Tips Penanaman Tulip

loading...

Tips Penanaman Tulip. Malam Natal tahun lalu saya membeli 1 paket bibit tulip Formosa. Sudah lama ngincer karena saya belum pernah lihat langsung tulip hijau. Tulip ini adalah yang terakhir saya tanam, lainnya sudah saya tanam sejak awal September 2012. Ternyata beberapa bibitnya sudah tumbuh loh! ;-).

Tips Penananaman Tulip

  • Untuk merangsang pertumbuhan akar, rendam bibit tulip selama 24 jam sebelum penanaman. Update per 30.11.2013 umbi tulipnya tidak usah di rendam 24 jam, ada yang bilang kalau ditanam lagi tahun depannya jadi ga keluar bunganya. Sebelum di tanam cukup celup-celupkan dalam air saja.
  • Setelah bibit tulip ditanam, misal punya saya semua ditanam di pot, maka letakkan potnya di ruang gelap yang sejuk suhu sekitar 5-10 derajat selama 8-12 minggu. Setelah tumbuh beberapa cm bisa dikeluarkan dan taruh di tempat yang ada sinar, tapi jangan kena sinar matahari langsung. Suhu 15-20 cm bisa mempercepat pertumbuhannya, tapi awalnya tetap harus melewati suhu dingin ya.

    Rendam Bibit Tulip 24 Jam Sebelum Penanaman
    Rendam Bibit Tulip 24 Jam Sebelum Penanaman
  • Untuk di negara empat musim, bibit tulip mulai ditanam di awal September hingga Desember, dan Tulip harus melewati musim dingin. Dengan melewati suhu ekstrim (dingin), maka memberikan sinyal ke bibit, supaya mulai tumbuh.
  • Kalau kita ingin memacu (mempercepat) pertumbuhannya dan tanam lebih awal, bibit bisa kita masukkan kedalam lemari pendingin (kulkas) sampai tumbuh beberapa cm, tapi jangan di freezernya ya.

    Tulip yang di Rendam taruh di Tempat Gelap dan Sejuk
    Tulip yang di Rendam taruh di Tempat Gelap dan Sejuk
  • Bibitnya bisa di tanam di pot atau di tanah langsung. Kalau di tanah langsung ada kemungkinan dimakan tikus, maka diatas bibit tulip bisa kita taruh kawat lalu timbun tanah. Contohnya klik disini.
  • Untuk merangsang pertumbuhan bibit tulip, selain dimasukkan kulkas, bisa juga dengan cara menaruh bibit-bibit tulip dalam wadah gelas berisi bebatuan kecil, tuang air hingga beberapa cm. Air jangan menyentuh bagian akar tulip, akar akan tumbuh dan mencari sumber air.

    Jangan Salah Tanam ya, Bagian Akar yang benjol-benjol di Bagian Bawah
    Jangan Salah Tanam ya, Bagian Akar yang benjol-benjol di Bagian Bawah
  • Pot-pot berisi bibit-bibit tulip ada yang saya taruh di luar rumah (suhu minus), setelah tumbuh beberapa cm, saya masukkan ke rumah (dalam kamar sejuk ada jendela besar), suhu ruang sekitar 18-20 derajat C. Wah malah tumbuh cepat loh, mungkin si tulip pikir sudah musim semi yang hangat suhunya.
  • Tulip yang sudah tumbuh jangan dibiarkan di suhu minus, karena tanahnya jadi mengeras, hal ini bisa merusak akar tulip.
  • Perhatikan tanahnya jangan sampai kering, siram tulipnya seminggu sekali atau kalau dirasa perlu. Jangan sampai becek karena bibit bisa busuk.

    Karena Sedang Musim Dingin jadi Pot Isi Bibit Tulip saya Taruh Luar Hingga Tumbuh Beberapa cm
    Karena Sedang Musim Dingin jadi Pot Isi Bibit Tulip saya Taruh Luar Hingga Tumbuh Beberapa cm

Hingga saat ini masih ada 4 pot tulip yang berada diluar, saya menunggu sampai tumbuh beberapa cm, baru akan taruh didalam rumah.

Tebal Salju di Balkon Sudah 10 cm. Foto Kanan Dua POt Tulip Masih di luar, Bagaimana Keadaannya
Tebal Salju di Balkon Sudah 10 cm. Foto Kanan Dua POt Tulip Masih di luar, Bagaimana Keadaannya
Dua Pot Bibit Tulip Sudah Tumbuh Beberapa cm. Pot dipenuhi Butiran ES. 18 Januari 2013
Dua Pot Bibit Tulip Sudah Tumbuh Beberapa cm. Pot dipenuhi Butiran ES. 18 Januari 2013

Kalau tanahnya mengeras karena suhu dingin, maka bibit tidak bisa tumbuh dengan baik. Setelah tumbuh beberapa cm, potnya saya masukkan dalam rumah, dikamar yang ada jendela besar jadi sinar matahari bisa menerangi ruangan. Suhu ruangan ini 20 derajat C. Setelah tiga hari bibit tulipnya tumbuh pesat, gambarnya dibawah ini:

Bibit Tulip Tumbuh Pesat Setelah di pindahkan dari luar rumah yang suhunya minus
Bibit Tulip Tumbuh Pesat Setelah di pindahkan dari luar rumah yang suhunya minus

Di Amrik sana beberapa kota ada yg panas spt L.A, Florida, Santiago tidak pernah sejuk. Gardenernya bisa membungakan tulip. Jadi melalui cold treatment dulu.

Untuk Negara tropis atau yang tidak ada musim dinginnya.

Cold treatment untuk bibit tulip & bunga musim semi. Jadi caranya:
Bungkus bibit tulip dengan Koran (Koran lebih baik daripada plastik)
Simpan 3-4 bulan di kulkas (JANGAN di freezernya), namun jangan dicampur dengan buah-buahan, terutama apel. Buah-buahan yang telah matang akan mengeluarkan gas etilen yang akan membunuh / merusak bunga dalam bulb.

Tiap 1-2 minggu cek, klo berjamur lap perlahan, semoga tetap kering ya, karena tidak ada media tanamnya, kemudian masukkan kulkas lagi. Setelah lewat 3-4 bulan keluarkan dan tanam spt nanam bibit biasa, spt nanam bawang merah. Dengan cold treatment begitu merupakan sinyal buat bibitnya tumbuh.

*Untuk Hyacint cukup 1 bulanan dalam kulkas, lalu langsung tanam

Klo sdh melewati proses cold treatment, baru ditanam spt nanam bawang merah. Kalau saya media tanam kombinasikan dengan kompos.

 

Bagi yang ingin beli bibit tulip silakan klik Jual bibit tulip

 

Info lain bisa baca http://www.ecotulips.com/How-to-grow-tulips-in-warm-climates.html

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

.

 

Baca juga:
Menanam Tulip di Iklim Tropis (Jakarta)
List artikel Kebunku
Postingan Bunga Tulip yang Indah

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

76 thoughts on “Tips Penanaman Tulip

  • December 17, 2013 at 1:49 pm
    Permalink

    Mbak sy baru dpt bibir dr Belanda, sy mau tanam di puncak, mau di taro di pot, media tanamnya cm tanah, sekam Dan pupuk. Terima Kasih

    • December 17, 2013 at 7:02 pm
      Permalink

      Hai Ejuna, bibit tulipnya di “cold treatment” dulu ya simpan dikulkas 3-4 bulan baru ditanam, krn di negara 4 musim melewati suhu dingin dulu baru tahun depannya tumbuh ketika musim semi.

      • December 22, 2013 at 9:29 am
        Permalink

        Hai Mbak, sy ud cold treatment ud 2 mingguan, itu harus 3 bulanan, krn ud Ada 3 umbi ud keluar pucuk hijau2, jd sy skrng musti gimana yach? Terus Kalo sy gagal tanam, sy Boleh titip bl bibitnya lg ng ? Terima Kasih

        • December 22, 2013 at 10:47 am
          Permalink

          Kalau ada banyak umbinya, bbrp umbi coba ditanam saja, yg belum tumbuh tetap di cold treatment. Pengalaman saya sih kalau kurang masa “cold treatmennya” bunganya tidak keluar, jadi hanya daun-daunnya yang banyak.

  • November 15, 2013 at 3:51 pm
    Permalink

    Teman sy sdh nanem+bisa berbunga, kalo cara kembangbiak selain umbi/biji bisakah?? Umbi bisa dipotong kaya pembibitan kentang bisa g ya?? Kalo ada referensi itu boleh dishare :), tenkyuuuuu

    • November 15, 2013 at 3:56 pm
      Permalink

      Umbi tulip mirip bawang merah, umbinya tunggal, klo ada anakannya tumbuh pada bagian luar induknya. Yg spt kentang ada umbinya bunga calla dan bunga dahlia.

  • July 12, 2013 at 11:59 pm
    Permalink

    Masukin aku ke waiting list ya.. mama aku suka bgt tulip soalnya 🙂 aku blh minta emailnya ga mba ??

  • July 11, 2013 at 9:57 pm
    Permalink

    Salam kenal..
    Sis bibit tulipnya mash ada ngga ?? Kira2 klo di indo tumbuh ga ya ? Aku tinggal di bogor kota 😉
    Mksh ..

    • July 11, 2013 at 9:58 pm
      Permalink

      Hai Yunita, salam kenal juga. Bibit tulip beredar lagi bulan September.
      Di Bogor tidak sepanas di Jakarta ya?, mungkin bisa tumbuh :).

      • July 12, 2013 at 11:55 pm
        Permalink

        Masukin aku ke waiting list ya.. mama aku suka bgt tulip soalnya 🙂 aku blh minta emailnya ga mba ??

      • February 11, 2014 at 5:14 am
        Permalink

        mbak, boleh minta emailnya jg ga? Sy baru beli bibit Tulip sm Hyacinth, bisa ga ya kl potnya sy simpan dlm kulkas gt? kulkas yg kaca gt jd bisa dpt sinar matahari..

  • June 25, 2013 at 8:01 am
    Permalink

    Sis bias a kiriman berapaan lama ke Jakarta? Aku Kirim email kaga bisa kekirim. Paketnya belum Aku terima. Bisa tolong Cek udah sampai mana ga Paketnya? Kolom pertama masukkan shipment number (sending number): RT336854980DE
    Trus bawahnya 3 kolom kecil itu untuk tgl saya kirim paketnya
    Kolom mm masukin angka 05 dan dd masukin angka 02

    Oh iya untuk bibit tulip Nya udah Ada belom?
    Makasih yah
     

    • June 25, 2013 at 8:12 am
      Permalink

      Hai sis Juwita, biasanya 2-3 minggu sampai. Tgl 28 Mei saya pernah sis tanya paketnya, email saya tidak dibalas, saya bingung, apa sis marah atau kenapa 😕 Lusa saya coba ke kantor pos untuk tanya ya. Bibit tulip beredarnya bulan September.

      • June 25, 2013 at 8:20 am
        Permalink

        Hahaha bukan ga balas. Saya coba Kirim Balsan ga bisa2, ga tau masalah di iPad Nya. Ini belom sampe2 Jadi harus Cek ke mana yah?

        • June 25, 2013 at 8:22 am
          Permalink

          Nanti kabarin yah. Trs kl uda Ada bibit tulip kasih tau.

          • June 25, 2013 at 10:30 am
            Permalink

            Dear sis Juwita paket sis statusnya retour sudah coba dikirim 18 Mei lalu. Coba datangi kantor pos Jakarta Barat sis. Saya cek statusnya di http://www.posindonesia.co.id lalu lihat bagian kanan ada kolom “lacak kiriman” masukkan no pengiriman yang dari saya.

        • June 25, 2013 at 8:25 am
          Permalink

          Kantor pos dekat kah dengan rumah sis, kalau iya bisa tanya disana?, kalau misal rumah kosong harusnya sih petugasnya telp sis ya, karena saya sudah cantumkan telp dipaketnya. Saya paling bisa lusa mau coba tanya ke kantor pos sini ya ;).

  • Pingback: Tulip Bermekaran di Taman Kota | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Cantiknya Purple Prince Tulip | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Inilah The Queen of Night | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Tulip di Indonesia | Pursuing My Dreams

  • February 22, 2013 at 11:43 am
    Permalink

    Mbak sy ingin beli bibit bunga lili putih, boleh sy tau nomor ponsel mbak Ɣªπğ bisa hubungi,trims

    • February 22, 2013 at 6:45 pm
      Permalink

      Bunga Lili lagi belum ada dipasaran mbak Diah, baru September tersedianya.
      Kalau telp / sms mahal mbak, saya di Jerman.

    • February 23, 2013 at 11:20 am
      Permalink

      Dear mbak Diah, emailmu ga aktif? Mungkin salah? semalam saya ke supermarket, ternyata ada bibit bunga Lili, baru keluar. Saya belum pernah nanam bunga Lili jadi ga terlalu perhatikan dipasaran. Belakangan ini ada 4 org tanya bunga Lili, saya jadi penasaran pengen nanam juga. Lihat dari gambarnya, bentuk dan warna2nya cantik2. Oh ya yg saya beli kemarin dua macam. Untuk detail dan gambarnya klik disini.

  • Pingback: Bunga unik Mirip Tandan Anggur | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Tulip Berbau Permen | Rumah Silaen Salzgeber

  • Pingback: Memotret Bunga Tulip | Rumah Silaen Salzgeber

  • Pingback: Harum Semerbak Bunga Hyacinth | Rumah Silaen Salzgeber

  • January 30, 2013 at 4:17 am
    Permalink

    Cuma bisa baca… tapi di sinu keknya gak bisa hidup kak 😀
    Eh bukan cuma gak bisa hidup sih aku juga gak bakat bercocok tanam hahaha

  • January 28, 2013 at 5:22 am
    Permalink

    salam kenal mba nella blognya menarik banget deh…oh ya mba emangnya bunga tulip paling cocok di tanam pada suhu berapa derajat ?

    • January 28, 2013 at 8:54 am
      Permalink

      Awalnya ketika masih bibit harus melewati suhu dingin dulu, bisa taruh kulkas (jangan di freezer ya :D. Setelah tumbuh tanamannya paling mentok suhu 20 derajat supaya buanga agak lama mekar :).

  • January 26, 2013 at 2:58 pm
    Permalink

    haloo, salam kenal mba Nella.menarik sekali blognya.memang aku dpt dr google blog mba nella dan saat ini saya tertarik untuk menanam bunga tulip,terima kasih sudah mau berbagi ilmu..jadi mengerti cara menanam nya.mba tinggal di jerman,kita tetanggan ya saya tinggal di poland.

    • January 26, 2013 at 3:06 pm
      Permalink

      Hai Devy salam kenal juga ya. Di kelas Integrasi saya juga punya teman asal Poland. Kamu ada blog kah? saya tertarik baca pengalaman-pengalaman warga Indonesia di Luar negeri. Mumpung masih dingin ayo tanam bibit tulipnya :).

  • January 26, 2013 at 11:50 am
    Permalink

    Tulip… tanamnya yang warna warni ya? Yang biru bagus banget pasti..

  • January 24, 2013 at 8:14 am
    Permalink

    Ternyata tulip bibitnya mirip bawang ya

    url antondewantoro.wordpress.com is no longer available.
    This site has been archived or suspended for a violation of wp Terms of Service. Update 20.01.2017

    • January 24, 2013 at 2:29 pm
      Permalink

      Iya seperti bawang merah. Di Jerman di namakan blumenzwiebel, blumen = bunga ; zwiebel = bawang.

      • January 25, 2013 at 6:05 am
        Permalink

        eropa ya, kembang bawang aja bisa keren, gak seperti kembang bawang sini 🙂

  • January 24, 2013 at 3:44 am
    Permalink

    jadi pengen nanem juga, tapi di jogja gak ada tuuuh yang jual…. 🙁

    url qhylofarm.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 29.01.2017

    • January 24, 2013 at 2:27 pm
      Permalink

      Ada teman di Jogya baru coba tanam, kita tunggu kabar dari dia :).

      • January 25, 2013 at 1:59 pm
        Permalink

        okeeeeh, dia mau bagi bibit tulipnya gak yaaaah
        *ngarep

  • January 23, 2013 at 8:10 pm
    Permalink

    thx ilmunya mbak nela, jadi tertarik. tapi mesti nunggu september dulu ya?

    salam
    /kayka

    • January 23, 2013 at 8:15 pm
      Permalink

      Bulan ini juga masih bisa ko mbak Kayka. Kan masih musim dingin, coba tanam di pot saja mbak, karena kalau di tanah langsung sulit tanahnya keras pas winter. Nanti potnya bisa taruh diluar rumah, tulip tahan dingin ko :).

    • January 23, 2013 at 3:20 pm
      Permalink

      Brp suhu di Pati pak Joy? kalau sejuk silakan di coba. Ada Ichsan di Jogya yang lagi mencoba tanam tulip :).

  • January 23, 2013 at 10:20 am
    Permalink

    Mba makasih ya bbit nya sudah nyampe dan semua bbit nya tumbuh senang sekali sya melihat nya 😀 untuk percobaan saya tes.1 biji langsung ditanam hehe

    • January 23, 2013 at 10:31 am
      Permalink

      Hai Ichsan, ahh senangnya bibit tulipnya sampai Jogya dengan baik. Kalau sudah tumbuh tolong email saya fotonya yaaa mau pamerin di blogku :D.

      • January 23, 2013 at 10:46 am
        Permalink

        Ok mba tpi ada satu bibit langsung saya tanam mba soalnya semua sudah bertunas
        yg lain nya saya rendam di air lalu dimasukkan ke lemari pendingin

  • January 23, 2013 at 5:24 am
    Permalink

    Pencinta tulip ya Mbak? Kalau di negera tropis bisa tumbuh gak mbak?

    • January 23, 2013 at 9:26 am
      Permalink

      Asal penanamannya sesuai menurut saya bisa ditanam, awalnya bibit taruh kulkas dulu sampai tumbuh beberapa cm, lalu pindah ke pot.

      • November 30, 2013 at 3:59 am
        Permalink

        mba pupuk nya pakai apa, saya ini sedang mencoba nanam, dikasih bibit dari kakak saya yg bru pulang k indonesia.. bru tadi bgt setelah baca blog mbak saya masukan kulkas sambil d rendam air besok mau mulai tanam,

        salam kenal.. Yuliana
        Indonesia

        • November 30, 2013 at 10:32 am
          Permalink

          Hai Mba Yuli, kalau saya sih ga kasih pupuk. Hanya gunakan tanah kemasan, maklum ga punyahalaman (tanah langsung), trus di bagian tengah pot, saya kasih kompos (cincangan sayuran hijau) timbun tanah baru tanam bibitnya. Kalau mau di pupuk setelah mulai tumbuh, ga perlu banyak cukup sebulan sekali.

        • November 30, 2013 at 10:47 am
          Permalink

          Dear mba Yuli, saya baru kasih update an terbaru di tulisannya, silakan baca bagian bawah untuk tipsnya ya 🙂 .

  • January 23, 2013 at 5:16 am
    Permalink

    waaah baru tau saya kalau bibit tulip bentuknya seperti itu. Nggak tau apa2 tentang berkebun, saya pikir bibit bunga bentuknya seperti biji semua 😀

  • January 23, 2013 at 2:54 am
    Permalink

    klo ga salah tulip ini tanaman khas belanda ya? atau di negara 4 musim juga banyak? di indonesia ga bisa ya tulip hidup?

    btw salam kenal mbak 🙂

    • January 23, 2013 at 9:21 am
      Permalink

      Hai pak Lukman salam kenal juga ya :). Tulip bunga khas Belanda, dan dinegara 4 musim banyak yang tanam. Kalau ditanam di tempat sejuk & tidak terkena matahari saya rasa bisa pak.

      • May 17, 2013 at 9:45 am
        Permalink

        Waktu zaman kelaparan di Belanda pada makan umbi tulip saking nggak ada makanan Mba. Coba search di wikipedia, bagian famine. Kalau sekarang sih kayaknya udah nggak ada lagi yang makan umbi tulip

        • May 17, 2013 at 9:57 am
          Permalink

          Di forum juga pernah ada yg cerita bisa dimakan umbi tulipnya ;).

    • January 23, 2013 at 9:00 am
      Permalink

      Ga susah buat pencinta tanaman, apapun dikerjakan hehehe.

  • January 23, 2013 at 12:31 am
    Permalink

    aduh rajin banget sih… 🙂 gua paling gak minat deh ama tanam menanam. kayaknya ribet banget soalnya. hahaha.

    • January 23, 2013 at 8:59 am
      Permalink

      Ya maklumlah ya Man aku kan belum punya anak, daripada bosan dirumah ya ngurus tanaman deh :D.

      • December 16, 2013 at 5:09 am
        Permalink

        iya,Sis Nella.dari pada main game yang tak karuan,mending kita berkebun.kl berbunga berbuah senangnya

        • December 16, 2013 at 4:06 pm
          Permalink

          Iya sis Hwa, lihat bakal bunganya keluar saja sudah senang sekali 😉 .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: