Akhirnya Setelah 2 Tahun

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Akhirnya Setelah 2 Tahun. Judulnya agak lebay ya? :D. Setelah 2 tahun akhirnya saya makan ubi merah lagi dong πŸ˜† . Cuma mau pamer *ting ting kedip mata* :mrgreen: .

1. Ubi Merah
Saya hanya beli 1 buah berat kira-kira 300 g. Harganya 1 kg = 2.49 € (Rp.32.000). Pas di supermarket pengen banget makan ubi. Keesokan harinya hilang selera masak itu ubi. Selama 2 minggu di letakkin saja di dapur, akhirnya ubinya numbuh.

Akhirnya Setelah 2 Tahun. Ubi 2 minggu ga dimasak, malah jadi numbuh, tanam apa dimasak yaa

Ubi 2 minggu ga dimasak, malah jadi numbuh, tanam apa dimasak yaa

Setelah niat masak kembali hadir, saya kukus ubinya di rice cooker. Bawahnya masak nasi, bagian atas taruh ubi yang telah di potong-potong. Bagian yang numbuhnya saya potong, niatnya mau ditanam, kali aja bisa numbuh dan saya dapat ubi lagi kan πŸ˜€ .

Ubi di Jerman. Masak Nasi sambil ngukus ubi. Süßkartoffel

Ubi di Jerman. Masak Nasi sambil ngukus ubi. Süßkartoffel

 

Di Jerman Ubi disebut Süßkartoffel (kentang manis). Ini ubi ko setelah dimasak tidak manis ya, apa mungkin karena sudah tumbuh, jadi hilang rasa manisnya?. Tanya dong berapa harga ubi per kgnya di kota kamu? πŸ™‚ .

2. Pepaya
Selain ubi yang akhirnya saya nikmati kembali adalah buah pepaya. 2 tahun di tahan-tahan tidak beli pepaya, ga rela harganya yaa πŸ˜• .

Pepaya asal brazil Berat 485 gram harganya superr mahal Rp. 32.000

Pepaya asal brazil Berat 485 gram harganya superr mahal Rp. 32.000

Harga pepaya 2,49 Eur satunya (Rp. 32.000). Ini pepaya kecil banget, berat 485 gram asal dari Brazil.

Sudah dua kali saya beli papaya. Beli masih hijau, begitu dirumah saya bungkus koran dulu supaya lekas matang. Dalam 2-3 hari jadi kuning kulitnya. Setelah bersih dikupas dan di potong-potong, saya masukkan kulkas dulu. Nikmati ketika cuaca panas sedap sekali. Ga nyesel belinya karena rasanya manis sekali.

Pepaya asal brazil gpp deh mahal yg penting puass manisnya, masukin kulkas dulu disantap ketika cuaca panas sedapp

Pepaya asal brazil gpp deh mahal yg penting puass manisnya, masukin kulkas dulu disantap ketika cuaca panas sedapp

3. Nanas
Sudah beberapa kali beli nanas, rasa manisnya mantap. Nanas ini asal Costa Rica harga 1,59 Eur/biji (Rp.20.500). Di etiketnya dikasih tahu bagaimana menyantap nanas. Dikupas dan di buang bagian tengahnya. Saya malah paling suka bagian tengahnya yang keras loh! Lebih manis menurutku. Mamaku di Jakarta sih setelah ngupas nanas lalu nanasnya dicuci bersih trus ditaburi garam, katanya supaya tidak gatal? Saya ngikutin juga cara si mama.

Nanas asal Costa Rica Rp.20.500 Maniss deh

Nanas asal Costa Rica Rp.20.500 Maniss deh

 

Buah-buahan lainnya yang sering saya santap, seperti: apel, pisang, jeruk, pir, stoberi, mangga, kiwi, anggur. Penasaran dengan harga buah-buah tersebut? :wink:.

β€’ Apel (der Apfel) ada banyak jenisnya , harga mulai 2,49 Eur/kg hingga 2,99 eur/kg (Rp. 32.000- 38.000), apel sih banyak tumbuh subur di Jerman, jadi mending beli yang non impor.
β€’ Pir (die Birne) 1,99 Eur /kg (Rp.25.600).
β€’ Stroberi (die Erdbeere) waktu belum musim mahal 6,98 Eur/kg (Rp.90.000), kalau lagi musim harganya sekitar 2,98 eur/kg (Rp.38.000).
β€’ Pisang (die Banane) 1,99 Eur/kg (Rp.25.600).
β€’ Kiwi (die kiwi) 0,25 Eur/biji (Rp.3200).
β€’ Alpokat (Die Avocado 1,69 Eur /biji (Rp.21.800).
β€’ Mangga (die Mango) mulai 1,99 Eur sampai 2,49 Eur/biji (Rp.25.600-32.000).

Β΄.

Frank tidak terlalu suka makan sayur dan buah aneh kan? 😐 . Sedangkan saya suka sekali sayur dan buah. Di Indonesia surganya buah dan sayuran. Harganya juga tidak mahal di Indonesia yaa, mudah didapatkan disekitar kita.

Nah buah-buahan yang dulu saya jarang sekali lihat di tanah air tercinta seperti: Buah Persik, Buah Aprikot, Blackberry, Raspberry, Johannisbeeren, cherry, stroberi di Indonesia seringnya asam, di Jerman maniss. Buah-buahan tersebut banyak sekali di Jerman, malah ada yang tumbuh sebagai pohon peneduh di pinggir jalan.

This slideshow requires JavaScript.

 

Menurut aid.de swasembada buah-buahan di Jerman hanya diangka 10-14% alasannya karena faktor cuaca. Siapa yang mau buka kebun jeruk dan pisang kalau selalu merugi karena cuaca yang tidak mendukung?.

Mayoritas buah-buahan seperti anggur, kiwi, ceri, dan buah persik diimpor dari Spanyol, Italia dan Perancis. Buah-buahan tropis seperti pisang, nanas atau mangga berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Buah-buahan lain di impor dari negara Uni Eropa.

Mengapa buah-buahan di Jerman mahal?. Ya karena buah-buahan tersebut di import. Transportasi dan penyimpanannya sangat mahal. Buah import juga tidak bagus loh bagi lingkungan, karena banyak CO2 yang dilepaskan selama penggangkutannya. Jadi selama kita bisa menikmati buah dari sekitar kita mengapa kita harus membeli buah impor toh?. Seandainya saya punya tanah luas saya mau tanam sendiri pohon buah-buahan ah πŸ™‚ .

Buah-buahan yang belum pernah saya lihat di Jerman adalah salak, rambutan, durian, nangka, jambu air, duku, markisa. Pengen semuanya deh :mrgreen: . Sahabat blogger yang di Eropa yang mau pada mudik ke tanah air, saya mau oleh-oleh buah-buahan tersebut dong ngarep.com πŸ˜† .

Buah-buahan ini Belum Pernah saya Lihat di Jerman

Buah-buahan ini Belum Pernah saya Lihat di Jerman

Nama Buah-buahan dalam Bahasa Jerman dan Indonesia sebagai berikut:

Dulu saya paling tidak suka buah pir dan melon, karena baunya yang tidak enak saja menurutku :D. Saat ini sih kalau pir ya agak suka, untuk melon masih agak musuhan hehe. Sahabat blogger adakah buah-buahan tertentu yang kalian tidak suka?.

 

Tulisan yang mungkin kalian tertarik membacanya:

β€’ Orang Jerman itu
β€’ Kuliner Indonesia yang Nganggenin
β€’ Musim Panas Suka atau Tidak Terpaksa Dinikmati
β€’ Istilah Masakan Jerman – Indonesia

Advertisements

120 Comments

  1. Riri
  2. ardika
      • ardika
  3. Nisa
  4. Dy
  5. Elskan
  6. fiona
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: