Posisi Tidur Terbaik Ibu Hamil

loading...

Posisi Tidur Terbaik Ibu Hamil. Saya punya banyak hal seputar kehamilan yang ingin saya diceritakan, namun apa daya saya tidak punya waktu berjam-jam untuk duduk di depan komputer, jadi ya pengalaman mengendap saja di kepala hihi.

Nah kali ini mumpung saya ingat, saya ingin berbagi pengalaman mengenai posisi tidur (malam hari) ternyaman saat kehamilan. Pengalaman antara ibu-ibu hamil lainnya tentu saja akan saling berbeda ya 😉 .

Posisi tidur ibu hamil. Bantal tidur foto bagian atas enak sekali ya, sepertinya nyamann. Sumber foto pregnancyweekbyweekcalendar.info

Posisi tidur ibu hamil. Bantal tidur foto bagian atas enak sekali ya, sepertinya nyamann. Sumber foto pregnancyweekbyweekcalendar.info

Trimester 1: posisi tidur paling nyaman adalah miring ke kanan, kalau miring ke kiri payudara (PD) terasa sakit sekali karena tertekan. Pada Trimester 1 ini sama sekali tidak bisa miring ke kiri, jadi Frank selalu lihat punggung saya saja hahaha. Tidur malam selalu nyenyak, ada saat-saat dimana saya menggerang „nyeri“ itu kalau tanpa sadar saya miring ke kiri, jadi muter kembali deh ke kianan.

Pada Trimester I, saya sering sekali merasa ngantuk luar biasa, apalagi setelah makan (berat) siang dan sore hari, rasa kantuk tidak tertahankan. Kalau sedang tidak ada yang dikerjakan ya tidur siang 1-2 jam, kalau lagi banyak kerjaan, di tunda-tunda tidurnya malah jadi segar kembali 😀 .

Trimester 2: sama seperti pada trisemester 1 posisi tidur paling nyaman tetap miring ke kanan.
Akhir trimester 2 posisi tidur ke kiri, PD sudah tidak sakit lagi.

Trisemester 3: terkadang saya mulai merasa enak kalau miring ke kiri, namun miring ke kanan tetap jadi pilihan utama saya. Pada saat usia kehamilan 16-22 minggu, dimana ibu hamil mulai merasakan tendangan bayi, nah kalau pengalaman saya: ketika miring ke kiri, si bayi seperti merasa tidak suka posisi ini, jadi terasa sekali “gerakan bayi” atau “tendangan bayi” selama beberapa saat, membuat saya terjaga dari tidur.

Mungkin kalau bayiku bisa bicara dia akan bilang: “miring ke kanan donggg makk, tidak enak nih” hahaha :mrgreen: . Nah setelah saya miring ke kanan, baru gerakan bayinya mereda dan saya bisa kembali tidur nyenyak.

Pada Trisemester 1 dan pertengahan Trisemester 2 saya masih bisa miring ke kanan atau ke kiri seorang diri (tanpa bantuan). Pada akhir semester 2 dan hingga trisemester 3, saya sangat butuh bantuan suami untuk memiringkan posisi tidur saya. Kalau tidak dibantu saya akan “menggerang” susah mutar (memiringkan) badan. Kalau erangan saya kuat ya si Frank bangun, dan bantuin saya hihi.

Kalau mau ke kanan, Frank akan dorong pelan-pelan punggung saya, kalau mau miring ke kiri, lengan saya akan ditarik pelan-pelan. Ketika posisi tidur saya sudah nyaman saya bilang „terima kasih“ lalu kami tidur nyenyak lagi hehe. Putar-putar posisi tidur tidak hanya satu kali dalam semalam loh, kadang bisa 4-5 kali bahkan lebih ngerepoting dan nganggu pasangan tidur yaa 🙄 Frank sama sekali tidak pernah komplain atau marah, pokoknya baik bangettt dah dia 🙂 .

Terkadang (kalau ingat) saya baca-baca forum The Urban Mama (TUM), banyak sekali pengalaman berharga para bumil di forum tersebut. Saya hanya member pasif saja. Nah di forum tersebut ternyata banyak para bumil yang bilang posisi tidur ternyaman adalah miring ke kiri, saya malah sebaliknya.

Dari website babycenter.com mengatakan:

• Posisi tidur miring ke sebelah kiri sangat dianjurkan karena memberikan manfaat bagi bayi, akan meningkatkan aliran darah yang membawa nutrisi yang maksimal ke plasenta.
• Membantu ginjal secara efisien menghilangkan produk-produk racun (limbah) dari tubuh, sehingga mengurangi pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, dan tangan.
Hindari posisi tidur telentang (apalagi kalau perut sudah besar), karena: tidur dengan posisi telentang akan membuat rahim menekan tulang belakang, otot punggung, usus dan pembuluh darah utama. Hal ini akan menyebabkan sakit punggung, wasir dan mengganggu sirkulasi darah ke janin. Ibu hamil akan juga merasakan pusing, tekanan darah rendah, mendengkur, peningkatan berat badan, dan bisa menyebabkan gangguan henti nafas (sleep apnea).

Namun ada juga beberapa website pregnancy yang mengatakan tidak masalah miring ke kanan atau ke kiri yang penting nyaman buat si ibu hamil.

Oh iya memeluk guling juga membuat tidur saya tambah nyaman 🙂 .

Begitulah pengalaman saya mengenai posisi tidur, bagaimana pengalaman ibu hamil lainnya? penasaran saya silakan berbagi di kolom komentar ya 😉 .

 

baby development

Advertisements

73 thoughts on “Posisi Tidur Terbaik Ibu Hamil

  1. Lhoooo…Nel emang udah masuk trimester ke 3 yaaaah?
    Akh, gak kerasa dong yaaaah…

    Aku waktu udah hamil gede gitu senengnya sih miring kiri…
    pokoknya ngadep tembok dan membelakangi suami deh…hihihi…

    Tapi kalo perut udah gede gitu kalo mau tidur sempet berasa ribet karena sering pengen ke kamar kecil terus tuh Nel…

    Semoga dirimu sehat terus yaaaah 🙂

    • 27 minggu sudah masuk trisemester 3 blum Ry? 😀 .
      Aku bolak balik ke toilet malah pas trisemester 1 loh.
      Belakang ini bolak balik ke toilet kalau aku banyak makan jeruk, sehari bisa habis 5 jeruk 😆 .

  2. dulu waktu susah tidur di punggung blkg sampe ganjel pake bantal biar posisinya enak hahaha dan itu harus 30 derajat miringnya kl 90 derajat perutnya keteken hihihih…
    enjoy yah mbak Nel, nanti kalau udah lahiran kangen loh elus2 perut yang bulet hahahha

  3. paling enak tuh miring dan belakangnya diganjel guling, sebenernya kalo ada budget pengen beli bantal bumil yang seset sama penyangga belakang itu, oohh soo comfy. pokoknya pas aku hamil gede yg pertama tuh malah nggak mau dipeluk suami dr belakang, pegel. selalu ada guling di antara kita hehe. sehat2 ya hamilnya mba nela, skrg udah duk duk ya nggak blub blub lagi 🙂 aku juga walau kemarin udah kehilangan, syukurnya langsung diberi lagi nih, ga sabar pengen cepet2 duk duk 🙂

    • Bantal gulingku cuma satu, buat dipeluk 😀 . Klo misal diganjel guling walah ntar susah muter badannya dong, jd satu posisi 😀 . Tp sptnya nyaman klo punya punya bantal ibu hamil spt di gambar postinganku ini deh.

      Iya ga blub blub lagi. Dulu aku bolak balik baca postinganmu Din, jd tau ternyata aku hamil 😀 .

      Semoga kamu dan si kecil sehatt ya 🙂 .

  4. kk juga dulu maunya tidur miring ke kiri, sumuk dan keringatan terus, tiap hari ganti sarung bantal he..he.., belum punya AC
    duduk juga hatus diganjal bantal pinggangnya,

  5. aku juga gitu kak, bobonya maunya miring ke kiri aja… tadinya ga tau sih alesannya kenapa, tapi lebih nyaman aja miring ke kiri hahaha… malah kalo bobo telentang, ga nyaman di perutnya…

  6. alat bantu ganjalnya menarik ya Jeng Nella meningkatkan kenyamanan. Semakin membesar kandungan juga semakin mudah gerah (di musim semi gangguan tersebut terasakah Jeng?). Berharap yang terbaik bagi bunda dan janin di rahim Jeng Nella. Salam

  7. Keinget waktu Bul hamil dulu. Kebayang gimana susahnya atur posisi Mba Nel. 😀
    Semoga selalu nyaman ya tidurnya dan semoga sehat selalu buat Mba Nel dan babynya lancar sampai lahiran. 😀

  8. kebetulan banget nih mbak baca ini…skrg saya lagi hamil 16 week..emg sih kalo tdur suka gonta ganti kiri kanan gtu….apalagi kalau malam sering kebangun nyari posisi tdur yg enak… makasih byk yg infonya mbak 🙂

  9. Alat tidur yang seperti guling itu..sepertinya nyaman untuk perut besar ya Mbak Nella. Cuma kalau pegel di satu posisi, mau balik riweh ya kayaknya..

  10. Makasi Mba Nel, Infonya 🙂
    Saya jadi tau nih, posisi bumil tidur hihihi .. masih single saya selalu tidur miring ke kanan. Nanti kalau hamil coba miring ke kiri aaaah hahaha 🙂

  11. :O gitu ya mba, ternyata kalau lg hamil juga tidur jadi ribet ya mba. Tapi dibalik semua keribetan itu ada sebuah hadiah terindah di dalamnya. Haaa ga sabar pengen liat babby nya ^_^
    bermanfaat banget tulisannya, terutama untuk para ibu ibu, cewek cewek juga 😉
    Sehat sehat selalu ya mba dan babby serta seluruh keluarga :D.

  12. Aku selama ini masih bandel tidurnya, tapi memang miring (baik ke kanan/kiri) lebih nyaman drpd telentang, udh gt kan suka gassy gt mbak perutnya, nah kalo dibikin miring langsung (maaf) keluar angin gt lega rasanya… Kl telentang malah kdg bikin mual, but anyway… Semoga sehat terus ya mbaaak 😘

  13. Temen-temen bloggerku berarti ada 3 yang lagi rajin-rajinnya nulis pengalaman hamil mereka: Mbak Nella, Mbak Fascha, sama Liza (kalau Mbak Nella kenal) hihi. Semoga nular ya ke aku enteng jodoh plus hamilnya ntar.. 🙂

  14. Benar mbak nell, posisi miring kekiri adalah posisi yg enak untuk tidur kalau pas hamil ini sdh sy buktikan dengan kedua anak sy. Walaupun pas hamil banyak pantantanganny tp semuany itu tersa begitu membahagiakan krn adany baby (kejaiban tuhan) dalam diri kt. Sehat trus ya mbak.

  15. Mbaakkk, benerrr banget! Posisi tidur yang paling nyaman buat bumil berdasar pengalamanku juga miring ke kiri. Kalo ke kanan rada berat di nafas. Dan benerrrr, kalo bisa jangan terlentang, krn menekan pembuluh darah yg mempengaruhi jalan oksigen ke bayi, konon begitu katanya. 🙂
    Sehat terus ya mbak Nella dan baby inside.. 🙂

Leave a Reply