Cara Membuat Cireng Aci digoreng Crispy Abang Abang

Cara Membuat Cireng Aci digoreng Crispy Abang Abang. Bermula dari membaca postingan Melly yang juga tinggal di Jerman mengenai membuat cireng empuk gurih, saya jadi kepengen membuat sendiri cemilan tersebut. Sudah 5 tahunlah terakhir kali beli cireng di abang gorengan, di Jerman tempat bermukim ini mana ada abang gorengan lewat, paling lap iler kalau ada teman posting resep masakan buatan mereka. Saat tidak kuat menahan godaan terpaksa membuat sendiri πŸ˜† .

Baca juga: Orang Jerman itu ..

Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk ‘tepung kanji goreng’) adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka.

Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.

Seiring dengan perkembangan zaman, cireng telah terinovasi hingga variasi rasa yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Bahkan inovasi tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya adalah cimol.

Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng yang dulu pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya, bahkan telah tersedia online cireng.

Saya paling malas kalau mau coba resep ada satu bahan yang saya tidak tahu namanya dalam bahasa Jerman, atau tidak tahu carinya dimana dan paling males kalau ternyata harga bahannya mahal.

Saat jalan-jalan ke Belanda akhir April lalu, saya sempat diantar ke toko asia. Paling banyak beli sambal botolan dan kerupuk, nah saya beli beberapa jenis tepung, termasuk tapioka juga. Kalap belanja saat di toko asia beli ini itu, rencana mau praktek resep ini itu, biasanya bahan-bahan yang saya beli menumpuk didapur, dan kalau kadaluarsa masuk tong sampah haha.

Balik ke tema cireng. Di resepnya Melly, tepungnya menggunakan menggunakan Tepung Kentang atau Tepung Sagu, saya buka lemari dapur saya yang ada tepung tapioka. Tanya Melly cari Tepung Kentang dimana ya, dijawab sama Melly, masah iya saya tanya dia lagi sama tidak ya Tepung Sagu dan Tapioka?. Basa-basi banget belum tentu saya buat cirengnya πŸ˜† .

Saya jadi cari di google masukkin kata kunci cemilan dari tepung tapioka. Eh yang diharapkan muncul ada resep aci goreng. Nah nih saya bertanya-tanya lagi aci sama tidak ya dengan cireng haha. Masakannya gampang sekali tapi saya ko banyak bingung ini itunya.

Singkat cerita saya ketemu resep dari cookpad karena ada dibagian atas google, jadi paling top kali ya hehe. Resepnya klik disini.

Bahan-bahan membuat cireng aci goreng
150 gr tepung tapioka/kanji
2 Sdm tepung terigu
200 ml air/200ml santan
2 siung bawang putih halus (saya pakai 4 siung biar mantap harumnya πŸ˜€ )
1/4 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, potong-potong
garam secukupnya
1 Sdm tepung beras
saus sambal untuk cocolan
minyak untuk menggoreng

Aci Goreng Buatan Sendiri, ga kalah sama buatan abang jualan. cireng aci goreng buatan sendiri, mantap rasanya

cireng aci goreng buatan sendiri, mantap rasanya

 

Daun bawang saya ambil dari kebun, kebetulan ada, cuma butuh sedikit. Kalau beli disupermarket terlalu banyak sayang akan mubajir kebuang.

Daun bawang bejasa, kalau butuh tinggal petik seperlunya. Sudah keliatan bakal bunganya, siapa tahu dapat biji buat bibitnya

Daun bawang berjasa nanam ala hidroponik, kalau butuh tinggal petik seperlunya. Sudah keliatan bakal bunganya, siapa tahu dapat biji buat bibitnya

 

Cara membuat cireng aci :
β€’ Rebus santan hingga mendidih, karena dibilang pakai santan lebih gurih jadi saya pakai santan, kebetulan punya santan kemasan.
β€’ Sambil menunggu santan mendidih, siapkan wadah campurkan tepung tapioka, terigu dan tepung beras.
β€’ Bawang putih, merica dan garam saya haluskan bersama di lumpang, setelah santan siap saya tuang sedikit dan aduk.
β€’ Santan dituang ke campuran tepung sedikit demi sedikit, masukkan bawang putih dkk yang sudah siap.
β€’ Masukkan daun bawang yang sudah dipotong-potong
β€’ Setelah adonan agak dingin, bentuk sesuai selera. Nah saya pakai sendok makan langsung taruh ke minyak panas, jadi tidak saya bentuk. Berikutnya akan saya bentuk tipis ah supaya hasil cireng banyak πŸ˜‰ .
β€’ Saya tidak buat sausnya, males hehe. Saya makan bersama Rocket herb salad hasil petik dari kebun sendiri.

Santap Rocket herb salad bersama Aci goreng

Santap Rocket herb salad bersama Aci goreng

Fyi. Supaya aci goreng anti gagal dan sukses bikinnya, termasuk cara membuat cireng agar tidak alot:

  • Kalau semua bahan sudah dicampurkan semuanya, adonan awalnya memang akan kental/encer. Biarkan 30 menitan (atau lebih) didapur, nanti adonannya akan menjadi kalis dan lama-lama agak mengeras, sehingga bisa dengan mudah dibentuk.
  • Jangan biarkan terlalu lama dipenggorengan, karena aci akan menjadi keras. Saya hanya sekali balik, lalu angkat acinya.
  • Tes, tusuk dengan garpu, kalau tidak ada adonan yang menempel, berarti sudah matang dan bisa diangkat.
  • Angkat dari penggorengan, taruh diatas paper towel (tissu makan tebal) dulu supaya minyaknya terserap ke tisuue.
  • Disantap saat maish hangat, lezat sekali.

Video Cara Membuat Cireng Aci Digoreng Abang Abang

Siapa tahu ada yang bingung seperti saya mengenai apa bedanya tepung kanji tapioka dan sagu:

tapioka dan kanji Β adalah tepung yang sama. Tapioka, tepung singkong, tepung kanji (dalam bahasa Jawa), atau aci sampeu (dalam bahasa Sunda) adalah tepung yang diperoleh dari umbi akar ketela pohon atau dalam bahasa Indonesia yaitu singkong. Tapioka memiliki sifat-sifat yang serupa dengan tepung sagu, sehingga penggunaan keduanya dapat dipertukarkan (sumber wiki). Tepung tapioka berbeda dengan tep. Sagu. Tepung sagu diolah dari pohon sagu.

 

Baca juga: Resep Brownies yang Simpel

Advertisements

12 Comments

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: