Mengunjungi Keukenhof Kebun Dapurnya Belanda

loading...

Mengunjungi Keukenhof Kebun Dapurnya Belanda . Keukenhof (yang dalam bahasa Belanda berarti Kebun Dapur) adalah sebuah taman bunga yang terletak di Lisse, Belanda, dan merupakan taman bunga terbesar di dunia.

Saya mau lanjut menceritakan edisi jalan-jalan ke Belanda yang kami lakukan akhir April lalu. Bagi yang belum membca cerita awalnya silakan di Cerita Jalan-jalan ke Negara Kincir Angin.

Kali ini hanya menceritakan jalan-jalan ke Keukenhof saja, karena setelah saya buat cerita dengan mengunjungi garden center malah jadi panjang sekali bahasannya. Makanya supaya tidak bosan bacanya saya buat postingan terpisah mengenai mengunjungi garden center.

Bagi yang tertarik mengetahui sejarah dan bahasan lebih detail mengenai keukenhof silakan baca di website resminya keukenhof http://www.keukenhof.nl dan ada juga di http://en.wikipedia.org/wiki/Keukenhof

Yang menarik buat saya di keukenhof:

1. Pose lucu yang berfoto

Memotret orang-orang yang lagi bergaya tenyata mengasyikan juga yaa πŸ˜€ . Mereka yang bergaya lucu tersebut bisa jadi orang yang mau dipotretnya atau tukang potretnya sendiri yang lucu. Saya sempat mengabadikan beberapa pose-pose lucu. Sayangnya kepikiran buat potret model begini setelah 2 jam di Keukenhof, kalau dari awal kepikiran wah saya bisa dapat banyak kali pose lucunya.

Siapa yang sering berpose seperti pasangan ini. Wah keren sampai bawa tripod kamera loh. Eh kaki kameranya 4 apa namanya ya?. Kalau saya tidak mau pose begitu malu dilihat pengunjung haha
Siapa yang sering berpose seperti pasangan ini. Wah keren sampai bawa tripod kamera loh. Eh kaki kameranya 4 apa namanya ya?. Kalau saya tidak mau pose begitu malu dilihat pengunjung haha

 

Apapun dilakukan demi mendapatkan pose paling bagus. Rumput yang tidak boleh diinjak tidak digubris aturannya oleh pengunjung. Padahal larangan menginjak rumput ada plangnya. Kalau ditegor petugas, turisnya cuma bilang β€œsorry!” .

Coba tebak, yang mana modelnya dan dimana si tukang potretnya.
Coba tebak, yang mana modelnya dan dimana si tukang potretnya.

 

Mengunjungi Keukenhof Kebun Dapurnya Belanda. Gaya berfoto sambil rebahan, senyum paling manis buat dijadikan profile pic sosmed
Gaya berfoto sambil rebahan, senyum paling manis buat dijadikan profile pic sosmed

 

Mungkin para turis (kebanyakan asia) tersebut berpikir kapan lagi bisa ke Keukenhof, belum tentu tiap tahun kesana, jadi sebisa mungkin bikin ratusan bahkan kalau bisa ribuan foto. Entahlah apa mereka menikmati pemandangan tamannya atau malah kehabisan waktu karena sibuk memotret sana sini πŸ˜€ .

*klik gambar untuk melihat ukuran penuh

 

2. Bunga Unik menurut pandangan mata saya

Anggrek

Saya lagi suka sekali dengan bunga anggrek, jadi cinta banget justru karena semua anggrek saya mati semua hehe. Tidak lama sebelum ke Belanda saya beli 4 anggrek untuk menggantikan yang mati. Makanya pas ke Keukenhof senang sekali ternyata ada ruangan khusus bunga anggrek.

Paphiopedilum maudiae Femma. Anggrek selop yang di jual di Keukenhof Belanda. Saya punya jenis ini cuma belum berbunga. Slipper orchids paphiopedilum
Paphiopedilum maudiae Femma. Anggrek selop yang di jual di Keukenhof Belanda. Saya punya jenis ini cuma belum berbunga. Slipper orchids paphiopedilum

 

Anggrek warna biru? Benar atau hoax?

Jauh sebelumnya saya kagum dengan jenis Phalaenopsis berwarna biru ini, sayangnya tidak kagum sama harganya yang 4 kali lipat Phalaenopsis biasa. Di Jerman harga anggrek biru sekitar 28 – 30 euro (sekitar Rp. 406.000) . Saat membuat tulisan ini saya sempatkan mencari informasi kebenaran anggrek biru melalui mesin pencari.

Anggrek biru di keunkeunhof Belanda
Anggrek biru di keunkeunhof Belanda

 

Ternyata anggrek biru tersebut bukan warna biru alami melainkan hasil pewarnaan menggunakan pewarna makanan. Kalau alami akar anggreknya akan berwarna biru juga dong begitu tertulis disalah satu web bahasa Jerman yang pernah saya baca πŸ˜€ .

Oh ya sebenarnya ada sih anggrek yang berwarna biru, tidak biru terang ya, melainkan agak kebiruan. Yang saya maksud adalah anggrek Cattleya yang Cattleya Portia ‘coerulea” bagian bibir dalam anggreknya warnanya benar-benar biru.

Video ruang anggrek Keukenhof Belanda

 

Beberapa foto dari ruang anggrek:

*klik gambar untuk melihat ukuran penuh

 

Anggrek yang kuning saya punya, yang tengah anggrek selop saya punya juga
Anggrek yang kuning saya punya, yang tengah anggrek selop saya punya juga

 

Anggrek Vanda yang dipajang di keukenhof Belanda. Jenis ini tidak menggunakan media tanam, hanya digantung
Anggrek Vanda yang dipajang di keukenhof Belanda. Jenis ini tidak menggunakan media tanam, hanya digantung

 

Medinilla Magnifica. Anggrek asal Filipina
Medinilla Magnifica. Anggrek asal Filipina

 

3. Tulip-tulip nan cantik jelita

Jalan-jalan ke Keukenhof tentu saja tujuan utamannya untuk melihat bunga tulip. Jadi bagi kamu yang tergila-gila dengan bunga ini, yang mencoba menanam masih gagal, yang ingin sekali ke Keukenhof namun belum terwujud, semoga bisa cuci mata melihat tulip-tulip berikut:

Video taman Keukenhof 1 Mei 2015

 

Mau berfoto sebaiknya punya kiat tersendiri, supaya hasil foto memuaskan. Ambil angle foto yang terbaik supaya tidak terlihat gendut. Pakaian apakah sudah rapih, syal tergulung rapih kah, rambut tergerai, make up masih kinclong?. Kebanyakan pusing ini itu malah tidak jadi berfoto. Ah pokoknya unik deh kalau lihat orang mau berfoto sibuk bebenah diri hehe.

Video taman bunga tulip Keukenhof Belanda

 

4. Oleh-oleh dari Keukenhof (Belanda)

Beberapa contoh oleh-oleh yang bisa kamu beli saat mengunjungi Keukenhof dan juga kota lain di Belanda

*klik gambar untuk melihat ukuran penuh

 

Artikel terkait :
β€’ Penasaranku akan β€œRed Light District Amsterdam”
β€’ Serunya ke Museum Madame Tussaud Amsterdam
β€’ Jalan-jalan ke Tong Tong Fair Belanda
β€’ Jalan-jalan ke Volendam Belanda

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

78 thoughts on “Mengunjungi Keukenhof Kebun Dapurnya Belanda

  • July 2, 2015 at 4:52 am
    Permalink

    Mbak Nellaaaaa
    Kalo kebunnya sekece dan secakep gini mah aku relaaaa πŸ™‚
    Alhamdulillah sudah lihat tulip juga, tapi di Srinagar sana hahahaha. Semoga kelak yang di sini juga dapat didatangi πŸ™‚

  • June 30, 2015 at 1:47 am
    Permalink

    Wah gernyata anggrek biru gak beneran ya Mbak? Tapi ngelihatnya emang gak natural gitu kayaknya. Beracun-beracun gimanaaa gitu rasanya. Kalo serangga gitu kan ya? Hehehe.. *sotoy

  • June 29, 2015 at 2:45 pm
    Permalink

    Selalu kalap kalau lihat postingan keukenhof Jeng….cantiknya lautan tulip.
    Wuih Medinila cantik banget pink teduh kalem.
    Salam

    • June 29, 2015 at 3:54 pm
      Permalink

      Hai bu Prih, di Indonesia ada juga Medinilla, sayangnya cocoknya di tempat teduh, jadi aku ragu kalau beli kuatir mati, sayang duitnya mahal hehe πŸ˜€ .

  • June 26, 2015 at 8:49 pm
    Permalink

    aku juga pengen ke keukenhof suatu saat mba. Itu yang pose aneh-aneh aku juga sering mbak, yang pakai tripod, hahaha. lha gimana bisa foto berdua kalau nggak bawa tripod wong perginya cuma berdua #ngikik. aku baru tahu kalau anggrek biru yang itu nggak alami. jadi kalau pewarna makanannya habis birunya lama-lama hilang dong

      • June 27, 2015 at 7:37 pm
        Permalink

        hahaha kayaknya harus latihan tebal muka buat difoto dulu mba

        • June 28, 2015 at 8:11 am
          Permalink

          Kayaknya aku harus berani nyoba ya buat tebal muka. Pdhl mungkin org2 sekeliling gak lihat, cuma aku aja yg parno merasa dilihatin haha.

  • June 25, 2015 at 12:47 pm
    Permalink

    Mbak Nella, sudah ke Insel Mainau di Bodensee? Pulau kecil ini banyak juga tanaman bunganya walau gak sebanyak yang di Keukenhof.

  • June 23, 2015 at 7:35 pm
    Permalink

    Mba Nella, saya jadi makin mupeng banget niii sama Keukenhof. Hahaha.. Thanks for sharing Mba

  • June 18, 2015 at 6:23 pm
    Permalink

    mirip taman nusantara tp tulipnya yg ketara banget belandanya ya kak

  • June 18, 2015 at 8:05 am
    Permalink

    akuuu Nel penasaran ke Keukenhof…, dulu dapat hadiah jalan2 ke sana seminggu sebelum Keukenhof buka
    mau extent anak di tana air sakit, dan nggak mampu juga extent seminggu di sana he..he..,

    • June 18, 2015 at 8:41 am
      Permalink

      Klo anak sakit pasti kepikiran teruslah, jalan2 ga tenang. Semoga ada kesempatan berikutnya ya kak πŸ™‚ .

  • June 18, 2015 at 5:44 am
    Permalink

    sama mba..nenek aku juga suka banget ama anggrek sampe dinding kamar mandi sampai dinding tempat jemuran isinya anggrek smua..sampe capek yang nyiramin..ada yang di tempel di batang pohon juga..

    • June 18, 2015 at 8:44 am
      Permalink

      Wah keren dong πŸ˜€ Aku juga pengen gantung2 anggrek, pengen punya yg jenis vanda, bagus bisa digantung. Nah cuma bingung gantung dimana, tuh anggrek suka tempat lembab tp terang. Nenekmu benar gantung dikamar mandi krn anggrek suka tempat tempt kan habitat aslinya nempel dipohon. Aku sukaaa nyiram tanaman, asyik sambil melihat perubahan apa yg terjadi pada tanaman yg kusiram πŸ˜† .

  • June 18, 2015 at 5:11 am
    Permalink

    Kalau aku kemaren pas bulan madu bawa tripot juga mbaaakk. Lumayan enak mau foto foto bisa sesuka hati tanpa harua nunggu minta tolong orang. Hehehehe

  • June 18, 2015 at 5:01 am
    Permalink

    Kak, anggrek vandanya gak pake media?? jadi ngasih makannnya gimana kak?? di semprot gitu ya?? gak mungkin gak makan kan…
    Bagus banget bunganya, banyaaakkkk…..
    Pengeeen…

    • June 18, 2015 at 8:47 am
      Permalink

      Gak bisa dikirim Chris, dilarang kirim tanaman tanpa surat kesehatan. Nah tuh surat min. 100 usd harganya, yg di Indo harus lapor menteri pertanian dan ada surat2 yg harus dibikin termasuk harus punya surat impor πŸ˜€ .

  • June 18, 2015 at 2:37 am
    Permalink

    Bunganya cantik-cantik, pasti seru buat tempat pacaran hehe..
    3 bulan lagi mo ke belanda tapi aku nggak tau mau ke mana dan ngapain

    • June 18, 2015 at 8:51 am
      Permalink

      Hahaha klo pacaran suka tempat sepi ya ga cocok krn di keukenhof ramee πŸ˜€ .
      September perginya? masih lumayan baguslah cuacanya, awal musim gugur tuh. Coba cari di goggle aja misal dg keyword: most visited in nederland, best place to visit in nederland.

  • June 17, 2015 at 5:09 pm
    Permalink

    OOOMG…. bunga birunyaaaaaa.. sukaaaa… yang di taman keren banget yaaa yang orang foto rebahan…

    Anggrek biru juga cakeeeppp bangett… tapi gimana caranya nyuntik warna birinya yaaa… Apapunlah, anggrek birunya cuaakkkep bngt… πŸ™‚

    • June 18, 2015 at 12:17 pm
      Permalink

      Iya Fi keren banget ya warna birunya πŸ˜€ . Hanya ahlinya yg bisa nyuntik hehe. Aku juga punya bunga warna biru, bukan anggrek. Ntar kapan2 kubikin postingan khusus bunga biruku ya πŸ˜€ .

      • June 19, 2015 at 3:55 pm
        Permalink

        okeee sipp, ditunggu…. selalu sangaaatt antusias liat bunga biru, jarang-jarang soalnya, hehe

  • June 17, 2015 at 4:28 pm
    Permalink

    wow anggreknya cakep – cakep amat ya mama ben πŸ™‚
    dan baru tau ternyata anggrek birunya disuntik….
    anggrek selop bunganya segede anggrek bulan ga mama ben πŸ™‚ ?

    • June 18, 2015 at 12:15 pm
      Permalink

      Bunga anggrek selop tergantung ukuran tanamannya, klo tanamannya kecil maka bunganya juga kecil. Klo anggrek bulan banyak helaian bungannya, nah angrek selop hanya 1 bunga klo beruntung bisa ada 2 tangkai bunga, umunya hanya 1 sih.

  • June 17, 2015 at 3:21 pm
    Permalink

    Melihat tulip dan angreknya, kayanya kalau masuk ke sini saya ogah pulang, Mbak Nella πŸ™‚

  • June 17, 2015 at 2:29 pm
    Permalink

    Bunga-bunga-nya cantik. Ternyata di Belanda juga doyan selfie ya hehehe

  • June 17, 2015 at 1:31 pm
    Permalink

    astaga aku yg udah tinggal 8 tahun disini belum pernah masuk Keukenhof, shame on me! cuma ngelewatin terus males masuk nya hihihi…

    • June 18, 2015 at 12:02 pm
      Permalink

      Hai Oppie sama aja spt orang jakarta yg belum pernah ke monas atau ke TMII. Biasanya klo dekat ya ga terlalu tertarik kesitu, kesannya biasaa aja hehe πŸ˜€ .

      • June 18, 2015 at 12:09 pm
        Permalink

        Hahaha kali ya nella πŸ™‚ tp pasti deh aku mo kesana abis cantik bgt klo liat foto2 temen yg abis dr sana.

  • June 17, 2015 at 12:21 pm
    Permalink

    Hai Nella.. Kunjungan balik dari emak yg lagi buncit…hehehe.. Bagus banget ya Keukenhof.. Musim semi tahun lalu saya dan suami nyaris ke sini waktu ngebolang ke Eropa, tapi gak kesampaian gara-gara kelamaan di Italia.. Blog kamu juga keren banget.., jadi aku langsung follow aja tadi pagi..hehehe..

    • June 18, 2015 at 12:00 pm
      Permalink

      Hai Emmy makasih sudah follow blogku, sdh ku folback ya πŸ˜€ . Berarti lagi ke eropa sama sekali ga mampir ke Belanda ya?.

      • June 18, 2015 at 8:39 pm
        Permalink

        Wah makasih banyak udah follow balik..:-) Ya waktu itu kami ke Inggris, Prancis, dan Italia selama 3 minggu, dan suami pengen keliling lebih lama di Italia (10 hari).. Semoga bisa ke Keukenhof lain waktu..

  • June 17, 2015 at 11:55 am
    Permalink

    rame banget ya mbak Nel, mau foto2 narsis jadi malu sendiri :-D, bunganya cantik2, apalgi anggrek biru itu, ternyata udah diwarnai ya, pantesan biruuuu banget warnanya

    • June 17, 2015 at 12:04 pm
      Permalink

      Hahaha iya Dhy mau foto2 aku jadi malu sangking ramenya kan diliatin tuh πŸ˜€ .
      Anggrek biru sempat mau beli yakin aja klo benerean, ternyata suntikan hehe.

  • June 17, 2015 at 11:49 am
    Permalink

    Anggrek nya bagus2 ya kapan mama bisa ke sana ya?pengen lihat langsung.mimpi kali ye?

    • June 17, 2015 at 11:40 am
      Permalink

      Kamu sudah pernah ke taman tulip di Singapur ya Ji? semoga berikutnya bisa lihat yg di Belanda yaa πŸ˜€ .

      • June 17, 2015 at 12:01 pm
        Permalink

        Iya pernah di Singapur, moga bisa ke Belanda.Amiiinnnn

  • June 17, 2015 at 9:54 am
    Permalink

    naksir wooden tulipnya mbak nel, aweeet selamanya…..

    itu yang tetep nginjek rumput ya padahal udah ada tanda larangannya, tsk tsk bikin tambah jelek nama bangsa aja gak sih…

    salam
    /kayka

    • June 17, 2015 at 11:54 am
      Permalink

      Setelah kupandangi lagi foto2 souvenirnya aku jadi kepengen juga haha.. waktu disana ga tahan lihat antrian panjang dikasir jadi ga beli apapun di keukenhofnya.

  • June 17, 2015 at 9:50 am
    Permalink

    tamannya adem banget ya Mbak Nella…

    • June 17, 2015 at 11:55 am
      Permalink

      Iya Ra kebetulan masih musim semi jadi masih sejuk bangett, klo yg ga biasa ditempat dingin begitu malah pakai jaket winter dan sarung tangan πŸ˜€ .

  • June 17, 2015 at 9:49 am
    Permalink

    Nel, yang Anggrek Vanda ga pakai media tanam trus numbuhnya mereka ambil makanan darimana ya?
    Pas kamu kesini pas liburan sekolah yaa jadi rame kemana2. Tapi enaknya sudah panas, jadi ga menggigil ditaman πŸ™‚ tahun ini aku pengen kesana lagi sebenernya, tapi ingat ramenya jadi urung. Padahal kalau lihat taman bunga ga pernah bosen ya πŸ˜€

    • June 17, 2015 at 11:57 am
      Permalink

      Hai Den, anggrek vandanya hanya disemprot saja kasih nutrisi buat makanannya. Iya rame banget waktu itu, mau foto2 ga bebas harus antri πŸ˜€ .Lain kali klo kesana jangan hari libur deh. Iyaaa Den ga pernah bosen kalau ke taman bunga hehe.

  • June 17, 2015 at 9:42 am
    Permalink

    seneng liat tanamannya kak ^^
    anggrek2 unik2 bentuknya πŸ˜€
    mo beli anggrek juga tapi harganya lumayan, 75 ribuan ke atas. takutnya udh beli mahal2 ntar malah mati πŸ˜€

      • June 18, 2015 at 4:00 am
        Permalink

        hahaha, pengen banget sebenernya. soalnya anggrek itu penampakannya lucu2. tapi harganya bikin greget kak πŸ˜†
        klo mo murah belinya online sih. tapi biasanya masih anakan yg entah kapan bakalan berbunga πŸ˜€

        • June 18, 2015 at 8:49 am
          Permalink

          Klo menurutku sih anggrek di Inodnesia gak mahal2 banget ko dibanding ditempatku sini, kan anggrek memang asli indonesia jd banyak disana. Hahaha iya ya yg murah anakannya πŸ˜€ .

          • June 18, 2015 at 9:41 am
            Permalink

            iya kak emang lebih murah, tapi tetep aja mahal untuk ukuran org sini apalagi yg udh berbunga :D. mama aku aja bilang kemahalan, gak mau beli πŸ˜€

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: