Tergila-gila Menanam Stroberi

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Tergila-gila Menanam Stroberi. Siapa yang suka makan stroberi?, yang suka makan apa termasuk suka menanamnya juga?. Bagi saya petik stroberi dari kebun sendiri memberikan rasa kepuasan tersendiri 😎 .

Tahun lalu saya sukses menanam stroberi dari bibit (benihnya). Tanamannya saat umur 6 bulan sudah menghasilkan bakal buah. Nah karena kalau dari bibit stroberi terbatas pilihan jenisnya, maka tahun ini saya beli stroberinya yang sudah berupa tanaman.

Jangan dikira tanaman jadinya yang sudah besar ya, masih kecil sekali, makanya harganya tidak terlalu mahal. Bisa hidup dan berbuah saja sudah hebat tuh, karena ada beberapa stroberi yang saya pelihara itu mati menggenaskan *hiperbola πŸ˜› . Saya pilih tanamannya yang sudah ada bunganya, jadi kemungkinan besar akan segera keluar buahnya. Saat-saat musim panas nah tuh banyak stroberinya yang sudah berbunga, syukur-syukur malah sudah ada buahnya.

Stroberi yang paling sering dibiakkan adalah stroberi kebun (Fragaria Γ—ananassa). Saat ini saya memiliki 10 jenis stroberi. Buahnya ada yang tunggal (satu batang 1 buah), ada yang 1 batang rimbun buahnya alias lebih dari 2 buah, banyak pokoknya πŸ™‚ .

Stroberi atau tepatnya stroberi kebun (juga dikenal dengan nama arbei, dari bahasa Belanda aardbei) adalah sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies lain dalam genus Fragaria (stroberi), buah ini berada dalam keluarga Rosaceae.

 

Bagi yang berminat membeli bibit Stroberi silakan klik Jual Bibit Strawberry

10 jenis Stroberi yang ada dikebun balkon saya seperti berikut :

1. Strawberry Fraise

Lama penyemaian (germination ) 12-20 Hari.
Tahun lalu saya beli bibitnya untuk coba-coba nanam stoberi. Bibit ini merupakan bibit proyek berkebun anak kecil (die maus saatgut) . Nah ternyata saya sukses menanamnya. Saya tiga kali memindahkan tanamannya. Umur 6 bulan sudah berbunga dan menghasilkan buah. 1 cabang ada beberapa buahnya. Rasa buah manis, ukurannya kecil.

Pot stroberi sudah saya bungkus supaya tidak mati saat musim dingin

Pot stroberi sudah saya bungkus supaya tidak mati saat musim dingin

 

Saat musim dingin, potnya saya tutup rapat dengan kain tebal. Sebelum ditutup tanamannya saya berikan air agak banyak. Tanaman baru dibuka kembali saat musim semi.

Tanaman stroberiku saat dibuka bungkusnya ketika musim semi. Segar bugar hijau dan lebat. Foto bawah setelah dipangkas

Tanaman stroberiku saat dibuka bungkusnya ketika musim semi. Segar bugar hijau dan lebat. Foto bawah setelah dipangkas

 

Saya bahagia sekali saat membukanya, saya kira tanamannya kering karena sama sekali tidak disiram 3 bulan saat winter, eh ternyata subur dan tetap hijau daunnya.