Menanam Bibit Bunga Musim Semi

loading...

Menanam Bibit Bunga Musim Semi. Memasuki bulan September, hampir semua supermarket mulai menjual bibit-bibit bunga untuk musim semi. Saya tentu tidak mau ketinggalan, maka pada hari pertama bibit-bibit bunga tersebut di jual, langsung saya ke supermarket, sehingga saya bisa leluasa memilih bibit bunga yang saya sukai ;-).

Bibit-bibit bunga ini ditanam bulan September, baru akan mekar mulai di bulan April tahun depan (2013). Wah kalau dipikir-pikir lama sekali ya, namun mau bagaimana lagi, ya begitu prosesnya :D. Yang saya tanam adalah bibit-bibit bunga yang seperti bawang, dikenal sebagai bulbs flower, atau bahasa Jermannya blumenzwiebeln.

Saya suka bibit bunga jenis ini karena setelah selesai berbunga, umbinya bisa kita bersihkan dan simpan untuk ditanam lagi tahun depannya, kalau beruntung kita bisa mendapat banyak tunas-tunasnya.

Bagaimana menanam bibit bunganya, begini proses yang saya lakukan :
1. Rendam bibit-bibit bunga didalam air selama 24 jam.

Menanam Bibit Bunga Musim Semi
Rendam Bibit-bibit Bunga dalam Air Selama 24 jam
  1. Siapkan pot untuk menanam bibit bunga, isi dengan tanah yang telah dicampur pupuk. Perhatikan petunjuk penanaman pada etiket bibit bunga, karena setiap bibit bunga berbeda kedalaman penanamannya.

Ada yang harus ditanam dalam sekali, ada pula yang tidak. Misal untuk bibit bunga Tulip (jenis tertentu) dan Hyacinthus kedalaman penanaman 10 cm sedangkan untuk bibit bunga muscari cukup 5 cm. Bisa juga bibit-bibit bunga tersebut ditanam di tanah langsung.

Berhubung bulan depan saya akan pindahan rumah, dan rumah baru saya tidak ada tamannya (hanya punya balkon yang lumayan luas), maka bibit-bibit bunga ini saya tanam di pot-pot.

Petunjuk Penanaman Bibit Bunga
Petunjuk Penanaman Bibit Bunga
  1. Beri Etiket Tanaman, jadi nantinya ketika tanaman bunga tumbuh kita tidak akan bertanya-tanya, bunga apa yang kita tanam.
Beri Etiket atau Nama Bibt Bunga yang Ditanam
Beri Etiket atau Nama Bunga yang Ditanam
  1. Taruh pot-pot tanaman di tempat gelap dan sejuk. Saya taruh pot-pot tersebut didalam garasi mobil, karena disana lebih dingin. Kalau punya lemari pendingin bisa juga potnya dibungkus kantong plastik dulu kemudian ditaruh di kulkas (lemari pendingin). Proses ini untuk merangsang bibit bunga segera tumbuh.

  2. Bibit-bibit bunga diatas cukup disiram seminggu sekali saja.

  3. Kalau bibit bunganya sudah mulai tumbuh, bisa taruh di tempat terbuka, supaya mendapat sinar matahari.

Bibit Bunga Anemone Coronaria sudah Mulai Tumbuh. Bibitnya saya tanam 21 September 2012
Bibit Bunga Anemone Coronaria sudah Mulai Tumbuh. Bibitnya saya tanam 21 September 2012

Video Persiapan Menanam Bibit Bunga Musim Semi

Bibit-bibit bunga yang saya miliki antara lain:

Bibit Bunga Hyacinthus. Bunga ini Nantinya Harum Sekali
Bibit Bunga Hyacinthus. Bunga ini Nantinya Harum Sekali
Bibit Bunga Muscari dan Camasia
Bibit Bunga Muscari dan Camasia
Bibit Umbi Bunga Narcissus
Bibit Umbi Bunga Narcissus
Dua Macam Bibit Bunga Allium
Dua Macam Bibit Bunga Allium
Empat Macam Bibit Bunga Musim Semi
Empat Macam Bibit Bunga Musim Semi

Oh ya dulu saya pernah cerita, ketika jalan-jalan ke Volendam, Belanda, saya membeli tiga macam bibit bunga tulip. Ceritanya klik disini. Bibit bunganya dikemas sangat bagus, dalam kantong coklat (isi tiap kantong 10 bibit) dengan tampilan luarnya sangat meyakinkan deh.

Ternyata semua bibit bunganya busuk :(, pantas saja bibit bunganya di bungkus kertas coklat jadi pembeli tidak bisa melihat isinya. Beberapa kali saya membeli bibit bunga tulip selalu dibungkus plastik transparan, jadi pembeli bisa melihat kualitas bibit bunganya. Saya kapok ah membeli bibit bunga di lokasi wisata yang ramai, lebih baik membeli langsung ke toko bunga.

Bibit Bunga Tulip Beli di Volendam Belanda Ternyata Busuk semua, Bibitnya Jelek
Bibit Bunga Tulip Beli di Volendam Belanda Ternyata Busuk semua, Bibitnya Jelek

Oh ya untungnya sih, bibit-bit tulip tersebut masih bisa diselamatkan, bongkolnya saya bersihkan, lalu ada banyak tunas-tunas tulipnya yang kecil-kecil. Saya penasaran nih, apakah warna bunga-bunga tulip nantinya akan sama seperti pada kemasannya, yakni Pink, hitam dan biru. Atau saya kena tipu lagi? Hehehe, tunggu sampai tahun depan deh ketika bibitnya sudah tumbuh.

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

61 thoughts on “Menanam Bibit Bunga Musim Semi

  • October 24, 2012 at 8:04 am
    Permalink

    menarik sekali mbak Nella..bibit bunga itu pasti akan lain hasilnya kalau ditanam disini pasti ya..

    • October 24, 2012 at 12:30 pm
      Permalink

      Awalnya bisa dipacu pertumbuhannya mbak, misal taruh di kulkas atau tempat gelap yang lembab, begitu tumbuh sedikit sudah bisa kena sinar matahari.

  • October 23, 2012 at 6:41 am
    Permalink

    sayang banget musti daerah dingin y?,,di aceh bisa tumbuh ngak ya?klu bisa icut kepingin juga bibit bunganya 🙂

    • October 23, 2012 at 9:20 am
      Permalink

      Hai Syahri, di Aceh dingin atau sejuk? kalau iya, bisa ko tumbuh.

  • October 22, 2012 at 1:57 am
    Permalink

    Bunga Hyacinthus itu bisa tumbuh di tanah Indonesia ga ya? cakep tampaknya.

    • October 22, 2012 at 6:36 pm
      Permalink

      Kalau daerahnya sejuk, menurutku bisa saja deh Dit. Trus utk memacu pertumbuhannya, bisa taruh di lemari pendingin (kulkas).

  • October 19, 2012 at 3:32 pm
    Permalink

    Pemberian etiket nama itu penting banget, kalau udah gede jangan sampai lupa namanya.

    • October 19, 2012 at 5:10 pm
      Permalink

      Benar mas Gie, kadang-kadang ada bunga atau tanaman yang mirip-mirip, jadi etiket penting sekali, atau kalau ada yang tanya kan saya jadi bisa jawab :).

  • October 18, 2012 at 4:09 pm
    Permalink

    Kayaknya panen bunga di musim semi nanti bisa-bisa diikuti industri rumah penghasil bibit minyak wangi, betulkah? Hehe… tumbuh tidak bunga 4-musim di daerah tropis, kalau kebalikannya mau juga?

    • October 18, 2012 at 6:29 pm
      Permalink

      Indonesia juga punya kota-kota berhawa sejuk, saya rasa bisa saja bunga-bunga tsb tumbuh.
      Untuk memacu pertumbuhan seperti bibit tulip bisa dimasukkan kulkas atau lemari pendingin,
      karena kalau di Eropa bibit yang ditanam melalui musim dingin.
      Untuk penghasil bibit minyak wangi, saya baru tahu “lavender”.

      Kalau kebalikkan, maksudnya bibit dari Indonesia tanam di negara dingin?
      bisa saja ditanam namun ketika musim panas,
      disini pas musim panas bisa hampir 40 derajat C.

      • October 19, 2012 at 7:06 am
        Permalink

        kirain ‘narcissus’ bisa diekstrak (hadiah buat para ‘narsis’ blogger!); menarik bisa bikin green house 4-musim di daerah tropis…

  • October 18, 2012 at 5:15 am
    Permalink

    bibit bunga tulipnya kok kaya bawang merah ya, hehehe

    • October 18, 2012 at 9:03 am
      Permalink

      Iya Yos bibit bunganya seperti bawang merah, disini namanya Zwiebeln blumen samen, kalau bahasa Inggrisnya Bulbs seeds. Saya suka jenis seperti ini jadi tiap tahun bisa dipakai dan akan terus bertunas.

  • October 18, 2012 at 3:37 am
    Permalink

    Mbak Nella emang TOP deh ! 🙂 .. semoga suatu saat bisa melihat perkebunan mbak Nella 😀

    url masrois.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 20.01.2017

      • October 19, 2012 at 8:11 am
        Permalink

        yaa .. setiap pagi saya berdoa bisa ke luar negeri, mbak setiap pagi doain saya juga, ben tambah kuat doanya 😀

  • October 17, 2012 at 9:58 pm
    Permalink

    Serasa ikut berkebun…. saya juga jadi ga sabar nih pengen lihat bunga-bunga bermekaran….:)

    • October 17, 2012 at 10:08 pm
      Permalink

      Tahun depan mba Dita bunga-bunganya akan mekar, mulai bulan April :).

  • October 17, 2012 at 9:16 pm
    Permalink

    wah, banyak macamnya ya Mbak….

    pasti menyenangkan sekali bertanam pada musimnya…

    • October 17, 2012 at 9:47 pm
      Permalink

      Iya Ta, yang saya tanah sih masih sebagian kecil bibit bunga yang akan mekar musim semi tahun depan.

  • October 17, 2012 at 8:57 am
    Permalink

    Siapa menanam ia akan menuai buahnya. Senang sekali kelihatannya bisa bercocok tanam

    • October 17, 2012 at 9:11 am
      Permalink

      Amin .. amin mas Harits, terima kasih sudah berkunjung :).

  • October 17, 2012 at 4:19 am
    Permalink

    Bagus-bagus banget bunganya,.. aku suka bunga tapi nggak telaten menanam & memeliharanya 😀

    • October 17, 2012 at 9:01 am
      Permalink

      Hai Chrismanaby kalau gitu beli bunga musiman, yang stl berbunga trus mati deh tuh bunga, jd enak bisa menikmatinya warna-warninya tanpa perlu perawatan ekstra, paling cuma disiram sekali2 :D.

  • October 15, 2012 at 4:04 pm
    Permalink

    Kalo gitu akang ikutan nunggu sampe bunganya pada mekar.

  • October 12, 2012 at 8:18 pm
    Permalink

    selamat menanam ya kak …
    semoga bunganya mekar dengan sempurna …

  • October 11, 2012 at 7:25 pm
    Permalink

    Wah…banyak yang ditanam. Saya amat gembira melihat bunga narcissus ditaman saya muncul kembali
    dimusim bunga.:)

  • October 11, 2012 at 6:21 pm
    Permalink

    wah ga sabar mau lihat bunganya tumbuh *fast forward kebulan Apri* hehe

  • October 11, 2012 at 6:16 pm
    Permalink

    asik juga baca artikel nich… jadi semngat tanam bunga .tapi bunga apa yah..xiixi

  • October 11, 2012 at 5:46 pm
    Permalink

    Pengen bibit-bibit itu Mba..
    Jadi ga sabar ngelihat update bunga-bunga itu berbunga.. 😀

  • October 11, 2012 at 8:15 am
    Permalink

    Wah, memang hobinya sih mbak. hehehe. Perlu waktu luang lebih ni buat nekunin hobi bercocok tanam, hehehe 🙂

    url z1riders.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  • October 11, 2012 at 6:54 am
    Permalink

    Ribet banget, kalo di sini mah tinggal di taruh tanah yang udah ada pupuknya. 1 minggu kemudian muncul tunas2nya 🙂

    • October 11, 2012 at 10:31 am
      Permalink

      memang lama sih, namun saya senang mengamati pertumbuhan tanaman dari sejak awal sampai keluar bunganya :).

  • October 11, 2012 at 1:49 am
    Permalink

    ternyata di Belanda pun penjual mau juga menipu ya 😀 tak kirain cuma di Indonesia aja kak hihihi 😀 mudah-mudahan semua bunga tumbuh dgn baik tahun depan.. amin 🙂 selamat menanam kak!

  • October 10, 2012 at 12:03 pm
    Permalink

    jadi inget mendiang nenek saya, beliau juga seneng ngerawat bunga2an. 🙂

      • October 10, 2012 at 8:32 pm
        Permalink

        sayangnya enggak mbak. beberapa bunga udah gak ada. paling mamak saya yang ngelanjutin hobinya dikit2.

  • October 10, 2012 at 10:39 am
    Permalink

    ndak sabar liat bunga nya mekar,,, 🙂

    disana ada bibit bunga raflesia juga g?,, 😀

      • October 10, 2012 at 10:42 am
        Permalink

        ya sudah,, bunga bank aja,

        pengen banget liatnya,, :mrgreen:

  • October 10, 2012 at 10:24 am
    Permalink

    Katanya orang yang rajin bertanam itu adalah orang dengan kondisi emosi yang stabil dab sabar.
    Ya jelas sabar, tiap hari merawat dan nunggu sampai tahun depan pulak! 😀

    Semoga ya kak tulipnya tumbuh bagus, pengen liat updatenya di blog kakak

    • October 10, 2012 at 10:34 am
      Permalink

      Sering-sering mampir yaaa liat update taman bungaku 😀

      • October 10, 2012 at 10:36 am
        Permalink

        Siyaaap 🙂

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: