Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3

Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3. Pembaca setia, cuaca pagi ini di tempat saya cerah sekali. Matahari bersinar cerah, udaranya sejuk sekali, sesejuk hati saya hehe, makanya jadi ingat kalau saya sudah lama tidak curhat mengenai kehamilan saya (apa hubungannya coba udara sejuk dan kehamilan ๐Ÿ˜› ) .

Terakhir cerita kehamilan mengenai Posisi Tidur Terbaik Ibu Hamil. Postingan tersebut 11 April lalu, sudah lama bangett dong ya, secara besok sudah bulan Juni aja, trus bulan depannya tahu-tahu Juli halahhh deg-deg an sudah dekat due date brojol (melahirkan) benar-benar waktu berjalan cepat sekali.

Pregnancy Calendar bikin screenshootnya aja supaya pas dengan tanggal ketika postingan dibuat . Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 - 3

Pregnancy Calendar bikin screenshootnya aja supaya pas dengan tanggal ketika postingan dibuat

Awal-awal kehamilan banyak yang bertanya apakah saya mual, pusing, muntah-muntah, ngidam? โ€ฆ engga semua lohh. Bahkan saya bertanya-tanya morning sick seperti apa rasanya ya? Hehe..

Puji Tuhan saya tidak merasakan yang tidak enak pada awal-awal kehamilan. Kalau kata orang โ€œhamil keboโ€ tuh ya karena lancar jaya begitu, pokoknya sehat dan selalu happy ๐Ÿ™‚ .

Pada awal kehamilan saya beli buku diari untuk menuliskan pengalaman selama hamil. Buku/album diari tersebut apakah sudah penuh diisi?. Masih polos donggg bersih dan rapih deh! ๐Ÿ˜† . Belum ada satu kalimatpun saya tulis di diarinya bangga hahaha.

Buku diari buat curhat kehamilan

Buku diari buat curhat kehamilan

 

Nah pada curhatan kali ini saya mau cerita mengenai pengalaman sejak trimester 1 hingga 3. Saya sebenarnya ada bikin draft coret-coretan gitu di buku tulis, dan kalau sudah komplit baru mau pindahin ke album diari yang beli itu. Bikin diari begitu karena saya mikir ko sayang ya, kalau baru kehamilan pertama saja dilewatkan tanpa ada diarinya sama sekali.

Trimester 1 dan 2 sedikit coret-coretannya, karena seperti yang saya bilang diatas, 90% baik-baik saja, lancar jaya tanpa keluhan yang berarti sehingga saya bisa melakukan aktifitas normal sehari-hari.

Buku diari kehamilan masih bagus tanpa recek secara belum diisi hahaha padahal sudah beli saat awal kehamilan

Buku diari kehamilan masih bagus tanpa recek secara belum diisi hahaha padahal sudah beli saat awal kehamilan

Trimester 1 kehamilan (minggu 1 hingga 12)

Pertama kali ke dokter 22 Nov 2013, usia kandungan 7 minggu + 2. Berat badan saat itu 68,1 kg.

โ€ข Sering sekali haus, nafsu banget minum air putih. Dalam sehari bisa minum 2 โ€“ 3 liter.
โ€ข Saliva (air liur) banyak.
โ€ข Kalau jalan pergelangan kaki kadang terasa sakit
โ€ข Sering berplek, makanya ogah deh pakai celana dalam warna putih.
โ€ข Payudara sakit kalau posisi tidur tidak tepat.
โ€ข Pas tidur (malam) merasakan gatal pada perut bagian bawah. Istilahnya pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPP). Saya berusaha tidak menggaruk hanya mengusap-usap dan kasih minyak khusus untuk ibu hamil. Kalau ada kesempatan mau cerita lagi mengenai PUPP ini karena ternyata ada bekasnya dibagian bawah perut secara perut makain besar pas trimester 3 makanya ada bekasnya huhuhuhu ๐Ÿ˜ฅ walau cuma sedikit sih tetap aja gimana gitu kalau dilihat di kaca. Kalau ada rejeki pengen ke Indonesia ke dokter kecantikan deh ๐Ÿ˜‰ .

Sisi postifnya pada kehamilanku:
โ€ข Wajah jadi mulus bo!, kalau dulu-dulu selalu rajin pakai krim wajah supaya wajah mulus. Pas tahu hamil saya berhenti pakai segala macam krim wajah, kuatir kandungan krimnya berefek negatif ke janin. Apalagi krim yang ada zat pemutih bahaya deh buat janin.
โ€ข Rambut bagus!. Sebelum hamil paling bete kalau lihat lantai kamar mandi banyak rambut rontok, berantakan dimana-mana. Nah pas hamil dari trimester 1 hingga 3 ini, rambut tidak rontok sama sekali. Tukang potong rambutku juga bilang โ€œtumben rambutmu ga rontok Nelโ€. Karena biasanya pas dipegangpun ada aja rambut yang lepas/rontok.
โ€ข Badan biasa aja, malah pada trimester 1 ini turun setengah kg. Di Jerman tidak ada susu ibu hamil, dokter juga tidak menyuruh saya minum susu ko.

 

Trimester 2 kehamilan (minggu 13 hingga 24)
โ€ข Mulut rasanya asem. Saya coba beli permen Jelly Haribo. Eh ternyata enakkk loh. Sebelum hamil saya tidak suka Haribo karena asem banget!. Permennya cepat habis karena Frank yang lebih banyak ngemilin, heran yang hamil siapa ya ๐Ÿ˜› .

Minggu ke 14 berat badan turun 1 kg
Minggu 18 berat badan naik 1,5 kg
Minggu 20 berat badan naik 2 kg

Saran saya nih ya buat para wanita yang baru aja hamil, pada awal kehamilan jangan terlalu banyak makan. Berat badan jangan naik terlalu banyak, karena nanti pas perpindahan dari trimester 2 ke 3 perut makin besar, nafsu makan bisa gede bangett, sering bangettt laparrr. Baru makan, 2-3 jam kemudian lapar lagi tepokjidat.

Kalau baru-baru hamil lalu sering lapar, makannya jangan lari ke produk karbohidrat, makanlah banyak buah-buahan dan sayuran.

โ€ข Takjub pas merasakan ada yang gerak-gerak didalam perut (kalau tidak salah, saya merasakannya pada minggu ke 18, tiap wanita beda-beda ya pada minggu ke berapa mulai merasakan gerakan si anak).

 

Trimester 3 kehamilan (minggu 25 hingga 40)

Pada trimester 1 dan 2 lancar jaya tanpa merasakan keluhan (sakit/nyeri) berarti, nah pada trimester 3 ini, penderitaan di mulai hahahah dinikmatilah ๐Ÿ™„ .

untuk ke halaman berikutnya klik โ‡’ Next/Lanjut

73 Comments

  1. Pursuingmydreams June 16, 2014
  2. Fascha June 16, 2014
  3. Pursuingmydreams June 15, 2014
  4. Pursuingmydreams June 15, 2014
  5. fransisca anetzeder June 14, 2014
  6. Fascha June 12, 2014
  7. Pursuingmydreams June 10, 2014
  8. Pursuingmydreams June 10, 2014
  9. Bibi Titi Teliti June 10, 2014
  10. Pursuingmydreams June 9, 2014
  11. Pursuingmydreams June 9, 2014
  12. Ceritaeka June 9, 2014
  13. Ririn Setia June 4, 2014
  14. Pursuingmydreams June 4, 2014
  15. Pursuingmydreams June 4, 2014
  16. Pursuingmydreams June 4, 2014
  17. kayka June 3, 2014
  18. Pypy June 3, 2014
  19. wulanwahyudi June 3, 2014
  20. Pursuingmydreams June 2, 2014
  21. Pursuingmydreams June 2, 2014
  22. Pursuingmydreams June 2, 2014
  23. Pursuingmydreams June 2, 2014
  24. cumilebay.com June 2, 2014
  25. Melissa Octoviani June 2, 2014
  26. Rere June 2, 2014
  27. suriyatifang June 2, 2014
  28. aldilalala June 2, 2014
  29. Pursuingmydreams June 2, 2014
  30. Pursuingmydreams June 2, 2014
  31. Pursuingmydreams June 2, 2014
  32. Pursuingmydreams June 2, 2014
  33. Pursuingmydreams June 2, 2014
  34. Pursuingmydreams June 2, 2014
  35. Firsty Chrysant June 2, 2014
  36. jampang June 2, 2014
  37. siti June 2, 2014
  38. sondangrp June 2, 2014
  39. sondangrp June 2, 2014
  40. Pursuingmydreams June 1, 2014
  41. Pursuingmydreams June 1, 2014
  42. Pursuingmydreams June 1, 2014
  43. Pursuingmydreams June 1, 2014
  44. Pursuingmydreams June 1, 2014
  45. Pursuingmydreams June 1, 2014
  46. hennypuji June 1, 2014
  47. nandito silaen June 1, 2014
  48. hwahwawong June 1, 2014
  49. aldilalala June 1, 2014
  50. Pursuingmydreams June 1, 2014
  51. Pursuingmydreams June 1, 2014
  52. Pursuingmydreams June 1, 2014
  53. Pursuingmydreams June 1, 2014
  54. Pursuingmydreams June 1, 2014
  55. Pursuingmydreams June 1, 2014
  56. Pursuingmydreams June 1, 2014
  57. Pursuingmydreams June 1, 2014
  58. Arman June 1, 2014
  59. bebe' May 31, 2014
  60. Gita May 31, 2014
  61. rianamaku May 31, 2014
  62. siti May 31, 2014
  63. Marialc May 31, 2014
  64. chris13jkt May 31, 2014
  65. Firsty Chrysant May 31, 2014
  66. netty May 31, 2014
  67. Ry May 31, 2014
  68. ysalma May 31, 2014
  69. lingganingsih May 31, 2014
  70. officialchitras May 31, 2014
  71. syifna May 31, 2014
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: