Perkembangan Bibit Tulipku

Perkembangan Bibit Tulipku. Awal September tahun lalu, saya mulai menanam bibit bunga musim semi klik disini. Ditulisan ini saya akan memperlihatkan bagaimana tanaman saya setelah 3,5 bulan. Belum ada yang mekar sih, yang paling kelihatan pertumbuhannnya baru bunga Narcissus.

Karena banyaknya koleksi tanaman bunga musim semi saya, jadi tulisan saya bagi dalam dua judul atau tiga atau empat judl ahh kita lihat saja nanti 😉 .

Berbagai Macam Tulip

Lewat pertengahan tahun 2012 baru saya tahu (agak pintar) mengenai penanaman tulip. Itu setelah saya rajin browsing sana sini, termasuk join Pinterest. Dulu ya sampai musim panas saya tungguin ko tidak keluar-keluar bunga tulipnya (mekar). Ah betapa bodohnya saya, tulip tuh sukanya di tempat sejuk :).

Perkembangan Bibit Tulipku. Macam-macam Tulip, Kuning, merah, Hitam dan Pink. Semuanya umur 3,5 bulan. Harus Sabar Tunggu Besar. (Foto: dok. pribadi)

Macam-macam Tulip, Kuning, merah, Hitam dan Pink. Semuanya umur 3,5 bulan. Harus Sabar Tunggu Besar. (Foto: dok. pribadi)

Pada foto diatas ada 4 macam tulip :
Tulip Cape Code (foto kiri atas), kalau cari di google warnanya kuning. Bibitnya saya beli 2 tahun lalu waktu saya belum mengerti cara menanam tulip. Tahun ini saya perlakukan seperti yang tulip ini sukai, adem!.
Tulip Merah (foto kanan atas), foto yang ada etiket kuning, saya tidak tahu nama tulipnya, itu tumbuh sendiri di taman kontrakan lama saya, begitu selesai berbunga saya gali lokasi tumbuhnya, pengen dapat bibitnya dong untuk tanam tahun berikutnya karena bunganya besar bagus deh. Saya pernah cerita mengenai tulip tersebut klik disini . Sebelah kanannya itu tulip beli di supermarket, ketika beli bunganya sudah mekar dan kelopaknya merah merekah besar. Selesai berbunga saya bersihkan pangkalnya dan umbinya saya simpan, nah musim gugur lalu tanam lagi klik disini . Saya tidak sabar lihat besarnya nanti.

Queen of Night Tulip (foto kiri bawah), bibitnya beli musim gugur lalu. Kalau lihat dari kemasan bibitnya nantinya warnanya hitam. Saya tidak sabar juga lihatnya karena belum pernah lihat langsung tulip hitam.
Tulip Gefüllte Späte (foto kanan bawah), bibitnya beli ketika musim gugur. Nantinya berwarna pink seperti terlihat pada etiketnya.

Tulip REWE
Berhubung belinya di supermarket REWE; jadi saya namakan begitu :D.

3 Macam Tulip beli dari Supermarket. Tulip ini Saya Tanam Bulan Oktober jadi Baru Umur 3 Bulan

3 Macam Tulip beli dari Supermarket. Tulip ini Saya Tanam Bulan Oktober jadi Baru Umur 3 Bulan

Isi potnya : Tulip Darwin Hybrid dua macam warna dan tulip triumph yang satu macam warna campuran, yang lainnya warna merah.

Tulip Volendam

Pertama kali beli bibit tulip di Volendam Belanda, lah isinya ko malah busuk semua klik disini Padahal kemasan bibitnya bagus sekali dan sangat meyakinkan klik disini. Jadi pelajaran buat saya, kalau beli bibit tulip lagi, jangan beli dalam kemasan yang kita tidak bisa lihat keadaan bibitnya.

Yang menggembirakan, dari bibit-bibit yang busuk tersebut ternyata masih bisa selamatkan anak-anak tulipnya. Ya walaupun kecil-kecil dan imut-imut paling tidak saya masih dapat sisa-sisanya, anak-anaknya saya cuci bersih dan tanam dalam pot agak besar, saya satukan semua anak-anaknya.

Tulip Beli dari Volendam Belanda. Warna Biru, Hitam dan Pink. Tanaman ini Usia 3,5 Bulan

Tulip Beli dari Volendam Belanda. Warna Biru, Hitam dan Pink. Tanaman ini Usia 3,5 Bulan

Ternyata setelah diperlakukan sebagaimana mestinya bibit tulip, anak-anak tulipnya tumbuh euy! Senangnya!. Saya tidak sabaran lihat tulip biru, hitam dan pink untuk pertama kalinya. Ya tidak tahu juga sih apa akan keluar bunganya tahun ini, mengingat anak-anak tulipnya masih kecil-kecil sekali, jadi kita lihat saja nanti ;-).

Tulip Yokohama & Schneeglanz

Ada beberapa tulip yang saya campur penanamannya dengan bibit bunga lain, mau lihat hasil kombinasinya pas mekar nanti.

Tulip Yokohama & Schneeglanz

Tulip Yokohama & Schneeglanz

Kalau lihat dari kemasannya tulip Yokohama berwarna kuning, sedangkan Schneeglanz adalah bunga musim semi yang berwarna ungu.

Bunga Campur Sari

Campur sari, semua tumplek jadi satu disini. Foto kiri Oktober 2012 sebelah kanan 12 Januari 2013. Lihat foto kanan ternyata ada nyempil bunga krokus yang warna ungu muda sudah mekar. Selamat datang musim semi, ehh tapi ko masih salju ya :D.

Bunga Campur Sari ada tulip Kuning, Freesien, Hyanzint dan Bunga Iris

Bunga Campur Sari ada tulip Kuning, Freesien, Hyanzint dan Bunga Iris

Video Tanaman Tulip Usia 3,5 Bulan

“A tulip doesn’t strive to impress anyone. It doesn’t
struggle to be different than a rose. It doesn’t have to. It is
different. And there’s room in the garden for every flower.
You didn’t have to struggle to make your face different
than anyone else’s on earth. It just is. You are unique
because you were created that way. Look at little children
in kindergarten. They’re all different without trying to be.
As long as they’re unselfconsciously being themselves,
they can’t help but shine. It’s only later, when children are
taught to compete, to strive to be better than others, that
their natural light becomes distorted.”
– Marianne Williamson-

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Baca juga: Kumpulan Postinganku Bunga tulip yang Indah

Advertisements

75 Comments

  1. Hendro
  2. lea
          • ichsan
  3. Dy
  4. Kukuh Nova Putra
      • Kukuh Nova Putra
  5. ardika
      • ardika
  6. Evi
  7. amah

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: