Orang Jerman itu (bagian IV)

Orang Jerman itu (bagian IV). Pembaca setia, selamat hari sabtu dan selamat berakhir pekan. Saya masih punya beberapa hal mengenai kehidupan di Jerman yang mau saya informasikan 😉 .

Orang Jerman itu (bagian IV). Kamera Pengintai di Jalan di Jerman. (Foto: dok. pribadi)

Kamera Pengintai di Jalan di Jerman. (Foto: dok. pribadi)

  1. Kalau lagi nyetir tidak boleh menggunakan hp, ketahuan polisi dendanya 30 Euro (Rp.387.000 *kurs Rp.12.900). Sering loh polisinya ngumpet jadi sebaiknya patuhi peraturan berlalulintas kalau tidak mau kena tilang 😉 .
  2. Naik sepeda juga harus taat peraturan lalu lintas. Gunakan jalan khusus sepeda, kalau tidak ada jalur khusus bisa gunakan jalur mobil. Pengendara sepeda juga bisa kena denda, misal jalan di jalur yang salah, pakai walkman sambil bersepeda. Dendanya 20 Euro saja. *mending jalan kaki deh aman hehe 😆 .
  3. Naik kereta harus beli tiket, kalau kena razia dendanya 40 euro (Rp.516.000 *kurs Rp.12.900) untuk jarak dekat. Di kota besar contohnya saya pernah lihat Berlin, umumnya petugasnya tidak berpakaian selayaknya petugas. Petugas berbaur dan perpakaian seperti orang umum. Kadang duduk bersama penumpang trus kereta mulai jalan, petugas mulai merazia penumpang yang tidak beli tiket. Bayar dendanya tidak ke petugas. Petugas membawa seperti mesin kecil untuk memasukkan data penumpang yang kena razia. Nanti dikirim surat tagihan ke rumah, dan kita bayar dengan Bank transfer.

Berhubung ada pertanyaan menarik dari Omnduut : Kalau orang asing (turis) naik kereta di Jerman dan tidak beli tiket eh pas ketemu petugas kontrol, kemana tagihannya dikirim?.

Setelah tanya suamiku nih, dia bilang dendanya bayar ditempat, bisa cash atau bisa dengan gesek kartu kredit.

Nah berhubung cuma jawaban dari satu orang tidak puas ah. Saya tanya ke forum. Jawabannya:
• Ternyata ada yang pernah berpengalaman kena denda denda 150 Euro bayar di tempat.
• Bayarnya langsung ke petugas, kalau petugasnya baik di suruh turun di stasiun berikutnya dan beli tiket kereta berikutnya.
• Bisa bayar cash atau gesek kartu kredit. Petugasnya ada bawa mesin geseknya.

Tulisan Terkini

Ternyata dapat info dari negara lain juga, yakni:
• Di Yunani bayar di tempat, dendanya 60x harga tiket.
• Di Perancis dendanya 300€ lebih (Rp. 3.870.000 *kurs rp.12.900)
• Di Swiss naik Tram tanpa ticket, denda Sfr 100 (Rp. 1.050.000 *kurs rp.10.500). Plus bayar tiket penuh. Pengumuman ini ditulis didalam Tram. Jika kejadiannya di Kereta Api, selain denda juga plus masuk criminal record yang link dengan semua akses.
• Di Italia denda 100 Euro.

Harap jangan berpikir seperti di Indonesia (tepatnya kereta Jabotabek kali ya 😆 ), jangan coba-coba tidak beli tiket kereta ketika kamu menggunakan kereta di Eropa.

  1. Guru les saya bilang, kalau ada orang awam masuk ke gedung pertemuan (gedung pesta) dia mungkin akan bingung, tidak tahu itu acara pesta pernikahan atau acara pemakaman? Karena pesta pernikahan disini tidak ada heboh-hebohnya seperti di Indonesia. Disini hanya makan-makan, ngobrol, makan lagi sambil ngobrol sampai lewat tengah malam.
  2. Orang-orangnya mulai anak-anak hingga orangtua kebanyakan pakai sepatu kets kemana-mana. Kadang aneh saja sih, pakaian sudah oke banget, lihat kebawah ketawa deh, sepatunya sepatu kets :mrgreen: . Saya sering nonton TV lihat reporter TV meliput berita. Baju atasannya keren berjas, sepatunya yaelah ok sepatu kets hehe.
  3. Jika bertamu ke rumah orang Jerman totok biasanya tidak perlu lepas sepatu. Kalaupun kita mau lepas sepatu, karena ga enak kuatir rumah jadi kotor, terkadang yang punya rumah agak maksa, “gak usah lepas sepatu, pakai saja!”. Saya baru tahu alasannya, pas kurus Integrasi, ternyata kalau kita lepas sepatu, kebanyakan bau kaki boo 😛 . Makanya diminta tidak usah lepas sepatu. Kalau bertamunya ke bukan orang Jerman, ya kita tanya dulu lepas sepatu ga?, biasanya yang punya rumah ada sandal rumah buat tamunya. Kalau tidak ada ya berkaos kaki saja, asal pastikan kaos kaki kamu tidak bau yaa :D. Kalau kedatangan tamu orang Jerman ya pasrah aja rumahmu kalau kotor, karena mereka ga mau lepas sepatu, kecuali kalau pasangan kawin campur seperti Frank nih, dia sih sudah tahu kalau di rumah ya jangan pakai sepatu. Kan cape ya nyapu ngepelnya.
  4. Makanannya paling banyak aneka macam roti, keju dan daging. Menurut saya daging tuh bisa ada 1001 jenis, enek juga kalau tiap hari makanannya pakai daging.
  5. Malam cenderung tidak makanan hangat, jadi hanya makan roti dengan keju dll disebutnya „kaltessen“. Untung nih ibu rumah tangga ga harus masak.
  6. Ada yang bersin kita bilang “gesundheit!” artinya “bless you”.
  7. Kalau makan kita bilang “Guten Appetit” artinya “Selamat Makan” kalau yang makan sendirian, yang makan paling bilang “Danke” “Terima Kasih”.

Ich wünsche euch ein schönes wochenende!. Happy weekend! 🙂 .

Bagian I klik disini
Bagian II klik disini
Bagian III klik disini
Bagian V klik disini
Bagian VI klik disini

125 Comments

  1. pursuingmydreamsMaret 4, 2014
  2. DitterMaret 4, 2014
  3. pursuingmydreamsNovember 28, 2013
  4. tembokputihNovember 28, 2013
  5. pursuingmydreamsNovember 27, 2013
  6. tembokputihNovember 27, 2013
  7. tembokputihNovember 27, 2013
  8. pursuingmydreamsNovember 27, 2013
  9. pursuingmydreamsNovember 27, 2013
  10. tembokputihNovember 24, 2013
  11. tembokputihNovember 24, 2013
  12. pursuingmydreamsNovember 24, 2013
  13. Nadira ElkalamNovember 23, 2013
  14. pursuingmydreamsOktober 22, 2013
  15. SarifaOktober 22, 2013
  16. pursuingmydreamsOktober 11, 2013
  17. Fauziah HafniOktober 11, 2013
  18. pursuingmydreamsOktober 6, 2013
  19. Fauziah HafniOktober 6, 2013
  20. Fauziah HafniOktober 6, 2013
  21. Fauziah HafniOktober 6, 2013
  22. pursuingmydreamsSeptember 27, 2013
  23. fauziah hafniSeptember 27, 2013
  24. aisyah36Agustus 31, 2013
  25. pursuingmydreamsAgustus 25, 2013
  26. anduringAgustus 25, 2013
  27. pursuingmydreamsAgustus 6, 2013
  28. yuyuAgustus 6, 2013
  29. pursuingmydreamsAgustus 4, 2013
  30. lambangsaribAgustus 3, 2013
  31. sitiagelAgustus 3, 2013
  32. pursuingmydreamsAgustus 3, 2013
  33. h0tchocolateAgustus 3, 2013
  34. pursuingmydreamsAgustus 3, 2013
  35. helenamrananiAgustus 3, 2013
  36. pursuingmydreamsJuli 30, 2013
  37. rigaJuli 30, 2013
  38. bebe'Juli 30, 2013
  39. kasamagoJuli 30, 2013
  40. pursuingmydreamsJuli 30, 2013
  41. kasamagoJuli 30, 2013
  42. potretbikersJuli 30, 2013
  43. pursuingmydreamsJuli 30, 2013
  44. rigaJuli 30, 2013
  45. pursuingmydreamsJuli 29, 2013
  46. pursuingmydreamsJuli 29, 2013
  47. SilvieJuli 29, 2013
  48. aripJuli 29, 2013
  49. Yani 雅妮Juli 29, 2013
  50. pursuingmydreamsJuli 29, 2013
  51. pursuingmydreamsJuli 29, 2013
  52. pursuingmydreamsJuli 29, 2013
  53. pursuingmydreamsJuli 29, 2013
  54. pursuingmydreamsJuli 29, 2013
  55. pursuingmydreamsJuli 29, 2013
  56. pursuingmydreamsJuli 29, 2013
  57. Yani 雅妮Juli 29, 2013
  58. PypyJuli 29, 2013
  59. sondangrpJuli 29, 2013
  60. melanieJuli 29, 2013
  61. cumilebay.comJuli 29, 2013
  62. NinaJuli 29, 2013
  63. elamJuli 28, 2013
  64. pursuingmydreamsJuli 28, 2013
  65. sondangrpJuli 28, 2013
  66. pursuingmydreamsJuli 28, 2013
  67. abi_gilangJuli 28, 2013
  68. pursuingmydreamsJuli 28, 2013
  69. pursuingmydreamsJuli 28, 2013
  70. pursuingmydreamsJuli 28, 2013
  71. pursuingmydreamsJuli 28, 2013
  72. pursuingmydreamsJuli 28, 2013
  73. pursuingmydreamsJuli 28, 2013
  74. mariskaajengJuli 28, 2013
  75. pursuingmydreamsJuli 28, 2013
  76. nyonyasepatuJuli 28, 2013
  77. prihJuli 28, 2013
  78. pursuingmydreamsJuli 28, 2013
  79. dedJuli 28, 2013
  80. nyapurnamaJuli 28, 2013
  81. mariskaajengJuli 27, 2013
  82. RyanJuli 27, 2013
  83. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  84. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  85. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  86. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  87. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  88. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  89. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  90. NisaJuli 27, 2013
  91. RyanJuli 27, 2013
  92. Melissa OctovianiJuli 27, 2013
  93. chris13jktJuli 27, 2013
  94. dyazafryanJuli 27, 2013
  95. FaschaJuli 27, 2013
  96. ditterJuli 27, 2013
  97. kaykaJuli 27, 2013
  98. lambangsaribJuli 27, 2013
  99. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  100. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  101. OmnduutJuli 27, 2013
  102. lambangsaribJuli 27, 2013
  103. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  104. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  105. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  106. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  107. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  108. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  109. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  110. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  111. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  112. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  113. pursuingmydreamsJuli 27, 2013
  114. mudagrafikaJuli 27, 2013
  115. dyazafryanJuli 27, 2013
  116. n1ngtyasJuli 27, 2013
  117. Zizy DamanikJuli 27, 2013
  118. Nazimah ElfishJuli 27, 2013
  119. Yani 雅妮Juli 27, 2013
  120. kebomandiJuli 27, 2013
  121. mondaJuli 27, 2013
  122. Ika KoentjoroJuli 27, 2013
  123. FaschaJuli 27, 2013
  124. danirachmatJuli 27, 2013
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: