Tanamanku Subur Menggila karena

loading...

Tanamanku Subur Menggila karena .. . Sahabat berkebun, coba lihat deh betapa cantiknya dan suburnya tanaman dan bunga-bunga yang saya miliki pada foto slide dibawah ini. Sebagian besar tanaman dan bunga-bunga tersebut saya tanam dari awal alias ada yang dari benihnya (yang kecil sekali), dari umbinya dan ada juga yang saya pisahkan dari indukannya.

 

Foto-foto tersebut beberapa contoh tanaman saya, lainnya masih banyak hehe. Pada penasaran, pada heran kenapa bisa subur begitu?. „..Pasti rajin kasih pupuk ke tanaman?“. Supaya kalian tahu saja ya, pupuk (kimia) yang padat dan cairan mahal sekali disini, jadi ngiri katanya kalau ditanah air, ada pupuk murah karena ada yang disubsidi pemerintah?. Nah karena harga pupuk mahal banget, saya juga ogah ya berkebun kalau harus ngeluarin duit yang banyak hehe dasarpelit.

Jadi ini yang saya berikan ke tanaman-tanaman saya:

1. Sisa-sisa sayuran. Misal mau masak sayur kan kadang banyak yang tidak terpakai (tidak bagus), contoh salat, sawi, buncis dll pastilah ada yang kebuang, lalu ngupasin bawang merah, bawang putih, bawang bombay kulitnya tidak saya buang. Jadi semua itu saya tampung di tempat sampah khusus organik.

 

Oh ya di Jerman, tiap rumah tangga memang diwajibkan memisahkan sampah. Kertas, botol (di kota tertentu botol dibedakan lagi menurut warnanya ada yang coklat, hijau, putih), kaleng, sampah dapur, sampah dari kebun harus dipisahkan. Kalau petugas sampah yang ambil dan lihat isi tong sampahnya nyampur tidak akan diangkut deh sampahmu. Kenapa repot harus memisahkan sampah?. Supaya bisa didaur ulang 😉 .

Iya, jadi saya bikin kompos dari sampah dapur, yang saya gunakan khususnya sayuran hijau, dan kupasan bawang, kalau buah-buahan tidak saya gunakan karena mengandung banyak air. Pernah saya baca curhatan seseorang di satu forum berkebun, dia membuat kompos termasuk dicacmpur buah-buahan, eh malah datang banyak sekali belatung iihhh geli. Kalau buah, paling saya gunakan kulit jeruk.

Saya berkebunnya di balkon, semua tanaman dalam pot, jadi sampah organik yang saya gunakan hanya yang kering saja, ya supaya menghindari datangnya si belatung tersebut, kalau misalkan kamu punya kebun luas ya, silakan juga buat kompos dari buah-buahan.

2. Kulit Telur. Sudah setahunan lebih tiap kali mau masak telur, kulitnya saya tampung di tempat khusus. Begitu telur di gunakan, kulitnya saya hancurkan, lama-lama bagian dalamnya kering sendiri. Kulit telur kaya kandungan kalsium.

Guna Kalsium pada tanaman:
1. Tanaman butuh air kan? Nah penyerapan air pada tanaman di bantu oleh kalsium (ca).
2. Tanaman membutuhkan kalsium untuk pengembangan dinding sel dan pertumbuhannya
3. Tanaman membutuhkan kalsium untuk aktivitas enzim dan metabolisme.

Ada tambahan lagi? Ditunggu masukkan sahabat berkebun .

Salah satu contoh akibat kekurangan kalsium misal pada tanaman tomat dikenal istilah Blossom-End Rot (BER).

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements

95 thoughts on “Tanamanku Subur Menggila karena

  1. Mba Nella rajin dan telaten, gak heran kalau tanamannya subur dan cantik…oya, saya dulu pernah memelihara ayam (sekarang mereka sih sudah jadi opor atau ayam goreng), tapi tanah hitam di bawah kandang ayam juga pupuk yang bagus banget lho mba #cobasharing.com

    url oktadreamgarden.wordpress.com dihapus pemilik blognya. Update 07.01.2017

      • Hehehe…iya juga ya mba. Sorry, just an idea…

        url oktadreamgarden.wordpress.com dihapus pemilik blognya. Update 07.01.2017

  2. Mbak terima kasih untuk saran kulit telur dan air rebusan telur, sy ada tanam buah jambu biji dipot yg sudah hampir mati, setelah sy ksh sisa sayuran dan kulit telur beserta air rebusan, tanaman jambu biji sy tumbuh lg dan malahan berbuah banyak. Bahkan sy skrng lg coba ke anggrek, kulit telur dan airnya. Tp blm ada tanda2 nya. Sekarang sy jd sering mengumpulkan sisa sayur2 an, air beras, dan kulit telur. Bahkan sy sudah jarang memakai pupuk kimia. Lumayan irit uang. Yg sy belikan lg pohon2 buah dan bunga anggrek

  3. salam kenal mba…sejuk bgt ngeliat kebunnya…
    o, iya mba mf mo nanya klo sampah sayuran itu harus dikomposkan dulu (d peram beberapa mgg) ato langsung di taruh begitu saja sampahnya d media tanam?.

      • klo cara mba yg lngsng smpn k media tanam bs g klo utk nanam cabe, tomat, bawang dll? mba klo mo di komposkan dulu sampah sayurannya di campur tanah gk?
        & caranya bgmn? mf y mba byk nanya soalnya pemula bgt. mksh..

  4. saya br tahu ternyata carany gitu …. tq mba nella sharenya :). bulan dpn bulb tulipku sdh bs keluar kulkas nih.tanam seperti share an mba nella ah … 🙂

  5. Baru tau mbak kalau kulit telur bs dijadikan pupuk, selama ini langsung dibuang aja hehe. Btw, sy jg senang nanam tp cm sebatas tanaman hias kek antorium, kembang kertas dan palem2an. Tinggal di pelosok kek disini susah bgt nyari bibit klupun ada mahal bgt, Medit xixixixi. Salam kenal ya mbak selama Intisari bru brani komentar :d

      • kemarin sudah kupraktekkan ngasih kulit2 bawang dan kulit telur ketanaman2ku.. mudah2an sakseis… trus gimana ya supaya tanaman model yang ada umbi bawangnya gitu bisa bebas hama bintik2 kuning… tanaman bawang2nganku sepertinya terserang hama… hikzz
        btw, tfs ya mbak… jadi pengen posting tentang tanam2an dirumah meskipun jumlah potnya bisa di hitung jari 😀

  6. Luar biasa, betapa subur tanamannya nih mba.
    Ini tetangga-tetangga kontrakan saya sepertinya mulai rajin bertanam dalam pot. Mungkin tips dsini bisa saya coba juga disini.

    Salam,

  7. Harga pupuk yg mahal malah bikin kak Nella makin kreatif ut bikin pupuk kompos sendiri.. Salute bener deh kk tekun nya 😀 Pantesss banget kalo taneman2 nya jadi subur dan cantik bgitu 🙂

  8. Aku baru tau cangkang telur bisa buat pupuk Mba Nel..baru liat juga ada terong warna hitaam *itu hitam kan ya?*
    terong, tomat n cabenya nggak dimakan? keliatan seger2 gitu Mba.. 😀

  9. Dulu saya pernah nyoba bikin kompos, tapi asal aja. Jadi tulang-tulang tetap saya campur. Belakangan saya baru tahu bahwa kalau mau bikin kompos nggak perlu pakai tulang, haha…

  10. Emang kau rajin yaaa Nel, pantes deh tanamanmu menggila ahahahaha. Pas hamidun gini kau tetep suka ngurus tanaman, makin menggila atau biasa aja? yang kulit telur itu menggodaku buat jadiin pupuk si pohon cabe satu satunya milikku itu deh

    • Musim dingin begini ga nanam2 dulu sih soalnya ga bakal numbuh 😀 . Paling merawat tanaman hias dirumah, eh ga dirawat wong di siram cuma seminggu sekali lol: . Iya coba taburi tanaman cabemu dengan kulit telur deh 😉 .

  11. wah jadi info buat si mamah nih kak XD
    mamah ni tumben2an lagi maen sama halaman depan rumah setelah sekian lama hahahaha

    url chellesroom.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  12. Makasih infonya mba nella,penting ini buat tanaman di belakang rumah biar tumbuh subur…

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

  13. walau saya gak berkebun, salut banget lihat betapa dinginnya tangan mbak nella kalo udah urusan bunga2 🙂

    ngomong2 soal taneman musim semi, jadi semangat nih mbak bentar lagi musim semi hehehe

    salam
    /kayka

  14. wah, saya benar-benar salut lihat tanaman nella….
    Termasuk iri juga he3
    Dalam hati : “masak kalah sih sama nella” 😀

  15. Kereeen, kakak kreatif banget pake kulit telur buat pupuk.. Btw, tentang pemisahan sampah organik dan non organik, dari dulu bapak ku udah ngajarin gitu kak. Tapi setelah nggak tinggal dgn mereka lagi jadi hilang kebiasaan baik itu.. Nampaknya musti mulai lagi nih misahin sampah..

  16. Wah gak kepikir kalau kulit telur bisa dimanfaatkan, biasanya sih ya aku buang. Mungkin harus dikeringkan dulu ya Mbak, soalnya kalau begitu saja di tempatku suka mengundang tikus 🙁

  17. Wah bunga dahlia nya cantik banget siiihhh! Sayang di tempat aku kompos itu gak ada kontainer per keluarga ada nya container sampah organik per apartemen jadi gak bisa digunain untuk pupuk…Dulu pas tinggal di Jerman host fam aku jg pake kompos ini buat hutan kecil mereka.

  18. Glek..Jadi ngiler melihat bunga-bunga Mbak Nella yang bermekaran cantik itu. Sebetulnya lahan bukan isu ya dalam berkebun. Nah dari balkon saja bisa menghasilkan bunga-bunga seindah ini..

  19. Ish, makasih Mba nel tips and triknya. Berguna banget. Kalo sisa sayur saya sering sebar di kebun. Kalo kulit telur seringnya dibuang ke tong sampah. Makasih ya Mba Nel.. 😀

Comments are closed.