No Benjamin No Drama No Stress

loading...

No Benjamin No Drama No Stress . Selamat hari minggu pembaca setia blogku. Ceritanya jagoanku lagi menginap semalam dirumah omanya. Ini kali pertama menginap lagi setelah absen setahun tidak pernah nginap. Tahun lalu omanya Ben karena sakit jadi cuti setahunan dari kerjaannya. Bukan sakit yang harus bedrest sih namun dalam setahun itu harus pergi terapi secara teratur. Selama pengobatan, terapi termasuk ada olahraganya dan menjaga pola makan, hingga saat ini berat badan mama mertuaku turun lebih dair 20 kg.

Kerjaan omanya Ben perawat lansia yang keliling ke rumah-rumah (bapaknya Ben dan adik iparku nya juga sama kerjaanya perawat), mana rumah-rumah di Jerman sini kan kebanyakan model apartemen atau rusun gitu ya, jadi naik turun tangga setiap hari. Cape kerja cape fisik juga, sungguh beratlah kerjaan perawat, makanya bapaknya Benjamin bilang saya jangan jadi perawat deh.

Kalau pas omanya cuti setahun itu Ben sering menginap 1 atau 2 malam, lalu pas omanya sudah balik kerja lagi ya si bocah tidak pernah nginap. Paling kalau omanya libur Ben dijemput pagi, malamnya diantar pulang. Kemarin si bocah diantar bapaknya, lalu suamiku kerja, tidak pulang karena kerja 12 jam jadi tidur dirumah pasiennya. Pasien model begini dapat perawatan 24 jam dirumah (intensivpflege), jadi ada 2 perawat yang bergantian tugas setiap harinya. Kadang suamiku kerja seminggu baru libur 2 hari, tidak pulang tuh selama seminggu itu, berat bangetlah hari-hariku kalau hanya berdua Benjamin saja. Semakin besar anak nih makin membuat emosi jiwa saya bergejolak haha. Makanya kalau tidak dapat „me time“ sendirian dirumah begini, bisa gilaaa kali saya.

No Benjamin No Drama No Stress

Ini benar banget quotenya haha maunya cepat beresin rumah malah jadi lamaa

 

Biasanya omanya Ben bilang jauh-jauh hari kalau mau pinjam nih anak. Nah saya giranglah bisa lepas sebentar kan 😀 . Saya akan buat list things to do selama Benjamin tidak dirumah. Daftar kerjaan bisa 2 lembar kertas note kecil, tapi yang berhasil dikerjakan biasanya 50% saja sudah membuat saya senang. Pernah kertas catatanku ini dilihat bapaknya Ben dia iseng nambah daftar nulis „dont disturb my husband“ haha 😛 .

Kertasnya saya taruh di meja dapur, kalau saya ingat harus mengerjakan hal penting apa saya tulis, nanti nambah lagi dan lagi dan pas anakku menginap jadi panjang sekali daftarnya. Kalau tidak buat daftar kerjaan, 2 hari bisa berlalu begitu saja karena saya keasyikan cuma internetan hahaha parah!. Pokoknya sebisa mungkin saya tidak boleh tergoda untuk nyalain komputer pas hari pertama. Harus mengerjakan beberapa hal penting dulu yang tertulis. Pas malam hari barulah nyalain komputer.

Saat saya tahu Ben akan menginap biasanya sehari sebelumnya saya sudah mengerjakan kerjaan rumah dulu seperti nyuci, nyetrika, bersihkan rumah pakai vacuum cleaner, atau mengelap perabotan. Itu beberapa kerjaan penting yang paling menyita waktu, kalau sudah beres pas saya sendirian jadi bisa mengerjakan hal lain yang saya suka. Namun kalau ternyata kerjaan penting yang saya sebut tersebut tidak bisa saya kerjakan sebelumnya ya pasrah saja deh, hari pertama si bocah tidak rumah ya melakukan hal tersebut.

Kemarin Benjamin dan bapaknya pergi jam 10.30 mulailah babu time haha. Beberapa kerjaan yang sudah saya lakukan kemarin, antara lain:
Bersihkan rumah pakai vacuum cleaner. Kamar mandi hanya sebentar di vacuum karena sehari sebelumnya sudah saya bersihkan. Lanjut kamar tidur, ruang tamu dan dapur di vacuum. Saya sambil lihat jam karena mau ke kantor pos dan belanja ke supermarket, perlu mengatur waktu karena bus kalau sabtu hanya sampai jam 15 jadwalnya. Meja ruang tamu saya bersihkan kacanya pakai cairan pembersih sudah jorok sekali. Semua mainan Benjamin, mobil-mobilan dan peralatannya saya masukkan ke kardus besar dulu. Jalanan mobilnya saya tidak rusak, hanya bagi beberapa bagian dan taruh di sofa. Kalau saya ubah bentuknya si Benjamin pasti tahu dan dia akan bongkar dan pasang lagi sesuai keinginan dia, daripada saya sakit hati melulu hasil karya saya tidak disukai anak sendiri jadi ya saya biarkan bentuk jalanannya seperti semula haha.

Nyuci. Sebenarnya pakaian-pakaian kotor sudah dalam mesin cuci nah saya lupa nyalain mesin pas hari jumat, ya sudahlah jadinya nyuci sabtu siang.

Menyiram houseplants tanaman hias dalam rumah, nih diselingin sambil nge-vacuum. Kemarin jadwal siram tanaman, kalau winter paling disiram 1-2 minggu sekali. Beberapa stiker kuning perangkap serangga sudah hampir penuh dengan serangga yang nempel jadi saya ganti yang baru. Kalau siram tanaman saya lakukan dengan merendam potnya dalam ember isi air, kalau disiram dari atas media tanam jadi lembab makin banyak serangganya numpang hidup. Kalau saya perhatikan seranga-seranga ini tidak menggangu tanaman hanya membuat jelek pemandangan ruangan saja, makanya perlu dibasmi. Baca juga: ampuhnya stiker kuning perangkap serangga

Niatnya mau bersihkan rumah 1 jam saja lalu pergi belanja, malah jadi mundur nambah 2 jam lagi. Eh busyet 3 jam bersihkan rumah karena banyak sambilannya hehe. Entah tenaga dari mana, rasanya ko kuat saja mondar mandir segitu lamanya.

Puji Tuhan kerjaan rumah beres mau pergilah belanja. Niatnya naik bus jam 13.30 lah ko sakit perut asem benar dah ahaha, perut tidak bsia diajak kerjasama nih 😥 . Hiks galau deh jadwal bus lewat lalu bagaimana dong? Jalan kaki atau nunggu jadwal bus berikutnya setengah jam lagi (jam 14), apa pas pulang akan bisa naik bus terakhir 14.45 , kalau jalan kaki 20-30 menitan harus antar surat dulu ke kotak pos lalu belanja dan salju sudah mulai turun, untungnya salju kering sih. Nih saya ngobrol dengan diri sendiri bagaimana baiknya haha.

Akhirnya saya memutuskan jalan kaki. Saya bawa troley belanjaan karena tidak mungkin angkat belanjaan yang berat. Jalan santai menikmati pemandangan jalanan, kalau sama jagoanku pasti saya banyak cerewet ini itunya misalnya Benjamin yang lari, atau tidak mau dituntun.

Selesai belanja bingung lagi mana mungkin saya jalan ke terminal bus. Dalam 3 menit bus terakhir akan jalan. Saya potong jalan akan naik bus di halte depan bank. Kali ini tidak jalan santai tidak juga lari karena troley belanja saya berat. Saya tiba diseberang bank saya lihat bus nya berhenti karena lampu merah, untung sabtu jalanan sepi jadi saya bisa langsung nyeberang sembarangan hehe. Untung pak supir baik hati langsung buka pintu belakang saya bisa langsung taruh troley saya di tengah tempat khusus yang luas, saya langsung duduk manis tanpa perlu kedepan kasih lihat kartu saya, sepertinya pak supirnya sudah hapal wajah saya.. what a lucky day for me pikir saya beberapa hal berjalan dengan mulus.

Sometime I need to be alone but not to be lonely but to enyjoy your free time being you and your self. Quote by curiano.com

 

Tiba dirumah beberes belanjaan sebentar. Untung lagi masih ada menu makan kemarin tinggal panasin bentar saja, sambil saya keluarin cucian dari mesin cuci dan menjemurnya. Makan santai diruang tamu sambil nonton rekaman tayangan kesukaan saya. Coba kalau ada si bocah, saya pasti dikomplain kalau ganti saluran Disney dia haha.

Lanjut kerja cuci bersihkan botol-botol susu nya Benjamin, saya lakukan ini 2 hari sekali malas kalau tiap hari hehe. Sambil nyuci botol-botol saya pasang cd favorit singerku Celine Dion. Saat mau keringkan/ngelap botol-botol dan masukin susunya, nah cd saya matikan ganti dengan sambil nonton youtube tutorial anggrek akunnya miss orchid girl . Salah besar loh kalau kalian kira tidak ada yang nonton youtube yang lama durasinya, saya termasuk pecinta nonton youtube karena bersihkan botol-botol susu begini bisa satu jam bahkan lebih. Kalau ingat beberapa bloger yang punya vlog ya saya nonton salurannya, kalau tidak tidak pasti saya nonton video tutorial anggrek/tanaman. Saya sambil maskeran juga dong hehe 😀 .

Lanjut kerja lagi, saya naik ke gudang atap ambil bibit-bibit (umbi) bunga musim semi, saya mau rendam semalaman buat keesokan harinya saya tanam. Saya coret-coret kertas bikin perencanaan mau nanam kombinasi beberapa bibit bunga :mrgreen: .

Saya pandangi jam dinding eh busyet sudah 8 jam an saya sibuk sendiri dan saya merasa tepar haha capenya pool dah! Namun bahagia sih home alone 🙂 . Sendirian dirumah begini selama 2 hari cukup mengisi ulang baterai kebahagian saya, kalau kelamaan sendiri tidak enak juga saya bakalan kangen berat sama dua laki-lakiku haha.

No Benjamin No Drama No Stress

Senyum girangnya Benjamin dikasih haribo. Dia susun rapih permennya. Foto 9 Jan 2017

 

Saya sudahi kesibukan saya dan lanjut nonton tv. Urusan setrikaan, bikin makanan minggu an Benjamin, balas-balas email, kalau sempat blogwalking akan saya kerjakan minggu (hari ini). List kerjaan masih panjang, masih mau bikin kue, cuci beberapa pot, rapikan gudang bawah, keluarin baju-baju Benjamin yang sudah kekecilan, keluarin dari kardus baju-baju Ben waktu bayi untuk adiknya yang akan lahir Maret nanti, ahh banyak maunya sayang waktunya kurang.

No Benjamin No Drama No Stress

Things to do on me time

 

Terima kasih bagi yang sudah membaca curhatan saya. Bagaimana weekend kalian? 🙂 .

Advertisements

37 thoughts on “No Benjamin No Drama No Stress

  1. kirain kak nella gak bikin artikel. eh ternyata emang gak keluar lagi ya kak di list yang diikuti di blogku. udah ketinggalan banyak nih artikel2 yg kakak tulis. aku udah subscribe via email aja 😀

  2. Berarti memang benar seperti yang pernah dikatakan teman kantor ” anak bisa jadi pengobat segalanya, saat di kantor banyak masalah, tapi kalau sudah sampai rumah bertemu dan bermain dengan anak semuanya hilang dan segar kembali”

  3. Eh, disana rupanya ada juga istilah “meminjam” cucu ya mbak?
    Kalau baca tulisan model seperti begini, saya mah seakan diajak flashback ke tahun 90-an, begitulah kadang ibu saya meminjam si sulung untuk menginap di sukabumi.
    Masa berlalu. Sekarang si sulung sudah kerja. Mungkin nanti kembali saya mengulangi apa yg orang tua sering lakukan, meminjam anaknya si sulung…

    Salam pagi dari sukabumi,

  4. duh sis, aku juga pingin deh punya me time, kebayang ruepotnya dirimu (samalah kita).. mertua suka minta anak2 dan suami kasih ijin, tapi gantian akunya ga bisa tidur kalau ga liat mereka sehari aja walau sebenarnya seharian sama mereka bikin gila juga hahaha

    • Hai sis Lenny, hehe serba salah ya, ada anak2 kitanya sering pusing, ga ada krucil malah kangen hehe. Saya sih klo masih 2 malam anak nginep masih biasa aja, klo lewat 2 malam ga tahan deh kangen berat hehe, anaknya juga kangen emaknya, prnh bbrp kali anakku katanya ga semangat lagi cuma diam aja hehe.

  5. Wow aktivitasnya padat sekali. Sulit ya jadi ibu rumah tangga ngurus ini itu. Padahal udah kayak liburan aja karena ben dirumah neneknya.

    Klo saya di hari sabtu, karena besok minggu jadi punya me time sendiri. Biasanya internetan dari jam 6 spai pagi. Baca2 artikel saja sudah buat saya begitu senang seharian. Nggak ngapa2 in hehe he………

  6. Sekali-sekali terasa melegakan ya, Nel. Apalagi diisi dengan berbagai kesibukan, ga berasa waktu ‘tenang’ berlalu. Setelah itu, banyak energi lebih lagi untuk menghadapi berbagai kehebohan. Apalagi menunggu kedatangan adeknya Ben. Semangat emak Nella harus berlipat 😀

  7. beres2 rumah saat anak ga ada, memang surga rasanya mbak ;p.. akupun biasanya ngelakuin yg sama pas anak2 lg main di luar :D.. biar bener2 bersih gitu.. walopun saat dia pulang, berantakan lg ;p..

    itu haribo kesukaan suamiku juga ;p.. dulu pas mertuamsh tugas di negara2 eropa, pasti yg diminta haribo ama knoppers ;p.. skr sih haribo udh ada dijual di indo, tp knoppers belum nih.. baru ada hanuta.. aku ga suka kalo hanuta, coklat bgt -__-..

  8. Ternyata banyak bangat yach yang mesti kakak kerjain walau tidak ada Ben. Sama kali yach kalau pas weekend gitu kerjaan bersih-bersih rumah rasanya nga ada habisnya, bisa seharian nga kelar2.

    Senyum nya Ben itu bisa mengusir stres yach, Daritadi mumet lihat kerjaan, pas lihat foto Ben jadi semangat lagi akunya.

    • Hai baiq, si Ben sudah 2,5 thn umurnya. Kerupuk ada di toko India dekat ruamh sayangnya cuma satu jenis kerupuk udang aja, klo di supermarket jarang sekali ada, paling pas promo produk asia itupun cuma seminggu produk asianya tersedia. Klo di online shop lebih banyak pilihannya, beli di toko Indonesia. Sekali saya beli dari toko di Belanda, ongkir 2x lipat di Jerman namun pilihan kerupuknya banyak, lapar mata pengen macem2 haha.

  9. enak ya kalo bisa me time seharian gitu… jayden kayaknya masih belom bisa aku tinggal gitu, soalnya tengah malem masih suka bangun nyariin aku… akunya juga ga tega sih ninggalin yang ampe harus nginep gitu hehehehehe…

    • Sudah 2 bulan ini si Ben juga selalu datang ke kamarku pas dini hari, pindah tempat tidur dia. Sempat kuatir juga apa bakal nyariin pas nginep, eh ternyata lancar jaya nginepnya 😀 . Paling lama nginep pernah 2 malam, lewat segitu kangen beratlah Mel haha.

  10. Wihiiww. Setrong bgt kak.. Iya ya, kalo pas ga ada yg recokin rasanya bisa ngelakuin ini dan itu. Yg penting jgn diforsir ana kak, tar kecapean..

    Ahhh.. Bang Ben makin cakeppp aja nihhh.. Hihi

  11. sering gitu deh Nel…, merasa seharaian punya me time bakal bisa ngerjain apapun…
    kenyataannya banyak selingan yang bikin lupa kerjaan he.. he..

  12. Senyumnya si Ben itu loh..so cute ….
    Bener kak, kerja perawat itu berat banget kalau di luar ya..wkt di Indonesia aku kerjanya enak banget..mana aku dah kepala keperawatan waktu itu di RS ..tinggal merintah anak2 buah aja..
    Pas kerja di Greenland aku di ruang patah tulang..onde mande kak Nel…capek kali lah..mana bulenya gede-gede..nuntun yang patah kaki jalan…badan mereka dua kali lipat dari badanku .. 😀 ha ha ha…

    • Klo senyum manis banget emang, klo lagi ngamuk jelek banget adatnya tuh anak haha.

      Iya Dew berat kerjaan perawat di LN nih. Klo perawat keliling spt mak mertua dan suamiku dulu mereka satu kerjaan, sehari dapat pasien bisa 30 orang. Ada jadwal mandiin pasien juga, angkat2 juga. Ngebayangin orang asia yg jadi perawat badannya kecil mungil duuhh encok kali ya tiap hari kerja begitu. POsitifnya perawat tuh kerjaan yg banyak dibutuhkan dan biasanya sih ga pakai lama nganggur klo mau pindah cepat dapat yg baru.

Leave a Reply