Pernikahan Beda Agama di Indonesia

Pernikahan Beda Agama di Indonesia. Semoga saya tidak berdosa nih 😳 menerbitkan tulisan kontra semacam ini. Temanya pernikahan beda agama. Sepasang manusia yang seagama saja banyak permasalahannya, apalagi yang berbeda. Mungkin di luar negeri hal ini biasa saja, namun di tanah air pernikahan beda agama tidak diperbolehkan (belum bisa dilakukan).

Pernikahan Beda Agama di Indonesia.

“The greatest marriages are built on teamwork. A mutual respect, a healthy dose of admiration, and a never-ending portion of love and grace.” –Fawn Weaver.

Kalau ada teman atau saudara yang saya kenal, tentu akan saya larang supaya jangan nekad. Apakah kamu memikirkan perasaan orangtua dan keluarga?, lalu anak-anak kamu akan ikut siapa?, apa sanggup jika di perggunjingkan lingkungan?. Apa iya pernikahan beda agama akan langgeng?, contohnya pernikahan Lidya Kandau dan Jamal Mirdad kandas, kemudian Dedy Korbuzier dan Kalina kandas juga (Dedy dan Kalina dinikahkan oleh tokoh Paramadina). Oke kamu bilang mereka artis, kalau kamu nekad juga maka saya no comment karena setiap orang selalu mempunyai pilihannya masing-masing dan kamu sendiri yang menjalaninya.

Lalu mengapa saya menerbitkan tulisan dengan tema pernikahan beda agama?. Kalau dulu-dulu biasanya saya malas menanggapi hal ini, paling saya jawab „tidak tahu, cari saja di google“. Kali ini saya buat tulisan, supaya saya punya contekannya, kalau ditanya ulang hehe 😀 .

Baca juga:

Saya pusing kalau sering ada yang bertanya ke email mengenai tema sensitif ini. Seperti halnya mereka yang menanyakan bagaimana cara sekolah atau kuliah atau kerja ke Jerman. Bagaimana caranya dapat pacar bule, bagaimana cara bisa tinggal di Luar negeri. Para pembaca beneran nih, untuk topik-topik tersebut jawabannya saya akan samar-samar (jadi jangan sering bertanya hal tersebut oke 😆 ), kecuali kalau kamu bertanya mengenai hobi berkebun saya, nah tuh baru saya tidak pusing dan akan sangat antusias menjawab, dan kita bisa tuker-tukeran foto koleksi kebun kita deh 😉 .

Apakah bisa melakukan pernikahan beda agama di Indonesia?. Bisa (silakan baca tulisan ini hingga selesai).

Baca juga: Nikah Sama Bule Bukan Impian Saya

 

Saya pernah mendengar mengenai Yayasan Paramadina, yang bisa menikahkan pasangan beda agama. Perlu diketahui juga kalau Yayasan Paramadina bukan lembaga pernikahan.

Yayasan Wakaf Paramadina adalah sebuah lembaga keagamaan (Islam) yang berkecimpung dalam kajian keagamaan dan sosial. Didirikan oleh Prof. Dr. Nurcholish Madjid pada tahun 1986 di Jakarta, lembaga ini bertujuan sebagai lembaga pendidikan dan pencerahan umat dan bangsa. (Sumber wikipedia).

Nikah dengan bantuan Paramadina (ada penghulunya). Pernikahan secara Islam karena memang Yayasan Paramadina adalah yayasan Islam, mendapat surat nikah yang sah secara Agama Islam dan Hukum. Kemudian pasangan akan melangsungkan lagi pernikahan ditempat ibadah calon satunya lagi. Pasangan akan tetap memeluk agama masing-masing setelah menikah. Paramadina bisa juga menguruskan administrasinya di kantor catatan sipil.

Ada yang bilang tidak maulah dinikahkan secara agama pasangan, sama juga mengakui agama dia dong?.

Nah kalau begitu ya solusinya harus nikah di luar negeri, bisa ke Australia, Singapura atau Hongkong. Pasangan yang menikah di luar negeri tunduk pada hukum di luar negeri. Pasangan tersebut mendapat akte dari negara itu, kemudian akte dibawa pulang untuk di catatkan saja. Artinya tidak memperoleh akte lagi dari Indonesia.

Saya coba cari tahu apakah yayasan Paramadina masih bisa menikahkan pasangan beda agama, ternyata yayasan Paramadina tersebut sudah tidak menerima lagi pernikahan beda agama. Gubrakk alamakk sudah panjang saya tulis-tulis di blog ini mengenai Paramadina, edit lagi besar-besaran 😥 .

Tapi kalau kamu penasaran bisa tanya langsung saja.

Yayasan Paramadina
Pondok Indah Plaza 3, Blok F 4-6
Jl. TB. Simatupang, Jakarta 12310
Telp: +62 21 765 1611
Fax: +62 21 765 2015

Jl. Metro Pondok Indah
Pondok Indah Plaza I Kav. UA 20-21
Jakarta Selatan
Telp: +62 21 750 1969

Email: [email protected]
Web: www.paramadina.or.id

Loncat lagi ke sumber lain, saya temukan yang bisa memfasilitasi (membantu pernikahan beda agama), namanya pak Asnawi Ihsan, dari yayasan Indonesia bahagia. Dari beberapa sumber saya temukan nama pak Asnawi juga.

Lembaga beliau bisa membantu pernikahan beda agama, baik untuk legalitasnya maupun ritualnya untuk semua pasangam beda agama. Beliau juga bisa membantu untuk pencatatan sipilnya hingga pernikahan kamu sah secara negara. Pak Asnawi Ihsan adalah konsultan perkawinan yang sudah membantu banyak pasangan yang menikah beda agama. (sumber: discussion.weddingku.com/discussionclass) per 23.01.2017 link Forum weddingku.com mengenai beda agam sudah tidak ada lagi

Silakan bertanya di yayasan tersebut websitenya: http://www.indonesiabahagia.com per 23.01.2017 link web indonesiabahagia.com sudah tidak aktif lagi 🙁 . Untuk dapat pencerahan silakan baca sumber dibagian bawah artikel ini saja ya.

Kalau kamu punya budget lebih bisa menikah di luar negeri. Sumber yang saya ketahui hanya untuk menikah di Singapura.

Cara melakukan Pernikahan beda agama di Singapura:

• Daftar 2 bulan sebelum hari H.
• Tinggal di Singapura minimal 15 hari.
• Setelah menikah akan mendapat surat nikah, dibawa ke catatan sipil di Indonesia untuk didaftarkan.
• Informasi lebih detail silakan di : http://app.rom.gov.sg per 23.01.2017 link app.rom.gov.sg mengenai beda agama sudah tidak aktif lagi

Kalau kamu masih ada banyak pertanyaan, alangkah baiknya bergabung di yahoou group, karena saya yakin disana banyak yang akan bisa bantu. Alamatnya: http://groups.yahoo.com/neo/groups/kawinbedaagama/info

Fyi: Saya TIDAK melakukan pernikahan beda agama. Suami dan saya sama-sama beragama Kristen. Tulisan ini saya buat untuk menjawab beberapa email yang masuk, atau buat contekan kalau ada pertanyaan serupa.

The greatest marriages are built on teamwork. A mutual respect, a healthy dose of admiration, and a never-ending portion of love and grace.” –Fawn Weaver.

 

Berhubung tema sensitif jadi kolom komentar saya nonaktifkan, saya tidak ingin seperti di blog sebelah yang jadi ramai dengan debat kusir.

 

Sumber:

Semua Indah pada Waktu-Nya
4 Cara penyelundupan hokum bagi pasangan beda agama
wiki/Yayasan Paramadina
yang berhasil menikah beda agama – forum kaskus
Perkawinan beda agama

Advertisements
Advertisements

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: