Tips Perawatan Bunga Amaryllis

Tips Perawatan Bunga Amaryllis. Hai sahabat berkebun. Pada kesempatan ini saya ingin share mengenai bunga Amaryllis. Di Jerman, bunga amaryllis adalah salah satu bunga yang setia hadir saat Desember atau Januari. Saat perayaan Natal bunga amaryllis biasanya mekar, kalau telat ya paling tidak bulan Januari bunga cantik tersebut akan mekar. Umbi amaryllis ditanam mulai bulan September, jadi saat desember akan mekar bunganya menyemarakan perayaan Natal.

Di Jerman bunga amaryllis adalah tanaman hias dalam rumah (houseplant), seringnya ditaruh di depan jendela supaya kena cahaya dari luar. Di Jerman jendela ada tatakannya, namanya die Fensterbank (Window sill), pada Fensterbank tersebut biasanya kita taruh tanaman atau berbagai macam hiasan rumah. Sebagai pecinta jalan kaki biasanya saya suka melihat jendela rumah orang dari jalanan, ya karena ada aja hiasannya itu asyik buat dilihat. Saya pernah beberapa kali jalan-jalan ke Belanda, di Belanda malah kebanyakan rumah tidak ada hordengnya, tidak hanya hiasan jendela yang terlihat dari jalanan, namun bagian dalam rumah bisa juga dipandangi dari luar 😀 .

Tips Perawatan Bunga Amaryllis. Sweet Nymph Amaryllis. Amarylis dobel flower yang cantik. Mekar Januari 2015, akhir september di dormat dulu 6 minggu

Sweet Nymph Amaryllis. Amarylis dobel flower yang cantik. Mekar Januari 2015, akhir september di dormat dulu 6 minggu

Tulisan Terkini

 

Bunga Amaryllis dengan sedikit trik dan perawatan bisa dibuat berbunga setiap tahunnya.

Video Amaryllis Double Delicious Batang Bunga Ketiga

 

Metode penyiraman Amaryllis yang saya lakukan:
Rendam potnya (tentu saja ada tanaman dalam potnya 😀 ) dalam ember berisi air sudah saya campur pupuk cair. Rendam 10-15 menit. Dengan cara merendam begini, air akan menyerap langsung ke akar tanaman, dan umbinya tetap kering. Kalau selalu menyiram dari atas, umbi akan basah, lama kelamaan bisa busuk. Kalaupun terpaksa menyiram dari atas, usahakan menyiram dari bagian tepi pot.

Kalau kamu tipe orang pelupa sebaiknya pasang timer saat merendam pot amaryllis, soalnya saya pernah teledor dan akibatnya buruk. Saya rendam pot amaryllis dan saya tinggal pergi 2 jam. Seminggu kemudian daun amaryllis jadi kuning, saya bongkar umbinya sudah busuk. Anakan bertahan namun beberapa waktu kemudian ikutan mati. Untungnya jenis amaryllis murah, coba kalau yang unik-unik yang mahal nangis bombay deh saya haha 😀 .

Mengapa amaryllis tidak berbunga?

Jika amaryllis kamu hanya tumbuh daunnya saja dan tidak berbunga, tetap rawat dengan baik. Daun yang hijau dan sinar matahari yang cukup akan memberikan nutrisi yang baik ke umbi. Beberapa umbi amaryllis memang tidak memiliki cukup nutrisi untuk menghasilkan bunga, maka dari itu pelihara dengan baik dan lakukan dorman yakni umbinya diberikan waktu istirahat 6-8 minggu.

Baca juga Tips Bunga Amaryllis Berbunga Kembali .

 

Sumber :
http://www.extension.umn.edu/garden/yard-garden/flowers/growing-and-caring-for-amaryllis/
http://www.gardeningknowhow.com/ornamental/bulbs/amaryllis/amaryllis-care-instructions-how-to-care-for-an-amaryllis.htm

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: