Random Dibuang Sayang

Random Dibuang Sayang. Sahabat blogger, saya mau cerita beberapa hal yang sudah saya lalui bulan lalu, bahkan bisa 3 bulan lalu kali πŸ˜€ . Awalnya saya ingin cerita pas bulannya, apa daya saya lagi sok sibuk mengurusi kebun alias bongkar-bongkar tanaman.

1. Ganti plat nomer mobil (03.09.2013)
Setelah hampir setahun pindahan rumah, kita baru ganti plat mobil. Katanya kalau kena razia polisi bisa di denda, untungnya tidak pernah tuh di razia hehe. Mobil lebih banyak diparkir di kota tempat tinggal kita sebelumnya (Bad Rappenau), supaya dekat kerjaan Frank. Kalau Frank tidak ke kejar kereta pas pulang malam, jadi ya bisa naik mobil.

Kota tempat tinggal sekarang dan sebelumnya padahal cuma jarak dekat ko, 30 menit naik mobil, naik kereta 18 menit. Berhubung kita pilih (ganti) nomer sendiri jadi nambah 10 Euro (kurleb Rp.150.000), yang baru jadi FN2004 ; F=Frank N=Nella ; kemudian 20-04 Hari dan bulan pemberkatan pernikahan Frank dan saya. Mengurus pergantian plat ini di Landratsamt. Total biaya ganti plat mobil 42 Euro. Prosesnya cepat sekitar 15 menit, karena Frank sudah mendaftar secara online dahulu beberapa hari sebelum kami datang.

Berhubung Pindah kota Tempat Tinggal jadi Ganti Plat Mobil. Random Dibuang Sayang

Berhubung Pindah kota Tempat Tinggal jadi Ganti Plat Mobil

2. Tes kelayakan kendaraan (30.09.2013)

Di Jerman kendaraan harus di tes kelayakannya setiap 2 tahun sekali. Mobil kita sekarang ini pemberian bapak mertua. Mobilnya sudah tua kira-kira 14 tahun, mereknya keren sih Audi. Berhubung mesinnya masih bagus, sayang juga di jual, lagipula Frank dan saya tidak banyak bepergian menggunakan mobil, paling belanja mingguan ke supermarket, jadi ya tidak boros bensin juga. Pas serah terima mobil dari bapak ke anak, 2,5 tahun lalu biaya benerinnya bikin jut jut terkejut iya kena 2.000 Euro (kurs Rp.15rb berarti sekitar 30 jeti rupiah) gile deh disini kalau mobil masuk bengkel. Oh ya itu biaya sudah termasuk pajak 19%.

Ini tes pertama kali saat mobilnya jadi milik kita.

Banyak yang dites, antara lain rem, mesin, lampu, ban, asap knalpot dll. Tesnya tuh seperti mobilnya di tonjokin rame-rame haha, beneran saya yang melihat aja tepok jidat. Mobil tua malah di banting-banting ngetesnya. Contohnya mobil di nyalakan di ban berjalan, kemudian dikendarai ngebut lalu tiba-tiba direm, kemudian gas setinggi-tingginya. Lalu bagian bawah mobil juga dicek, ban mobil digoyang-goyang keras sekali.

Tes kelayakan biayanya 94,5 Euro (sekitar 1,4 juta rupiah), prosesnya sekitar 20 menit. Hasil tes GAGAL!. Mobil harus ada yang diperbaiki, yakni rem tangan dan lampunya. *gambar paman Gober langsung muncul dikepala saya haha. Siap-siap sport jantung kalau mobil masuk bengkel. Mobil diperbaiki di bengkel biayanya 194 euro sekian cent, Puji Tuhan cuma segitu ya.

2 minggu kemudian kembali lagi ke tempat tesnya Dekra Automobil. Kali ini prosesnya cepat paling 5 menit, untungnya biayanya tidak seperti pertama tes. Biaya yang kedua ini 12,8 Euro (sekitar 192 ribu rupiah).

3. Lanjut Kursus Bahasa Jerman
Setelah hampir setahun nganggur kursus, akhirnya lanjut lagi. Sebenarnya saya tidak mau nganggur, tapi mau gimana kelasnya belum dibuka. Awalnya mau di tempat kursus sebelumnya, karena disana guru yang mengajar bagus. Teman-teman grup saya juga antusias mau lanjut ke level B2, begitu pula dari grup lain. Eh pas diundang rapat yang datang hanya 2 orang, saya dan 1 orang Korea atau Jepang.

Alasan yang tidak datang mereka tidak mau lanjut karena biaya kursus mahal sekitar 1.000 euro untuk 400 jam pelajaran. Cape deh pada omdo (omong doang) nih teman-teman hehe. Duit segitu kan tidak dibayar 1 kali toh. Intinya kelas tidak jadi dibuka, karena minimal harus ada 10 orang.

Akhirnya saya mendaftar di VHS sekolahan di kota tempat tinggal saya, 15 menit jalan kaki dari rumah, naik bus 5 menit doang. Awalnya katanya kelas dibuka bulan Mei, ternyata ditunda dengan alasan murid belum cukup. Menunggu 3 bulan (asyik nambah liburan πŸ˜† ). 23 September 2013 lalu kelas dimulai.

Buku Kursus Bahasa Jerman Level B2

Buku Kursus Bahasa Jerman Level B2

Kursus 2 kali dalam seminggu, hari Senin dan Rabu. Tidak seperti kursus Integrasi yang dulu (4 jam/hari Senin-Jumat), nah kursus B2 ini singkat deh hanya 1,5 jam/pertemuan. Jam kursusnya malam 20.10 sampai jam 21.40 serasa main ke tetangga sangking singkatnya :mrgreen: . Gurunya ada 2 orang, kalau senin yang mengajar pak guru asal Kroasia dan hari Rabu ibu guru yang mengajar. Kedua gurunya baik bangett, kalau ga ngerjain PR ya sudah ga apa-apa tuhh 😎 . Soalnya mereka (guru) mengerti kelas B2 nih siswanya tuh sebagian besar para pekerja kantoran yang mana pasti sibuk sekali kan.

Kursus B2 ini yang pertama nanti ada lanjutannya B2-2 Per level 30 kali pelajaran. Biaya 174 Euro (sekitar 2,6 juta rupiah). Keseluruhan level B2 kalau saya hitung-hitung totalnya 72 jam, miriplah dengan durasi kursus di Goethe. Nah kenapa di tempat kursus Integrasi saya yang dulu, kelas B2 katanya 400 jam dan biayanya 1.000 Euro??? πŸ™„ mungkin karena privat kali ya. Untunglah tidak jadi kursus disana, irit duit kan hehe.

Teman-temanku banyak sekitar 20 orang, yang grup cowo ada 6 orang yang kuingat ada asal Afganistan, dia pelajar, trus dari Turki (pemain bola, ganteng boo πŸ˜€ tapi pendek sih hehe), ada dari Spanyol, Itali dan dari Rusia, nah nih cowo asal Rusia (gantengg juga πŸ˜€ ), pas awal kelas ditanya guru dan teman-teman yang penasaran, tampang dia seperti orang Jerman ko ikutan kursus bahasa Jerman? Langsung seruangan tertawa dan si cowo jadi merah mukanya.

Grup cewe ada asal Kosova, Au pair disini, gaya bicaranya mirp Cinta Laura haha, trus ada dari Spanyol, Itali, Rusia dan dari Amerika, nih cewe asal Amrik jago juga (otaknya), ikutan dua kelas sekaligus, ikutan B2 dan jam sebelumnya dia ambil tingkat C1 mabok ga tuh ya, tingkat B2 aja belum lulus sembari jalan level lebih tinggi. Kalau tidak salah tahun depan dia mau kuliah makanya harus dikebut kursus sampai tingkat paling tinggi C2.

Terus…. Ternyata ada satu teman dong asal Indonesia horee πŸ˜‰ . Nih cewe Batak, boru Tamba. Awal dia datang ke Jerman sebagai Au pair selama 1,5 tahun. Saat ini dia kerja sosial di panti Jompo, tapi sepertinya diharuskan pulang ke Indonesia dulu karena kerjaan dia sekarang sudah berbeda dengan awal dia ke Jerman, jadi disuruh buat visa kerja.

Yang penasaran atau belum tahu apa itu Au Pair silakan baca tulisannya Astrid disini.

4. Menang GA
Tidak hanya satu, namun dua GA horeee πŸ™‚ .
β€’ Pertama GA yang diadakan oleh T3ph alias Nyonya kecil pada akhir Agustus lalu. Saya suka nih model GA yang dibuat T3ph, ga pakai ribet, gampang aja dong. Trus menang deh fyi pertama kalinya saya menang GA πŸ™‚ . Hadiahnya berupa bandana anak, buat keponakan saya yang no.2 namanya Galen. Bandananya buatan T3ph sendiri Terima kasih T3ph πŸ˜‰ . Maaf kalau fotonya tidak bagus, itu dadakan pas skype an, maksa nyokap pakaikan bandananya, karena nunggu mamanya Galen susah tidak dikirim-kirim fotonya.

Bandana Menang GA buat Ponakanku yg imut Galen

Bandana Menang GA buat Ponakanku yg imut Galen

β€’ Kedua GA yang diadakan Messa pada akhir Oktober lalu. Hadiah yang saya peroleh adalah tas kalimantan. Horeee!! πŸ™‚ Terima kasih Messa πŸ˜‰ .

Menang GA lagi hadiahnya Tas Kalimantan. Foto pinjam dari blog Messa

Menang GA lagi hadiahnya Tas Kalimantan. Foto pinjam dari blog Messa

Teman-temanku sampai disini dulu ya cerita-ceritanya. Kalau nanti ada cerita yang baru, saya sambung lagi. Terima kasih sudah membaca sampai selesai, ceritanya pajang sekali ya πŸ™‚ .

 

Baca juga::
β€’ Ladang Bunga di Jerman
β€’ Orang Jerman itu ..
β€’ Indahnya Kota Tua Bad Wimpfen
β€’ Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart
β€’ Aturan Internetan di Jerman

Advertisements
Advertisements

91 Comments

  1. jessmite December 20, 2013
    • pursuingmydreams December 20, 2013
  2. Ceritaeka November 29, 2013
    • pursuingmydreams November 29, 2013
      • Ceritaeka November 30, 2013
  3. t3ph November 24, 2013
    • pursuingmydreams November 24, 2013
  4. niee November 17, 2013
  5. kasamago November 16, 2013
    • pursuingmydreams November 16, 2013
  6. monda November 16, 2013
    • pursuingmydreams November 16, 2013
  7. Zizy Damanik November 15, 2013
  8. potretbikers November 15, 2013
  9. dedy oktavianus pardede November 14, 2013
    • pursuingmydreams November 15, 2013
  10. lovelyristin November 14, 2013
    • pursuingmydreams November 15, 2013
  11. akhmad muhaimin azzet November 14, 2013
    • pursuingmydreams November 14, 2013
  12. Budi Nurhikmat November 13, 2013
    • pursuingmydreams November 14, 2013
  13. MΓ©lanie November 13, 2013
    • pursuingmydreams November 14, 2013
  14. Rifai Prairie November 13, 2013
    • pursuingmydreams November 14, 2013
  15. neng fey November 13, 2013
    • pursuingmydreams November 14, 2013
  16. chris13jkt November 13, 2013
    • pursuingmydreams November 14, 2013
  17. amy syahmid November 12, 2013
  18. Pypy November 12, 2013
    • pursuingmydreams November 12, 2013
  19. fotografer prewedding surabaya November 12, 2013
  20. hanifmahaldi November 12, 2013
    • pursuingmydreams November 12, 2013
  21. sondangrp November 12, 2013
    • pursuingmydreams November 12, 2013
  22. sondangrp November 12, 2013
    • pursuingmydreams November 12, 2013
  23. Ika Koentjoro November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
      • Ika Koentjoro November 11, 2013
        • pursuingmydreams November 12, 2013
  24. Fascha November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
      • Fascha November 13, 2013
  25. Baginda Ratu November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
      • Baginda Ratu November 12, 2013
        • pursuingmydreams November 12, 2013
  26. Titik Asa November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
  27. nisa November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
  28. Ilham November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
  29. Alid Abdul November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
  30. joeyz14 November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
  31. ladeva November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
      • ladeva November 11, 2013
  32. astridtumewu November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
      • astridtumewu November 11, 2013
  33. Arman November 11, 2013
  34. fiona November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
  35. siti November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
  36. Ria angelina November 11, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
  37. Messa November 10, 2013
  38. yuyu November 10, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
      • yuyu November 11, 2013
  39. ditter November 10, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
  40. pak bakul November 10, 2013
  41. nyonyasepatu November 10, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
  42. Firsty Chrysant November 10, 2013
    • pursuingmydreams November 11, 2013
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: