Random Dibuang Sayang

Random Dibuang Sayang. Sahabat blogger, saya mau cerita beberapa hal yang sudah saya lalui bulan lalu, bahkan bisa 3 bulan lalu kali 😀 . Awalnya saya ingin cerita pas bulannya, apa daya saya lagi sok sibuk mengurusi kebun alias bongkar-bongkar tanaman.

1. Ganti plat nomer mobil (03.09.2013)
Setelah hampir setahun pindahan rumah, kita baru ganti plat mobil. Katanya kalau kena razia polisi bisa di denda, untungnya tidak pernah tuh di razia hehe. Mobil lebih banyak diparkir di kota tempat tinggal kita sebelumnya (Bad Rappenau), supaya dekat kerjaan Frank. Kalau Frank tidak ke kejar kereta pas pulang malam, jadi ya bisa naik mobil.

Kota tempat tinggal sekarang dan sebelumnya padahal cuma jarak dekat ko, 30 menit naik mobil, naik kereta 18 menit. Berhubung kita pilih (ganti) nomer sendiri jadi nambah 10 Euro (kurleb Rp.150.000), yang baru jadi FN2004 ; F=Frank N=Nella ; kemudian 20-04 Hari dan bulan pemberkatan pernikahan Frank dan saya. Mengurus pergantian plat ini di Landratsamt. Total biaya ganti plat mobil 42 Euro. Prosesnya cepat sekitar 15 menit, karena Frank sudah mendaftar secara online dahulu beberapa hari sebelum kami datang.

Berhubung Pindah kota Tempat Tinggal jadi Ganti Plat Mobil. Random Dibuang Sayang

Berhubung Pindah kota Tempat Tinggal jadi Ganti Plat Mobil

2. Tes kelayakan kendaraan (30.09.2013)

Di Jerman kendaraan harus di tes kelayakannya setiap 2 tahun sekali. Mobil kita sekarang ini pemberian bapak mertua. Mobilnya sudah tua kira-kira 14 tahun, mereknya keren sih Audi. Berhubung mesinnya masih bagus, sayang juga di jual, lagipula Frank dan saya tidak banyak bepergian menggunakan mobil, paling belanja mingguan ke supermarket, jadi ya tidak boros bensin juga. Pas serah terima mobil dari bapak ke anak, 2,5 tahun lalu biaya benerinnya bikin jut jut terkejut iya kena 2.000 Euro (kurs Rp.15rb berarti sekitar 30 jeti rupiah) gile deh disini kalau mobil masuk bengkel. Oh ya itu biaya sudah termasuk pajak 19%.

Ini tes pertama kali saat mobilnya jadi milik kita.

Banyak yang dites, antara lain rem, mesin, lampu, ban, asap knalpot dll. Tesnya tuh seperti mobilnya di tonjokin rame-rame haha, beneran saya yang melihat aja tepok jidat. Mobil tua malah di banting-banting ngetesnya. Contohnya mobil di nyalakan di ban berjalan, kemudian dikendarai ngebut lalu tiba-tiba direm, kemudian gas setinggi-tingginya. Lalu bagian bawah mobil juga dicek, ban mobil digoyang-goyang keras sekali.

Tes kelayakan biayanya 94,5 Euro (sekitar 1,4 juta rupiah), prosesnya sekitar 20 menit. Hasil tes GAGAL!. Mobil harus ada yang diperbaiki, yakni rem tangan dan lampunya. *gambar paman Gober langsung muncul dikepala saya haha. Siap-siap sport jantung kalau mobil masuk bengkel. Mobil diperbaiki di bengkel biayanya 194 euro sekian cent, Puji Tuhan cuma segitu ya.

2 minggu kemudian kembali lagi ke tempat tesnya Dekra Automobil. Kali ini prosesnya cepat paling 5 menit, untungnya biayanya tidak seperti pertama tes. Biaya yang kedua ini 12,8 Euro (sekitar 192 ribu rupiah).

3. Lanjut Kursus Bahasa Jerman
Setelah hampir setahun nganggur kursus, akhirnya lanjut lagi. Sebenarnya saya tidak mau nganggur, tapi mau gimana kelasnya belum dibuka. Awalnya mau di tempat kursus sebelumnya, karena disana guru yang mengajar bagus. Teman-teman grup saya juga antusias mau lanjut ke level B2, begitu pula dari grup lain. Eh pas diundang rapat yang datang hanya 2 orang, saya dan 1 orang Korea atau Jepang.

Alasan yang tidak datang mereka tidak mau lanjut karena biaya kursus mahal sekitar 1.000 euro untuk 400 jam pelajaran. Cape deh pada omdo (omong doang) nih teman-teman hehe. Duit segitu kan tidak dibayar 1 kali toh. Intinya kelas tidak jadi dibuka, karena minimal harus ada 10 orang.

Akhirnya saya mendaftar di VHS sekolahan di kota tempat tinggal saya, 15 menit jalan kaki dari rumah, naik bus 5 menit doang. Awalnya katanya kelas dibuka bulan Mei, ternyata ditunda dengan alasan murid belum cukup. Menunggu 3 bulan (asyik nambah liburan 😆 ). 23 September 2013 lalu kelas dimulai.

Buku Kursus Bahasa Jerman Level B2

Buku Kursus Bahasa Jerman Level B2

Kursus 2 kali dalam seminggu, hari Senin dan Rabu. Tidak seperti kursus Integrasi yang dulu (4 jam/hari Senin-Jumat), nah kursus B2 ini singkat deh hanya 1,5 jam/pertemuan. Jam kursusnya malam 20.10 sampai jam 21.40 serasa main ke tetangga sangking singkatnya :mrgreen: . Gurunya ada 2 orang, kalau senin yang mengajar pak guru asal Kroasia dan hari Rabu ibu guru yang mengajar. Kedua gurunya baik bangett, kalau ga ngerjain PR ya sudah ga apa-apa tuhh 😎 . Soalnya mereka (guru) mengerti kelas B2 nih siswanya tuh sebagian besar para pekerja kantoran yang mana pasti sibuk sekali kan.

Kursus B2 ini yang pertama nanti ada lanjutannya B2-2 Per level 30 kali pelajaran. Biaya 174 Euro (sekitar 2,6 juta rupiah). Keseluruhan level B2 kalau saya hitung-hitung totalnya 72 jam, miriplah dengan durasi kursus di Goethe. Nah kenapa di tempat kursus Integrasi saya yang dulu, kelas B2 katanya 400 jam dan biayanya 1.000 Euro??? 🙄 mungkin karena privat kali ya. Untunglah tidak jadi kursus disana, irit duit kan hehe.

Teman-temanku banyak sekitar 20 orang, yang grup cowo ada 6 orang yang kuingat ada asal Afganistan, dia pelajar, trus dari Turki (pemain bola, ganteng boo 😀 tapi pendek sih hehe), ada dari Spanyol, Itali dan dari Rusia, nah nih cowo asal Rusia (gantengg juga 😀 ), pas awal kelas ditanya guru dan teman-teman yang penasaran, tampang dia seperti orang Jerman ko ikutan kursus bahasa Jerman? Langsung seruangan tertawa dan si cowo jadi merah mukanya.

Grup cewe ada asal Kosova, Au pair disini, gaya bicaranya mirp Cinta Laura haha, trus ada dari Spanyol, Itali, Rusia dan dari Amerika, nih cewe asal Amrik jago juga (otaknya), ikutan dua kelas sekaligus, ikutan B2 dan jam sebelumnya dia ambil tingkat C1 mabok ga tuh ya, tingkat B2 aja belum lulus sembari jalan level lebih tinggi. Kalau tidak salah tahun depan dia mau kuliah makanya harus dikebut kursus sampai tingkat paling tinggi C2.

Terus…. Ternyata ada satu teman dong asal Indonesia horee 😉 . Nih cewe Batak, boru Tamba. Awal dia datang ke Jerman sebagai Au pair selama 1,5 tahun. Saat ini dia kerja sosial di panti Jompo, tapi sepertinya diharuskan pulang ke Indonesia dulu karena kerjaan dia sekarang sudah berbeda dengan awal dia ke Jerman, jadi disuruh buat visa kerja.

Yang penasaran atau belum tahu apa itu Au Pair silakan baca tulisannya Astrid disini.

4. Menang GA
Tidak hanya satu, namun dua GA horeee 🙂 .
Pertama GA yang diadakan oleh T3ph alias Nyonya kecil pada akhir Agustus lalu. Saya suka nih model GA yang dibuat T3ph, ga pakai ribet, gampang aja dong. Trus menang deh fyi pertama kalinya saya menang GA 🙂 . Hadiahnya berupa bandana anak, buat keponakan saya yang no.2 namanya Galen. Bandananya buatan T3ph sendiri Terima kasih T3ph 😉 . Maaf kalau fotonya tidak bagus, itu dadakan pas skype an, maksa nyokap pakaikan bandananya, karena nunggu mamanya Galen susah tidak dikirim-kirim fotonya.

Bandana Menang GA buat Ponakanku yg imut Galen

Bandana Menang GA buat Ponakanku yg imut Galen

Kedua GA yang diadakanMessa pada akhir Oktober lalu. Hadiah yang saya peroleh adalah tas kalimantan. Horeee!! 🙂 Terima kasih Messa 😉 .

Menang GA lagi hadiahnya Tas Kalimantan. Foto pinjam dari blog Messa

Menang GA lagi hadiahnya Tas Kalimantan. Foto pinjam dari blog Messa

Teman-temanku sampai disini dulu ya cerita-ceritanya. Kalau nanti ada cerita yang baru, saya sambung lagi. Terima kasih sudah membaca sampai selesai, ceritanya pajang sekali ya 🙂 .

 

Baca juga::
Ladang Bunga di Jerman
Orang Jerman itu ..
Indahnya Kota Tua Bad Wimpfen
Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart
Aturan Internetan di Jerman

91 Comments

  1. Rifai PrairieJanuari 15, 2014
  2. pursuingmydreamsDesember 20, 2013
  3. jessmiteDesember 20, 2013
  4. pursuingmydreamsNovember 30, 2013
  5. CeritaekaNovember 30, 2013
  6. pursuingmydreamsNovember 29, 2013
  7. CeritaekaNovember 29, 2013
  8. pursuingmydreamsNovember 24, 2013
  9. t3phNovember 24, 2013
  10. pursuingmydreamsNovember 17, 2013
  11. nieeNovember 17, 2013
  12. pursuingmydreamsNovember 16, 2013
  13. pursuingmydreamsNovember 16, 2013
  14. kasamagoNovember 16, 2013
  15. mondaNovember 16, 2013
  16. Zizy DamanikNovember 15, 2013
  17. pursuingmydreamsNovember 15, 2013
  18. pursuingmydreamsNovember 15, 2013
  19. potretbikersNovember 15, 2013
  20. dedy oktavianus pardedeNovember 14, 2013
  21. lovelyristinNovember 14, 2013
  22. pursuingmydreamsNovember 14, 2013
  23. pursuingmydreamsNovember 14, 2013
  24. pursuingmydreamsNovember 14, 2013
  25. pursuingmydreamsNovember 14, 2013
  26. pursuingmydreamsNovember 14, 2013
  27. pursuingmydreamsNovember 14, 2013
  28. akhmad muhaimin azzetNovember 14, 2013
  29. Budi NurhikmatNovember 13, 2013
  30. MélanieNovember 13, 2013
  31. Rifai PrairieNovember 13, 2013
  32. FaschaNovember 13, 2013
  33. neng feyNovember 13, 2013
  34. chris13jktNovember 13, 2013
  35. pursuingmydreamsNovember 12, 2013
  36. pursuingmydreamsNovember 12, 2013
  37. pursuingmydreamsNovember 12, 2013
  38. amy syahmidNovember 12, 2013
  39. pursuingmydreamsNovember 12, 2013
  40. pursuingmydreamsNovember 12, 2013
  41. pursuingmydreamsNovember 12, 2013
  42. Baginda RatuNovember 12, 2013
  43. PypyNovember 12, 2013
  44. fotografer prewedding surabayaNovember 12, 2013
  45. hanifmahaldiNovember 12, 2013
  46. sondangrpNovember 12, 2013
  47. sondangrpNovember 12, 2013
  48. Ika KoentjoroNovember 11, 2013
  49. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  50. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  51. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  52. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  53. Ika KoentjoroNovember 11, 2013
  54. yuyuNovember 11, 2013
  55. FaschaNovember 11, 2013
  56. Baginda RatuNovember 11, 2013
  57. Titik AsaNovember 11, 2013
  58. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  59. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  60. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  61. nisaNovember 11, 2013
  62. IlhamNovember 11, 2013
  63. Alid AbdulNovember 11, 2013
  64. astridtumewuNovember 11, 2013
  65. ladevaNovember 11, 2013
  66. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  67. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  68. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  69. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  70. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  71. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  72. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  73. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  74. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  75. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  76. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  77. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  78. pursuingmydreamsNovember 11, 2013
  79. joeyz14November 11, 2013
  80. ladevaNovember 11, 2013
  81. astridtumewuNovember 11, 2013
  82. ArmanNovember 11, 2013
  83. fionaNovember 11, 2013
  84. sitiNovember 11, 2013
  85. Ria angelinaNovember 11, 2013
  86. MessaNovember 10, 2013
  87. yuyuNovember 10, 2013
  88. ditterNovember 10, 2013
  89. pak bakulNovember 10, 2013
  90. nyonyasepatuNovember 10, 2013
  91. Firsty ChrysantNovember 10, 2013
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: