Setelah Online Saatnya Kopi Darat

loading...

Setelah Online Saatnya Kopi Darat. Topik atau judul-judul seputar percintaan nampaknya selalu menarik untuk dibahas. Contohnya dua tulisan saya Cinta via Biro Jodoh Online dan yang Kisah Cintaku yang Kelabu. Trafiknya bagus, kalau boleh saya bilang wow deh! 😆 . Khusus di bulan Juli ini judul yang pertama 312 kali dibuka dan judul kedua 892 kali dibuka. Semoga dibaca ya, tidak hanya dibuka saja hehe.

Setelah Online Saatnya Kopi Darat

Efeknya saya jadi sering menerima email yang menanyakan ini itu seputar percintaan dan juga diwawancarai oleh beberapa orang yang sedang menyusun skripsi bertema kawin campur. Jika saya punya pengalaman, dengan senang hati saya bagi pengalaman saya, namun jika saya tidak tahu, maka saya akan jujur mengatakannya. Saya senang kalau kalian para wanita single bertemu dengan pujaan hati kalian dan berlanjut di pelaminan ;). Berhubung saya sama sekali tidak punya pengalaman percintaan dengan pria Indonesia, maka yang saya maksud percintaan disini adalah dengan pria asing alias bule.

Buat kamu yang mencoba mencari pasangan secara online dan akhirnya beruntung dapat yang “click” dengan kamu, yang cocok dan nyambung selama berkomunikasi secara online, pastinya kalian berdua merencanakan dong untuk bertemu secara langsung (in person).

Bertemu kekasih online selalu mendebarkan. Kita pada akhirnya akan bisa melihat si dia secara langsung. Siapa tahu setelah kencan (kopi darat) pertama akan ada pertemuan berikutnya, bahkan hingga ke pernikahan 🙂 .
Nah saya selalu menyarankan buat para wanita single supaya kalian meminta si pria (bule) nya datang dulu ke Indonesia, bukan kamu yang ke negara si pria untuk pertama kalinya. Kita mau cari aman dong, namanya belum kenal yaa.

Jika si pria sudah oke untuk berkunjung ke Indonesia. Langkah yang perlu dilakukan untuk kopi darat dengan pria asing:
● Bertemulah di tempat umum. Seperti restoran atau kafe. Pokoknya jangan ditempat sepi.
● Informasikan rencanamu ini ke sahabat atau keluarga. Jadi jangan diam-diam dan merahasiakan pertemuanmu dengan orang asing.
● Berpakaianlah yang sopan. Tidak semua bule suka dengan wanita yang pakaiannya kurang bahan 😆 .
● Jaga diri, buka mata lebar-lebar, buka pintu hatimu sedikit saja. Maksud saya jangan langsung melayang kalau di puji-puji. Bule yang bener sih biasanya tidak gombal ko.

*Kamu bisa bantuin si pria misal untuk booking penginapan dia di Indonesia, namun jangan pernah menggunakan uangmu untuk bayar apapun. Jangan percaya cerita-cerita yang bilang si bule tidak bisa keluarlah dari imigrasi, atau cerita apapun yang ujungnya minta pinjam duit dulu sebelum kopi darat.

Ada yang curhat ke saya melalui email, kalau dia (wanita) dan si pria asing bersepakat bertemu diluar Indonesia, masih di Asia juga. Berikut tips dari onlinedatingsafetytips.com:
Menginap di hotel. Untuk pertemuan pertama kali, menginaplah di hotel, jangan bersama si pria. Kalau si pria tidak setuju kalian pisah kamar, lebih baik jangan pergi. Kencan yang aman kunci keberhasilan kencan tersebut ;).
Gunakan Taxi. Selalu gunakan taxi dari dan ke bandara, sebisa mungkin jangan satu kendaraan dengan si pria dan jangan biarkan si pria membawa bagasimu ke kendaraan dia.
Rahasiakan nama hotel. Jangan beritahukan nama dan lokasi hotelmu, sampai kamu yakin dengan pribadi teman kencanmu. Rencanakan pertemuan di tempat umum hingga kamu nyaman dengan dia.
Tetap Berkomunikasi dengan sahabat & keluarga. Beritahukan sahabat dan keluargamu mengenai detail rencanamu. Beritahukan mereka nama hotel dan no telp hotel tempat kamu menginap. Tetap berhububgan melalui email dan telepon. Pastikan juga kalau teman kencanmu tahu kalau kamu tetap terhubung dengan sahabat dan keluargamu, jadi dia tidak akan coba macam-macam ;).
● Kenali tempat-tempat yang dituju selama jalan-jalan berduaan.
Percayai kata hatimu (instincts). Kopi darat dan liburan ke luar negeri bisa sangat menyenangkan, namun tetap harus waspada. Kamu sedang berada di luar comfort zone, jadi sebisa mungkin ikuti kata hatimu dan tidak mengabaikannya.
● Selamat bersenang-senang 🙂 .

 

You can’t see the wind but you feel it, same with love, you can’t see it, but oh you feel it.”

Bagian 2 klik Kekasih Online Bagian 2

 

Artikel Terkait:
Kisah Cintaku
Cinta via Biro Jodoh Online
101 Romantic Ideas
Wanita Ciptaan Terindah
Cinta vs Uang Hati-hati Love Scam
Being Single and Happy

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

83 thoughts on “Setelah Online Saatnya Kopi Darat

  • July 31, 2013 at 5:57 am
    Permalink

    karena topiknya tentang percintaan, aku buka aja yaa mbak Nella.. tapi maaf gak baca.. hehe..

  • July 26, 2013 at 11:39 am
    Permalink

    Hi mbak, aku Ayu aku pengen tanya banyak hal ke mbak, dulu pas ketemu sama suami mbak yg bule di situs apa? Berhubungan di dunia maya berapa lama?
    Aku pengeeen banget dapet suami bule, banyak situs kencan yg udah aku ikutin dari mulai indonesiancupid, internationalcupid, dateinasia, interracialdating, and muslima tp hasilnya nihil.
    Semua laki laki di situs itu gak bener, sekalinya bener n baik udah berumur sama kaya ayahku.
    Aku bingung mbak gimana caranya deketin bule, pengen sey ke kemang gtu (katanya byk bule) tp aku ga suka n ga berani ke tempat2 gitu maklum belum pernah. Maaf ya mbak kalo pertanyaanku banyak, hehee

    • July 26, 2013 at 2:14 pm
      Permalink

      Dear Ayu, saya ketemu suami di asiandating.com ceritannya klik disini. Setelah 3 bulan calonku itu ke Jakarta, soalnya saya ga berani ke negara dia duluan. Klo ga sesuai dg kriteriamu jangan pernah ditanggapi.
      Saya juga ga tahu bgm caranya, just be yourself dan banyak berdoa supaya ketemu yg baik dan sesuai dg keinginan kita 😉 . Saya juga ga gerani klo ke tempatnya langsung spt ke kemang gitu, bingung mau ngomong bgm hehe.

  • July 22, 2013 at 4:27 am
    Permalink

    Hihiii kok aku deg2an ya baca tips ini. Berasa mo kopdar sama org asing beneran deh. Seru kayanya 😉 pastinya tips ini perlu diterapkan yaa buat yg mo kopdar beneran..

  • July 22, 2013 at 12:32 am
    Permalink

    Pasti banyak yang terbantu Mba Nela atas tipsnya inii.. 🙂

  • July 21, 2013 at 8:10 am
    Permalink

    Naaahhhhh ya ini good tips banget bakal aku liatin ke temenku mba. Soale dia lg deket ma bule dan dlm waktu dekatmau kopdar ntah dimana. Intinya emang kita cewe jgn gampangan..gampang percya n ujug2nya ketipu. Thankyu sharingnya mba nella 😉

    Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

    • July 21, 2013 at 10:55 am
      Permalink

      Iya Nisa kita harus selalu waspada. Semoga temanmu sukses ya kopdarnya 😉 .

  • July 20, 2013 at 3:50 pm
    Permalink

    gimana kalo kopi daratnya sama orang indo juga mba? sarannya apa nih? hihihi.. 😀

  • July 19, 2013 at 12:08 pm
    Permalink

    Seru baca tips-tips dari Mba Nella…sayang kalo akang wawasannya cuma lokal sih 🙂 , tapi tips-nya tetep bisa digunakan koq 🙂

  • July 19, 2013 at 11:17 am
    Permalink

    Hmm …
    Saya rasa tips-tips ini sangat masuk akal …
    bukan curiga …
    ini hanya untuk menjaga segala sesuatu agar berjalan dikoridornya

    salam saya Nella

  • July 19, 2013 at 11:16 am
    Permalink

    Beberapa kali dekat dengan Bule Mbak…tapi nikah dengan Bule local alias orang Padang, ha ha ha
    Ada salah satu yang kenal lewat OL tapi akhirnya kami jadi sahabat dekat saja sih karena kami sadar lebih cocok bro and sis he he he

    Yang satunya hampir nikah tapi ga jadi, entah kenapa ngerasa nggak sreg aja namanya juga blom jodoh, he he

    Tipsnya bagus Mbak…biar selamat 😀

  • July 19, 2013 at 4:54 am
    Permalink

    Kalau kenalan online dan kemudian ingin kopdar, memang iya tuh… harus benar-benar cari tahu banget siapa dia…. dan ya itu, ikuti kata hati…

    • July 19, 2013 at 7:21 am
      Permalink

      Iya mbak, kita harus yakin dulu, cari tahu ttg dia, baru deh kopdar :).

  • July 18, 2013 at 5:22 pm
    Permalink

    Penting banget tuh mbak tipsnya. Bagaimanapun kita perlu persiapan untuk mengatasi segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi….

  • July 18, 2013 at 1:49 pm
    Permalink

    Hai neyla thanks buanget buat infonya. Saat ini aku juga sedang dekat dng sesorang. Boleh tidak bagi alamat atau alamat email kamu. Aku ingin tanya tanya secara pribadi. Thanks ya.

  • July 18, 2013 at 12:52 pm
    Permalink

    Kalau ketemuan di Indo juga mungkin ada baiknya bawa temen Nel.. Entah temennya ngikut jalan2 atau nungguin dimana gitu. Jadi biar berangkat dan pulangnya bareng temen.

    Tapi kalau soal safety kopdar gini sih berlaku ga cuma sama cowo asing aja sih. Banyak juga kejadian kan orang2 diculik karena kenalan di FB atau web2 gitu sama cowo2 lokal..

    • July 18, 2013 at 5:18 pm
      Permalink

      Maksudmu Be kalau ktemuan diluar Indonesia bawa teman gitu ya?, ide bagus bener tuh :).
      Iya Be bbrp kali nonton berita banyak di culik tuh kopdaran dari Fb, serem ah. Makanya harus cerita ke teman atau keluarga, jadi ga pergi diam-diam.

      • July 18, 2013 at 5:42 pm
        Permalink

        Di Indo pun menurutku perlu Nel. Kayak waktu aku ketemuan sama Bubu pertama kali di Jakarta, aku bawa adekku, dia bawa temennya (karena dia niatnya emang mau liburan sih).. jadi ga langsung kopdar berdua aja.. ^__^

  • July 18, 2013 at 10:39 am
    Permalink

    Good tips, tapi sebaiknya, hehe.. bukan menggurui, tapi, bukankah begitu banyak Pasangan Offline yang bisa Kamu temukan langsung tanpa perlu ber-ekspektasi dan berfantasi dengan org yg bahkan belum pernah kamu temui 🙂
    Anyway, I love this Blog, very much..
    Thanks so much untuk izinnya berkomentar.. 🙂

    • July 18, 2013 at 12:27 pm
      Permalink

      Saya tidak berada di lingkungan yang ada orang asingnya, jadi online ya satu-satunya cara. Kalau menunggu pria Indonesia saya tidak pernah di pdkt in loh sampai umur 30 th, masah saya yg ngajak nikah hihi.

  • July 18, 2013 at 10:08 am
    Permalink

    Tipsnya mantap mbak,memang kopdar dengan orang asing kudu hati2..

    • July 18, 2013 at 12:09 pm
      Permalink

      Iya harus hati-hati, itu kenapa saya srlalu sarankan supaya ketemuan di Indonesia, lebih aman buat si wanita.

  • July 18, 2013 at 7:57 am
    Permalink

    Hm, saya kadang suka coba web online, kok yang disana bulenya tua & keliatan nggak rapi tapi ngincer cewek muda semua ya? He2 jadi nggak minat deh Mba… jarang banget yang umur 20 -an, kan nggak banget kalo misalnya dapet yang seumuran bapak sendiri?

    • July 18, 2013 at 12:07 pm
      Permalink

      Jangan ditanggapi kalau tidak sesuai kriteria kita. Tulis profile kita yang jelas, jadi nga banyak yg aneh-aneh kontak kita ;).

      • July 19, 2013 at 3:16 am
        Permalink

        Di profil saya udah jelas kok kriterianya, tapi yang ngedeketin kok yang jauh dari kriteria saya. Ada bule berantakan, orang item, anak alay. Udah 1 tahun kayaknya ngga ada progress. Coba aja terus deh, kalau udah waktunya pasti dapet.

  • July 18, 2013 at 5:48 am
    Permalink

    hahaha bukan ama bule aja kali kencan harus da tips tips aman :p
    ama semua laki2 asing kali ya nga beda dia bule ato nga seh…
    safety kita sndri aja la dengan org yang belum begitu kenal… 🙂
    krn sy sndri kopi darat dengan laki2 pun harus safety la walaupun bukan bele wkwkwkwwk 🙂

  • July 18, 2013 at 5:13 am
    Permalink

    huahahahahah
    😀
    dikasih tips and trick buat dapetin cowok bule XD.
    tapi serem juga kadang mba kalau kenal sama cowo bule via online. takutnya banyak nipu. Kecuali di kenalin langsung sama temen 😀 jadi kan sedikit banyaknya kita tau latar belakangnya mba 🙂
    hahahaha

    • July 18, 2013 at 12:02 pm
      Permalink

      Ada yg nipu, banyak juga yg baik ko, spt suamiku nih 🙂 .. Kita harus hati-hati saja, jangan langsung keblinger pas baru pertama ketemuan :D.

  • July 18, 2013 at 4:15 am
    Permalink

    hihii.. senyum2 sendiri baca postingan yang ini mbak nella :p

  • July 18, 2013 at 3:15 am
    Permalink

    Oke setelah ini saya akan hunting cewek bule jerman yg katanya suka kulit sawo matang menuju hitam seperti saya hahahaha

    • July 18, 2013 at 11:56 am
      Permalink

      Haha :D. Katanya cowo Indonesia setia loh, makanya cewe bule juga suka ;).

  • July 18, 2013 at 1:36 am
    Permalink

    Ketajaman hati untuk mengenali dan keyakinan pada tuhan akan jodoh yang Dia gariskan, akan membuat kita menemukan yang tepat untuk kita. Tips2nya bagus mbak, universal. Khususnya bagi yang ingin menemukan jodoh di lintas bangsa.

  • July 18, 2013 at 1:04 am
    Permalink

    waaaah ada cerita cinta yang lengkap kak nela sama suami? inspiratif banget kak

  • July 17, 2013 at 11:53 pm
    Permalink

    good tips! intinya harus selalu waspada ya… jangan gampang keblinger 🙂

    • July 17, 2013 at 11:59 pm
      Permalink

      Thank you Man. Iya jangan langsung keblingger, asal bule dikira tajir, padahal dinegaranya buat hidup dapat bantuan dari pemerintah :D.

  • July 17, 2013 at 9:02 pm
    Permalink

    Mbak, serius ngak perna punya pengalaman ama co indo ???? ada trauma atau bagaimana ????? #penasaran #kepoo

    • July 17, 2013 at 11:57 pm
      Permalink

      Mungkin wajahku jauh dari kriteria buat para pria Indonesia. Sampai umur 30 tahun gak ada yg pdkt in saya loh 😆 kasihan deh ya :D. Masah saya sih yg nembak duluan, ga la yaa. Ya udah saya coba daftar ke online dating, ketemu yg cocok, dilamar ya saya terima ;).

  • July 17, 2013 at 8:14 pm
    Permalink

    Mbak…. klo saya cowok gmn? 🙂 tlg dong posting cara pertama kali face to face sama cewk bule… hehehe 🙂

    Yaaa…. mungkin bsa dri sisi mbak sbgai cewek atau pnglaman teman-teman mbak sndiri…. hehehe 🙂

    Curious soalnya,,… hehehe 🙂

    • July 17, 2013 at 11:53 pm
      Permalink

      Hai Rahmat mungkin kalau pria jarang-jarang cerita pengalaman mereka ya, jadi infonya juga sangat terbatas. Ya selama ini yang dominan kisah wanita-wanita asia yang mencari pria asing. Untuk pertanyaanmu, akan saya coba tanya ke forum kawin campur ya. Topik menarik nih untuk dibahas ;).

  • July 17, 2013 at 7:25 pm
    Permalink

    bagus info nya Nella. entah udah jadi kebiasaan atau tidak tapi disini, rata2 cewek US ku juga cari aman ya ketemuan di starbucks or taman gitu. temen2 kantor (yg mayoritas bule) malah sempet2 nya background check dulu di google nama si pria. entah kebiasaan atau gimana tapi katanya sih buat precaution gitu. siapa yg bisa jamin juga kalau2 ketemu sama pria gak bener… 😀

    • July 17, 2013 at 11:46 pm
      Permalink

      Oo cewe US gitu juga ya mbak. Saya dulu juga google nama si calon kencan. Nah masalanya kalau teman kencan tsb tidak suka ikutan sosial media, jadi tidak ketemu data-data dia. Pas googling ktemu nama yang sama persis, nama keluarga juga sama, ternyata tinggal di negara lain, sudah nikah, punya anak, stress dehh. Kalau wajah sebatas lihat foto ko mirip-mirip. Ternyata pas kita kopi darat dan ngobrol2 bahkan bertemu keluarga dan teman-temannya di negara dia, ya orang baik-baik, dia nih suamiku sekarang :D.

  • July 17, 2013 at 6:36 pm
    Permalink

    nice tips mba.
    harus banyak-banyak info tentang orang ybs sebelum kopdar ya… terus setuju sama komen Pak Iwan, lebih baik beda hotel.

  • July 17, 2013 at 6:35 pm
    Permalink

    tips2 yang berguna sekali nih mbak, terutama bagian info soal info2 pertemuan dgn orang asing tsb dgn keluarga dan kerabat.

    salam
    /kayka

    • July 17, 2013 at 11:30 pm
      Permalink

      Thanks mbak Kayka. Ya sebaiknya mereka yang ingin bertemu orang asing tidak diam-diam ya perginya ;).

  • July 17, 2013 at 5:03 pm
    Permalink

    Apresiasi untuk postingan Jeng Nella ini, wujud cinta kasih dan perlindungan dalam membangun pertemanan secara ‘aman’. Saya yakin banyak yang terbantu Jeng. Salam

    • July 17, 2013 at 11:27 pm
      Permalink

      Terima kadih bu Prih. Ya semoga berguna buat yang ikutan online dating :).

  • July 17, 2013 at 4:30 pm
    Permalink

    Kereeeen mbak …. Setuju dengan postingan Mbak Nella.
    Tapi sebenarnya bukan untuk yang pacaran ama bule aja kan yah. Karena banyak juga orang lokal yang lumayan ‘licik’ juga.
    Dan kalo bisa sih diharapkan kirim foto partner dating ke kerabat. Jadi kalo ada apa2 kan bisa langsung ditindak 😀

    • July 17, 2013 at 11:22 pm
      Permalink

      Kalau belum jadian sih biasanya ragu-ragu tuh Cha kasih lihat foto ke keluarga :D. Iya orang lokal juga banyak mulai niru-niru jadi scamer 🙁 .

      • July 18, 2013 at 1:15 pm
        Permalink

        Aku malah dulu sebelum kopdar ama Miku, sering minta poto dia ama keluarganya mbak 😀
        Orang lokal mulai belajar yang gak baik yah *tepok jidat*

        • July 18, 2013 at 5:20 pm
          Permalink

          Iya Cha, aku dulu juga minta foto banyak-banyak, minta foto FRank di tempat kerja, temannya, rumahnya, lingkungan rumahnya 😆 . Iya heran nih sama orang kita ga bener ko ditiru demi dapat duit 🙁 .

  • July 17, 2013 at 2:12 pm
    Permalink

    Sangat informatif tulisan ini. Semoga banyak yang mengambil manfaatnya, terutama bagi penggiat dating online, termasuk yang melakukannya dalam skala nasional agar selalu waspada.

  • July 17, 2013 at 1:53 pm
    Permalink

    Saya dapet tips yang berguna sekali, Mbak…
    Terima kasih untuk tulisannya 🙂

  • July 17, 2013 at 1:41 pm
    Permalink

    wah mba.. detil euy.. top lah..
    aq setuju sm mas Iwan.. beda hotel kl jd pertemuan di luar Asia.. cr aman lah..
    moga yg lg pd cr jodoh ktm True Love nya ya 🙂 spt mba nella 😉

  • July 17, 2013 at 1:03 pm
    Permalink

    Sebisa mungkin gali informasi jejak-jejaknya di dunia maya. Apakah ia orang pernah memiliki masalah (kriminal) atau tidak.
    Kepo-in karakter tulisan-tulisannya, yang jeli akan melihat ia orang baik-baik apa tidak.

    Kalau menginap di hotel meski pisah kamar, ya janganlah… lebih baik pisah hotel. Kalau dalam satu hotel, gangguannya lebih besar.

    • July 17, 2013 at 11:12 pm
      Permalink

      Benar pak Iwan kita harus kepo banyak hal dengan orang asing. Terima kasih pak buat masukkannya ;).

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: