Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog

loading...

Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog. Sahabat blogger, siapakah diantara kalian yang sering (suka) memperhatikan trafik blog kamu?. Tentunya kamu suka dong kalau trafik blog kamu semakin bertambah dari hari kehari. Oke kalau kamu sama sekali tidak tertarik dan hanya berharap blogmu sebagai layaknya buku diari, sebaiknya tutup tulisan ini, karena saya hanya akan berbicara dengan mereka yang tertarik membahas trafik blog, eh tapi kalau kamu penasaran juga ya silakan baca hingga akhir tulisan ini 😀 .

Team di WordPress mereka juga ingin ko kalau kita sebagai penguna WP bisa mendapatkan lebih banyak trafik dan mereka membangun fitur dan membantu kita untuk hal tersebut. Nah berikut ini Top rekomendasi untuk mendapatkan lebih banyak trafik:

1. Update halaman „About me“ atau info mengenai blog kamu. Intinya ada informasi mengenai siapa pemilik blog. Salah satu yang diinginkan pengunjung blog kamu tentunya untuk mengenalmu terlebih dahulu. Kalau kamu tidak memperbarui halaman „About me“ dan hanya ada informasi sesingkat-singkatnya ya pengunjung kecewa.

Namun jika kamu secara singkat mungkin minimal dua palagraf menjelaskan siapa kamu, aliran blogmu (hehe pakai aliran segala) iya kamu paling suka menulis mengenai apa? :P. Intinya kalau halaman „About me“ berkesan, bagus apalagi tulisannya yang lucu-lucu yang membuat pengunjung suka, nah mereka akan kembali berkunjung lebih sering lagi. Syukur-syukur kalau pengunjung baru tersebut langsung follow blog kamu.

2. Hidupkan Fitur Publikasi. Kamu bisa dengan mudah menghubungkan blogmu dengan media sosial. Nantinya jika kamu posting tulisan baru, secara otomatis akan muncul ke media sosial yang kamu ikuti. Yang tersedia saat ini Twitter, Facebook, Yahoo dan Linkedln accounts.

Caranya, lihat dashboard blogmu. Pilih Pengaturan → Sharing

Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog. Hidupkan Fitur Publikasi untuk Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
Hidupkan Fitur Publikasi untuk Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog

Penjelasan satu persatu untuk menghubungkan blog kamu dengan media sosial silakan klik disini.
3. Hidupkan Fitur Sharing.
Caranya, lihat dashboard blogmu. Pilih Pengaturan → Sharing. Fitur sharing ini letaknya pas dibawah “Publikasi”. Ada tulisan “Layanan yang tersedia”, kamu arahkan mouse mu misal ke Twitter, nanti muncul tanda + tinggal tarik Twitternya ke bagian bawahnya ada tulisan “Enabled Service”. Kalau sudah selesai pilih, jangan lupa klik “Simpan Perubahan” tombol dibagian paling bawah.

Gunanya fitur ini adalah pembaca blogmu kalau suka bisa berbagi ke media social yang mereka ikuti. Atau kalau ada yang butuh bisa kirim ke email. Untuk urusan mencetak sebisa mungkin diminimalkan. Kalau tidak butuh sekali lebih baik baca secara online, ya hitung-hitung hemat kertas dan tinta printer kan ;).

 

Lebih Banyak Trafik Blog bisa didapat melalui fitur Sharing
Lebih Banyak Trafik Blog bisa didapat melalui fitur Sharing

4. Aktifkan Fitur Berlangganan melalui Email. Jangan salah loh, email juga bisa menjadi salah satu sumber trafik blog. Tidak semua pengunjung blog adalah blogger juga, jadi dengan adanya fitur ini di blog kamu, maka pengunjung bisa tetap terhubung dengan blogmu. Jadi segera aktifkan widget berlangganan melalui email.

Caranya: lihat dashboard blogmu. Pilih Tampilan → Widget → Follow Blog

Aktifkan Fitur Berlangganan melalui Email
Aktifkan Fitur Berlangganan melalui Email

Tinggal seret (bawa) fiturnya ke sisi blog bagian mana kamu mau. Kalau saya letakkan fitur ini di bagian paling atas dan paling bawah. Kenapa 2?. Menurut saya begini: ada pengunjung yang melihat tampilan awal langsung suka, maka mereka tanpa ragu langsung berlangganan melalui email, namun ada juga yang buka dan baca-baca beberapa tulisan terlebih dahulu, setelah sampai bagian bawah tulisan, dan mereka suka dengan tulisan kita, maka mereka bisa melihat fitur berlangganan melalui email ini pada bagian bawah blog.

Saya letakkan Fitur Berlangganan melalui Email di bagian paling atas dan paling bawah Blog
Saya letakkan Fitur Berlangganan melalui Email di bagian paling atas dan paling bawah Blog

5. Posting secara teratur. Pilih jadwal yang tepat untuk kamu. Sekali sehari, seminggu sekali, dua minggu sekali, dan tepatilah. Saya sih semoga paling sedikit bisa seminggu sekali ada judul baru di blog ini. Jika kamu butuh ide-ide untuk posting, bisa baca dan berlangganan DailyPost.

6. Menulis yang Baik.

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

156 thoughts on “Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog

  • February 13, 2014 at 4:14 pm
    Permalink

    Wah…. bagus mbak…. 🙂 menyadarkan ku kembali untuk sediain waktu blogwalking.. thanks 🙂

  • February 13, 2014 at 8:45 am
    Permalink

    siap segera ngikutin tipsnya mbak nell, kecuali yg no terakhir kayaknya berat diongkos,hihi…tapi beneran bnyak berguru dari mbak Nella ni soal dunia perwipian, apalagi aku kadang masih suka lola sm fitur2 di wipi 😆

    • February 13, 2014 at 10:13 pm
      Permalink

      Hai Amy hari ini sudah kukirim kartuposnya, biasanya 2 minggu nyampe sih *maaf oot dari komentarmu 😀 .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: