Tanamanku Subur Menggila karena

Tanamanku Subur Menggila karena .. Halo sahabat berkebun, coba lihat deh betapa cantiknya dan suburnya tanaman dan bunga-bunga yang saya miliki pada foto slide dibawah ini. Sebagian besar tanaman dan bunga-bunga tersebut saya tanam dari awal alias ada yang dari benihnya (yang kecil sekali), dari umbinya dan ada juga yang saya pisahkan dari indukannya.

 

Foto-foto tersebut beberapa contoh tanaman saya, lainnya masih banyak hehe. Pada penasaran, pada heran kenapa bisa subur begitu?. „..Pasti rajin kasih pupuk ke tanaman?“. Supaya kalian tahu saja ya, pupuk (kimia) yang padat dan cairan mahal sekali disini, jadi ngiri katanya kalau ditanah air, ada pupuk murah karena ada yang disubsidi pemerintah?. Nah karena harga pupuk mahal banget, saya juga ogah ya berkebun kalau harus ngeluarin duit yang banyak hehe dasarpelit.

Jadi ini yang saya berikan ke tanaman-tanaman saya:

1. Sisa-sisa sayuran. Misal mau masak sayur kan kadang banyak yang tidak terpakai (tidak bagus), contoh salat, sawi, buncis dll pastilah ada yang kebuang, lalu ngupasin bawang merah, bawang putih, bawang bombay kulitnya tidak saya buang. Jadi semua itu saya tampung di tempat sampah khusus organik.

 

Oh ya di Jerman, tiap rumah tangga memang diwajibkan memisahkan sampah. Kertas, botol (di kota tertentu botol dibedakan lagi menurut warnanya ada yang coklat, hijau, putih), kaleng, sampah dapur, sampah dari kebun harus dipisahkan. Kalau petugas sampah yang ambil dan lihat isi tong sampahnya nyampur tidak akan diangkut deh sampahmu. Kenapa repot harus memisahkan sampah?. Supaya bisa didaur ulang 😉 .

Iya, jadi saya bikin kompos dari sampah dapur, yang saya gunakan khususnya sayuran hijau, dan kupasan bawang, kalau buah-buahan tidak saya gunakan karena mengandung banyak air. Pernah saya baca curhatan seseorang di satu forum berkebun, dia membuat kompos termasuk dicacmpur buah-buahan, eh malah datang banyak sekali belatung iihhh geli. Kalau buah, paling saya gunakan kulit jeruk.

Saya berkebunnya di balkon, semua tanaman dalam pot, jadi sampah organik yang saya gunakan hanya yang kering saja, ya supaya menghindari datangnya si belatung tersebut, kalau misalkan kamu punya kebun luas ya, silakan juga buat kompos dari buah-buahan.

2. Kulit Telur. Sudah setahunan lebih tiap kali mau masak telur, kulitnya saya tampung di tempat khusus. Begitu telur di gunakan, kulitnya saya hancurkan, lama-lama bagian dalamnya kering sendiri. Kulit telur kaya kandungan kalsium.

Guna Kalsium pada tanaman:
1. Tanaman butuh air kan? Nah penyerapan air pada tanaman di bantu oleh kalsium (ca).
2. Tanaman membutuhkan kalsium untuk pengembangan dinding sel dan pertumbuhannya
3. Tanaman membutuhkan kalsium untuk aktivitas enzim dan metabolisme.

Ada tambahan lagi? Ditunggu masukkan sahabat berkebun .

Salah satu contoh akibat kekurangan kalsium misal pada tanaman tomat dikenal istilah Blossom-End Rot (BER).

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements

95 Comments

  1. oktagarden
      • oktagarden
  2. ejuna
  3. anik
  4. nitta
      • nitta
  5. yuni
      • yuni
  6. Renlyta
  7. Nisa
  8. Chelle Handojo
  9. dian_ryan
  10. ded
      • ded
  11. ica03
  12. Evi

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: