June 1, 2020

2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

Ternyata saya tidak perlu menunggu hasilnya sampai sebulan. Kira-kira seminggu kemudian saya mendapat email baru dari youtube. Hati berdebar saat lihat judulnya, kuatir bakalan kalah lagi haha 😀 .

Akhirnya Banding kedua youtubeku menang horee. 28 des 2016

 

Hi Nella Silaen,
Good news! After reviewing your dispute, FA Premier League has decided to release their copyright claim on your YouTube video.
Video title: “Amaryllis Exotic Nymph Royalcolors”
– The YouTube Team

 

Puji Tuhan akhirnya banding kedua saya menang 😎 . Sebenarnya sebelum hasil banding keluar, saya niatnya mau nuntut balik loh haha karena video saya sudah di blok berhari-hari, masah ya dengan mudah bilang banding saya menang video dibebaskan lagi, gitu aja?. Sepele banget! dan saya menanggung kerugian kan, pengennya ya minta kompensasi apa kek, tapi ya sudahlah malas saya panjangin kasusnya lagi, harus menulis email lagi kan kalau mau nuntut balik haha 😛 .

Masalah selesai!.

Video ini yang dituduh FA Premier League melanggar hak cipta. Thanks God sudah bebas tuduhan 🙂 .

video Amaryllis Exotic Nymph Royalcolors

 

Tulisan Terkini

Fyi. Tips upload video ke youtube:
• Kalau kalian mengalami hal serupa, bisa banding dengan bahasa Indonesia. Lihat bagian bawah halaman youtube ada banyak pilihan bahasa. Saya pakai bahasa Inggris karena youtube saya pengaturannya dalam bahasa Inggris dan saat banding pertama saya sudah terlanjur jawab dengan Bahasa Inggris.

• Kalau mau upload video ke youtube, gunakan video hasil karya cipta kalian sendiri. Kalau mau merekam video jangan gunakan latar belakang music/tv dll yang bukan hasil karya cipta kamu. Belakangan kalau saya mau merekam koleksi tanaman dalam rumah, saya matikan dulu suara tv kuatir masuk kedalam rekamannya.

• Kalau misal kamu punya teman penyanyi/band dan kamu mau pakai musiknya sudah dapat izin penggunaan musiknya, hal begitu dibolehkan oleh pihak youtube.

• Misal merekam perayaan 17 agustus an pastikan tidak ada musik di rekaman kalian, soalnya saya pernah baca pengalaman yang kena tuntut juga, karena ada musik/lagu India masuk direkamannya (mungkin di jalanan ada yang setel lagu tersebut ya hehe) ybs kena teguran youtube. Lebih baik gunakan free music yang ada di daftar youtube.

• Pernah juga baca pengalaman klaim hak cipta, ada yang upload video demonstrasi nah di klaim oleh pihak tv swasta Indonesia sebagai hak milik nih tv, yang merekam naik banding karena memang dia merekam sendiri, dan akhirnya menang karena bisa menunjukkan bukti kalau itu hasil rekaman ybs.

Kalau mengalami hal serupa seperti saya bisa baca link berikut (versi English, lihat bagian bawah halaman youtube ada ganti bahasa) :
Pengajuan banding penolakan tuduhan pelanggaran hak cipta (Pengajuan Banding Content ID yang tidak diterima)
Teguran hak cipta youtube dan cara untuk mengatasi teguran hak cipta
Pemberitahuan Pelanggaran Hak Cipta
Cara mengelola hak cipta di YouTube
Informasi Kontak Hak Cipta
Mengirimkan pemberitahuan penghapusan karena melanggar hak cipta

 

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

43 thoughts on “2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

  1. Menarik. Kirain penuntut pihak FA Premier Leaguenya kekurangan beta carotene jd ga bisa bedain bola dan bunga wkwkwk…oh ternyata sistem y. Kok mereka malas banget cek satu2. Bisa dibayangkan banyak korban lain.

  2. Wuaahhh aku ga tau kalo you tube itu ribet yaa aturannya.. Sampe skr sih blm pgn update di youtube mba.. Lah mau bikin videonya aja ga jago juga :D. Cm suka nontonin channel orang lain. Baru tau di sana ga bisa sembarangan pake lagu orang..

  3. Kak kak.. misal.. yang mereport orang sama2 indonesia kak.. trus.. kita minta datanya untuk gugat di persidangan sebagai tuduhan palsu kira kira akan diterima ga sama polisi?

  4. Mulai beberapa waktu yang lalu, youtube lg gencar2 nya bersih2. channel saya aja kena ke delete langsung tanpa adanya teguran, padahal semua sesuai tos yang berlaku.

    setelah ngajuin banding, sempet putuh asa sih karena sebulan lebih gak ada kabar, eh pas udah gak ngecek channel dan iseng2 login lagi, channel udeh bisa lagi

  5. Upload video di youtube ketat banget ya mba. Backsound lagu live seperti saat hajatan juga kena claim. Lagu-lagu gratisan di youtube kurang enakeun, tapi daripadi video sepi tak ada suaranya ya terpaksa dipakai juga. he

    1. Iya pak lagu live juga ga bisa kan ada pemilik lagunya 😀 . Lagu2 gratisan youtube ada banyak banget sih ratusan kali, cuma puyeng pilihnya haha, paling klo ingat nemu yang enak didengar ya saya catat judulnya, jadi berikutnya bisa pakai lagu yg sama.

  6. Untung aja menang banding yang, lega bacanya 😀
    Dulu aku sempat mengira kalau buat video dan mengunggahnya ke youtube itu mudah.
    Ternyata aturannya ketat dan ribet banget ya mbak
    Terbayang bagaimana kalau ngga disediain musik yang gratisan.
    Bakalan banyak video di youtube yang bisu dan yang nonton jadi berasa tuli juga haha…

    1. Karena baru sekali ya saya maju terus pak 😀 . Klaim hak ciptanya ada yg bisa jalan terus dan ada juga yg di blok di semua negara tergantung yg klaimnya (penuntutnya). Klo yg video anak bpk lagi nari mungkin spt 1 video saya lainnya di klaim hak cipta krn pakai lagu artis amrik, tidak di blok hanya hasil iklan jadi buat pemilik lagu. Setelah 1 thn ya saya ganti aja lagunya dg yg gratisan di daftar lagu youtube.

  7. Salut Nel. Saya udah malas sama si YouTube ini. Email sy yg utk konfirmasi akun anak sy yg dinonaktifkan krn dianggap belum cukup umur, jg kena dampaknya. Akhirnya semua iklan yg terpasang sy non aktifkan semua.

  8. duuh prosesnya bikin gemes ya mba, repot juga kalau perusahaan2 besar cuman ngandelin software, seharusnya emang harus dicek manual juga. anyway, endingnya bikin deg-degan 😀

    1. Kalau serba pertama kali bikin aku penasaran kak, kapan-kapan aku cerita deh baru-baru ini video youtubeku tentang tulip di upload ulang, aku komplain hak cipta dihapus deh 😀 . Btw 2 komen kak Monda barusan ku lolosin dari spam nih ka.

  9. Wah 2 aja nih youtube. Tapi saya nggak pernah main outline, nggak bisa buat video ha ha ha… untungnya menang ya. Masalahnya yg ngecek itu software dan pihak positive sepertinya nggak ngecek dulu pas dapat laporan dari pihak lain.

  10. Weleh dari Amaryllis dihadang bola? Kagum dg daya juang Jeng Nella. Dokumentasi hobi berkebun yg menyenangkan penikmatnya sesekali dapat rintangan ya. Trim Jeng, sharing berharga ini.

  11. Oh em ji kaaaak…macem-macem aja yaa..Buang2 waktu dan tenaga banget, mana bumil bilang kak ..belum tau dia kalau orang Batak merepet…habis kombang layang setoples 😀 wkwkw
    Tapi syukurnya video kk bisa kita nikmati lagi 🙂

      1. Aku belum pernah main youtube kak, dah banyak yg minta juga…ntar lah aku buat video..kalau ada apa2 sama videoku aku tanya kk 🙂

        Nggak buat kak..ada teman yg ngirimin, sampe sini hancur berkeping2 kembang loyang nya 😀 wkwkwk

        1. Hai Dew aku mulai perbaiki banyak banget video2ku baru 2 bulan eblakangan ini aja, dulu sih gaptek banget, yg penting asal upload aja. Pas dilihat suamiku ko akhir video berantakan misal ada untuk nama dan lokasi rekam nah tuh ga kuganti jadi teks jerman gitu dari movie makernya haha. Boleh tanya2 klo aku tahu ya kukaish tahu. Di youtubenya sendiri ada bagian informasi untuk belajarnya ko.

          Hahaha klo dikirim sih ya pasti hancurlah kembang goyangnya. Akupun kirim biskuit ke Jakarta hancur lebur, pdhl kulapis dengan plastik gelembung loh 😀 .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: