Petunjuk Melakukan Pernikahan di Swiss

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

71 Responses

  1. Dewi fitria says:

    Mba sangat membantu…apakah bisa melangsungkan pernikahan dan stay di Zurich tp calon suami wn italia dan kerja di Zurich baru 3 bulanan..maaf soalnya ax baca suami mbak dulu udah stay di Swiss 5 tahun…terimakasih.

  2. veronica says:

    Kak terima kasih byk utk sharenya, kebetulan saya juga sedang mengurus dokumen utk pernikahan dengan org Swiss….sangat membantu saya….Kak mau nanya, paspor asli apa ikutan dikirim juga? Kalau ditengah proses saya harus berangkat keluar negeri bagaimana?

  3. ER says:

    mbak gimana kalau nikah dgn org swiss tapi nikah nya di langsungkan di indonesia…bagaimana pula prosedurnya mbk?

  4. Kalau mau nikah memang ribet ya urusannya.
    Bisa kebayang yang gak kuat ngurus malah mundur hahaha…..

    Dan meski gaji di sana gede, biaya hidup juga gede ya. Pantas orang bule suka sekali kalau liburan ke Indonesia, murah soalnya…

  5. Postingan kerennn… inspiratif… πŸ™‚

  6. Fascha says:

    Lumayan ribet juga yah mbak….
    Btw gaji guru banyak amaaat…!!! enak yg jadi guru deh πŸ˜€

  7. mysukmana says:

    klo kesana jadi guide saya ya hahaha..pemandangannya indah sekale kayak di tawangmangu πŸ˜€

  8. Vavai says:

    Thanks untuk share-nya. Menarik dan bermanfaat sekali. Turut senang dan berdoa semoga bahagia selamanya.

  9. fufu christie says:

    biarpun gak masuk dalam wish list ku untuk pensiun dan hari depan (lebay deh hahaha) tapi aku juga pengen banget kalau ada waktu liburan ke Swiss. dulu sempat ke Europe tapi pas masih kecil sih jadi kagak ngerti banget dan gak inget. plus, kayanya Swiss dan Jerman gak masuk itinerary πŸ˜› tapi bener deh Nella, suka banget sama Swiss terutama alam dan udara nya. biarpun negara maju tapi pariwisata pegunungan nya bagus bisa di maintain. satu lagi, aku pecinta cheese so fondue cheese nya Swiss kudu jadi one of my ultimate wish list. lol

    kayanya kalau udah menyangkut pemerintahan, jadi serba ribet ya Nel. gak urus surat menikah, urus surat legalisir, urus surat pindahan dsb dsb…lama banget gitu. πŸ˜€

  10. Pypy says:

    Dari atas sampe bawah yg paling melekat di otak adalah “Dilokasi mahal” mueeeheheh :p

    Beughh.. Hebat deh kak bisa sabar bener ngadepin birokrasi kita.. Emang harus sih yah πŸ˜€

  11. Kakak …. rumah yg di swisss keren bener. Btw tapi biaya hidup di swiss mahal banget yaa. Temen ku jalan ke swiss cuman 2 hari, kata nya habis 3 juta dan segera memutuskan kabur kenegara berikut nya

    • Haha iyaa ku pernah ke Zurich dg teman2, naik mobil trus parkir kita jalan kaki ke pusat kota. Pas mau bayar kaget dong parkir sejam 5 euro an, pdhl di negara lain paling 1 euro πŸ˜€ .

  12. Jangankan mau nikah di luar neheri ya Mba, di sini yang cuman ngurus sampe KUA aja kadang ribetnya ampun-ampunan. Belum lagi biaya yang di-upgrade. Makanya banyak juga warga yang kurang mampu secara dokumen kependudukan ga lengkap…yaaa karena ribetnya birokrasi dengan tambahan fulus plus-plus itu πŸ™
    Tapi namapknya Mba Nella bener-bener dilapangkan jalannya ya pas lagi ngurus-ngurusnya πŸ™‚

  13. emmachan24 says:

    mba nel aku ngiler nih liat pemandangan depan rumahnya,,hhehe
    sayang biaya hidup disana mahal banget yaa,,tapi sesuai sii sama pendapatannya kalau kerja disana juga,,

  14. Ria says:

    ok lah..
    thanks buat semua infonya.
    iya aku berdoa semoga kita bisa bertemu, salam buat frank..
    aku senang kalau aku kesana punya teman.
    bagi info info_nya terus ya.

    aku Ria angelina_yogya.

  15. 'Ne says:

    nikahnya di swiss tinggalnya di Jerman hehe.. indah banget mbak itu rumah yang di swiss. pantesan betah, udaranya juga kayaknya seger banget ya πŸ˜€

  16. chris13jkt says:

    Aku cuma mau komentar soal Swiss-nya aja ah.
    Swiss merupakan salah satu negara yang pengen aku kunjungi, dan kalau bisa pensiun di sana. Rasanya koq asyik ya πŸ™‚

  17. Wie says:

    Paling males itu ngurus dokumen dikantor pemerintah ya mba.. apalagi dokumennya sebanyak itu ya, kebayang deh ribetnya huhu.. Tapi worth it kok ya pas udah sah hihihi..

  18. monda says:

    proses yg panjang ya Nel..,
    pasti akan berguna bagi yg lainnya…
    Swiss lebih dingin tapi cantik ya Nel…, moga2 bisa balik ke sana lagi ya

  19. Saya cuman mau komen pemandangannyaaaa.. Indaaaaaaah.

  20. Erit07 says:

    Rumah di swiss indah banget mbak..
    rumputnya rata banget..

  21. Hmmmmmmm…..
    proses yang panjang ya Mbak πŸ˜‰

    tapi kl untuk org yg dicinta, why not. πŸ™‚

    yang menancap di ingatan saya ‘fotocopy dilokasi mahal’ πŸ™‚

    Semoga langgeng ya Mbak…
    bacanya aja udah senang saya…

    saya simpan link ini Mbak… penting iki πŸ™‚

  22. kayka says:

    hampir sama urutan prosesnya mbak. bedanya cuma gak pake KK dan berkas2 yg dikirim ke jerman harus diterjemahin sendiri.

    mbak nela rapi deh mendokumentasikan prosesnya. nanti kalau ada yg nanya2 saya kirim kesini boleh ya.

    salam
    /kayka

    • Iya mbak Kayka, klo ke Jerman harus urus terjemahannya juga ya. Nah klo ke Swiss tidak perlu sertifikat kemampuan dasar bahasa Jerman. Untungnya sih saya sudah sempat kursus dan ikut tes A1 jadi waktu urus long stay visa Jerman dari Swiss tidak perlu balik ke Indonesia dulu.
      Iya boleh saranin ke sini klo ada yg mau nikah di Swiss. Klo ada yg butuh info menikah di Jerman, saya saranin mereka ke blog mbak ya πŸ˜‰ .

  23. sondangrp says:

    Nella salam kenal yaaaaa. Ini bia jadi link kalo nanti ada anakku yang merit sama orang luar hihihi. Dan aku ngikik baca nasihatnya. Kayaknya dari dua persyaratan yang ternyata gak segampang keliatannya itu, lebih susah menjalankan nasihatnya hahaha

  24. Aku liat rumahnya mba, kereeeeen bgt ya pemandangannya

  25. prih says:

    Proses penyatuan tulang rusuk yang indah dikenang. Salut untuk kejelian mencatat shg bisa sharing yg pastinya bermanfaat bagi sahabat2 pembaca. Salam

  26. Ria says:

    ok nay..
    aku punya teman dekat dia tinggal di mangrove. kata dia ke rumah kamu paling 3 jam naik mobil.
    kalau ada rejeki dan kita berjodoh sapa tahu nanti kita bisa bertemu..
    kalian sangat hangat

  27. weh mbak.. mau kawin aje panjang amat yang diurus wkwkwkwkw

  28. Ryan says:

    infonya lengkap nih mba.

  29. Yun says:

    wow… bertele-tele banget, ribet, juga butuh duit banyak , gimana kalau kita ini bukan tinggal di jakarta, pasti lebih ribet lagi, kira-kira bisa abis brapa ya pengeluaran keseluruhan kurang lebihnya, dalam hitungan rupiah, sampai semua beres trus tinggal ke negara itu tuk menikah ? bahasa inggris anda juga mungkin menjamin kelancaran dalam mengisi formulir ini dan itu di kantor kedutaan dan lain-lain. kira-kira ada ndak orang yang bersedia ngurus itu hingga tuntas, kemudian kita tinggal trima beres, tinggal bayar saja khususnya bagi yang tinggalnya bukan di jakarta ? aduhhhh butuh banget nih jawaban anda, share ke email saya lagi ya… aku suka akan kebaikan anda yang telah berbagi dengan semua orang, agar semua orang tahu, termasuk saya secara pribadi. Semoga Tuhan memberkati pernikahan anda, anda sangat beruntung. tolong di jawab ya pertanyaan saya ke email saya lagi, thank you very much friend…by Yun

    • Hai Yun, diluar Jakarta bisa pakai agen. Terakhir dengar dari teman untuk urus legalisir 3 juta. Ga tau skrng. Saya ngurus semua sendiri tidak sampai 1 juta kan transport juga pakai bus umum :). Nanti saya email, klo lupa mohon tanyain saya lagi yaa πŸ™‚ .

      • Yun says:

        ok, trims ya, but.. 3 juta itu udah semuanya ya ? trus biaya yang harus di bayar ketika ngurus di kedutaan saat berkas-berkasnya mau di kirim ke Swiss, saya coba convert itu, nggak tahu salah apa benar biayanya wow banget ? saya langsung KO

      • Yun says:

        o iyaaa saya mau bilang juga nih… sepertinya selera kita ada samanya, aku juga suka tuh pemandangan depan rumah kalian ketika di Swiss, itu lokasi favorite saya. nyaman lho rasanya..Kamu beruntung banget, Tuhan memberkatimu, Selamat ya ..!

  30. Ria says:

    Wah mantap mantap.
    tapi kan dirimu di jakarta.
    kalau posisi saya diluar jakarta mungkin agak ribet juga ya..
    selamat ya neyla lam kenal..

  31. mamayara says:

    HHaaahhhh… ikut bernafas lega, Nella..perjalanan panjang ya…

    Akhirnya bisa berbahagia secara resmi disana, dan berlanjut untuk selamanya… Amin.

  32. wah…. panjangggghh…. ribettttttt, mbak Nella…

    Tp harus berjuang juga ya biar bisa happy ending … πŸ™‚

    Thanks infonya, mbak πŸ™‚ jd tau sebegitunya ngurusin legalisasi nikah n jadi warga negara d sana … hehehe πŸ™‚

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: