Kisah dijadikan Kaki Tangan Scammer

loading...

Kisah dijadikan Kaki Tangan Scammer. Judul berikut akan panjang, daripada cerita disambung lebih baik disatu postingan saja ya, kalau kamu tidak punya waktu, silakan di bookmark ) .

Sahabat blogger, apakah kamu sudah sering mendengar cerita-cerita mengenai „love scammer“? atau kamu malah punya teman atau keluarga sendiri yang pernah tertipu? atau jangan-jangan justru kamu sendiri yang pernah punya pengalamannya? silakan sharing di kolom komentar, semoga pengalamanmu berguna buat yang lain supaya terhindar aksi jahat tersebut 😉 .

Tahun 2011 saya pernah cerita mengenai love scammer disini.

Ternyata sampai saat ini masih saja love scammer merajalela, dan malangnya banyak wanita yang tertipu. Saya heran sama mereka yang bisa jatuh cinta hanya secara online (belum pernah ketemu langsung, belum lihat mukanya langsung!) kemudian si wanita rela dan mau transfer uang untuk pujaan hati yang ternyata palsu!. Ada wanita yang pendidikan tinggi, ada wanita yang sudah menikah bisa juga dikibulin scammer 🙄 .

Teman-teman saya sering bilang, mereka banyak terima pesan di sosial media dari para scammer. Saya ko sama sekali tidak pernah terima ya?. Ternyata dari dulu saya sudah setting media sosial saya 😀 .

Kisah dijadikan Kaki Tangan Scammer. Atur settingan Facebook kamu untuk memfilter pesan yang masuk ke Inbox kamu

Atur settingan Facebook kamu untuk memfilter pesan yang masuk ke Inbox kamu

Nah baru-baru ini saya baru tahu kalau di facebook setelah diatur penerimaan pesannya, pesan inbox ada 2 macam:
1. Inbox dimana kita terima pesan dari teman-teman kita.
2. Other inbox (hanya bisa dilihat dari komputer) dari orang-orang yang tidak ada di daftar sebagai teman kita. Ternyata saya punya 48 pesan (tidak terbaca) sejak bertahun-tahun lalu ada yang dari 2010. Sebagian besar pesan dari scammer, ada beberapa nama yang sudah tidak bisa terbaca pesannya karena sudah ditandai (dilaporkan) orang lain sebagai scammer.

Sudah baca sampai disini kamu masih bingung, “apaan sih love scammer?” hahaha. Oke singkatnya “love scammer” itu adalah penipu, bisa pria atau wanita. Kalau mengaku pria, mereka bilang adalah bule dengan dengan jabatan tertentu yang bikin calon korbannya „mabuk kepayang“. Baru sebulan si penipu bilang jatuh cinta ke targetnya, bilang mau menikahi si target. Cerita ujung-ujungnya minta duit.

Skenario scammer yang paling mudah dikenali:
• Bule UK, entah insiyur, tentara atau jabatan mentereng lainnya. Dalam waktu singkat (sebulan atau bisa lebih cepat) bilang jatuh cinta dengan targetnya, bilang mau melamar. Padahal ngegombalnya baru di dunia maya. Si scammer bilang mau kirim paket mewah, isinya barang-barang mewah misal perhiasan atau handphone, lalu paketnya nyangkut di bea cukai Malaysia. Si penipu kirim resi pengiriman, seolah-olah beneran kirim paket. Si penipu minta targetnya bayarin dulu biaya kirim paketnya atau biaya keluarin paket dari bea cukai, bilang nanti diganti. Duuuhhh wanita kalau sudah jatuh cinta gelap mata, mauu aja disuruh transfer. Padahal paketnya tidak pernah sampai ke calon targetnya. Duit yang ditransfer berjuta-juta rupiah loh kalau di kurskan. Setelah itu hilanglah si penipu, mencari calon target berikutnya.

• Si penipu bilang karena dia sudah sangat jatuh cinta dan ingin segera menikahi si calon korban, maka si scammer bilang akan terbang ke Indonesia menemui wanita pujaan hatinya. Padahal baru kenal loh, baru sebulan (kalau saya ko malah ngeri dengan yang agresif begini). Telp lah si bule penipu atau kirim email, katanya sudah dalam perjalanan dari UK ke Indonesia, tapi nyangkut ketahan di imigrasi Malaysia tidak bisa keluar. Si penipu minta ditranferin duit supaya dia bisa keluar dari imigrasi, nanti diganti deh. Padahal bohong!.

Tulisan diatas hanya pembuka dari inti yang ingin saya sampaikan. Jadi scammer tersebut kini menggunakan orang Indonesia sebagai kaki tangannya.

Supaya benar-benar meyakinkan “wanita targetnya” maka si scammer ini merekrut orang Indonesia untuk ..

 

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements

108 thoughts on “Kisah dijadikan Kaki Tangan Scammer

  1. Mba saya suka berkebun juga awalnya lihat2 blog mba ttg berkebun.. Trs sy lihat ttg scammer.. Jd mba kejadiannya tahun 2008. Saya punya teman baik di Surabaya, tahun 2006 dia kenalkan sy sm temannya orang indo tinggal di australia. Sy hanya ngobrol biasa via ym dengan F**man yg kerja di aussie.. Tdk ada urusan2 cinta2an cuma sering ngobrol berbagai hal termasuk curhat skali2. Bahkan sudh sy anggap kk sendiri. Suatu hari sudah lama tdk chat tiba2 dia ym saya dan bilang butuh bantuan ada temannya di indo (di bandung) orgtuanya kecelkaan dan butuh uang segera utk dp rs hasan sadikin bandung. Gaya bahasanya persis sm dengan gaya F ini. Saya dikasih nmr hp perempuan di bandung itu. Dia blg akan segera ganti ke sy via western union. Saya telepon perempuan itu suaranya benar2 seperti org yg sedng panik dan butuh segera dananya. Karena saya takut kenpa2 orgtuanya sy trf dananya sebanyak 2juta rupiah. Lalu tidk ada kabar, tdk lama muncul pesan dr facebook F meminta maaf karena akun ymnya dihack dan banyak teman2nya di indo tertipu. Tahun kemarin F menikah di bandung dan saya diundang. Tp tdk datang krn kesibukan. Membaca tulisan mba ttg love scam apakah sy korban friend scam?? Hehe…
    Btw mba sy mau pesan bibit say email yaaa.. Trims

  2. Terima kasih ya non, sudah upload tulisan tulisan bunda di blog keren kamu. Semoga wanita Indonesia mau bersatu melawan penipu maya. SALAM WASPADA!

  3. Aku dah mengenal tentang scammer Dari tahun 2011 Semenjak gabung di Tagged . Saat itu aku Nggak tau panngilan untuk mereka Scammer ….Yg aku tau mereka penipu, mang kata2nya muuuuanis banget, mereka malah aku main2in , mereka ngomong manis aku layanin manis , at the end waktu mereka minta duit nahhhh aku tampahin semua uneg2 kemarahan …. Waktu mereka telp Yg katanya stuck in Malaysia immigration and minta tolong kirim uang, mereka ngeluarin kata2 kotor krn aku bilang dah tahu kalau mereka penipu ! Hehehehe
    Untung ketemu suami bukan lewat online dating!

    • Hai mbak Umi, para scammer ga ada matinya ya .. walau dimaki-maki begitu mereka ga kapok akan terus cari mangsa. Semoga kita bisa saling menggingatkan para wanita jangan sampai tertipu scammer. Saya bertemu suami di online dating! 😉 . Asal tahu triknya bisa ko terhindar dari para scammer.

  4. Beberapa tahun lalu jaman penipu dengan kedok cinta bertebaran, aku juga sering dikirimi. Tapi berhubung aku memang orangnya cuek dan aware dengan begitu-begituan, langsung saja aku mark as spam.

  5. Jujur saja, setelah bertahun-tahun pake Facebook, saya baru sadar bahwa di Inbox Facebook ada tab “Other” dan gak cuma pesan scamm saja yng masuk situ, pesan penting setahun yang lalu terlewatkan 🙁

    salam kenal 🙂

  6. ya ampun… masih ada aja yang tertipu ya…. makanya cewe2 indo, jangan suka liat fisik Doang. ketipu dehh kalo di bilang bule. bule gak semunya kaya atau sebaliknya. bule gak semuanya baik atau sebaliknya. semoga tidak ada lagi yang tertipu :).

  7. Kak Nella, aku udah beberapa lama ini baca tulisan-tulisanmu, terutama tentang dating online.. aku juga ikutan di asiandating.. baru aja seneng2nya dapet email dari cowok bule, eh kok ternyata scammer.. untung aja aku sempat googling dulu foto dan alamat email yang dia kasi.. hasilnya mengejutkan banget! ternyata profil doi terdaftar di website male scammers! dan isi email yang dia tulis ke aku kurang lebih sama kayak isi email scam dia ke korbannya, cewek lain dari singapura namanya Jenny..

    Aku sih belum sampe jadi korbannya,. tapi pas dapet bukti ini langsung aja aku report dia ke asiandating dan kasih link buktinya kalo profil dia terdaftar di male scammers.. ya ampun, gila banget ya padahal dia Gold member lho, kirain beneran komitmen ternyata scammer…

    Mungkin bisa jadi peringatan buat yang lain, yang wara-wiri di AsianDating dan IndonesianCupid supaya hati2 sama yang namanya ANderson Lorenz.. dan kalo dapet email merayu-rayu dari cowok, jangan langsung kesenengan dulu, tapi coba googling dia dan cari tau profilnya di social media kayak facebook, twitter atau linkedin dan bahkan male scammers… biar kita ga ketipu… dan jangan lupa juga untuk selalu berdoa supaya dilindungi Tuhan selalu…

    by the way, ini dia email scamnya si Andersen yang dimuat di website Male Scammers

    http://www.male-scammers.com/scam-emails.asp?id=728

    http://www.male-scammers.com/the-scammers.asp?id=1024

    http://www.male-scammers.com/news/news_item.asp?NewsID=359

    • Hai Intan, serem banget ya ternyata scammernya gunakan member berbayar, spy ga dicurigai. Iya tindakanmu benar sekali, harus dilaporkan ke admin webnya 😉 . Scammer sering ganti nama :Sad: . Terima kasih ya buat komentarmu berguna sekali buat yang lain nih 🙂 .

  8. makasih infonya kak nel 😀
    aku sering dapet email sama message begituan di fb hahahaha~
    mesti pinter2 juga nih :3

    url chellesroom.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  9. Oooh..ujung-ujungnya kalau diladenin jadi begitu ya Mbak. Untung saya ngga pernah mau meladenin undangan-undangan berteman dari orang-orang spt itu – saya anggap saja spam dans aya delete. Thanks sharingnya ya Mbak..

  10. Aq juga pernah dpt kak di email sama fb.. Dan yesss.. Ngaku dari UK. haha. Krn dah tau Py iya2in aja.. lolol.. Dikejerr teruss dong kak. dan isi email nya itu emang bener2 bikin melting. klo belum pernah ngerasain dpt surat cinta dgn kata2 puitis sudah pasti akan terpesona dgn semua kalimatnya. duhh.. semoga dgn kak Nella sharing soal ini banyak org akan waspada sama scammer gini yah kak. 🙂

  11. Ria thanks for sharing! Bagus banget ini buat dibaca sama khalayak umum. Kadang kita mikir ah kok naif banget sih, gak liat apa kalo ada yg aneh dll tp kenyataannya kan kalo udah kepincut gt susah ya untuk objektif? Ternyata banyak banget memang, ga hanya di fb kadang mereka jg kirim2 langsung ke email address kita. Aku kerjaannya nih check security IT jadi ya ampun ampe eneg liat banyak bgt cara scammers ini kerja nya ada ajaaa!

  12. ya ampuuuunnn….!
    Ada lagiiiii modus yang beginian, ya mbak Nella?
    Btw, duluuuu banget, aku pernah diajak kenalan sama bule juga (kalo liat fotonya sih emang bule) yang ngaku kerja di US navy. Anehnya, dia cuma kirim message aja, nggak sampe nge-add aku sebagai temen. Trus pas kuliat2 lagi, dia nggak punya temen sama sekali di akun FBnya. Rada syerem pas doski ngotot banget pengen kenal aku lebih jauh padahal udah kubilang aku ibu2 BER-ANAK 3! dan iyessss, rayuannya maut pisaaaaaa…! *elus2 dada inget bapaknya A3* 😆
    Terakhir dia bilang punya hadiah buat aku DAN ANAK2 dan mau dikirim ke rumah. Minta alamat rumah, langsung kutolak mentah2. Aih, emang eike cewek apaan, belum apa2 udah mau kirim barang? Kalo duit sih mari sini kirim aja.. huahahaha…
    Dan bener, sejak aku tolak itu, dia nggak pernah nongol2 lagi. Aku baru tahu, itu yang namanya love scammer. Untuuuunggg, aku masih selamet….

    • Hai Fitri, iya itu orang bener banget love scammer. Masa iya sih navy punya waktu untuk main FB kan?, trus baru kenal mau kirim hadiah, trus sdh dibilang kita nikah dan punya anak, tetap aja nyosor 😆 ketahuan banget mau nipunya, untung kamu ga kasih alamatmu ya 😉 .

  13. kalo soal scammers saya dah kebal sih, saya pernah posting juga di blog lamaku, saya sempat nonton video nya seandainya semua pelaku scammers bisa di jebak dan di hukum ya, begitu banyak korban diluar sana yang sudah terlanjur jadi korban dan kasusnya tak terungkap, tulisan mbak benar-benar komplit semoga bisa membantu mengurangi korban2 berikutnya..

  14. Memang susah kalau berurusan dengan penipu, apalagi mereka bisa memanfaatkan kelemahan orang-orang yang jatuh cinta. Mungkin sebaiknya jangan pernah jatuh cinta bener-bener ya Mbak, supaya logika masih jalan

  15. artikelnya sangat menarik,Sis Nella.beberapa hari yang lalu sy ada terima message bgt juga,sy ga ksh no telp,dia bilang omg,what’swrong.hhh dr sana sy tau nih org kok maksa kali minta no hp,tdk sy kasih.n sy delete pertemanan.

  16. Miris bacanya kak Nel.. Jaman sekarang ada2 aja ya nipu dengan cara gini.. Kalo kaya Tia itu kasian banget udah jadi korban ditipu, terus malah disuruh ikutan bisnis kotornya gini.. 🙁
    Emang harus hati2 yah dan jangan gampang percaya aja sama orang, kalo terima message dari orang gak dikenal mending gak usah dibales

  17. Reblogged this on Menulis Gaya Bebas and commented:
    Wah, sodara sepupu sy pernah nih kena tipu seperti ini. dia cowo ketipu bule cewe amerika.
    modusnya ya itu minta dikirim uang tiket krn dia pengen ketemu di Indo.
    Ya ampun, ternyata banyak jg ya yg kaya gitu. Yg bikin bingung, kok bisa percaya secepat itu jg.

    Orang-orang jahat “love scammer” ini nih yg bikin susah orang yg serius nyari jodoh online, hehee.
    tapi yah…apapun itu jangan mudah percaya di awal-awal deh. selalu cek dan ricek segala hal.

    • Hai Ri iya banyak penipuan model begini, korbannya ga cuma wanita, pria juga banyak. Bener banget bikin susah yg cari jodoh secara online (seperti saya hehe akhirnya ketemu yg baik sih hihi). Kita paling harus lebih hati-hati deh jangan sampai mau transfer-transfer duit klo belum kenal banget.

  18. iya Nel yg kesian itu kalo udah ktipu biasanya malu cerita, aku dengernya jg miris. Sama kayak lihat asisten rumah tangga yg suka dibohongin sama tukang-tukang gitu kan *cerita dr temenku, miris gitu dengernya*. Kalo lagi jatuh cinta emang orang bukan cuma buta tapi sengaja menulikan diri

  19. Buset dah serem juga ya nel, gila ya orang mempermaikan cinta ampun ampun dah.
    dibilang cinta cinta online memang asyik karena media kita ngobrol juga cuma lewat internet.
    secara kalau ketemu terus bangkrut cin, walaupun dah ktm tetap jangan 100% love him.
    karena jarak jauh buanget
    tapi ya benar harus hati hati juga.kalau masih bisa bikin happy lanjut tapi kalau dah memuakkan buang aja hahaha.

  20. Papa aku punya FB dan dikirimin loh message FB yang kaya Mba Nella tulis, soalnya papa aku nanya, cuma ceritanya dia mau kenalan gitu lah, Tentara irak gitu. Ahhh, orang sekarang ada2 aja yaa niat jahatnya, semoga semakin berhati2 semua orang.

  21. Ini serem bgt ya mba.. Kalo yg gatau apa2 kayak si Tia bisa-bisa malah ditangkep karna jadi kayak kerja sama kan ya. Memang kayaknya dalam berteman pun kita harus lebih hati-hati ya 🙁

  22. Penipu ini memanfaatkan sisi kelemahan psikologi korbannya, yang mudah gelap mata dan hati karena cinta. Sampai segala nasehat sahabat dekatnya pun gak akan didengar, karena tertutup oleh cinta buta.

  23. I know someone yang jadi korban love scammer ini ka nella….kerugian sampe 7 juta
    Aku yang menyadarkan dia untuk ga kirim uang lagi karna sangat mencurigakan
    aku bilang, mana ada orang baru kenal mau kirim berlian dan duit ribuan US dollar…
    Tapi kalo dia diingetin hal ini lagi dia bakal sebel and tengsin deh.
    Aku cerita ke uppa, dan uppa bilang, bisa aja website jasa kurirnya itu palsu, dan emang bener.
    Isssshhhh…..ini kasus harus banyak yang bahas deh ka nella, dan musti disosialisasikan supaya ga makin banyak korban2 penipuan…..

    • Banyak juga wanita yang jadi penipunya, kebanyakan wanita Rusia atau negara sekitar situ. Saya pernah baca kisahnya, cowonya sdh nungguin kedatangan si cewe di Australia. Sdh dikirim duit buat beli tiket, si cowo bawa buket bunga menunggu pujaan hatinya mau ketemu pertama kalinya, ternyata si cewe tidak pernah datang ke Australia.

  24. aku baca nih kasus2 kayak gini di group FB. serem banget ya emagn dan beberapa kali aku dapet pesan di inbox FB mba Nel ngajak2 kenalan tapiiii karena emang males main FB jadi yah kelewatan hahaha *sukur juga sih*

  25. Mba Nela, dirimu bener-bener baik deh. Mau sharing-sharing informasi tentang internet love scamming ini. Kebayang aja kalo ada yang lagi mabuk kepayang trus gak ada informasi apapun padahal lagi ditargetin sama si love scammer.

    • Mungkin korban sendiri malu ya Dan kalau cerita langsung, jadi ya kalau ada temanku yang punya pengalaman ya ku share deh di blog ini. Sayangnya masih banyak orang ga cari informasi dulu kan misal di google, langsung jatuh cinta, kejebak deh.

  26. Saya punya cerita tentang love scammer ini mbak… bukan cerita ku sech tp crta org lain. Dulu pas saya di taiwan saya kan kerja part time *penerjemah bhsa untuk mbak2 ART* Ada mbak A knl dgn bule lewat fb trs mereka pacaran. Si mbak A ini di imngi2i mau di kawinin . Sampai si mbak A ini pernah kirim duit lho ke si bule karena katanya dia sakit butuh biaya ato apa lah. Si Mbak A tetep ngotot pengen balik indo krn mo kawin dgn bule padahal kontrak kerja blm habis,,,majikan si mbak A sampai marah2 ke saya dan agen karena ngase pembatu si bodoh itu katanya hahaha. Udah saya nasehati jgn percaya yg maya2 tp nasehat saya g di gubris… Beberapa bln lalu si mbak A ngechat saya d fb katanya boro2 di nikahi ketemu sj belom mlh fb dia di blokir ama si bule. .. Nyesek bgt g sech.

    Menurut saya hal tersulit adalah menasehati orang yg lagi jatuh cinta haha

Leave a Reply