Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia

loading...

Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia. Dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan (perenial), berbunga di musim panas sampai musim gugur. Dahlia adalah bunga nasional negara Meksiko yang juga merupakan negara asal bunga ini.

Ada ribuan varietas Dahlia yang telah dibudidayakan sepanjang tahun. Tanaman dahlia yang terendah tingginya sekitar 30 cm dan yang paling tinggi sekitar 180-240cm. Ukuran bunganya yang terkecil diameternya sekitar 5 cm dan yang terbesar 30 cm.

Saya coba browsing sana sini dari website-website bahasa asing dan saya terjemahkan secara bebas saja ya. Oh ya termasuk berbagi pengalaman saya sendiri :wink:.

Penanaman Dahlia:
• Di negara 4 musim, dahlia boleh ditanam jika musim dingin sudah lewat (bulan April dan Mei). Ketika suhu tanah sekitar 14-15 ° C.
• Dahlia membutuhkan lokasi cerah untuk berkembang. Lokasi yang mendapat 8 jam sinar matahari langsung, merupakan tempat terbaik untuk tanaman dahlia.
• Pengecualian untuk iklim panas, bunga dahlia akan membutuhkan sinar matahari pagi, dan sore yang teduh.
• Kedalaman penanaman sebaiknya 30 cm, supaya akar-akarnya kuat. Setelah di gali 30 cm, isi dengan kompos setinggi 15 cm. Namun jika kita menanamnya di pot, maka berilah pupuk secara teratur, supaya tanaman mendapat nutrisi yang cukup.
• Perhatikan drainase yang baik, tanah yang sedikit asam dengan pH 6,2-6,5.
• Jika tanah berat atau tanah liat, tambahkan pasir dan gambut akan membantu untuk meringankan media tanamnya.
• Tanah terlalu basah dapat menyebabkan umbi membusuk, jadi jika curah hujan sedang tinggi, sebaiknya kita tunggu hingga tanah kering, baru kita menanamnya.
• Letakkan umbi secara horizontal di dasar lubang dengan mata tunas mengarah ke atas. Tutup umbi dengan sekitar 5 cm campuran tanah dan air secara menyeluruh. Ketika tunas mulai muncul ke atas tanah, secara bertahap tambahkan campuran tanah lagi.
• Jika cabang-cabangnya semakin tumbuh banyak. Buat beberapa tiang penyangga, supaya tanamannya kuat berdiri dan tidak rubuh ketika angin kencang.
• Dalia mulai berbunga setelah kira-kira 8 minggu penanaman.

Perawatan Umum Dahlia:
• Tidak butuh disiram terlalu banyak , hingga mata tunas muncul di permukaan tanah. Penyiraman berlebih bisa menyebabkan umbi busuk.
• Saat cuaca panas, dahlia membutuhkan lebih banyak air.
• Untuk mendapatkan tanaman yang kuat, lebat dan banyak bunga, buanglah bakal bunga yang baru muncul, jika tanaman dahlia kamu baru setinggi kaki. Dengan begitu, semakin tinggi tanaman akan menghasilkan bunga yang banyak.
• Untuk bunga potong terbaik, potong bunga dahlia di pagi hari, ketika pertama kali membuka. Tempatkan bunganya dalam vas bunga yang mana airnya telah didiamkan selama 24 jam sebelumnya, untuk meminimalkan klorin pada air. Ganti air vas bunga setiap hari. Dahlia potong dapat bertahan 5-7 hari.

Nah sekarang saya mau pamerin bunga-bunga dahliaku yang cantik-cantik 🙂 .

1. Dahlia Jenis Kaktus Park Princess

Umbi tanamannya dari tahun lalu. Masuk musim dingin koit deh, lalu saya babat habis daun dan batangnya, hingga tersisa umbinya. Umbinya di angin-anginkan, jika sudah kering, bungkus koran dan simpan di gudang yang gelap dan sejuk. Cuaca sudah hangat (April) tanam lagi.

Dahlia Park Princessku tahun lalu 2012.

Bunga Dahlia 'Park Princess'  Terlihat Seperti Kembang Api

Bunga Dahlia ‘Park Princess’ Terlihat Seperti Kembang Api

Tahun ini saya tidak puas dengan bunganya, karena balkon kontrakan rumahku ini panas sekali. Bunganya seharusnya pink cerah, tahun ini jadi pink pucat dan cepat sekali jadi kering :cry:.

Berhubung pot untuk tanam dahlia ini lumayan besar, jadi saya satukan 2 jenis bunga dahlia, yakni Dahlia Park Princess dan satu jenis lagi pemberian mama mertua tahun lalu. Tahun lalu belum keluar bunganya, jadi tahun ini saya penasaran dengan warna bunganya pemberian mertuaku. Saya taruh juga botol plastik, supaya air yang saya masukkan bisa sampai ke bagian dalam sekali.

Potnya Besar jadi saya satukan 2 Jenis bunga Dahlia.

Potnya Besar jadi saya satukan 2 Jenis bunga Dahlia.

Beginilah Dahlia Park Princessku tahun 2013

Menanam Bunga Dahlia Jenis Kaktus Park Princess dari Umbi hingga berbunga dengan indah. Foto Juli 2013

Menanam Bunga Dahlia Jenis Kaktus Park Princess dari Umbi hingga berbunga dengan indah. Foto Juli 2013

2. Schmuck-Dahlie Noordwijks Glorie

Dahlia kedua, umbinya juga dari tahun lalu. Tahun 2012 bunganya mengecewakan. Hanya muncul 2 bunga dan kecil sekali. Lihat di bawah ini, foto kanan.

2 Jenis Dahliaku musim panas tahun 2012. Kiri Park kaktusdahlie, kanan Schmuck Dahlie. Dahlia jadi Jangkung kalau tidak kena sinar matahari langsung. Bunganya juga tidak maksimal

2 Jenis Dahliaku musim panas tahun 2012. Kiri Park kaktusdahlie, kanan Schmuck Dahlie. Dahlia jadi Jangkung kalau tidak kena sinar matahari langsung. Bunganya juga tidak maksimal

Kurang matahari akan menyebabkan tanaman dahlia menjadi tinggi dan bunganya kurang mekar.

Tahun ini saya senang sekali, ternyata dahlia ini bunganya besar dan cantik! :grin:. Warnanya kuning orange. Saya pindahkan posisi potnya, karena ternyata daunnya layu ketika terkena sinar matahari langsung selama beberapa jam. Dahlia lain yang saya punya tidak ada masalah dengan matahari, daunnya segar semua, hanya jenis Noordwijks Glorie yang butuh perhatian khusus.

Saya gantung juga baju bekas, supaya mataharinya terhalang dan tidak terlalu sangar ke Noordwijks Glorie ini ;).

Dahlia Kuning Orange. Schmuck-Dahlie Noordwijks Glorie

Dahlia Kuning Orange. Schmuck-Dahlie Noordwijks Glorie

3. Pompom dahlia

Gambar kemasan bibit Dahlia Pom-pom Pink dan pom-pom Merah. Tanam pada 6 Mei 2013

Gambar kemasan bibit Dahlia Pom-pom Pink dan pom-pom Merah. Tanam pada 6 Mei 2013

Tahun lalu saya menanam Dahlia Pom Pom Nescio. Umbinya ke terbuang ketika pindahan rumah 🙁 . Nah tahun ini beli lagi jenis lain. Satu pot saya kombinasikan dua warna, yakni merah hati dan pink. Sayangnya hingga tulisannya ini di luncurkan, si pinky belum mekar.

Bunga Dahlia Pompom Merah hati. Juli 2013

Bunga Dahlia Pompom Merah hati. Juli 2013

Dahlia pompom ini unik, bunganya bulat. Lihat foto (kecil) yang saya tandai dengan no.1, itu bagian belakang bunganya, lucu yaa bulat :mrgreen: .

Bunga dahlia terakhir, yang juga jadi favorit saya. Bunga menyambut kemerdekaan RI Agustus nanti hahaha. Bunganya merah putih jadi ya cocokin saja dengan warna bendera Indonesia.

4. Dahlia Santa Claus

Saya tanam 2 umbi dahlia Santa klaus pada 24 April 2013. Berhubung potnya lumayan besar. Maksud hati menuhin separuh pot, pelit tanah ceritanya hehe, maklum saya gunakan tanah kemasan, jadi mahal 😆 .

24 April 2013 Tanam 2 umbi Dahlia Santa Claus, busyett lebat sekali.

24 April 2013 Tanam 2 umbi Dahlia Santa Claus, busyett lebat sekali.

Nah bagian dasar pot taruh tanah bekas pakai kira-kira 2-3 cm, lalu saya taruh sampah sayuran yang telah di potong kecil-kecil, termasuk juga sampah tanaman bunga tulip yang telah mati, saya hancurkan jadi kecil, lalu timbun taruh tanah baru, kemudian tanam umbi dahlianya. Ternyata pertumbuhan tanaman jadi subur menggila 😀 .

Seperti terlihat pada foto diatas, subur sekali ya. Sangking suburnya sampai tidak terlihat potnya. Saya ingin pindahkan ke pot lebih besar, ternyata tanahnya menempel kuat ke akar-akar dahlianya, jadi saya biarkan dan langsung pindahkan ke pot baru dan bagian dasar pot baru saya berikan tanah baru.

Bunga Dahlia Santa Klaus. Bunga menyambut kemerdekaan RI Agustus nanti hahaha. Bunganya merah putih jadi ya cocokin saja dengan warna bendera Indonesia

Bunga Dahlia Santa Klaus. Bunga menyambut kemerdekaan RI Agustus nanti hahaha. Bunganya merah putih jadi ya cocokin saja dengan warna bendera Indonesia

Sebell deh, ternyata daunnya ada bolong-bolong. Huhu belalang kan ku buru kau tiap hari 👿 .

 
Tips Penanaman bibit bunga dahlia: Rendam umbi dahlia beberapa jam sebelum penanaman.

Sepertinya lebih puas kalau ada videonya ya 🙂 .

Video 4 Macam Bunga Dahliaku Juli 2013

Sahabat pecinta bunga, apakah kalian memiliki bunga dahlia di taman rumah kalian, jenis apa yang kalian punya? :).

“Flowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.” – Luther Burbank-

Baca juga:
Bunga Dahlia Jenis Kaktus Park Princess
Beli Bunga Dahlia Petik Sendiri dari ladangnya

Advertisements

105 thoughts on “Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia

  1. Pingback: Musim Panas Suka atau Tidak Terpaksa Dinikmati | Pursuing My Dreams

  2. Kak Nel telaten banget kayaknya. tumbuh nya cantik-cantik banget..
    yang pompom super kiyuttt aaakkkk…

    nyapurnama.com linknya dihapus karena domain tidak aktif lagi. 22.02.2016

  3. wah..dahlianya bagus-bagus banget. Aku di jakarta ngga punya Dahlia, Mbak Nella. Susah hidupnya. Tapi di kampungku.. Dahlia bisa tumbuh dengan baik. Mungkin karena udaranya lebih dingin. Dulu aku punya yang jenis pompom, santa klaus, juga yang Schmuk juga banyak.. cuma kalau di Bali kita ngga tahu nama jenis-jenisnya.. pokoknya Dahlia saja – walaupun bentuknya beda-beda (Bahasa Balinya.. namanya Kembang Taram / Bungan Mataram).

  4. Bunganya bagus2 mba. Sama kaya mamaku klo da masalah bunga dan embel2nya lupa segala2nya aka lupa waktu maksudnya hehehe.
    Aku juga suka bunga..tapi bunga bank mba , bunga deposito ( kidding ya mbaaaa ) 😀

    Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

  5. Bunganya bagus- bagus ya. Lihat bunga warna-warni begitu jadi pengen nanam juga deh biar halaman warna-warni jugalah, gak merah dan merah muda saja.

  6. Oalah, ternyata dahlia ku kurang matahari (>.<) tinggi banget tumbuhnya hampir sedadaku, tapi bunga nya kecil hiks..

    habis itu ga lama daunnya timbul bercak2 putih mba.. akhirnya layu smua (T.T)
    kalo abis main ke blog mba nella rasanya ngeliat tanemanku pengen aku simsalabim biar berkembang smuanya hahaha

    • Hai Me kamu tanam dahlianya di tanah langsung (taman) atau di pot? klo di pot bisa pindahin ke tempat yang kena matahari langsung. Trus ujung2nya potongin saja, supaya muncul bakal bunga baru :).

  7. Bunga Dahlia yang keren mbak.. kebun calla lily kami juga lagi bermekaran mbak 🙂 di http//:kebundieng.blogspot.com
    Sekarang ready bibit apa ni mbak?

    • Hai Lea barusan saya liat blogmu kebundieng.blogspot.com takjub liat calla lilynya besar-besar. Di toko bunga potong pernah saya liat yg ukuran besar tp putih, apa yg jumbo khusus yg warna putih ya 😉 .

      • Ntar tak tambahin yg koleksi hijau mbak, kalo ga salah Green Goddess, yg ungu ma kuning lum berbunga masih 15-20 cm tinggi tanaman. Kami jg lg cari Stargazer Lily bulb mbak.. makasih revisi blog link nya mb, yg ngetik sambil ngantuk, heheh..

  8. Apa tidak sebaiknya widget yang samping dipindah sebelah kanan mbak. Kan google ngebaca web itu dari bagian kirinya mbak. he he

  9. Kemarin aku komen loh di blog ini, kok gak ada yah?
    Aku suka yang pompom ungu itu deh, itu permukaannya mulus ato berbulu2 kecil mbak, bunganya?

  10. wah, cantik2 banget bunganya.. trutama pompom merah hatinya.. so cute n unyuu.. (ngarem dikasih :-D)
    di kawin silang k anggrek bulan bs nd y..

    url kasamago.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 17.01.2017

  11. Bunganya indah-indah sekali..
    Saya nggak ada bakat berkebun atau bercocok tanam, mungkin karena tidak memiliki ketlatenan….pas di rumah pernah sih bunag mawar gitu macam-macam tapi cuma beberapa bulan udah tiada 🙁

    Ada yang bilang bertanam itu juga bakat-bakatan…

    Kebetulan saya suka mawar tapi kalau Dahlia PomPom merah itu lebih menarik…he he he

    • Punyaku berbunga setelah 2-3 bulan nih. saya kasih pupuk cair juga, kalau ada cucian air beras kadang ku siramkan ke tanahnya 🙂 . Semoga punya Wany cepat berbunga juga yaa 😉 .,

      • iya,dahlia pom pom ny tumbuh dgn pesat!saya jg menggabungkn 2 jns dahlia pom pom yg saya bl dr kakak dlm 1 pot bsr!hehe….
        yg kurang berkembang tu dahlia santa claus ny!
        klo di t4 mama,orange nugget dgn gladiol green star,bntr lg berbunga kak.si orange nugget uda ada kuncup bunga ny!
        klo si gladiol,batang tuk bunga ny uda mulai nonggol!

        • Nah soal gabungin bunga dahlia nih. Aku kan gabungin pompom merah dengan yg pink, yg merah tumbuh pesat, sdh tinggi, yaelah yg pink masih pendek. Ga tau apa tanamannya jadi rebutan nutrisi, yg kalah jadi pendek. Jadi mau pisahin aja. Atau bisa juga pot yg ku pakai ini terlalu kecil, soalnya umbinya banyak ya dari 2 dahlia.
          Klo udah berbunga pajang di fesbuk doong 😉 .

          • seperti nya gt y kak.soal ny yg autum fairy dgn santa claus gt jg! yg bgs autum fairy,santa clause malah kerdil.
            tp pot ny gede loh…..
            klo di pindahin tkt layu n mati kak,cuaca medan pns n extrim!
            ini aja klo uda sore,tanaman suka layu kak!kepanasan.

          • Klo mau pindahin tanaman pagu-pagi sekali atau sore klo sdh tidak panas. Sama disini juga ekstrim panasnya 😥 . Cuma 1 jenis dahlia yg benar2 layu dan agak kunung daunnya, 1 dahliaku lagi bubgannya jadi pucat warnanya 🙁 . Tanaman bubga matahari, timun, paprika dan sayuran lain layuuuu semua pas siang. Klo gladiol tahan loh 😀 .

          • Disini panas sampai 35 derajat c, sabtu dan minggu nanti bakalan 38 derajat c 😥 . Sdh sebulan ga hujan. Klo tomatku sekeliling tanaman kututupi koran mulai jam 11 – 3 sore itu paling ektrim kena sinar matahari langsung, membantu banget loh, dedaunannya tetap hijau segar.

  12. Koleksi dahlia Jeng Nella amboi apik, santa claus kombinasi merah putihnya luar biasa cantik, rumpunnya juga subur kompak. Salam dahlia

  13. ih aku suka yang oranye (warna fave juga siy) , tapi bentuk yang pompok lucuuuuu . Itu gak bisa dikawin silangkan ya jadi warnanya oranye dan bentuknya pompom? Eh boleh gak sih kawin silang gitu *kayaknya pernah inget istilah ini di jaman biologi dulu*

  14. Waduh Dahlia Park Princessnya bagus banget! Jadi pengen. Dahlia Pom pom ternyata cilik banget. Padahal di khayalan saya itu bunga segede telapak tangan saya.
    Saya juga kalo abis ngupas sayur/ buah/ hasil nyapu halaman/ apapun yg bisa membusuk langsung saya taruh di pot, kalo lagi rajin saya kubur sampahnya. Hasilnya tanaman yang keliatan ogah numbuh malah jadi subur, cacing juga banyak.

    • Iya si pompom cilik ko 😆 . Aku suka karena bunganya banyak. Oh ya kalau yang besar Dahlia Park Princes, biasanya di kemasannya ditulis kalau bunganya besar. Di tempatku ga nemu cacing, mungkin karena aku beli tanahnya dalam kemasan ya 😀 .

  15. Cantiknyaaaa!! Mau jugaaaaaa!! Nanem aneka ria bunga dari biji ini ga numbuh2 Mba hiks… 🙁 Kalo ada umbinya mau dong Mba aku, bener deh…please please please *mupeng banget!!! Mba lily-ku kok bonsay ya? Harus diapain ya itu?

    • Sisa-sisa sayuran, misalnya spt kangkung, bayam kan tidak semuanya digunakan, jadi batang yang keras hikgga ke bagian akarnya di rajang hingga kecil. Iya kulit dan batang juga 😉 .

  16. Wah keren bunganya….kpn y dahlia sy bs tumbuh gt subur heeee , nga sbr juga nih liat bunga dahlia sy kek gt mekar 😉

  17. bunganya cantik mbak.. 🙂

    url achmirahman.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  18. ups.. bikin mupeng ampe ngiler2.. dari dulu pengen nanam bunga dahlia.. tapi belum dapat benihnya… 🙁

    url sbasdiary.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

Comments are closed.