Random dibuang Sayang (Edisi Natal di Jerman)

Random dibuang Sayang (Edisi Natal di Jerman). Halooo teman-temanku, buat yang sudah sering mampir ke blog saya dan tidak menemukan postingan baru, maafkan yaa soalnya yang punya blog lagi edisi malas luar biasa :mrgreen: . Saya sering blogwalking sih tapi lagi menikmati jadi silet reader hehe, kasih komentar paling di beberapa blog.

Sudah menjelang tahun baru, malah saat ini saya mau cerita tentang Natal yang lalu, basi kali yaa hihi.

Kami (Frank & saya) Natalan di rumah mama mertua (mamer). Kita menginap sejak malam Natal kemudian baru pulang Jumat siang tanggal 27 Desember. Selama di rumah mertua saya paling buka-buka tablet sesekali aja, paling cek email dan cek statistik blog tetep hihi. Ga bisa lama-lama internetan karena kalau lagi kumpul keluarga ga enak ya kita malah sibuk dengan gadget. Pernah kapan ya, lupa pas perayaan apa, anak-anak mudanya pada sibuk sama gadget, nah si mamer ngomel dong, untung saya ga ikut-ikutan.

Baca juga: 7 Hal Mengenai Natal di Jerman

1. Natalan ke Gereja
Awalnya Frank dan saya niatnya mau ke gereja pas malam Natal, trus kita ubah jadi perginya pas hari Natalnya aja tanggal 25 Desember. Jadi malam Natal Frank bisa minum wine deh pas makan-makan.

Frank dan saya mau ikut ibadah yang jam 10 pagi pada 25 Desember, kita mau ke gereja tua yang umurnya sudah 900 tahun an lokasinya di Heinsheim, namanya Bergkirche . 2 tahun lalu kita ikutan ibadah malam Natal pas tengah malam. Nah ternyata saudara-saudara pada 25 Desember 2013 tuh gereja tidak ada ibadah yaelahhh pengunjung kecewa 😥 . Ya salah kita juga sih kenapa tidak cek websitenya dulu, cek jadwal ibadah 😛 .

Saya bilang ke Frank ya sudahlah ke gereja tempat pemberkatan kita dulu aja, kan masih ada waktu 15 menit sebelum jam 10. Kata Frank tidak sempat, pasti telat. Yaelah „.. ga apa-apalah yang penting niat ibadahnya kan“ haha. Jadinya kita ke gereja Katolik di dekat Bergkirche namanya St. Johannes der Baptist. 2 menit naik mobil sampai deh, tidak pakai telat. Hari itu adalah kali pertama saya ke gereja Katolik (saya Kristen Protestan, Frank Katolik dan kita menikah di gereja Protestan).

Gereja Katolik St

Gereja Katolik St. Johannes der Baptist di Heinsheim Jerman. Ini pas bubaran ibadah. 25 Desember 2013

 

Selama ini saya hanya melihat di film-film aja mengenai tata acara di gereja Katolik. Ya ampunnn 🙁 lutut perih nyut-nyutan pas berlutut (cuma 2 kali berlutut sih), padahal pas dibangku saya ada bantal untuk berlutut, tapi bantalnya tipis hiks, trus Frank ga ada bantal hahah kesakitan dia. Ya namanya pertama kali ya jadi pasti sakit, padahal banyak anak kecil dan para lansia bisa lama loh berlututnya dan tidak pakai bantalan lutut. Lihat nih anak kecil di foto dibawah ini.

Anak kecil disebelahku nih hebattt berlutut lama ga sakit lututnya ya hihi jadi malu saya. Gerja Katolik di Heinsheim

Anak kecil disebelahku nih hebattt berlutut lama ga sakit lututnya ya hihi jadi malu saya. Gerja Katolik di Heinsheim

Ibadah berlangsung selama 1,5 jam. Saya ingat banget kata pendetanya Natal bukan heboh atau sibuk cari kado dan membungkus seindah mungkin untuk keluarga, relasi dan teman, bukan pohon Natalnya, bukan hiasan-hiasannya, bukan makanannya, namun apakah Tuhan Yesus ada di hatimu?. Jleb untung saya ga minta kado dan ga ngasih kado juga sih hihihi.

2. Makanannya

Santap bersama ketika malam natal, menunya sosis dengan salad kentang, pencuci mulutnya es krim. Banyak kue-kue dan buah-buahan juga malas potret karena hasil foto malam hari jelek banget *minta kamera baruuu.

Makan bersama pas hari Natalnya seperti foto-foto dibawah ini. Menunya daging dan mie, ada salad dan ditutup dengan es krim dan cemilan yang banyak bikin buncit hehe.

Tanggal 27 siang Frank dan saya pulang, sebelumnya kita ke mall mampir ke toko elektronik lihat-lihat kulkas pengen beli akhir Januari 2014 jadi survey harga ke beberapa tempat, kemudian makan siang di mall.

Baca juga: 4 Jenis Kue Natal Khas Jerman

Frank dapat beberapa hadiah-hadiah dari pasien-pasiennya, tahun ini ga banyak dapat duit cuma 10 euro 😀 yang banyak ya kue-kue, wine dan coklat-coklat. Saya tidak berminat makan coklat-coklatnya, semua Frank yang makan.

Coklat-coklat Natal bentuk Santaklaus

Coklat-coklat Natal bentuk Santaklaus

3. Lain-lainnya

Tahun lalu saya masih sedikit rajin menghias rumah dengan hiasan-hiasan Natal. Nah tahun ini tidak sama sekali, padahal ada beberapa sudah beli, trus dari tahun lalu ya barang-barangnya tersimpan rapi di gudang. Malah sehabis natal nih saya berburu barang diskonan banyak bangett.

Kursus Bahasa Jerman libur 2 minggu (5 kali pertemuan), jadi banyak santai-santainya dirumah dan nonton tv melulu 😎 .

Nanam-nanam bibit-bibit bunga musim semi seperti tulip, krokus dan lain-lain, semuanya belum tumbuh, karena harus sabar sekitar 3-4 bulan melewati cuaca dingin baru bibit-bibitnya akan tumbuh.

Antara lain bibit-bibit bunga musim semi yang sudah mulai kutanam dari bulan Oktober, tumbuh dan mekar setelah 3-4 bulan lagi

Antara lain bibit-bibit bunga musim semi yang sudah mulai kutanam dari bulan Oktober, tumbuh dan mekar setelah 3-4 bulan lagi

Saya kirim paket untuk ponakanku di Jakarta, buat Kiarra dan Galen. Paket kirim 6 Desember dalam 13 hari sudah sampai, padahal paket biasa ko. Berat paket 1,7 kg. Paket sampai maksimum 2 kg bisa dikirim sebagai jasa surat, jadi ongkos kirimnya lebih murah, kalau dirupiahkan sekitar Rp.288.000 harga belum termasuk kardusnya ya. Kalau kirim sebagai paket mahal 1 kg bisa 260rb.

Isi paketnya cemilan doang hehe, ada kripik-kripik, biskuit-biskuit, stiker, kartu ulang tahun untuk Kiarra dan Galen dan kartu Natal tentunya.

At least but not last, setiap kali Frank nanya saya mau hadiah Natal atau hadiah tahun baru apa? Saya bilang tidak butuh hadiah dan sambil mengelus perut, bilang “sudah ada hadiah terindahnya nih” hehe. Thanks God!. Pada musim panas 2014 akan hadir bayi kecil menemani hari-hari Frank dan saya. Saat ini usia kandungan saya 12 minggu. Cerita mengenai kehamilan dilain postingan saja yaa 😉 .

Thanks God. Usia Kehamilanku 12 minggu.

Thanks God. Usia Kehamilanku 12 minggu.

Write it on your heart that every day is the best day in the year.” – Ralph Waldo Emerson

Selamat Tahun Baru 2014.

 

Edisi dibuang sayang:
Random Story Dibuang Sayang Part 6 – Musim Panas Berlalu
Random Dibuang Sayang – Musim Gugur
Random Story Dibuang Sayang Part 5 – Cuaca Cerah Musim Semi
Random Story dibuang Sayang Part 4 – Gak Penting kale

108 Comments

  1. pursuingmydreamsFebruary 17, 2014
  2. SiwiFebruary 17, 2014
  3. pursuingmydreamsJanuary 27, 2014
  4. pursuingmydreamsJanuary 27, 2014
  5. pursuingmydreamsJanuary 27, 2014
  6. astridtumewuJanuary 25, 2014
  7. Ni Made Sri AndaniJanuary 25, 2014
  8. officialchitrasJanuary 25, 2014
  9. pursuingmydreamsJanuary 21, 2014
  10. BukuHarianJanuary 21, 2014
  11. pursuingmydreamsJanuary 18, 2014
  12. pursuingmydreamsJanuary 18, 2014
  13. Bibi Titi TelitiJanuary 18, 2014
  14. Bibi Titi TelitiJanuary 18, 2014
  15. pursuingmydreamsJanuary 16, 2014
  16. yuniJanuary 14, 2014
  17. pursuingmydreamsJanuary 9, 2014
  18. ElskanJanuary 9, 2014
  19. pursuingmydreamsJanuary 6, 2014
  20. nettyJanuary 6, 2014
  21. pursuingmydreamsJanuary 6, 2014
  22. cumilebay.comJanuary 6, 2014
  23. tialamJanuary 4, 2014
  24. pursuingmydreamsJanuary 4, 2014
  25. pursuingmydreamsJanuary 4, 2014
  26. pursuingmydreamsJanuary 4, 2014
  27. pursuingmydreamsJanuary 4, 2014
  28. pursuingmydreamsJanuary 4, 2014
  29. pursuingmydreamsJanuary 4, 2014
  30. pursuingmydreamsJanuary 4, 2014
  31. pursuingmydreamsJanuary 4, 2014
  32. arianimartiniJanuary 4, 2014
  33. NisaJanuary 4, 2014
  34. tialamJanuary 3, 2014
  35. Erit07January 3, 2014
  36. joeyz14January 3, 2014
  37. Bams TriwokoJanuary 3, 2014
  38. galuhJanuary 3, 2014
  39. evy doloksJanuary 3, 2014
  40. pursuingmydreamsJanuary 2, 2014
  41. pursuingmydreamsJanuary 2, 2014
  42. pursuingmydreamsJanuary 2, 2014
  43. pursuingmydreamsJanuary 2, 2014
  44. pursuingmydreamsJanuary 2, 2014
  45. pursuingmydreamsJanuary 2, 2014
  46. Ni Made Sri AndaniJanuary 2, 2014
  47. windapontohJanuary 2, 2014
  48. prihJanuary 2, 2014
  49. PypyJanuary 2, 2014
  50. Baginda RatuJanuary 2, 2014
  51. lovelyristinJanuary 2, 2014
  52. sitiJanuary 2, 2014
  53. FaschaJanuary 1, 2014
  54. pursuingmydreamsJanuary 1, 2014
  55. pursuingmydreamsJanuary 1, 2014
  56. pursuingmydreamsJanuary 1, 2014
  57. FaschaJanuary 1, 2014
  58. oppie83January 1, 2014
  59. Zizy DamanikJanuary 1, 2014
  60. pursuingmydreamsJanuary 1, 2014
  61. pursuingmydreamsJanuary 1, 2014
  62. pursuingmydreamsJanuary 1, 2014
  63. pursuingmydreamsJanuary 1, 2014
  64. pursuingmydreamsJanuary 1, 2014
  65. pursuingmydreamsJanuary 1, 2014
  66. RereJanuary 1, 2014
  67. mamayaraJanuary 1, 2014
  68. IraJanuary 1, 2014
  69. sitiJanuary 1, 2014
  70. FaschaJanuary 1, 2014
  71. mondaJanuary 1, 2014
  72. aftriDecember 31, 2013
  73. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  74. aftriDecember 31, 2013
  75. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  76. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  77. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  78. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  79. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  80. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  81. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  82. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  83. Timothy W PawiroDecember 31, 2013
  84. abi_gilangDecember 31, 2013
  85. Hwa Hwa WongDecember 31, 2013
  86. Titik AsaDecember 31, 2013
  87. kaykaDecember 31, 2013
  88. omnduutDecember 31, 2013
  89. omnduutDecember 31, 2013
  90. RyanDecember 31, 2013
  91. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  92. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  93. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  94. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  95. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  96. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  97. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  98. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  99. pursuingmydreamsDecember 31, 2013
  100. chris13jktDecember 31, 2013
  101. alive2leaDecember 31, 2013
  102. MessaDecember 31, 2013
  103. ArmanDecember 31, 2013
  104. Yani_雅妮December 31, 2013
  105. Ria angelinaDecember 31, 2013
  106. ahsanfileDecember 31, 2013
  107. danirachmatDecember 31, 2013
  108. sondangrpDecember 31, 2013
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: