Indahnya Warna Musim Gugur

loading...

Niatnya mau posting di bulan Oktober, apa daya sok sibuk, jadi tidak apa-apa ya gambar-gambarnya disajikan di November ceriah yang melow ini. Iya November saya sebut bulan yang melow, karena dingin, mendung, gerimis dan mataharinya sering ngumpet ๐Ÿ˜€ .

Bulan Oktober lalu disebut Golden Oktober karena banyak warna dedaunan mirip warna emas, di awal November ini dedaunannya sudah mulai rontok.

Indahnya warna musim gugur. Salah satu taman di Bad Rappenau, Jerman. Foto minggu terakhir Oktober 2013

Indahnya warna musim gugur. Salah satu taman di Bad Rappenau, Jerman. Foto minggu terakhir Oktober 2013

Foto-foto saya diambil di tiga kota: Bad Rappenau (tahun lalu saya tinggal di kota ini. Frank masih kerja disini) Bad Wimpfen dan Sinsheim (kota tempat tinggal saat ini).

1. Taman di Bad Rappenau

Perubahan warna dedaunan ketika musim gugur adalah fenomena yang menyebabkan daun yang awalnya berwarna hijau menjadi warna-warna lain yang cantik. Ada yang dari hijau berubah menjadi merah, kuning, ungu dan coklat. Setelah dedaunan berubah warna banyak yang berguguran, namun ada juga yang masih bertahan menempel di pepohonan. Fenomena perubahan warna dedaunan tersebut disebut โ€žwarna musim gugurโ€œ

Kalau cape jalan-jalan di Taman, istirahat dulu, ada beberapa bangku di taman ini

Kalau cape jalan-jalan di Taman, istirahat dulu, ada beberapa bangku di taman ini

 

Daun berwarna hijau karena adanya pigmen yang dikenal sebagai klorofil, yang ada didalam organel yang disebut kloroplas. Selama musim tanam, klorofil berlimpah dalam sel-sel daun. Ciri khasnya musim panas adalah daun-daun berwarna hijau cerah.
Klorofil memiliki fungsi penting: menangkap sinar matahari dan memanfaatkan energi yang dihasilkan dalam pembuatan gula sederhana tanaman yang dihasilkan dari air dan karbon dioksida.

This slideshow requires JavaScript.

Masih ada foto-fotonya ya, masih banyak ๐Ÿ˜†

 

Pada akhir musim panas, siang hari menjadi singkat dan suhu dingin. Pembuluh darah (tanaman) yang membawa cairan ke dalam dan keluar daun secara bertahap menutup. Asupan air dan mineral berkurang secara perlahan, pada masa tersebut jumlah klorofil mulai menurun.

Beberapa pohon (tanaman) yang menarik perhatianku:

 

Video Awal Musim Gugur di Taman di Bad Rappenau

 

2. Pohon di Bad Wimpfen

 

2 Minggu kemudian saya ke lokasi yang sama, daun-daun pohonnya sudah rontok.

Video salah satu pohon besar pada awal musim gugur di Bad Wimpfen

 

3. Sekarang kota tempat tinggal saya, Sinsheim

Autumn is the mellower season, and what we lose in flowers we more than gain in fruits.” -Samuel Butler-

Tulisan Terkini

Advertisements

138 thoughts on “Indahnya Warna Musim Gugur

  1. mbak brusan udah saya transfer pulsanya 5 rb. udah dblas sma ma2 mbak. ‘ dah msuk 5 rb. trims y’. ๐Ÿ˜€ tp td sya transfer dr nmor saya. maaf y mbak. ๐Ÿ™ tkut nanti gk msuk lg pulsanya.

    kpan nie saya diajak travel breng ke jerman. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

      • Beda mba Nella, yang di Indonesia adanya di Taman Cibodas. Sama-sama Acer cuma yang di Indonesia evergreen. Ngga bisa merah. Kurang menarik lah dibanding Maple Jepang yang aduhai hot-nya!
        Ngga pernah nemu yang ngejual mba. Tanaman langka, cuma ada beberapa aja sekarang karena penggundulan hutan ๐Ÿ™ Tega ya manusia ngebabat hutan sampai flora fauna nyaris punah
        BTW, aku nemu yang jual bibit Sakura & Maple Jepang di Indonesia. Buka aja Iseedyou.com. Cuma nggak cocok di tempat panas mba……….

          • Hikhik sayang banget deh. Tapi sekarang kan era pemanasan global, bukan nggak mungkin Indonesia bisa jadi negara 4 musim nantinya (ngayal). Sekarang aja musim ujan & kemarau kacau balau ๐Ÿ™

  2. Selain salju, ini alasan aku pengen ke eropa, buat lihat daun2 yang berguguran! hihihi. Keren sekali ya mba nella warna pohon-pohonnya.. Cakepppp ๐Ÿ™‚

  3. salam kenal maaaak…autumn is my favorite season indeed…warnanya cantiiik, hati ini jadi sejuuk rasanya :D…apalagi kalau sudah mulai dingin, si daun pun makin meraaah ya mak :D…ngg salah kalau lagu The Autumn Leaves ngetop bangeeet :D…

  4. Waaaah… indahnya….. :O

    Pengen deh ngerasain musim gugur. Mudah-mudahan suatu saat bisa berkunjung ke negeri 4 musim, dan merasakan musim gugur di sana, hehe….

  5. Aaahhhh am dying lhooo mba liatnya. Cantikkkkk sekali. Semua foto2nya juga keren. Serasa pelangi ada dimana2 ya mba nella.
    Andaikan jakarta juga ada musim gugur hehehehehehe

    Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

  6. sudah jarang mampir, sekalinya mampir disuguhi pohon warna-warni. cantik :’)
    saya sangat ingin melihat 4 musim: semi, panas, gugur dan dingin. Rasanya pasti seru.
    Kapan ya, bisa ke negara yang ada 4 musimnya? hehee :3

  7. Keren banget… Jadi pengen main-main ke sana… Hahaha, tapi apa mungkin yah traveling ke luar negeri, wong mau traveling ke Bali aja harus nabung dulu berbulan-bulan. Capedehhhh…

  8. keren ya pemandangan pohonnya…
    apa di jerman itu memang semuanya seperti itu ya,… indah2…

    jadi pengen maen ke jerman.. ๐Ÿ˜€

  9. Postingan mbak Nela selalu warna warni deh foto2nya keren keren tuh foto dikumpulin setahunan ya, kan pergantian musim setahun empat kali. Telaten nya sampai ada video segala, Nah kalo lihat tadi ada banyak berguguran terus yang nyapu dan bersihkan siapa ya? ada petugas kan? terbayang kalo mesti sapu halaman sendiri banyak donk ya hehe..

    • Hai mbak Siti, ada petugas kebersihan jalan ko. Belakangan ini saya lihat sudah banyak petugasnya karena daun-daun banyak mengotori jalan, apalagi kalau hujan daun-daunnya jadi cepat busuk.

      • ohhh iya soalnya bisa numpuk tebal donk kalau tak disapu mbak.. ! kalau di kampung mah sisa dikumpulin dan di bakar kalau disana pasti bisa ditangkap polisi kalo ada adegan bakar-bakar ya,…

    • Hai Deva. Diatur sebagai gallery. Caranya:
      1. Pilih Insert media (sama seperti masu masukkan foto biasa) lalu
      2. lihat di bagian kiri dan pilih “create gallery”,
      3. Pilih foto-foto yang ingin ditampilkan
      4. Klik “create a new gallery” (disebelah kanan agak bawah),
      5. Pilih jenisnya (lihat bagian kanan), untuk yang bulat pilih “circles”
      6. Setelah selesai “klik sisipkan gallery”.

  10. Hmmm,,,,
    berarti banyak yg tutup kebun donk?
    tp warna daun2 dari pepohonannya unik2, n kayak nx ga bakalan ada di Indonesia warna n bentuk daun yg seperti di negara 4 musim. ๐Ÿ™‚

    • Hai pak Edy, iya sudah banyak orang yang membereskan (bongkar) kebun mereka. Kalau saya tanaman tomat masih saya tutupi kain, masih sayang dibuang ๐Ÿ˜€ . Mungkin di daerah-daerah seperti Dieng yang ada bulan tertentu dingin pohon bisa berubah warna dedaunannya, saya belum pernah lihat langsung sih.

  11. Ya ampun cantik banget mba Nella, daun2 berubah dan berguguran ah kalo aku betah berlama2 di taman kali yah menikmati suasana taman yang indah begitu.

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

  12. Cantikkk bangett kak Nel!! ๐Ÿ˜€ Sukakkk dehh.. Disini juga daun2 berguguran *krn angin kencang* hehe.. Jadi biasa aja, ga ada perubahan warna apapun ke daun2. Kecuali daun di pohon2 di Sudirman. Dari hijau bisa jadi hitam krn polusi ๐Ÿ™

  13. wah mba nella keren bgt musim gugurnya…. kl diindo mmg berubah warna krn panas hahahaha alias kepanasan tu daun gosong hahahaha…. krn ada tanaman sy buah nona ato dikenal srikaya itu daun nya juga kek gt hahahaha alias gugur semua krn kepanasan xixixixi….
    mmg beda ya cuaca LN sama indo… walaupun panas tp nga gt nusuk ke kulit… kl indo panas ampun d….. hahaha…

  14. wah cantik banget, mba Nella minta saran dong. Gimana sih cara nanem Gingko biloba dari biji? Saya dapet bijinya di Hero supermarket, saya coba berkali-kali buat ditanem nggak ada yang numbuh padahal udah ikutin saran di web.
    Please kalau tau kasih tau saya. Thx

      • Makasih Mba Nella, desperate banget nih coba nanem berbulan-bulan nggak ada yg jadi ๐Ÿ™ Padahal ngiler banget ama bentuk daunnya yang kayak kipas

        • Biji pohon gingkonya harus kering dl. Masukin aja bijinya ke kertas biarin bbrp hari, 1 minggu jg gpp. Da gt rendam di air 1hari, terus masukin ziplock bag dan kasi peatmoss basah (bukan banjir ya) atau pakai tissue jg boleh. Menurut yg di web itu harus di cold stratification 3bln setelah itu baru masukin ke dlm media yang lembab dengan suhu ruangan antara 70-75F ini krg lebi yah suhu ruangan 20-25c masi ok.

          • Biji Gingkonya udah 3 bulan lebih di kulkas, saya udah coba ditanem langsung hasilnya gagal. Nanti coba cara Bapak deh.
            BTW, sudah 2 minggu biji Wisteria saya udah muncul sedikit tunas. Kapan boleh saya pindahin ke tanah ya? Thx ya..

          • Biji wisterianya sudah mulai berakar seperti yg di page cara tanam wisteria? Yg digambar itu foto bbrp hari sblm dimasukin ke pot ya. Kalau akarnya baru jendol jgn ditanam lsg biasanya ketahuan kok akarnya nanti pas tumbuh panjang mirip kaki tauge, tunggu akarnya agak panjang dl. Terus nanti kalau waktu mau di tanam jgn di teken bijinya, bikin lubang agak besar di pot, taruh bijinya dgn akar ke arah bawah terus tutup pakai media tanam dan jgn terlalu ditekan.

  15. Ya ampun Nella, cakep bangeeeeet huhuhu aku juga suka warna warna di autumn, dulu pas film New York in Autumun yg Richard gere itu, aku mellow mellow juga kan settingnya keren. Ih cakep banget ya, Nel, kalo aku di situ aku lalap berfoto, kali….Macam di kalender jaman dulu yang selalu kulihat lihat dengan mupeng.

    • Hai Sondang datanglah pas musim gugur, nanti kita puas2in berfoto dengan pohon-pohon yang warna daun-daunnya cantik ๐Ÿ˜‰ .
      Tahun lalu 2 temanku datang pas musim gugur, mereka puas-puasin berfoto dengan daun2, lucu juga lihat gaya mereka ๐Ÿ˜€ .

  16. Mbak Nella,,,cantik cantik banget fotonya,,,
    ini nih yang ngebuat saya pengen banget maen ke negara empat musim.
    Eh tapi di Bandung aku suka nemuin pohon yang daunnya warna kuning loh mbak
    *sayang ga sempet aku foto*

  17. Kak Nella bagus banget fotonya, cakep banget ya daun2nya udah berubah warna, emang musim gugur paling seru deh.. Sayangnya di indo gak bakalan liat daun2 warna warni giniiii, yang ada malah liat daun kering hahahaha

  18. mbak nella.. itu pemandangannya cantik banget.. Pengen nanti kalau bisa sampe ke negara 4 musim aku pas musim gugur aja, gak terlalu dingin dan gak panas juga.. aahhh keren deh pokoknya ๐Ÿ˜€

  19. fotonya bagus-bagus mbak, ini yg ngebuat ane selalu mampir kalo ada tulisan baru di blog ini. share lagi dong mbak foto-foto yang lainnya. kalo ane save buat koleksi ga pa2 ya? :mrgreen:

  20. musim yg selalu saya tunggu2 nih mbak walo sering hujan ya ๐Ÿ™‚

    ada perasaan khusus saat menyaksikan guguran daun2nya berterbangan ditiup angin… heheheheh lebay bangeeed d… ๐Ÿ˜€

    salam
    /kayka

  21. Adaptasi tumbuhan terhadap perubahan suhu dari musim panas yang sungguh elok Jeng Nella. Sudah kelar mengevakuasi semua tanaman Jeng? Salam

  22. Ahhh Mbaaa, itu bagus bangettt semuanyaa, apalagi gambar yang awal, yang ada gradasi merahnya. Walaupun udah mulai gelap dan dingin, kalau siangnya liat pohon cantik gini, seneng juga ๐Ÿ˜€

  23. Aku juga sukaaa musim gugur mba… warna-warni daunnya, sejuknya udara biar mellow tapi indah… Tapi nggak suka anginnya yang bikin sakit mata ๐Ÿ™‚

  24. itulah yang sangat membedakan indo dengan eropa.
    autumn yg sangat indah dan banyak lagu lagu yg menceritakan keindahan autumn.

  25. Aaaa… supeeeer keceee warna2nya mbak nella, dari zaman dulu aku tuh liat yg beginian seringnya dikalender ๐Ÿ˜€ , semoga ntar dpt kesempatan utk liat langsung amiiiin ๐Ÿ™‚

  26. Dunia penuh warna atau musim penuh warna. Menarik untuk dilihat mbak nella. Oh iya bunga warna ungu tuh krisan atau apa ya mbak?

  27. keren banget mba..
    wah sayang d depok enga ada musim gugur, malahan pohon-pohon sekitar sini hijau banget..
    tapi baca blog ini jadi tau keidahan musim gugur.. wonderful..

  28. daun gugurnya ada yang warna ungu, indah banget ..
    itu bunga ungu di Bad Rappenau cantik , bunga apa itu Nel.., bentuknya mirip krisan ya

Comments are closed.