Musim Semi di Balkon Rumahku

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

68 Responses

  1. ericwijayalay says:

    Tanaman nya bagus deh. Eh ternyata bener kata mba nella kameranya ada bintik hitamnya kalau divideo.

  2. keren mbak, di lahan yang terbatas tapi semangat berkebun nya itu loh.. luar biasa ^_^ mungkin bisa d coba dengan sistem hidroponik untuk menghemat lahan.

    • Hai Agusti, ditempat saya tidak ada nutrisi hidroponik. Pernah beli bentuk cair gak maksimal hasilnya. Trus males ngurusnya klo pas summer bisa sampai 40 derajat c panasnya 😀 .

      • waduh sayang banget ya mbak.. padahal tanaman lebih cepet tumbuh subur kalo pake hidroponik… apalagi tanaman mint.di tanam 1 batang ajah dalam 2 minggu dah jadi buanyakkk..hihi

        • pakai tanah juga subur banget ko 😀 . Saya sih berkebun malas anti ribet kalau hidroponik mahal dan ga ada pendukungnya ditempat saya ini ya pakai yang tersedia di dekat saya saja 🙂 .

          • hehe, iya mbak yang penting mah gak merepotkan.gak ada tanaman cabe2 atau bumbu2 kah?khusus bunga ya?

          • cabe, tomat, terong saya nanam. Sayuran stop dulu klo musim panas krn malas ngurusnya hehe 😀 .

          • wah, enak banget tuh metik cabe dari pot sendiri ^_^ btw aktif bgd mbak nge blog nya?saya sambil ngantor jadi ikutan aktifin blog juga…hehehe

          • hai Tin tp mulai mulai depan klo cabe dan tomat berbunga akan saya buang spy gak jadi bakal buah, krn sdh mulai musim gugur sdh dingin spy buah2 yg mati hijau bisa cepat matangnya dan saya bisa panen.

            Klo aktif ngeblog gak juga sih, pas ada waktu dan mood bagus aja (pas bisa online dari komputer) baru menyapa teman2 blogger, klo dari tablet paling baca2 krn lama banget ngetik2nya dan sering banget salah2 nulis (typo) 😆 .

          • ahahaa,, kemarin2 saya jualan tanaman di batam mbak, tapi sambilan kerja.udah pernah nyobain hidroponik juga.tapi akhir2 ini udah gak bnyak waktu buat nanam karna kerja n ngurus suami..hihi, tapi saya senang baca n nulis.jadi kalo ada waktu luang di kantor saya buat nulis di blog.apalagi setelah kenal mbak, waduh jadi makin semangat saya 😎

  3. Kurniawan says:

    Bagus ya tulipnya.
    Apa jadinya tulip setelah musim semi & masuk musim panas mbak?

    • Hai pak Kurniawan, klo ditanam di kebun dibiarkan saja sampai daunnya kuning dan rontok sendiri, setiap tahun akan numbuh sendiri saat musim semi. Klo nanam di pot saya bongkar dan buang umbinya, krn butuh pot2nya buat nanam bunga musim panas 😀 . Saat beredar lagi penjualan bibit tulip (dimusim gugur) saya beli lagi, klo ditanam ulang yg thn sebelumnya tidak berbunga krn umbinya mengecil setelah berbunga harus dirawat dulu sampai ukuran sebesar sebelum berbunga.

  4. Lulu says:

    wuik balkonnya udah kayak toko bunga, cantik2 bunganya, sedep buat pandangan mata ya.

    • Hahaha supaya saya betah di rumah gak sering ke toko bunga ngabisin duit aja hehe :mrgreen: .

      • Lulu says:

        Go green! Go vegan hehe lhoo apa hubungannya ya! Jadi pemgen coba nanem2

        • Vegan aku belum sanggup Lu, perut gak tahan klo ga santap daging dalam seminggu hahaha.

          • Lulu says:

            Heheh bener, aku sedang coba vegan, emang susah sih, aku makan tetep daging ayam, ikan, tapi red meat udah sebulan gak makan. Aah kalu kena namanya ‘Rendang’ duuuh sudah hehe kalah apalagi ada sambel ijo hehe.

          • Di Jerman sini daging banyakkk bangett, klo waktu di Indo hampir tiap hari aku makan ikan. Aku gak mau beli ikan di jerman klo kulihat aneh dan gak tahu namanya haha 😆 . Rendang aku bikin Lu pakai bumbu jadi, pertama kali gagal ko spt sup banyak kuahnya haha, ternyata harus dimasak minimal 3 jam jd kering deh. Sambel aku bikin sendiri tiap 2 minggu. tp muka jd banyak jerawat huhuh klo gak makan sedap gak enak spt ada yg kurang 😆 .

          • Lulu says:

            Bener bgt! Sejak disini aku juga konsumsi lebih sering drpd di Indonesia, mahal soalnya ya daging di Indonesia. Hehe kalu kayak sop namanya kalio daging mungkin ya. Bumbu jadi Bamboo? Ikan kita sini sering juga, variasi aja.

  5. duuh, aku lebih seneng liat rumah yg walopun mungkin kecil tapi dpenuhi bunga2 gitu, drpd rumah mewah tp kosong :D.. betah mata ngeliatnya ya mbak.. kayaknya bunga itu punya efek menenangkan hati dan pikiran juga..

    • Mbak Fanny kalau aku sih mending rumah kecil deh, klo gede gempor beresinnya haha. Rumah besar yg ada kebun/tamannya disini harus bayar pajak tahunan juga mbak, trus harus dipelihara klo ada tamannya, klo pohon sdh tinggi menjulang harus di tebang. Nah amsalahnya klo yg tinggal hanya seornag lansia dia sdh gak bsia berkebun lagi dan harus bayar org buat merapikan kebun, drpd bayar mungkin lebih baik dikosongin aja deh hahaha. Iya mbak bunga2 dan tanaman bisa bikin aq bahagia dari kepenatan hidup ini hehe.

  6. Ceritaeka says:

    Lama nggak mampir sini dan Ben udah gede ajaaa. Sepertinya tinggi ya kak…

  7. Wah mba Nella, kalau buka lapak lagi, mau lah sediain stok yang tulip double flower sama narcissus yang wangi itu… 🙂

  8. Susleni says:

    Selalu keren dan bikin iri kalau lihat ulasan isi taman kak Nela…
    Tamanku lagi sekarat karna dikacaukan anjing baru..
    Huuhuhuuhu…
    Semoga aku bisa berkebun lagi.

  9. mbak itu tulipnya cantik sekali, truz muscari grape, eh, muscari apa ya? itu memang ukuran bunga-nya kecil gitu ya, ku kirain lavender, ya oloh mataku dah mulai rusak

  10. Bunga musim semi tahan dingin tapi ngak tahan panas jadi serba salah yaa hidup penuh dilema hahaha

  11. mamipapa says:

    Itu jalan di balkon nggak susah yah cuma seiprit jaraknya hahaha salah fokus seperti biasa bunganya cakep2 bikin seger mata yang lihat 🙂

    Udah lama memang gak baca update cerita Ben, mendadak inget foto mobil macet LOL

    • Hahaha susahlah Fel, lama2 harus loncati pot2nya sangking penuhnya balkonku hahaha .. mesti beli rak2 sih mulai mikir bikin kebun vertikal atau pindah rumah yg ada kebunnya luas *ngarep 😆 .

      Iya Fel sdh lamaaa aku gak nulis milestone si Ben, semoga deh dlm waktu dekat ini 😀 .

  12. gustina says:

    iih..tulipnya cakep – cakep banget ya mama ben,
    kalo bunga tulip itu harum ga mama ben?
    ah,, abang kicik yang ganteng udah bisa ngacak2 kebun mamanya 😀

  13. rynari says:

    Menikmati musim semi dari balkon Jeng Nella. Naksir si ungu cantik grape hyacinth… Aneka warna tulip. Salam berkebun

  14. winnaz says:

    Tulipnya canti-cantik, saya jadi penikmat foto-foto aja,
    *ga pernah betah dengan urusan tanam menanam ini soalnya 🙂

  15. Wah.. keren tuh mbak. 😀 pas bangun pagi2, kucek2 mata, eh langsung nampak pemandangan gini di balkon… kerennn… (y)

  16. Sandurezu サンデゥレズ says:

    Indah banget mbak, seger liatnya.. 🙂

  17. Aku membayangkan ikut Duduk di balkon Mbak Nela, menghirup Secangkir Kopi Sambil memandangi bunga-bunga musim semi nya. Aku pasti betah duduk berjam-jam di sana. Tulip tulipnya itu lho Mbak, cantik banget 🙂

  18. Fee says:

    Segar dilihat mata,,,,senangnyaaaa…..Ben juga kelihatan sehat

  19. Mau yang biruuu *tunjuk Muscari A… 🙂

    Been…. apakabarmu?

  20. Seraphine says:

    Mbak Nela, cantik-cantik banget ya bunga musim seminya, seneng lihatnya! Hehe.. Kata temen saya yang tinggal di Bochum, di sekitar dia baru dandelion aja yang mekar, hehe..

    • Hai Seraphine saya juga senang kalau pembaca blogku terhibur 🙂 . Bulan ini pasti sudah bermekaran deh bunga2 di Bochum sudah lumayan hangat, ditempaku malah sdh 25 derajat c bbrp hari ini. Tulip2 jd gak bertahan lama yag baru mekar krn sdh terlalu panas buat tulip 😆 .

  21. imavandam says:

    Aku mau nanem tulip wkt itu udah bukan musimnya kata suami mst nanem tulip pas musim gugur klo dafodil selalu ada di kebun, salut ma mbak neil ! Minimalis balcon aja semangat berkebunnya, aku disini kebun luas bngt *ngaca mbak neil ah semangat 😍 aku lg nanem bunga2 musim panas skrg bunga matahari benihnya udah cakep macem2 bunga lily dan bunga crisan banyak d3h 😍 #semangat berkebun! Nanem sayur jg gak mbak ? Aku nanem terong, kacang, kcg panjang, buncis, kubis cina, zucini , bawang, kentang dll banyak 😆

    • Hehehe spt pengalamanku tahun pertama di Jerman, nanam tulip saat summer, numbuh daunnya, ko gak muncul bunganya.. disiram melulu malah mati haha. Setelah baca sana sini baru tahu harusnya ditanam saat musim gugur.

      Aku pengen banget suatu hari nanti punya kebun luas spy puas bisa nanam lebih banyak hehe, tp bakalan cape setengah mampus sih ahaha. Sayuran nanam juga spt pack coy mahal nih dijual makanya nanam deh, bbrp jenis salad, cabe, tomat, ketimun mini sdh nemu bibitnya, terong nanam di satu pot dg kentang, zuccini gak nanam lagi krn saya gak makan cuma senang lihat buahnya haha. kcg panjang sdh ketemu bibitnya dong semoga numbuh subur nantinya. Happy growing ya Ima :mrgreen: .

  22. entah kenpa tertarik banget sama hyachinthus 😀

  23. tulipnya cantikkk, aku aja yg liatin gambar gk sabar nungguin tulipnya mekar hehe..

  24. Arman says:

    baru liat yang tulip double flower. cakep banget… kayak peony ya jadinya…

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: