4 Santapan Khas Bukittinggi Sayang Dilewatkan

loading...

4 Santapan Khas Bukittinggi Sayang Dilewatkan. Siapa yang dari Anda orang asli Bukittinggi?. Pastilah Anda tahu makanan apa saja yang menjadi ciri khas Kota Bukittinggi. Untuk Anda yang belum mengetahuinya, berikut ini informasi mengenai santapan yang ada di Bukittinggi 🙂 .

Bukittinggi merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat. Dulunya, kota ini pernah menjabat sebagai ibu Kota dari Negara Indonesia, Provinsi Sumatera dan Provinsi Sumatera Tengah. Kota Bukittinggi juga mempunyai julukan sebagai Parijs Van Sumatera.

Di Kota Bukittinggi ada banyak tempat wisata yang bisa menghiasi hari-hari liburan Anda. Dijamin membuat liburan Anda semakin berwarna. Mulai dari wisata alamnya Kebun Binatang Bukittinggi, wisata sejarahnya seperti Benteng Fort de Kock, Jam Gadang dan Janjang Koto Gadang, wisata pendidikannya seperti Museum Kebudayaan Minangkabau, wisata belanja sampai wisata kulinernya.

Soal urusan perut, Anda jangan khawatir jika sedang berlibur ke Kota Bukittinggi. Ada banyak makanan khas Kota Bukittinggi yang unik dan memiliki cita rasa yang tinggi seperti namanya. Berikut ini beberapa makanan khas Kota Bukittinggi yang bisa menggoyangkan lidah Anda dan memuaskan perut Anda.

1. Nasi Kapau Uni Lis

Jika Anda sedang berkunjung ke objek wisata Jam Gadang, jangan lupa untuk terlebih dahulu mampir ke warung Uni Lis untuk mencicipi santapan khas Kota Bukittinggi yaitu Nasi Kapau. Isi dari Nasi Kapau adalah nasi putih, sayuran kol kuning yang merupakan wajib ada dalam makanan ini, daun singkong, dadak rendang yang merupakan potongan singkong kering dilumuri dengan bumbu rendang, ayam rendang dan terakhir dendeng batokok. Nasi Kapau berbeda dengan nasi padang. Bedanya apa? Terletak pada penyajiannya.

Jika Anda lihat, nasi padang menyajikan makanan nasi putih yang terpisah dengan lauk pauknya, sedangkan nasi kapau semua dicampur dalam satu piring. Nasi Kapau Uni Lis ini bisa Anda temukan di Pasar Atas atau Los Lambuang Pasa Ateh. Warung Uni Lis ini dibuka pada jam 7 pagi hingga setengah 6 sore. Harga yang harus Anda bayar untuk satu porsi nasi kapau adalah Rp. 25.000.

Nasi Kapau Uni Lis. Sumber: kulinerbangsakoe.blogspot.com

Nasi Kapau Uni Lis. Sumber: kulinerbangsakoe.blogspot.com

 

2. Picai Sikai dan Lamang Tapai

Makanan khas Bukittinggi ini mempunyai presentase makanan favorit yang ada. Picai Sikai merupakan makanan yang hampir mirip dengan pecal sayuran khas Jawa. Namun bedanya adalah di Picai Sikai terdapat sayuran yang berbeda seperti jantung pisang dan rebung sebagai tambahan sayurannya. Kemudian sayuran-sayuran tersebut pun disiram dengan bumbu kacangnya yang membuat rasanya sangat nikmat. Bumbu ini pun tidak terlalu pedas dan tidak terlalu manis sehingga cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka pedas.

Sedangkan makanan khas Bukittinggi yang disebut dengan Lamang Tapai adalah seperti tape dengan ketannya. Kedua makanan ini bisa Anda temukan di Jalan Panorama 19c. Setelah Anda puas menyantap kedua makanan ini, Anda bisa lanjut mengunjungi Objek Wisata Taman Panorama dan Lobang Jepang.

Picai Sikai dan Lamang Tapai. Sumber: jurnaltransformasiku.wordpress.com

Picai Sikai dan Lamang Tapai. Sumber: jurnaltransformasiku.wordpress.com

 

3. Kerupuk Siram

Apakah Anda salah satu penggemar dari makanan ringan yang disebut kerupuk? Kalau begitu, jika Anda berada di Kota Bukittinggi, ada salah satu jajanan yang rasanya enak yaitu Kerupuk Siram. Makanan yang mempunyai nama yang unik ini merupakan kerupuk yang di atasnya disiram dengan mie dan bumbu kari atau bumbu sate. Rasanya seperti sedang memakan mie dengan bumbu kari atau sate namun bedanya gurih. Kerupuknya cukup lebar. Lumayan cukup mengganjal apabila Anda belum makan besar. Kerupuk Siram ini sangat cocok menjadi cemilan yang siap menemani Anda ketika sedang menunggu sunset di sekitar Objek Wisata Jam Gadang. Kerupuk Siram ini memang sangat banyak akan ditemukan di sekitaran lokasi Jam Gadang.

Kerupuk Siram. Sumber: eviindrawanto.com

Kerupuk Siram. Sumber: eviindrawanto.com

 

4. Pical Ayang

Jika Anda sedang berada di lokasi Simpang Ngarai Sianok, jangan lupa untuk ke Jalan Ateh Ngarai, karena di sana berjajar warung-warung yang menjual makanan jajanan terutama Pical Ayang. Makanan khas Bukittinggi ini merupakan Bubur Kamiun. Bubur ini merupakan bubur manis yang di dalamnya terdiri dari lupis, bubur lemu, dan bubur kacang hijau yang kemudian disiram dengan gula merah dan santan. Kalau dilihat sekilas, bubur ini mirip dengan bubur sumsum yang sama-sama disiram dengan gula merah dan santan. Selain itu, di sana disediakan menu lain seperti lontong sayur dan beberapa gorengan seperti martabak mini dan bakwan atau bala-bala.

Untuk satu porsi Pical Ayang, Anda bisa membayarnya dengan harga Rp. 6.000, untuk lontong sayur, Anda bisa membayar dengan harga Rp. 5.000 dan satu gorengan akan dikenakan Rp. 1.000. Harga yang cukup bersahabat, bukan? 😀 .

Pical Ayang. Sumber: twitter.com

Pical Ayang. Sumber: twitter.com

 

Itulah beberapa makanan khas Bukittinggi yang bisa menggoyangkan lidah dan memanjakan perut Anda. Sesudah berwisata kuliner dan jalan-jalan ke tempat wisata yang terkenal, kamu bisa menginap di hotel untuk beristirahan sejenak. Di Bukittinggi ada banyak tempat penginapan seperti hotel-hotel berbintang yang menyediakan fasilitas yang beragam dan harga yang bisa Anda pilih sesuai dengan isi kantong Anda. Kamu bisa cek di Traveloka. Selamat berlibur dan have fun!.

Kalau Anda punya informasi kuliner favorit lainnya yang pernah Anda coba di Bukittinggi share dong di kolom komentar 🙂 .

Advertisements

67 thoughts on “4 Santapan Khas Bukittinggi Sayang Dilewatkan

  1. “Datang lah kembali Ke Bukittinggi”
    Begitulah salam perpisahan ketika meninggalkan kota kelahiran ku itu
    Jika ingin berwisata dan menikmati indah, ramah, dan sejuk segar nya kota Bukittinggi, sedikit usulan : datanglah diluar musim mudik dan liburan, datanglah di hari biasa di hari kerja. dimana saat itu banyak warga lokal yang mendominasi kota.
    Nikmati lah dan makan lah serta berbelanja lah sepuasnya …

  2. yg kerupuk itu enaaakkk.pas outing ke bukittinggi ama kantor dulu, kita sempet aneh aja ngeliat kerupuk dimakan gitu pake bumbu mbak.. beli dong krn penasaran, dan trnyata enaaak ;).. jd pgn ke bukittinggi lagi

  3. Aaaah kejam kali baca ini ahahahahaha kemarin Edi baru ngasih tunjuk gambar gambar bukit tinggi akrena dikirimin email wonderful Indonesia, dan dia bilang “Gak ada duanya ya emang Indonesia,” apalagi makanannyaaa

  4. Mbak, OOT ya, mau nanya, saya dan beberapa kawan blogger Indonesia mengalami penurunan pengunjung USA sangat drastis, biasannya hampir 2x lipat pengunjung Indonesia, sekarang berada di bawah pengunjung lokal. Apakah mbak mengalaminya juga?

  5. Hem, malam malam lihat yang satu ini makin terasa lapar mas, apalagi lihat yang nomer 1 Nasi Kapau Uni Lis sepertinya enak sekali.. makasih informasinya mas, jadi taau saya makanan khas asli dari bukittinggi.

  6. Saya juga orang minang tapi belum pernah tinggal di bukit tinggi, dan seumur-umur belum pernah makan 4 menu di atas 😀
    paling menu yang paling sering di temuin cuma rendang doang 😀

  7. aku walaupun orang minang dan lumayan sering dulu ke bukittinggi, seumur-umur belum pernah nyobain nasi kapau 😀
    klo ke bukittinggi makannya pasti nasi padang simpang raya 😀
    tapi next musti nyobalah makan nasi kapau kalau kapan2 main ke bukittinggi 😀

    btw itu kerupuk siram juga banyak di padang kak. di sepanjang pantai padang kalo sore gitu banya yang jual. rasanya enak banget 😀

  8. Dari semua itu aku cuma pernah coba Nasi Kapau Uni Lis dan Kerupuk Siram. Kalo kerupuk siram bahkan ada dijual juga di Pekanbaru, biasanya jadi cemilan pagi atau sore hari masyarakat Pekanbaru 🙂

  9. wah keren lagi liburan di bukittinggi ya mbak? #mantaaab
    ngiler abis liat display makanannya.
    btw saya belum pernah nyobain pecelnya. enak ya mbak?

  10. Udah lama nggak ke Bukit Tinggi kak. Seharusnya bulan ini tapi aku lagi gak bisa 😀
    Tapi aku inget Nasi Kapau di Bukit Tinggi emang enak bangeeet, yang pinggir jalan aja udah nendang! 😀

Leave a Reply