Bunga Dahlia Jenis Kaktus Park Princess

loading...

Bunga Dahlia Jenis Kaktus Park Princess. Memasuki bulan Mei 2012 dimana cuaca mulai hangat, saya mulai menanam bibit (umbi) bunga dahlia, nama lengkapnya Dahlia ‘Park Princess‘ – Cactus Dahlia. Saya membeli bibitnya di salah satu supermarket di daerah saya tinggal (Bad Rappenau).

Kemasan Bunga Park Kaktusdahlie

 

Pada kemasan bibit bunganya tertera, kalau tanaman (bunga) akan setinggi 60 cm. Maka pada awal bulan Mei lalu saya tanam bibit umbinya di pot, ternyata lama-lama tanamannya semakin tinggi dan lebat, melebihi 60 cm. Saya pindahkanlah ke taman (tanah langsung), semakin tinggi dan tinggi, kini mencapai 133 cm.

Dahlia Park ‘Park Princess’ Pada 9 dan 15 Juni, Mulai Bermunculan Bakal Bunga

 

Kuncup (bakal bunga) mulai bermunculan di bulan Juni, dan bunga pertama yang mekar penuh di tanggal 2 Juli 2012, cantik sekali!.

Baca juga: Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia

 

Dahlia Park Princess merupakan tipe kaktus dahlia yang cantik, bunganya berwarna merah muda sangat eye-catching, kelopak bunga runcing, bunga-bunga ini terlihat seperti kembang api!.

• Dahlia adalah bunga abadi yang tumbuh kuat dan cepat.
• Tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan (perenial).
• Dahlia menyukai lokasi yang cerah dan terbuka dengan paparan matahari yang banyak (Full sun).
• Berbunga di musim panas sampai musim gugur bahkan hingga awal musim dingin.

Dahlia Park ‘Park Princess’ – Cactus Dahlia

 

• Bunga: Merah mudah terang (Pink), diameter bunga 10 – 15 cm. Jika mekar penuh seukuran telapak tangan (milik saya diameter 15-17 cm) ; Daun : Hijau lebar.
• Tinggi tanaman bunga dahlia saya ini 133 cm.
• Kalau bunga sudah mulai layu, segera potong, supaya muncul bakal bunga baru.
• Kalau di tanam di luar rumah, harus di musim semi, dimana cuaca mulai agak hangat.

Tinggi Tanaman Bunga Dahlia Saya ini 133 cm

 

• Memasuki musim dingin, dan masa tanam selesai, jangan dibuang, potong semua daun-daun dan batangnya, sisakan umbinya saja. Bersihkan umbinya, simpan di tempat kering.
• Penyimpanan umbinya pada 5-8 derajat Celcius. Jika suhu penyimpanan 10 derajat Celsius, dapat mengeringkan umbi dahlia, untuk menghindarinya, umbi disimpan dalam kantong plastik yang diberi lubang-lubang.
• Umbinya Kita bisa tanam lagi di tahun depan. Kalau beruntung kita bisa dapat umbi lebih banyak dari sebelumnya, dan bisa kita pisahkan deh ;-).

Baca juga: Memangkas Bunga Dahlia

 

Bunga Dahlia ‘Park Princess’ Terlihat Seperti Kembang Api

• Bunga Dahlia dinamakan untuk menghormati ahli botani berkebangsaan Swedia dari abad ke-18 yang bernama Anders Dahl.
• Dahlia adalah bunga nasional negara Meksiko yang juga merupakan negara asal bunga ini.
• Dahlia juga merupakan bunga resmi kota Seattle, negara bagian Washington, Amerika Serikat. (Sumber: wikipedia)

Video durasi 4:10 Dahlia Park ‘Park Princess’ – Cactus Dahlia 21 Juni hingga 3 Agustus 2012

 

Informasi lebih lanjut mengenai bunga dahlia silakan baca di http://en.wikipedia.org/wiki/Dahlia atau designsbysusan.com

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Baca juga:
Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia
Memangkas Bunga Dahlia
Beli Bunga Dahlia Petik Sendiri

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

25 thoughts on “Bunga Dahlia Jenis Kaktus Park Princess

  • March 5, 2013 at 5:22 am
    Permalink

    Mbak, cantik sekali dahlia ini.
    Di Indonesia bisa ditanam tak ya?

    • March 5, 2013 at 10:03 am
      Permalink

      Hai Qetha silakan dicoba, karena bunga dahlia adalah bunga musim panas, jadi cuacanya disini juga mulai hangat sampai panas baru dia tumbuh.

      • April 1, 2013 at 11:45 am
        Permalink

        mbak mau nanya dong…..
        saya pernah beli bunga dahlia yg lom mekar masih kuncup tapi ga ada perkembangannya (gak mekar2 and ga besar kuncupnya)knp yaaa

        • April 1, 2013 at 12:30 pm
          Permalink

          Tanamannya apa dpt sinar matahari yg cukup? Min. 6 jam tiap harinya. Thn lalu dahlia saya ada 1 yg tdk berbunga sama sekali, hanya daun2nya yg byk sekali. Masalahnya dahlia ini tdk kena sinar matahari langsung, saya salah posisi nanamnya, terhalang tanaman cemara yg berfungsi sbg pagar.

          • April 2, 2013 at 1:23 pm
            Permalink

            ooohh tapi tanah saya basah mll walaupun panas,pas saya cabut tunasnya busuk(di pegang hancur) itu pengaruh gak………solusinya apaa supaya tanh saya ga basah mll

          • April 2, 2013 at 1:26 pm
            Permalink

            Tanahnya ga boleh basah, karena umbinya jadi busuk. Kalau belum tumbuh tanamannya, cukup siram seminggu sekali. Setelah tumbuh baru siram lebih banyak. Kalau umbinya sudah lembek dan busuk buang saja, coba tekan2 umbi lainnya kalau masih keras tanam lagi.

            Dahlia saya juga ada yang busuk. Bagian atas kering sekali, saya curiga, pas bongkar ternyata bagian tengah dan bawah basah sekali dan banyak yang busuk. Untuk masih ada 2 umbi besarnya bisa diselamatkan ;).

          • April 2, 2013 at 1:29 pm
            Permalink

            biar tanah ga basah di apain yaa mbak
            saya sudah tambah tanah supaya tdk basah tapi tetep masih basah 🙂

          • April 2, 2013 at 1:32 pm
            Permalink

            Tanahnya ko basah? kena hujan terus?. Yudi nanam dahlia di pot atau di tanah langsung (taman).
            Sebaiknya tanamnya di pot dulu, sampai umbinya tumbuh, kalau sudah agak besar bisa pindahkan ke tanah langsung.
            Tanahnya jemur di matahari dulu supaya tidak basah ;).

          • April 2, 2013 at 2:09 pm
            Permalink

            Saya tanamnya di tanah mbak….sayajg g tau mbak gak hujan tetep ajaa basaah sayabeli dahlia udaah besaar mbak makanyasayalgsg tanam di taman..

          • April 2, 2013 at 2:12 pm
            Permalink

            Kalau sudah besar ya bisa langsung di tanah langsung. Lokasi penanamannya kena matahari? kalau iya masah terus2an basah sih? :D.

  • January 10, 2013 at 3:32 pm
    Permalink

    bagus banget bunga nya mba 😀

    • January 10, 2013 at 7:35 pm
      Permalink

      Iya si Dahlia jenis ini bagus dan cantik, kalau pas winter kita bongkar tanamannya, potong sampai dekat umbinya, tahun ini kalau sudah hangat mungkin akhir Maret siap tanama lagi :).

  • Pingback: Cihuuyy Blog Award lagi | Rumah Silaen Salzgeber

  • Pingback: Penghujung Oktober 2012 | Rumah Silaen Salzgeber

  • August 28, 2012 at 3:28 am
    Permalink

    Aduh … sepertinya nggak cocok ditanam di tempat panas yak …kudu daerah dingin dan berair kayaknya

    • August 28, 2012 at 7:15 pm
      Permalink

      Bunga Dahlia malah harus banyak kena sinar matahari langsung, saya punya dua bunga Dahlia lain sampai sekarang tidak keluar bunganya (hanya banyak bakal bunga saja) karena saya tanam di tempat yang tidak kena sinar matahari langsung, mau pindahkan repot karena sudah banyak sekali daun2 dan rantingnya.

  • August 10, 2012 at 9:04 am
    Permalink

    Kak, tolong saran dong, mawarku kenapa nggak berbunga ya? Memang daunnya hijau dan segar, tapi nggak berbunga. Padahal sudah kusiram tiap hari, kena matahari (mawar kan suka matahari), Kupupuk sekali sepuluh hari. Kasi saran dong… thanks in advance 🙂

    • August 18, 2012 at 11:06 am
      Permalink

      Bunga mawar tidak perlu disiram sering-sering, tanaman ini tidak suka tanah yang becek, cukup satu hari atau dua hari sekali. Pemupukan juga jangan terlalu sering cukup 1-2 bulan sekali. Mawar suka cahaya matahari min. 6 jam. Kadang perlu di ajak bicara kali ya si mawarnya ya hehehe 😀

      • August 19, 2012 at 3:38 pm
        Permalink

        oooo gitu ya kak.. hmm.. memang sudah sering kudengar, katanya mawar perlu diajak bicara 😀 hihihiii.. besok2 tak coba deh.. thank you yah kak

  • August 9, 2012 at 5:08 am
    Permalink

    Mungkin kalau tanamannya dibiarkan saja di pot, tidak akan setinggi itu kali yah? Kira-kira masih tetap bisa berbunga gak yah kalau di tanam di pot?

    • August 9, 2012 at 7:48 am
      Permalink

      Masih tetap bisa berbunga ko kalau di pot, mungkin sebaiknya potnya yang besar ;-).

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: