Orang Jerman itu (bagian IV)

Orang Jerman itu (bagian IV). Pembaca setia, selamat hari sabtu dan selamat berakhir pekan. Saya masih punya beberapa hal mengenai kehidupan di Jerman yang mau saya informasikan ๐Ÿ˜‰ .

Orang Jerman itu (bagian IV). Kamera Pengintai di Jalan di Jerman. (Foto: dok. pribadi)

Kamera Pengintai di Jalan di Jerman. (Foto: dok. pribadi)

  1. Kalau lagi nyetir tidak boleh menggunakan hp, ketahuan polisi dendanya 30 Euro (Rp.387.000 *kurs Rp.12.900). Sering loh polisinya ngumpet jadi sebaiknya patuhi peraturan berlalulintas kalau tidak mau kena tilang ๐Ÿ˜‰ .
  2. Naik sepeda juga harus taat peraturan lalu lintas. Gunakan jalan khusus sepeda, kalau tidak ada jalur khusus bisa gunakan jalur mobil. Pengendara sepeda juga bisa kena denda, misal jalan di jalur yang salah, pakai walkman sambil bersepeda. Dendanya 20 Euro saja. *mending jalan kaki deh aman hehe ๐Ÿ˜† .
  3. Naik kereta harus beli tiket, kalau kena razia dendanya 40 euro (Rp.516.000 *kurs Rp.12.900) untuk jarak dekat. Di kota besar contohnya saya pernah lihat Berlin, umumnya petugasnya tidak berpakaian selayaknya petugas. Petugas berbaur dan perpakaian seperti orang umum. Kadang duduk bersama penumpang trus kereta mulai jalan, petugas mulai merazia penumpang yang tidak beli tiket. Bayar dendanya tidak ke petugas. Petugas membawa seperti mesin kecil untuk memasukkan data penumpang yang kena razia. Nanti dikirim surat tagihan ke rumah, dan kita bayar dengan Bank transfer.

Berhubung ada pertanyaan menarik dari Omnduut : Kalau orang asing (turis) naik kereta di Jerman dan tidak beli tiket eh pas ketemu petugas kontrol, kemana tagihannya dikirim?.

Setelah tanya suamiku nih, dia bilang dendanya bayar ditempat, bisa cash atau bisa dengan gesek kartu kredit.

Nah berhubung cuma jawaban dari satu orang tidak puas ah. Saya tanya ke forum. Jawabannya:
โ€ข Ternyata ada yang pernah berpengalaman kena denda denda 150 Euro bayar di tempat.
โ€ข Bayarnya langsung ke petugas, kalau petugasnya baik di suruh turun di stasiun berikutnya dan beli tiket kereta berikutnya.
โ€ข Bisa bayar cash atau gesek kartu kredit. Petugasnya ada bawa mesin geseknya.

Tulisan Terkini

Ternyata dapat info dari negara lain juga, yakni:
โ€ข Di Yunani bayar di tempat, dendanya 60x harga tiket.
โ€ข Di Perancis dendanya 300โ‚ฌ lebih (Rp. 3.870.000 *kurs rp.12.900)
โ€ข Di Swiss naik Tram tanpa ticket, denda Sfr 100 (Rp. 1.050.000 *kurs rp.10.500). Plus bayar tiket penuh. Pengumuman ini ditulis didalam Tram. Jika kejadiannya di Kereta Api, selain denda juga plus masuk criminal record yang link dengan semua akses.
โ€ข Di Italia denda 100 Euro.

Harap jangan berpikir seperti di Indonesia (tepatnya kereta Jabotabek kali ya ๐Ÿ˜† ), jangan coba-coba tidak beli tiket kereta ketika kamu menggunakan kereta di Eropa.

  1. Guru les saya bilang, kalau ada orang awam masuk ke gedung pertemuan (gedung pesta) dia mungkin akan bingung, tidak tahu itu acara pesta pernikahan atau acara pemakaman? Karena pesta pernikahan disini tidak ada heboh-hebohnya seperti di Indonesia. Disini hanya makan-makan, ngobrol, makan lagi sambil ngobrol sampai lewat tengah malam.
  2. Orang-orangnya mulai anak-anak hingga orangtua kebanyakan pakai sepatu kets kemana-mana. Kadang aneh saja sih, pakaian sudah oke banget, lihat kebawah ketawa deh, sepatunya sepatu kets :mrgreen:. Saya sering nonton TV lihat reporter TV meliput berita. Baju atasannya keren berjas, sepatunya yaelah ok sepatu kets hehe.
  3. Jika bertamu ke rumah orang Jerman totok biasanya tidak perlu lepas sepatu. Kalaupun kita mau lepas sepatu, karena ga enak kuatir rumah jadi kotor, terkadang yang punya rumah agak maksa, โ€œgak usah lepas sepatu, pakai saja!โ€. Saya baru tahu alasannya, pas kurus Integrasi, ternyata kalau kita lepas sepatu, kebanyakan bau kaki boo ๐Ÿ˜› . Makanya diminta tidak usah lepas sepatu. Kalau bertamunya ke bukan orang Jerman, ya kita tanya dulu lepas sepatu ga?, biasanya yang punya rumah ada sandal rumah buat tamunya. Kalau tidak ada ya berkaos kaki saja, asal pastikan kaos kaki kamu tidak bau yaa :D. Kalau kedatangan tamu orang Jerman ya pasrah aja rumahmu kalau kotor, karena mereka ga mau lepas sepatu, kecuali kalau pasangan kawin campur seperti Frank nih, dia sih sudah tahu kalau di rumah ya jangan pakai sepatu. Kan cape ya nyapu ngepelnya.
  4. Makanannya paling banyak aneka macam roti, keju dan daging. Menurut saya daging tuh bisa ada 1001 jenis, enek juga kalau tiap hari makanannya pakai daging.
  5. Malam cenderung tidak makanan hangat, jadi hanya makan roti dengan keju dll disebutnya โ€žkaltessenโ€œ. Untung nih ibu rumah tangga ga harus masak.
  6. Ada yang bersin kita bilang “gesundheit!” artinya “bless you”.
  7. Kalau makan kita bilang “Guten Appetit” artinya “Selamat Makan” kalau yang makan sendirian, yang makan paling bilang “Danke” “Terima Kasih”.

Ich wรผnsche euch ein schรถnes wochenende!. Happy weekend! ๐Ÿ™‚ .

Bagian I klik disini
Bagian II klik disini
Bagian III klik disini
Bagian V klik disini
Bagian VI klik disini

125 Comments

  1. pursuingmydreams March 4, 2014
  2. Ditter March 4, 2014
  3. pursuingmydreams November 28, 2013
  4. tembokputih November 28, 2013
  5. pursuingmydreams November 27, 2013
  6. tembokputih November 27, 2013
  7. tembokputih November 27, 2013
  8. pursuingmydreams November 27, 2013
  9. pursuingmydreams November 27, 2013
  10. tembokputih November 24, 2013
  11. tembokputih November 24, 2013
  12. pursuingmydreams November 24, 2013
  13. Nadira Elkalam November 23, 2013
  14. pursuingmydreams October 22, 2013
  15. Sarifa October 22, 2013
  16. pursuingmydreams October 11, 2013
  17. Fauziah Hafni October 11, 2013
  18. pursuingmydreams October 6, 2013
  19. Fauziah Hafni October 6, 2013
  20. Fauziah Hafni October 6, 2013
  21. Fauziah Hafni October 6, 2013
  22. pursuingmydreams September 27, 2013
  23. fauziah hafni September 27, 2013
  24. aisyah36 August 31, 2013
  25. pursuingmydreams August 25, 2013
  26. anduring August 25, 2013
  27. pursuingmydreams August 6, 2013
  28. yuyu August 6, 2013
  29. pursuingmydreams August 4, 2013
  30. lambangsarib August 3, 2013
  31. sitiagel August 3, 2013
  32. pursuingmydreams August 3, 2013
  33. h0tchocolate August 3, 2013
  34. pursuingmydreams August 3, 2013
  35. helenamranani August 3, 2013
  36. pursuingmydreams July 30, 2013
  37. riga July 30, 2013
  38. bebe' July 30, 2013
  39. kasamago July 30, 2013
  40. pursuingmydreams July 30, 2013
  41. kasamago July 30, 2013
  42. potretbikers July 30, 2013
  43. pursuingmydreams July 30, 2013
  44. riga July 30, 2013
  45. pursuingmydreams July 29, 2013
  46. pursuingmydreams July 29, 2013
  47. Silvie July 29, 2013
  48. arip July 29, 2013
  49. Yani ้›…ๅฆฎ July 29, 2013
  50. pursuingmydreams July 29, 2013
  51. pursuingmydreams July 29, 2013
  52. pursuingmydreams July 29, 2013
  53. pursuingmydreams July 29, 2013
  54. pursuingmydreams July 29, 2013
  55. pursuingmydreams July 29, 2013
  56. pursuingmydreams July 29, 2013
  57. Yani ้›…ๅฆฎ July 29, 2013
  58. Pypy July 29, 2013
  59. sondangrp July 29, 2013
  60. melanie July 29, 2013
  61. cumilebay.com July 29, 2013
  62. Nina July 29, 2013
  63. elam July 28, 2013
  64. pursuingmydreams July 28, 2013
  65. sondangrp July 28, 2013
  66. pursuingmydreams July 28, 2013
  67. abi_gilang July 28, 2013
  68. pursuingmydreams July 28, 2013
  69. pursuingmydreams July 28, 2013
  70. pursuingmydreams July 28, 2013
  71. pursuingmydreams July 28, 2013
  72. pursuingmydreams July 28, 2013
  73. pursuingmydreams July 28, 2013
  74. dedy oktavianus pardede July 28, 2013
  75. mariskaajeng July 28, 2013
  76. pursuingmydreams July 28, 2013
  77. nyonyasepatu July 28, 2013
  78. prih July 28, 2013
  79. pursuingmydreams July 28, 2013
  80. ded July 28, 2013
  81. nyapurnama July 28, 2013
  82. mariskaajeng July 27, 2013
  83. Ryan July 27, 2013
  84. pursuingmydreams July 27, 2013
  85. pursuingmydreams July 27, 2013
  86. pursuingmydreams July 27, 2013
  87. pursuingmydreams July 27, 2013
  88. pursuingmydreams July 27, 2013
  89. pursuingmydreams July 27, 2013
  90. pursuingmydreams July 27, 2013
  91. Nisa July 27, 2013
  92. Ryan July 27, 2013
  93. Melissa Octoviani July 27, 2013
  94. chris13jkt July 27, 2013
  95. dyazafryan July 27, 2013
  96. Fascha July 27, 2013
  97. ditter July 27, 2013
  98. kayka July 27, 2013
  99. lambangsarib July 27, 2013
  100. pursuingmydreams July 27, 2013
  101. pursuingmydreams July 27, 2013
  102. Omnduut July 27, 2013
  103. lambangsarib July 27, 2013
  104. pursuingmydreams July 27, 2013
  105. pursuingmydreams July 27, 2013
  106. pursuingmydreams July 27, 2013
  107. pursuingmydreams July 27, 2013
  108. pursuingmydreams July 27, 2013
  109. pursuingmydreams July 27, 2013
  110. pursuingmydreams July 27, 2013
  111. pursuingmydreams July 27, 2013
  112. pursuingmydreams July 27, 2013
  113. pursuingmydreams July 27, 2013
  114. pursuingmydreams July 27, 2013
  115. mudagrafika July 27, 2013
  116. dyazafryan July 27, 2013
  117. n1ngtyas July 27, 2013
  118. Zizy Damanik July 27, 2013
  119. Nazimah Elfish July 27, 2013
  120. Yani ้›…ๅฆฎ July 27, 2013
  121. kebomandi July 27, 2013
  122. monda July 27, 2013
  123. Ika Koentjoro July 27, 2013
  124. Fascha July 27, 2013
  125. danirachmat July 27, 2013
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: