2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube . Selamat hari Minggu pembaca setia, kalau sebelumnya saya ada cerita mengenai komen palsu atas namaku dan pada akhirnya saya masah bodohlah menghabiskan waktu kan kalau mau diperpanjang lagi. Nah kali ini yang tidak kalah serunya ada cerita baru yang mana kali ini sempat membuat saya kuatir kalau naik banding kedua saya ditolak bagaimana dong? 🙁 .

Jadi ceritanya tanggal 7 Desember 2016 saya dapat surat cinta (teguran pelanggaran hak cipta) dari youtube. Saya kaget karena baru pertama kali dapat teguran begitu, dan langsung satu video saya yang diklaim melanggar hak cipta tersebut di blokir tidak bisa diputar diseluruh negara!.

2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

Dapat email surat teguran pelanggaran hak cipta dari youtube. Apa hubungannya video bunga Amaryllis dengan Liga sepak bola? Huaha ngaco banget. Dapat email 7 Desember 2016

 

Video yang diklaim melanggar hak cipta adalah video rekaman saat bunga Amaryllis saya mekar. Saya beneran bingung bagian mananya yang dituduh pelanggaran hak cipta?.

2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube. Video bunga Amaryllis saya diblokir tidak bisa diputar diseluruh negara. Penuntutnya FA Premier League

Video bunga Amaryllis saya diblokir tidak bisa diputar diseluruh negara. Penuntutnya FA Premier League

 

Judul videonya: Amaryllis Exotic Nymph Royalcolors.
Durasi: 1 menit 13 detik. (Karena hanya beberapa detik jadi saya buat slow motion pakai fitur youtube).
Tayang/diupload: 30 Oktober 2016.
Soundtrack/Latar belakang musik: End of Summer by the 126ers. Saya pilih dari daftar musiknya youtube yang memang bebas kita pakai (Featured Tracks Ad-free and eligible for monetization).

 

Dari email yang saya terima klik “view claim details” nanti akan masuk ke youtube halaman pelanggaran hak cipta.

Detail Informasi bagian mana video mendapat tuduhan pelanggaran hak cipta dari youtube

Pada foto diatas saya beri nomer :
1.Content – konten visual 0:0.1-0.11 playmatch. 11 detik pertama yang dituduh melanggar hak cipta.
2. Claimant (penuntut) : FA Premier League
3.Policy (tuntutan): diblokir di semua negara
4.File a dispute, klik ini kalau mau naik banding pertama.

Bagian atas ada keterangan “kalau saya setuju dengan kondisi tertulis saya tidak perlu melakukan apapunkalau mengaku terima kesalahan . Saya termenung sesaat memandangi layar tablet saya sambal mikir ceritanya hehe 😀 sambil baca berulang kali dan bolak balik lihat video bunga amaryllis saya tersebut. Penuntutnya FA Premier League, nih bukannya liga sepak bola ya? pikir saya ❓ .

Saya memang bukan penyuka sepak bola namun rasanya tidak terlalu asing dengan nama penuntut tersebut. Lah apa hubungannya bunga amaryllis sama sepak bola coba? Haha. Kalau soundtrack kan gratisan yang memang bebas untuk digunakan.

Malam itu tidak lama setelah saya baca email dari youtube tersebut saya klik naik banding (klik File a dispute). Di form banding saya jelaskan kalau video tersebut adalah video bunga amaryllis saya, dan latar belakang musik saya pilih dari daftar lagu youtube yang memang bebas dipakai.

2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube. Naik banding karena merasa tidak melanggar hak cipta video di youtube

Saya naik banding karena merasa tidak melanggar hak cipta video di youtube

 

Keesokan harinya saya online dari komputer supaya bisa cek lebih teliti:
• Bolak balik saya lihat video tersebut terutama 11 detik pertamanya. Saya tidak melihat unsur permainan bola atau tetek bengeknya FA Premier League.
• Saya google hyme FA Premier League dan cari symbol FA Premier League sambil saya perhatikan 11 detik pertama video, apakah bentuk bunga amaryllis atau rak bunga saya yang terbuat dari besi ada ukiran symbol FA Premier League nya? .
• Saya juga cari id/akun FA Premier League di youtube mau nanya langsung ceritanya, ternyata ada beberapa akun dan malah satunya sepertinya bukan akun resmi, ada 1 video akun ini di blokir haha. Sebenarnya saya bingung apanya yang mau saya cari wong saya upload video bunga gitu loh!.

Saya banyak baca halaman google support bagian pelanggaran hak cipta. Ada pernyataan kalau jawaban proses banding hasilnya keluar dalam 10 hari, nah ada juga yang sebulan lah mana yang benar?. Saya tunggulah yang 10 hari saja.

Menghitung hari .. pada hari kesebelas saya menanyakan ulang hasil banding saya. Setelah tekan kirim lah ko di formnya dibilang prosesnya sebulan, OMG dalam hati sudah nunggu 10 hari lalu di suruh nunggu sebulan lagi! sampai 18 Januari 2017. Keajaiban datang wah cepat dapat hasil bandingnya, keesokan harinya saya dapt email dari youtube. Hati berdebar-debar saat lihat judul inbox email.

Hasilnya? ..
Bagaimana? ..
Menang bandingnya kah? ..
Saya teriak kurang ajarrrrr, sebel!! 

Banding saya di TOLAK, penuntut tetap pada tuntutannya!. 😥

 

Banding saya ditolak Penuntut tetap pada tuntutannya. Iihh saya kesal banget mau teriak langsung di depan muka penuntut.

Saya banyak baca halaman support google mengenai klaim hak cipta(yang perlu bisa lihat pada bagian bawah postingan saya ini):
• Penuntut (per-orang-an/brand besar) besar punya software khusus dimana bisa menemukan materi video yang beredar di youtube kalau ada yang cocok dengan apa yang mereka yakini sebagai hak cipta orang/brand besar ini maka mereka akan memblokir video-video tersebut.
• Youtube hanya sebagai mediator, jadi tidak mengecek isi materi video yang dituntut.

Nah dari 2 pernyataan tersebut ya bisa aja dong softwarenya salah mendeteksi kan?, dan harusnya kalau sudah ada permintaan banding ya di cek manual lah video saya tersebut, dilihat benar-benar apakah ada unsur pelanggaran hak cipta, ada materi mengenai sepak bola tidak di video bunga saya. Saya nih antara mau ketawa dan kesal jadinya cuma bisa ngoceh marah sendiri saja haha, apa hubungannya video bunga saya dengan sepak bola coy! 😛 .

Sebenarnya gampang saja buat saya, ya sudahlah menyerah saja, hapus saja videonya dan upload ulang. Ngurusin beginian makan waktu kan harus nulis banding pakai bahasa Inggris pula (cek pakai google translate hehe). Namun karena kekesalan saya sudah sampai ke ubun-ubun, sudah kepalang basah, maka saya maju pantang mundur, walaupun agak kuatir juga baca ketentuan jika kalah pada banding kedua nanti saya akan dapat teguran hak cipta yang pertama.

Akibat kalau dapat 3 kali teguran hak cipta dari youtube:
• Akun akan kena banned.
• Semua video yang diupload ke akun kamu akan dihapus
• tidak dapat membuat akun baru.

Proses banding kedua…

Di proses banding kedua ini saya harus memberikan data pribadi saya, nama dan alamat lengkap saya (tentu saja saya berikan alamat Jerman saja, soalnya kalau berikan alamat Indonesia ada yang cek saya tidak disana, kena kasus baru kali pemalsuan biodata haha).

Form yang saya isi tersebut akan diberikan ke penuntut. Wah dalam hati sebel juga sih karena hal sepele begini saya harus berikan biodata pribadi, sedangkan penuntutnya tidak melakukan pemberian data pribadinya ke saya.
Yang baru lihat video saya juga belum sampai 50 view ah pokoknya tidak worth it! 😀 .

Saya penasaran saja bagaimana prosesnya makanya saya pantang mundur untuk pertama kalinya ini, toh saya berada di pihak yang benar. Berikut ini screenshoot halaman-halaman proses banding kedua. Saya isi yang versi bahasa Inggris, sedangkan foto-foto yang saya buat ada yang saya ganti jadi Bahasa Indonesia karena saya tulis pengalaman saya ini kan dalam bahasa Indonesia, tapi ada yang yang bahasa Inggris karena lupa ganti pilihan bahasa.

klik gambar untuk melihat ukuran besar

 

Ternyata saya tidak perlu menunggu hasilnya sampai sebulan. Kira-kira seminggu kemudian saya mendapat email baru dari youtube. Hati berdebar saat lihat judulnya, kuatir bakalan kalah lagi haha 😀 .

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements
Advertisements

42 Comments

  1. sozan March 27, 2018
  2. Sea February 23, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 26, 2018
  3. Fanny Fristhika Nila November 21, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 24, 2017
  4. Amin wahyuningsih October 27, 2017
  5. Parsas April 7, 2017
  6. Husni Cahya Gumilar March 3, 2017
  7. cahaya 41 February 24, 2017
  8. cahaya 41 February 18, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 19, 2017
  9. Agus Supriyono February 14, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 14, 2017
  10. saribainbridge January 25, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 26, 2017
  11. Arman January 17, 2017
  12. ysalma January 17, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 17, 2017
      • ysalma January 18, 2017
  13. Ulfarick January 15, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 15, 2017
  14. baiqrosmala January 14, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 15, 2017
      • baiqrosmala January 17, 2017
  15. monda January 13, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 13, 2017
  16. monda January 13, 2017
  17. Shiq4 January 10, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 11, 2017
  18. Prih January 10, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 11, 2017
  19. Melissa Octoviani January 10, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 10, 2017
  20. dewi Nielsen January 8, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 8, 2017
      • dewinielsen.com January 8, 2017
        • Emaknya Benjamin br. Silaen January 10, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: