Ben, mendadak inget foto mobil macet LOL

    • Hahaha susahlah Fel, lama2 harus loncati pot2nya sangking penuhnya balkonku hahaha .. mesti beli rak2 sih mulai mikir bikin kebun vertikal atau pindah rumah yg ada kebunnya luas *ngarep 😆 .

      Iya Fel sdh lamaaa aku gak nulis milestone si Ben, semoga deh dlm waktu dekat ini 😀 .

  4. iih..tulipnya cakep – cakep banget ya mama ben,
    kalo bunga tulip itu harum ga mama ben?
    ah,, abang kicik yang ganteng udah bisa ngacak2 kebun mamanya 😀

  5. Aku membayangkan ikut Duduk di balkon Mbak Nela, menghirup Secangkir Kopi Sambil memandangi bunga-bunga musim semi nya. Aku pasti betah duduk berjam-jam di sana. Tulip tulipnya itu lho Mbak, cantik banget 🙂

  6. Mbak Nela, cantik-cantik banget ya bunga musim seminya, seneng lihatnya! Hehe.. Kata temen saya yang tinggal di Bochum, di sekitar dia baru dandelion aja yang mekar, hehe..

    • Hai Seraphine saya juga senang kalau pembaca blogku terhibur 🙂 . Bulan ini pasti sudah bermekaran deh bunga2 di Bochum sudah lumayan hangat, ditempaku malah sdh 25 derajat c bbrp hari ini. Tulip2 jd gak bertahan lama yag baru mekar krn sdh terlalu panas buat tulip 😆 .

  7. Aku mau nanem tulip wkt itu udah bukan musimnya kata suami mst nanem tulip pas musim gugur klo dafodil selalu ada di kebun, salut ma mbak neil ! Minimalis balcon aja semangat berkebunnya, aku disini kebun luas bngt *ngaca mbak neil ah semangat 😍 aku lg nanem bunga2 musim panas skrg bunga matahari benihnya udah cakep macem2 bunga lily dan bunga crisan banyak d3h 😍 #semangat berkebun! Nanem sayur jg gak mbak ? Aku nanem terong, kacang, kcg panjang, buncis, kubis cina, zucini , bawang, kentang dll banyak 😆

    • Hehehe spt pengalamanku tahun pertama di Jerman, nanam tulip saat summer, numbuh daunnya, ko gak muncul bunganya.. disiram melulu malah mati haha. Setelah baca sana sini baru tahu harusnya ditanam saat musim gugur.

      Aku pengen banget suatu hari nanti punya kebun luas spy puas bisa nanam lebih banyak hehe, tp bakalan cape setengah mampus sih ahaha. Sayuran nanam juga spt pack coy mahal nih dijual makanya nanam deh, bbrp jenis salad, cabe, tomat, ketimun mini sdh nemu bibitnya, terong nanam di satu pot dg kentang, zuccini gak nanam lagi krn saya gak makan cuma senang lihat buahnya haha. kcg panjang sdh ketemu bibitnya dong semoga numbuh subur nantinya. Happy growing ya Ima :mrgreen: .

Leave a Reply