Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3

loading...

Pembaca setia, cuaca pagi ini di tempat saya cerah sekali. Matahari bersinar cerah, udaranya sejuk sekali, sesejuk hati saya hehe, makanya jadi ingat kalau saya sudah lama tidak curhat mengenai kehamilan saya (apa hubungannya coba udara sejuk dan kehamilan πŸ˜› ) .

Terakhir cerita kehamilan mengenai Posisi Tidur Terbaik Ibu Hamil. Postingan tersebut 11 April lalu, sudah lama bangett dong ya, secara besok sudah bulan Juni aja, trus bulan depannya tahu-tahu Juli halahhh deg-deg an sudah dekat due date brojol (melahirkan) benar-benar waktu berjalan cepat sekali.

Pregnancy Calendar bikin screenshootnya aja supaya pas dengan tanggal ketika postingan dibuat . Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 - 3
Pregnancy Calendar bikin screenshootnya aja supaya pas dengan tanggal ketika postingan dibuat

Awal-awal kehamilan banyak yang bertanya apakah saya mual, pusing, muntah-muntah, ngidam? … engga semua lohh. Bahkan saya bertanya-tanya morning sick seperti apa rasanya ya? Hehe..

Puji Tuhan saya tidak merasakan yang tidak enak pada awal-awal kehamilan. Kalau kata orang β€œhamil kebo” tuh ya karena lancar jaya begitu, pokoknya sehat dan selalu happy πŸ™‚ .

Pada awal kehamilan saya beli buku diari untuk menuliskan pengalaman selama hamil. Buku/album diari tersebut apakah sudah penuh diisi?. Masih polos donggg bersih dan rapih deh! πŸ˜† . Belum ada satu kalimatpun saya tulis di diarinya bangga hahaha.

Buku diari buat curhat kehamilan
Buku diari buat curhat kehamilan

 

Nah pada curhatan kali ini saya mau cerita mengenai pengalaman sejak trimester 1 hingga 3. Saya sebenarnya ada bikin draft coret-coretan gitu di buku tulis, dan kalau sudah komplit baru mau pindahin ke album diari yang beli itu. Bikin diari begitu karena saya mikir ko sayang ya, kalau baru kehamilan pertama saja dilewatkan tanpa ada diarinya sama sekali.

Trimester 1 dan 2 sedikit coret-coretannya, karena seperti yang saya bilang diatas, 90% baik-baik saja, lancar jaya tanpa keluhan yang berarti sehingga saya bisa melakukan aktifitas normal sehari-hari.

Buku diari kehamilan masih bagus tanpa recek secara belum diisi hahaha padahal sudah beli saat awal kehamilan
Buku diari kehamilan masih bagus tanpa recek secara belum diisi hahaha padahal sudah beli saat awal kehamilan

Trimester 1 kehamilan (minggu 1 hingga 12)

Pertama kali ke dokter 22 Nov 2013, usia kandungan 7 minggu + 2. Berat badan saat itu 68,1 kg.

β€’ Sering sekali haus, nafsu banget minum air putih. Dalam sehari bisa minum 2 – 3 liter.
β€’ Saliva (air liur) banyak.
β€’ Kalau jalan pergelangan kaki kadang terasa sakit
β€’ Sering berplek, makanya ogah deh pakai celana dalam warna putih.
β€’ Payudara sakit kalau posisi tidur tidak tepat.
β€’ Pas tidur (malam) merasakan gatal pada perut bagian bawah. Istilahnya pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPP). Saya berusaha tidak menggaruk hanya mengusap-usap dan kasih minyak khusus untuk ibu hamil. Kalau ada kesempatan mau cerita lagi mengenai PUPP ini karena ternyata ada bekasnya dibagian bawah perut secara perut makain besar pas trimester 3 makanya ada bekasnya huhuhuhu πŸ˜₯ walau cuma sedikit sih tetap aja gimana gitu kalau dilihat di kaca. Kalau ada rejeki pengen ke Indonesia ke dokter kecantikan deh πŸ˜‰ .

Sisi postifnya pada kehamilanku:
β€’ Wajah jadi mulus bo!, kalau dulu-dulu selalu rajin pakai krim wajah supaya wajah mulus. Pas tahu hamil saya berhenti pakai segala macam krim wajah, kuatir kandungan krimnya berefek negatif ke janin. Apalagi krim yang ada zat pemutih bahaya deh buat janin.
β€’ Rambut bagus!. Sebelum hamil paling bete kalau lihat lantai kamar mandi banyak rambut rontok, berantakan dimana-mana. Nah pas hamil dari trimester 1 hingga 3 ini, rambut tidak rontok sama sekali. Tukang potong rambutku juga bilang β€œtumben rambutmu ga rontok Nel”. Karena biasanya pas dipegangpun ada aja rambut yang lepas/rontok.
β€’ Badan biasa aja, malah pada trimester 1 ini turun setengah kg. Di Jerman tidak ada susu ibu hamil, dokter juga tidak menyuruh saya minum susu ko.

 

Trimester 2 kehamilan (minggu 13 hingga 24)
β€’ Mulut rasanya asem. Saya coba beli permen Jelly Haribo. Eh ternyata enakkk loh. Sebelum hamil saya tidak suka Haribo karena asem banget!. Permennya cepat habis karena Frank yang lebih banyak ngemilin, heran yang hamil siapa ya πŸ˜› .

Minggu ke 14 berat badan turun 1 kg
Minggu 18 berat badan naik 1,5 kg
Minggu 20 berat badan naik 2 kg

Saran saya nih ya buat para wanita yang baru aja hamil, pada awal kehamilan jangan terlalu banyak makan. Berat badan jangan naik terlalu banyak, karena nanti pas perpindahan dari trimester 2 ke 3 perut makin besar, nafsu makan bisa gede bangett, sering bangettt laparrr. Baru makan, 2-3 jam kemudian lapar lagi tepokjidat.

Kalau baru-baru hamil lalu sering lapar, makannya jangan lari ke produk karbohidrat, makanlah banyak buah-buahan dan sayuran.

β€’ Takjub pas merasakan ada yang gerak-gerak didalam perut (kalau tidak salah, saya merasakannya pada minggu ke 18, tiap wanita beda-beda ya pada minggu ke berapa mulai merasakan gerakan si anak).

 

Trimester 3 kehamilan (minggu 25 hingga 40)

Pada trimester 1 dan 2 lancar jaya tanpa merasakan keluhan (sakit/nyeri) berarti, nah pada trimester 3 ini, penderitaan di mulai hahahah dinikmatilah πŸ™„ .

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

73 thoughts on “Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3

  • April 27, 2017 at 9:58 am
    Permalink

    Pengalaman kehamilan yang bunda paparkan diatas sangat bagus dan layak di praktekkan bagi ibu-ibu yang sedang hamil.
    Memang trimester pertama kehamilan adalah masa-masa yang paling rentan bagi ibu hamil muda. Sebaiknya bunda rajin-rajin mempraktekan pola hidup sehat diantaranya dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda supaya bunda mudah menjalani masa kehamilannya dan tentunya anak dapat lahir dengan sehat dan cerdas.
    terimakasih informasinya bund. Salam kenal.

    Reply
  • June 14, 2014 at 11:36 pm
    Permalink

    Hai mba nela..tinggal dimana? Sy tinggal di dkt freiburg. Saya baru sebulan disini,agak bingung mau ngapain klo suami ke kntr. Ada tips2 buat sy mba? Berdasar pengalaman mb nela…makasii mba

    Reply
    • June 15, 2014 at 7:03 am
      Permalink

      Hai Sisca saya di Sinsheim. Tipsnya segera ikutan kursus Integrasi kalau sudah lulus B1 berani deh jalan-jalan kemanapun sendiri (sudah PD) πŸ˜€ .
      Atau bisa bisa nonton tv seharian atau beli majalah2 trus cari kegiatan yang kita sukai, kalau saya sudah menemukan hobi paling asyik yakni berkebun πŸ˜‰ .

      Reply
  • June 12, 2014 at 1:57 am
    Permalink

    postingan ini kok gak muncul di threadku yaaah….?
    btw sekarang udh masuk mgg ke berapa mbak? terakhir baca itu mgg ke-29 , enak ya bisa lyat wajahnya baby, disini usg 4D harus bayar lagi dan lumayan mahal πŸ™
    semoga lancar dan sehat terus ya mbaaaak….. aku cuma bisa mendoakan yang terbaik dari sini

    Reply
    • June 15, 2014 at 8:38 am
      Permalink

      Masah sih ga muncul Cha?.
      Aku sdh 36 minggu nih. USG cuma 3 kali πŸ™ pelit dokternya pdhl tiap kali ke dokter aku semangat pengen lihat si kecil kan.

      Kamu juga semoga sehat ya Cha dg juniormu πŸ™‚ .

      Reply
      • June 16, 2014 at 4:19 pm
        Permalink

        Mending mbak 3x disini kl hamilnya normal, mksdku gak melalui IVF kaya’nya cm 2x deh USG nya udh gt ya yang 2D itu doank, itu 4D kan mbak yah?? 36 mgg gak terasa ntar lagi bertiga deh kaliaaaan… Semoga sehat dan lancar ampe lairannya ntar ya mbak :*

        Reply
        • June 16, 2014 at 11:30 pm
          Permalink

          yang 2x karena aku ada pemeriksaan di klinik yg lebih besar Cha trus dikasih print out USG nya, klo di dokter biasa cuma 2x ga dikasih print out usgnya πŸ˜₯ .
          Iya ga terasa Cha aku tinggal sebulan lagi, tp klo si dedenya mau keluar sih sdh bisa sdh 9 bulan πŸ˜€ .

          Reply
  • June 10, 2014 at 6:48 am
    Permalink

    Nellaaaaa…
    aku pun suka gatel gitu perutnya dulu, tapi gak terlalu menggaggu siiiih….
    katanya sih itu baby nya lagi tumbuh rambut…hihihi…

    Mudah2an sehat dan lancar sampai lahiran yah Nellaaaaa πŸ™‚

    Reply
    • June 10, 2014 at 9:06 pm
      Permalink

      Gatalnya kadang2 aja sih. Pas gatal bisa 2-3 hari.
      Iya makasih ya Erry, semoga lancar nih sampai brojol builan depan.

      Reply
  • June 9, 2014 at 8:55 am
    Permalink

    Aku malah udah naek 18kg Kaaaak >.< heibat banget naiknya dikit gitu. Sampe bulan ke 7, aku total cuma naik 12kg tapi di bulan ke-8 naiknya lsg gila2an.
    Ohiya soal rambut nggak rontok, aku pernah baca karena hormon kehamilan memang bikin rambut jadi subur dan berkilau tapi kalo soal jerawat, wah kk beruntung banget. Aku malah beruntusan parah. Hehehe

    Reply
    • June 9, 2014 at 11:15 am
      Permalink

      Wah Eka naiknya banyak ya πŸ˜€ . Berat badanku segini aja kadang nafas sudah susah πŸ™ cepat ngos2an juga. Pengaruh hormon kehamilan beda-beda ya pada bumil, ya penting sehat ya ibu dan anaknya πŸ˜‰ .

      Reply
  • June 6, 2014 at 7:41 am
    Permalink

    Hai, mbak πŸ˜‰ wah, banyak yg sama keluhannya.. saya juga perut bawaannya gataaal mulu.. mana saya bandel dulu, gatal suka digaruk akhirnya berbekas deh..tapi biarin lah demi ngerasain hamil πŸ™‚ saya juga ngalamin kaki bengkak, saya lebih besar dari itu lho mbak, sampe berasa kaya kaki gajah :p hihi.. gede banget..tapi dont worry, begitu lahiran beberapa hari kemudian kempes sendiri. Jari-jari tangan kaku saya juga ngalamin mbak, sampai saya olesin krim otot segala, panik sih..gimana kalau abis lahiran tetep kaku.. padahal abis lahiran normal lagi.. Hamil itu seru ya mbak..plus dengan serba-serbinya.. Mbak sehat terus yaaa kehamilannya, aamiin.

    Reply
    • June 9, 2014 at 10:45 am
      Permalink

      Hai mbak Ari kalau gatal diusap aja, trus sering olesi minyak πŸ˜‰ .
      Yg bengkak kaki mana? klo saya hanya kaki kiri, klo sdh bengkak banget rasanya tebal πŸ™ .
      Semoga mbak Ari sehat juga yaa πŸ™‚ .

      Reply
  • June 4, 2014 at 5:01 pm
    Permalink

    wah lengkap sekali kak pengalaman nya, bisa buat bekal nih kelak untuk saya πŸ™‚ thanks for share the info πŸ˜‰ .

    Blog/url dicintai.com dihapus karena sudah tidak aktif lagi. Update 22.12.2015.

    Reply
  • June 3, 2014 at 8:15 am
    Permalink

    wah tinggal sebulan lagi ya mbak. semoga ya lancar2 semua sampai hari h-nya, amin.

    salam
    /kayka

    Reply
  • June 3, 2014 at 7:30 am
    Permalink

    Akhirnya bisa liat muka dede diperut.. Semua keuntungan macam wajah bersih dan rambut ga rontok juga dialamin temenku kak Nel.. πŸ˜€ Makanya banyak yg bilang kalo bumil itu lebih cantik dari biasanya yah.. Btw, kok ga ada foto kak Nel dengan perutnya sih? kan pengen lihat..hihihi.. Sehat2 terus yah kak, berdoa nanti melahirkan lancar jaya.. Aminn πŸ™‚

    Reply
    • June 4, 2014 at 1:16 pm
      Permalink

      Hai Py makasih doanya ya, semoga semua lancar πŸ™‚ .
      Ga ada fotoku yg cantik, makanya ga kupajang hihiihi 😳 .

      Reply
    • June 2, 2014 at 7:18 pm
      Permalink

      Ga tau, supaya bumilnya ga gendut kali hehe πŸ˜€ .
      Minum susu kadang bikin gendut krn kandungan gula dlm susunya.

      Reply
  • June 2, 2014 at 1:09 pm
    Permalink

    kakak beratnya naik dikit ya… aku di minggu ke 16 aja tau2 naik 3 kg hahahaha… tapi di bulan 2, 3 beratnya sempet turun ampe 2 kg karena ga gitu nafsu makan… dan pas minggu ke 18 juga uda mulai ngerasain ada yg gerak2 hihihihi… cuma belom berasa heboh banget… lancar2 ya kak ampe lahiran nanti…

    Reply
    • June 2, 2014 at 7:17 pm
      Permalink

      Awal-awal aku sukanya makan banyak sayuran dan buah πŸ˜€ .
      Trus nafsu makanmu sdh enak lagi ga Mel?.
      Semoga kamu juga lancar ya, sehat2 kamu dan dedeknya πŸ™‚ .

      Reply
  • June 2, 2014 at 11:59 am
    Permalink

    waaaaw kak nella seneng banget liat ada muka babynya hihihih.. semoga sehat2 dan lancar terus yah sampe lahirannya πŸ™‚

    Reply
  • June 2, 2014 at 10:58 am
    Permalink

    Halo mba Nella, salam kenal πŸ™‚
    Wah catatannya lengkap sekali mba, jadi bisa tau kondisi ibu hamil seperti apa
    Di USG uda keliatan ya muka bayinya mba
    Sehat2 terus ya mba Nella dan bayi πŸ™‚

    Reply
    • June 2, 2014 at 7:14 pm
      Permalink

      Hai Suri salam kenal juga ya πŸ™‚ .
      Berusaha saya buat lengkap catatannya krn sekalian mau isi buku diari juga πŸ˜€ .
      Terima kasih doanya ya.

      Reply
  • June 2, 2014 at 3:05 am
    Permalink

    wah… udah kelihatan jelas. itu pake uSG 3 dimensi yah? mirip sama buku ….. ah lupa judulnya… isinya seh kebanyakan foto perkembangan janin di setiap minggunya

    Reply
    • June 2, 2014 at 9:51 am
      Permalink

      Iya bang keliatan jelas, padahal itu masih 25 minggu. Ga tau saya usg apa namanya hehehe.

      Reply
  • June 2, 2014 at 12:27 am
    Permalink
    Neeeel ahahahahaha katanya sih kalo hamil anak cowok rambut jadi bagus dan tebeeel. Ihiy udah deket ya baby in the belly sehat sehat yaaaa kamu cakep deh idungnya mancuuung *sono terimakasih ke Frank, Nel biarin lah dia makan si haribo itu kan ada andil juga dia di kehamilanmu ihihi*
    
    Reply
  • June 2, 2014 at 12:23 am
    Permalink

    Neeeel ahahahahaha katanya sih kalo hamil anak cowok rambut jadi bagus dan tebeeel. Ihiy udah deket ya baby in the belly sehat sehat yaaaa kamu cakep deh idungnya mancuuung sono terimakasih ke Frank, Nel biarin lah dia makan si haribo itu kan ada andil juga dia di kehamilanmu ihihi

    Reply
    • June 2, 2014 at 9:50 am
      Permalink

      Sondangggg kamu benerrr anakku cowo πŸ˜€ .
      Hidung anakku ngikut aku Ndang alias pesek, dokternya bilang gitu πŸ˜† .

      Hahaha iya sih aku biarin aja Frank makan Haribo, cuma klo perut dia makin buncit (krn gula permennya), tuh permen aku umpetin :mrgreen: .

      Reply
  • June 1, 2014 at 3:22 pm
    Permalink

    huwaaaaa.. senanggg lihat ada foto dedek bayinya… semoga sehat2 dan lahirannya lancar yaa mba…. aku sedang mengalami fase serba salah posisi tidur nih… hihihihi……

    url celotehringan.wordpress.com is no longer available.

    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

    Reply
    • June 2, 2014 at 9:47 am
      Permalink

      Hai mbak Henny makasih ya, semoga mbak Henny sehat2 juga sampai persalinan.
      Sama mbak sampai skrng kadang aku masih serba salah dg posisi tidur, posisi ke kiri paling nyaman sih πŸ˜‰ .

      Reply
    • June 2, 2014 at 9:46 am
      Permalink

      Hahaha iyaa yaa susah deh tuh. Klopun sampai ngidam naniura paling cari teman orang Batak yg bisa masakin πŸ˜† .

      Reply
  • June 1, 2014 at 12:37 pm
    Permalink

    semoga lancar ampe persalinan,Nel.God bless you and family.artikelnya buat + pengetahuan,kl saya lagi hamil nanti.hhhh.

    Reply
    • June 2, 2014 at 9:45 am
      Permalink

      Hai Hwa makasih ya doanya πŸ™‚ . Iya semoga berguna kutulis pengalamanku begini, walau biasanya pengalaman tiap bumil beda-beda sih πŸ˜€ .

      Reply
  • June 1, 2014 at 12:36 pm
    Permalink

    Perkiraan lahiran juli tanggal berapa kakak? Aku juga lagi hamil –anakpertama, perkiraan lahiran 18 juli πŸ˜€

    Reply
    • June 2, 2014 at 9:44 am
      Permalink

      Hai Lala samaaaaa tgl perkirannya 18 Juli πŸ˜€ .
      Tapi kata dokter klo anak pertama bisa aja maju 4 minggu an atau mundur 10 hari,
      jadi ya kita lihat nanti deh ya πŸ˜‰ .

      Reply
  • June 1, 2014 at 12:28 am
    Permalink

    yay ada keliatan muka baby nya..lucuu… πŸ™‚

    wah udah 33 minggu ya nel… moga2 terus sehat2 dan lancar2 ya…

    Reply
    • June 1, 2014 at 10:10 pm
      Permalink

      Iya cubby pipinya, jd ga sabaran lihat langsung πŸ˜€ .
      Thanks doanya Man, semoga semua lancar sampai lahiran.

      Reply
  • May 31, 2014 at 8:54 pm
    Permalink

    Nel.. Yg soal ngupil aku sama.. Hahaha.. Keluarnya darah kering gt.. Tapi karena ga ganggu ya aku biarin aja.. πŸ˜€

    Sehat selalu ya bumil dan dedek bayi.. Nanti kita ceesan dong sama2 lahir bulan Juli.. ^_^

    Reply
    • June 1, 2014 at 10:07 pm
      Permalink

      Hahaha ternyata sama yaa Be πŸ˜† . Iya darah kering ko. Thanks ya Be πŸ™‚ .

      Reply
  • May 31, 2014 at 7:39 pm
    Permalink

    Coba rendam kakinya di air hangat2 kuku yg dikasi garam, sis. Garamnya dikasih agak banyakan lebih baik. Bagian kaki yg bengkak kalo bisa kerendem semua, 15 sampai 20 menit, untuk melancarkan peredaran darah, tanteku juga waktu hamil bengkak kakinya. Nanti aku coba tanya2 tanteku, enaknya gimana… πŸ˜€

    Reply
  • May 31, 2014 at 6:18 pm
    Permalink

    Sehat sehat ya nell…
    Semoga semuanya lancar Amin πŸ™‚

    ( Tidak bisa kasih masukan )
    πŸ˜›

    Reply
    • June 1, 2014 at 10:02 pm
      Permalink

      Thanks Ria. Didoain aku seneng loh, makin banyak yg doain semoga semua lancar sampai lahiran πŸ™‚ .

      Reply
  • May 31, 2014 at 4:36 pm
    Permalink

    wah ternyata hamil itu penuh cerita ya.. , btw soal tablet mrs v jadi ingat kapsul waktu sakit kemarin yang dimasukkan ke bagian belakang.. sakit deh tapi kalau dah dimasukin efeknya diingin..dan sakitnya reda… semoga lancar terus kehamilannya dan jangan malas posting ya.. hehe..

    Reply
    • June 1, 2014 at 9:59 pm
      Permalink

      Mungkin klo ke tabletnya dimasukin dubur lebih baik, klo per vaginal bener2 ga nyaman πŸ˜₯ . Iya semoga lancar, thanks ya mbak Siti πŸ™‚ .

      Reply
  • May 31, 2014 at 4:14 pm
    Permalink

    Wah mba Nel, seneng bacanyaa.. Jadi ada bayangan kalau nanti hamil gimana. Hihihi. Tapi enak ya mba dirimu ga ngalamin morning sick. Semoga mba nel dan baby sehat selalu dan lancar ya nanti persalinannya.

    Reply
  • May 31, 2014 at 4:05 pm
    Permalink

    Wah dedek bayi-nya sudah kelihatan cakep euy.
    Mudah-mudahan semuanya lancar ya Mbak πŸ™‚

    Reply
  • May 31, 2014 at 4:00 pm
    Permalink

    Mbak nell, moga diberi kesehatan sllu ya. Q kasihan lihat kakinya bengkak gt lho (padahal q gt jg tiap hamil), jd tidak tegaan pesan bunga ini pesan bunga itu. Kemarin waktu waktu hamil anak kedua q diberi tablet v gt jg ama dok kandungan setelah ada keluaran cairan hijau dari v nya. Tp q percaya mbak nell tetap bahagia melewatiny apalgi kalau babyny udh lahir, tuhan memberkati selalu.

    Reply
    • June 1, 2014 at 11:10 am
      Permalink

      Hai mbak Netty Thanks doanya πŸ™‚ . Klo sdh lahiran ntar juga hilang ko kaki bengkakku. Gpp mbak pesan2 ku siapkan klo mood lagi bagus ko hehe. Untungnya ga ada cairan aneh sih keluar dr vagina, dokter cuma kuatir aja klo kemasukkan bakteri.

      Reply
  • May 31, 2014 at 3:36 pm
    Permalink

    Aiiih senengnya denger cerita mbak Neli. Smoga ibu dan calon dedek bayinya sehat ya *hug

    Reply
  • May 31, 2014 at 3:10 pm
    Permalink

    Kalau saya dulu sebelum tidur kakinya selalu direndam air anget suam2 kuku,
    trus perut, payudara, diolesi baby oil/minyak zaitun, katanya buat ngurangi bekas garukan, gatel dari rambut bayi itu ampun-ampunan rasanya,tapi dielus2 aja πŸ™‚

    Reply
    • June 1, 2014 at 11:06 am
      Permalink

      Iya tiap hari sdh diolesi minyak. Untung gatal ga tiap hari sih πŸ˜€ . Thanks Salma sdh berbagi pengalaman πŸ˜‰ .

      Reply
  • May 31, 2014 at 2:58 pm
    Permalink

    Waaa bentar lagi ya mba nel. degdegser ni pastinya.
    Waah saya baru tau mba kalau hamil dan menjelang melahirkan ada darah keluar dari hidung, dan pas sikat gigi. Tablet Mrs V itu semacam pembalut ya mba? baru denger soalnya.

    Reply
    • June 1, 2014 at 11:02 am
      Permalink

      Pengaruh hormon pas hamil Chit makanya kadang berdarah pas sikat gigi, atau dari hidung. Asal tidak berlebihan gpp ko πŸ˜‰ . Bentuk tablet yg dimasukkan ke vagina, tabletnya besar agak lonjong.

      Reply
  • May 31, 2014 at 2:48 pm
    Permalink

    Wah baby nya sudah keliatan hihihi..
    aku baru tau kalau ibu hamil itu perut bagian bawahnya gatal hehehe… oh ya mba, tulisannya lengkap dan rapih bangeet yaa… gimana caranya bisa nulis seperti itu hihih πŸ™‚
    Semoga lancar persalinan-nya yaa, mba ..

    Reply
    • June 1, 2014 at 10:59 am
      Permalink

      Tiap bumil beda2 sih pengalamannya, ada juga yg perut dari atas sampai bawah banyakk garis2nya, beruntung yg mulus aja πŸ˜€ . Hehe itu aku bikin coret2an pengalaman hampir tiap hari, ga taunya jd banyak gitu πŸ˜† .

      Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: