2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

loading...

2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube . Selamat hari Minggu pembaca setia, kalau sebelumnya saya ada cerita mengenai komen palsu atas namaku dan pada akhirnya saya masah bodohlah menghabiskan waktu kan kalau mau diperpanjang lagi. Nah kali ini yang tidak kalah serunya ada cerita baru yang mana kali ini sempat membuat saya kuatir kalau naik banding kedua saya ditolak bagaimana dong? πŸ™ .

Jadi ceritanya tanggal 7 Desember 2016 saya dapat surat cinta (teguran pelanggaran hak cipta) dari youtube. Saya kaget karena baru pertama kali dapat teguran begitu, dan langsung satu video saya yang diklaim melanggar hak cipta tersebut di blokir tidak bisa diputar diseluruh negara!.

2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

Dapat email surat teguran pelanggaran hak cipta dari youtube. Apa hubungannya video bunga Amaryllis dengan Liga sepak bola? Huaha ngaco banget. Dapat email 7 Desember 2016

 

Video yang diklaim melanggar hak cipta adalah video rekaman saat bunga Amaryllis saya mekar. Saya beneran bingung bagian mananya yang dituduh pelanggaran hak cipta?.

2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube. Video bunga Amaryllis saya diblokir tidak bisa diputar diseluruh negara. Penuntutnya FA Premier League

Video bunga Amaryllis saya diblokir tidak bisa diputar diseluruh negara. Penuntutnya FA Premier League

 

Judul videonya: Amaryllis Exotic Nymph Royalcolors.
Durasi: 1 menit 13 detik. (Karena hanya beberapa detik jadi saya buat slow motion pakai fitur youtube).
Tayang/diupload: 30 Oktober 2016.
Soundtrack/Latar belakang musik: End of Summer by the 126ers. Saya pilih dari daftar musiknya youtube yang memang bebas kita pakai (Featured Tracks Ad-free and eligible for monetization).

 

Dari email yang saya terima klik β€œview claim details” nanti akan masuk ke youtube halaman pelanggaran hak cipta.

Detail Informasi bagian mana video mendapat tuduhan pelanggaran hak cipta dari youtube

Pada foto diatas saya beri nomer :
1.Content – konten visual 0:0.1-0.11 playmatch. 11 detik pertama yang dituduh melanggar hak cipta.
2. Claimant (penuntut) : FA Premier League
3.Policy (tuntutan): diblokir di semua negara
4.File a dispute, klik ini kalau mau naik banding pertama.

Bagian atas ada keterangan β€œkalau saya setuju dengan kondisi tertulis saya tidak perlu melakukan apapun” kalau mengaku terima kesalahan . Saya termenung sesaat memandangi layar tablet saya sambal mikir ceritanya hehe πŸ˜€ sambil baca berulang kali dan bolak balik lihat video bunga amaryllis saya tersebut. Penuntutnya FA Premier League, nih bukannya liga sepak bola ya? pikir saya ❓ .

Saya memang bukan penyuka sepak bola namun rasanya tidak terlalu asing dengan nama penuntut tersebut. Lah apa hubungannya bunga amaryllis sama sepak bola coba? Haha. Kalau soundtrack kan gratisan yang memang bebas untuk digunakan.

Malam itu tidak lama setelah saya baca email dari youtube tersebut saya klik naik banding (klik File a dispute). Di form banding saya jelaskan kalau video tersebut adalah video bunga amaryllis saya, dan latar belakang musik saya pilih dari daftar lagu youtube yang memang bebas dipakai.

2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube. Naik banding karena merasa tidak melanggar hak cipta video di youtube

Saya naik banding karena merasa tidak melanggar hak cipta video di youtube

 

Keesokan harinya saya online dari komputer supaya bisa cek lebih teliti:
β€’ Bolak balik saya lihat video tersebut terutama 11 detik pertamanya. Saya tidak melihat unsur permainan bola atau tetek bengeknya FA Premier League.
β€’ Saya google hyme FA Premier League dan cari symbol FA Premier League sambil saya perhatikan 11 detik pertama video, apakah bentuk bunga amaryllis atau rak bunga saya yang terbuat dari besi ada ukiran symbol FA Premier League nya? .
β€’ Saya juga cari id/akun FA Premier League di youtube mau nanya langsung ceritanya, ternyata ada beberapa akun dan malah satunya sepertinya bukan akun resmi, ada 1 video akun ini di blokir haha. Sebenarnya saya bingung apanya yang mau saya cari wong saya upload video bunga gitu loh!.

Saya banyak baca halaman google support bagian pelanggaran hak cipta. Ada pernyataan kalau jawaban proses banding hasilnya keluar dalam 10 hari, nah ada juga yang sebulan lah mana yang benar?. Saya tunggulah yang 10 hari saja.

Menghitung hari .. pada hari kesebelas saya menanyakan ulang hasil banding saya. Setelah tekan kirim lah ko di formnya dibilang prosesnya sebulan, OMG dalam hati sudah nunggu 10 hari lalu di suruh nunggu sebulan lagi! sampai 18 Januari 2017. Keajaiban datang wah cepat dapat hasil bandingnya, keesokan harinya saya dapt email dari youtube. Hati berdebar-debar saat lihat judul inbox email.

Hasilnya? ..
 

Bagaimana? ..
 

Menang bandingnya kah? ..
 

Saya teriak kurang ajarrrrr, sebel!! 

Banding saya di TOLAK, penuntut tetap pada tuntutannya!. πŸ˜₯

 

Banding saya ditolak Penuntut tetap pada tuntutannya. Iihh saya kesal banget mau teriak langsung di depan muka penuntut.

Saya banyak baca halaman support google mengenai klaim hak cipta(yang perlu bisa lihat pada bagian bawah postingan saya ini):
β€’ Penuntut (per-orang-an/brand besar) besar punya software khusus dimana bisa menemukan materi video yang beredar di youtube kalau ada yang cocok dengan apa yang mereka yakini sebagai hak cipta orang/brand besar ini maka mereka akan memblokir video-video tersebut.
β€’ Youtube hanya sebagai mediator, jadi tidak mengecek isi materi video yang dituntut.

Nah dari 2 pernyataan tersebut ya bisa aja dong softwarenya salah mendeteksi kan?, dan harusnya kalau sudah ada permintaan banding ya di cek manual lah video saya tersebut, dilihat benar-benar apakah ada unsur pelanggaran hak cipta, ada materi mengenai sepak bola tidak di video bunga saya. Saya nih antara mau ketawa dan kesal jadinya cuma bisa ngoceh marah sendiri saja haha, apa hubungannya video bunga saya dengan sepak bola coy! πŸ˜› .

Sebenarnya gampang saja buat saya, ya sudahlah menyerah saja, hapus saja videonya dan upload ulang. Ngurusin beginian makan waktu kan harus nulis banding pakai bahasa Inggris pula (cek pakai google translate hehe). Namun karena kekesalan saya sudah sampai ke ubun-ubun, sudah kepalang basah, maka saya maju pantang mundur, walaupun agak kuatir juga baca ketentuan jika kalah pada banding kedua nanti saya akan dapat teguran hak cipta yang pertama.

Akibat kalau dapat 3 kali teguran hak cipta dari youtube:
β€’ Akun akan kena banned.
β€’ Semua video yang diupload ke akun kamu akan dihapus
β€’ tidak dapat membuat akun baru.

Proses banding kedua…

Di proses banding kedua ini saya harus memberikan data pribadi saya, nama dan alamat lengkap saya (tentu saja saya berikan alamat Jerman saja, soalnya kalau berikan alamat Indonesia ada yang cek saya tidak disana, kena kasus baru kali pemalsuan biodata haha).

Form yang saya isi tersebut akan diberikan ke penuntut. Wah dalam hati sebel juga sih karena hal sepele begini saya harus berikan biodata pribadi, sedangkan penuntutnya tidak melakukan pemberian data pribadinya ke saya.
Yang baru lihat video saya juga belum sampai 50 view ah pokoknya tidak worth it! πŸ˜€ .

Saya penasaran saja bagaimana prosesnya makanya saya pantang mundur untuk pertama kalinya ini, toh saya berada di pihak yang benar. Berikut ini screenshoot halaman-halaman proses banding kedua. Saya isi yang versi bahasa Inggris, sedangkan foto-foto yang saya buat ada yang saya ganti jadi Bahasa Indonesia karena saya tulis pengalaman saya ini kan dalam bahasa Indonesia, tapi ada yang yang bahasa Inggris karena lupa ganti pilihan bahasa.

klik gambar untuk melihat ukuran besar

 

Ternyata saya tidak perlu menunggu hasilnya sampai sebulan. Kira-kira seminggu kemudian saya mendapat email baru dari youtube. Hati berdebar saat lihat judulnya, kuatir bakalan kalah lagi haha πŸ˜€ .

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

Advertisements

33 thoughts on “2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

  1. Upload video di youtube ketat banget ya mba. Backsound lagu live seperti saat hajatan juga kena claim. Lagu-lagu gratisan di youtube kurang enakeun, tapi daripadi video sepi tak ada suaranya ya terpaksa dipakai juga. he

    • Iya pak lagu live juga ga bisa kan ada pemilik lagunya πŸ˜€ . Lagu2 gratisan youtube ada banyak banget sih ratusan kali, cuma puyeng pilihnya haha, paling klo ingat nemu yang enak didengar ya saya catat judulnya, jadi berikutnya bisa pakai lagu yg sama.

  2. Untung aja menang banding yang, lega bacanya πŸ˜€
    Dulu aku sempat mengira kalau buat video dan mengunggahnya ke youtube itu mudah.
    Ternyata aturannya ketat dan ribet banget ya mbak
    Terbayang bagaimana kalau ngga disediain musik yang gratisan.
    Bakalan banyak video di youtube yang bisu dan yang nonton jadi berasa tuli juga haha…

    • Karena baru sekali ya saya maju terus pak πŸ˜€ . Klaim hak ciptanya ada yg bisa jalan terus dan ada juga yg di blok di semua negara tergantung yg klaimnya (penuntutnya). Klo yg video anak bpk lagi nari mungkin spt 1 video saya lainnya di klaim hak cipta krn pakai lagu artis amrik, tidak di blok hanya hasil iklan jadi buat pemilik lagu. Setelah 1 thn ya saya ganti aja lagunya dg yg gratisan di daftar lagu youtube.

  3. Salut Nel. Saya udah malas sama si YouTube ini. Email sy yg utk konfirmasi akun anak sy yg dinonaktifkan krn dianggap belum cukup umur, jg kena dampaknya. Akhirnya semua iklan yg terpasang sy non aktifkan semua.

  4. duuh prosesnya bikin gemes ya mba, repot juga kalau perusahaan2 besar cuman ngandelin software, seharusnya emang harus dicek manual juga. anyway, endingnya bikin deg-degan πŸ˜€

    • Kalau serba pertama kali bikin aku penasaran kak, kapan-kapan aku cerita deh baru-baru ini video youtubeku tentang tulip di upload ulang, aku komplain hak cipta dihapus deh πŸ˜€ . Btw 2 komen kak Monda barusan ku lolosin dari spam nih ka.

  5. Wah 2 aja nih youtube. Tapi saya nggak pernah main outline, nggak bisa buat video ha ha ha… untungnya menang ya. Masalahnya yg ngecek itu software dan pihak positive sepertinya nggak ngecek dulu pas dapat laporan dari pihak lain.

  6. Weleh dari Amaryllis dihadang bola? Kagum dg daya juang Jeng Nella. Dokumentasi hobi berkebun yg menyenangkan penikmatnya sesekali dapat rintangan ya. Trim Jeng, sharing berharga ini.

  7. Oh em ji kaaaak…macem-macem aja yaa..Buang2 waktu dan tenaga banget, mana bumil bilang kak ..belum tau dia kalau orang Batak merepet…habis kombang layang setoples πŸ˜€ wkwkw
    Tapi syukurnya video kk bisa kita nikmati lagi πŸ™‚

      • Aku belum pernah main youtube kak, dah banyak yg minta juga…ntar lah aku buat video..kalau ada apa2 sama videoku aku tanya kk πŸ™‚

        Nggak buat kak..ada teman yg ngirimin, sampe sini hancur berkeping2 kembang loyang nya πŸ˜€ wkwkwk

        • Hai Dew aku mulai perbaiki banyak banget video2ku baru 2 bulan eblakangan ini aja, dulu sih gaptek banget, yg penting asal upload aja. Pas dilihat suamiku ko akhir video berantakan misal ada untuk nama dan lokasi rekam nah tuh ga kuganti jadi teks jerman gitu dari movie makernya haha. Boleh tanya2 klo aku tahu ya kukaish tahu. Di youtubenya sendiri ada bagian informasi untuk belajarnya ko.

          Hahaha klo dikirim sih ya pasti hancurlah kembang goyangnya. Akupun kirim biskuit ke Jakarta hancur lebur, pdhl kulapis dengan plastik gelembung loh πŸ˜€ .

Leave a Reply