Perkembangan Benjamin Usia 11 ke 12 Bulan

loading...

Perkembangan Benjamin Usia 11 ke 12 Bulan. Sampailah kita di milestone Benjamin 11 ke 12 bulan. Horeee Benjamin jagoanku sudah 1 tahun usianya <3 . Sama seperti bapak dan emaknya yang tidak pernah merayakan ulang tahun, cuma menerima kado saja haha, begitu juga Benjamin, tidak dirayain ultahnya. Benjamin lahir 15 Juli 2014 melalui operasi sesar, ceritanya (baca: Cerita Melahirkan Melalui Operasi Caesar ) .

Entahlah apakah saya akan melanjutkan menuliskan milestone berikutnyanya (12 bulan ke 13 bulan), namun kali ini saya ingin menceritakan perkembangan Benjamin saat 11 bulan:

• Benjamin bisa mengambil benda-benda yang lebih tinggi letaknya dari dia. Caranya si anak berjinjit meraih benda tersebut. Ben bisa loh ambil dompet saya diatas rak/lemari padahal lemari tersebut lebih tinggi dari Ben. Girang sekali si Ben saat berhasil mengambil dompet mamanya. Pas saya lihat, saya mau ambil dong domept tersebut, jadi kami kejar-kejaran dari ruang tidur ke dapur dan berakhir di kamar mandi.

Perkembangan Benjamin Usia 11 ke 12 Bulan. Benjamin ambil dompet mama nih. Dari kamar tidur kabur ke kamar mandi. Susah sekali minta balik dompetnya tuh
Benjamin ambil dompet mama nih. Dari kamar tidur kabur ke kamar mandi. Susah sekali minta balik dompetnya tuh

 

• Bisa angkat benda yang berat. Misal botol air mineral kemasan 500 ml terisi penuh bisa di bawa kemana-mana. Sering juga menggeser mainan dari kayu. Buat saya saja tuh mainan agak berat, eh si Ben bisa geser atau pernah juga diangkat (pegang besinya). Kotak kayu mainan tersebut kami taruh sebagai penghalang meja dan sofa, karena Ben sering lihat kami ortunya angkat tuh mainan jadi dia tahu cara memindahkan mainan tersebut.

Mainan dari kayu ini padahal berat banget, bisa didorong si Ben, atau gaya mau diangkat sambil teriak uhhhh
Mainan dari kayu ini padahal berat banget, bisa didorong si Ben, atau gaya mau diangkat sambil teriak uhhhh

 

• Mengerti instruksi/perintah sederhana. Kalau saya lihat Ben memungut sesuatu dari lantai (sampah, remah makanan atau benda kecil sekali), lalu saya bujuk minta sampahnya, dia akan kasih. Seringnya sih Ben nolak lalu kabur bawa sampah tersebut, lalu kami kejar-kejaran karena Ben sering masukin mulut tuh benda kecil yang dia pungut *gggrrrhhh bikin emosi jiwa.

• Tiap kali mau kasih susu (dalam botol) saya bilang aja ke Ben „Ben minum susu yuk, sini sayang“. Nanti Ben akan mengikuti saya ke kamar tidurnya, Ben sudah mengerti jadwal dia minum, termasuk sudah mengerti omongan saya. Begitu pula saat makan siang, saya tinggal panggil dia sambil tunjukkan piring makannya, nanti Ben akan datang ke meja dia.

• Ben sudah banyak ngomongnya, hanya kami orangtuanya banyak belum mengerti bahasanya si Ben haha. Paling sering Ben bilang „sudah“ dihilangkan huruf s nya jadinya „udah“, „mama“, „bababa“. Bilang mamam alias makan sudah lancar sekali.

Tiap kali lihat makanan dia akan bilang „mamam“, kami pergi jalan-jalan lihat makanan entah ditoko atau pas lewat dia akan bilang „mamam“. Nah kalau minum si Ben menganggap makan juga kali ya, jadi minum (minuman) pun dibilang mamam sama dia. Setiap kali dia salah saya ralat terus, bilang „minum, bukan makan. Minummmmm Ben“, tetap saja dia jawab “mamam“.

*klik gambar untuk melihat ukuran penuh

 

• Minum dari gelas sudah lancar walau kadang bocor hehe alias keluar tuh airnya. Minum pakai sedotan juga sudah bisa, cuma jarang gaya ini karena sedotannya malah diambil buat mainan. Paling top adalah minum dari botol air. Sudah dari umur 7 bulanan Ben bisa minum dari botol air saya.

Kalau lagi skype an sama opung di Jakarta jangan dikasih minum dari botol karea diomelin haha. Kata opungnya Ben nanti gigi Ben rusak kena botol beling. Kalau bapaknya yang kasih tidak bisa, selalu tumpah dan baju Ben jadi basah. Yang tahu kiatnya saya aja emaknya haha. Bagusnya posisi Ben digendong model berdiri, lalu botol pelan-pelan tuang airnya. Kalau anaknya duduk malah bocor alias keluar airnya, jadi basah bajunya Ben. Sudah sebulanan ini tidak pernah minum dari botol beling lagi karena saya tidak kuat gendong lama si Ben, sudah hampir 10 kg berat euy.

Video Benjamin jago minum dari botol beling

 

Pada video diatas, saya nyebut bier, bukan Ben minum bier ya, melainkan bapaknya yang minum. Dirumah kami minum jarang banget minum pakai gelas, langsung dari botol kami glek. Air minum beli yang botolan karena masak air mahal listriknya. Airnya namanya sprudelwasser air soda atau air berkarbonasi. 4 tahun di Jerman saya sudah jadi suka banget jenis air tersebut.

• Usia 11 bulan ini bertambah 2 giginya Benjamin, yakni numbuh gigi atas. Jadi total sudah 4 gigi, 2 dibawah dan 2 diatas.

Selain alergi kacang tanah, ternyata Ben kicik alergi telur!. Untuk pertama kalinya saya ingin memberikan telur rebus ke Ben, mau tahu apakah Ben alergi telur atau tidak, ternyata dia tidak bisa makan telur. Satu butir telur rebus saya campurkan ke makan siang Ben hari itu, saya blender halus.

Makanan belum habis, sekeliling bibir Ben sudah merah. Bapaknya sih sudah bilang “merah tuh bibir si Ben”. Saya tetap lanjutkan kasih makanannya sampai habis, sayang sudah dimasak hehe. Pipi Ben jadi muncul bentol-bentol kecil, kulitnya merah, anaknya mulai garuk-garuk. Sama bapaknya dikompres air dingin, untunglah tidak sampai 30 menit hilang bentolnya.

Lalu bapak dan anak pergi mengunjungi omanya Ben di kota sebelah. Biasanya paling sedikit 4 jam disana, lah ini baru 2 jam sudah pulang. Katanya Ben garuk-garuk melulu, dimandikan bentolnya malah tambah parah, lalu yang biasanya Ben ceriah tidak bisa diam main, hari itu lemes diam saja tidak bergairah.

Mau ke rumah sakit, bentolnya sudah menghilang. Ternyata 2 jam kemudian saat tidur si Ben tidak bisa pules tidurnya, dia teriak-teriak (pasti karena gatal). Kami lihat bentolnya makin banyak, jadilah ke rumah sakit dekat rumah. 21.30 sampai rumah sakit, mengantri lama. Jam 12 malam baru dirumah kembali. Ben alergi putih telur.

Sehari setelah hilang gatal alergi, Ben kembali ceria. 28 Juni 2015
Sehari setelah hilang gatal alergi, Ben kembali ceria. 28 Juni 2015

 

Kalau ada kesempatan pengen cerita khusus mengenai alergi telur ini dan alergi kacang. 13 Juli lalu jadwal pemeriksaan rutin (U6) ke dokter anak. 16 Juli nanti Ben akan diambil darah untuk dicek di lab, karena kata dokter alergi kacang berbahaya. Kalau telur malah disuruh coba kasih lagi buat ngetes. Kita sudah ada obat alerginya dirumah, kalau memang bentol lagi bisa langsung kasih obat penawarnya.

Foto-foto dan video Ben saat usia 11 bulan seperti dibawah ini:

Mamamaaa keluarkan Ben dong. Bos kecil ngamuk, semua barang dari boks dilempar.
Mamamaaa keluarkan Ben dong. Bos kecil ngamuk, semua barang dari boks dilempar.

 

Benjamin menjatuhkan wadah petikan kuntum bunga buat pembibitan gggrrr lalu dihancurin kuntum keringnya. Serius sekali nunjukin
Benjamin menjatuhkan wadah petikan kuntum bunga buat pembibitan gggrrr lalu dihancurin kuntum keringnya. Serius sekali nunjukin

 

Entah kenapa setiap kali Benjamin dipotret pakai tablet selalu gaya mulut terbuka lebar begitu. Manggap melulu Ben yaa. Benjamin 11 bulan.
Entah kenapa setiap kali Benjamin dipotret pakai tablet selalu gaya mulut terbuka lebar begitu. Manggap melulu Ben yaa. Benjamin 11 bulan.

 

Benjamin lagi suka main Ciluk ba
Benjamin lagi suka main Ciluk ba

 

Ben dan kuda pony kesayangan
Ben dan kuda pony kesayangan

 

Video Benjamin ceritanya dorong mobil

 

Selamat ulang tahun Benjamin sayang jagoan mama dan papa, tetap jadi anak lucu yaa Ben supaya ada bahan cerita di blog emakmu ini haha <3 .

Waktu cepat sekali berlalu, tak terasa jagoanku Benjamin sudah 1 tahun usianya. Foto kiri Ben usia 1 minggu saat kami mau pulang dari rumah sakit.
Waktu cepat sekali berlalu, tak terasa jagoanku Benjamin sudah 1 tahun usianya. Foto kiri Ben usia 1 minggu saat kami mau pulang dari rumah sakit.

 

Artikel terkait:
Cerita Benjamin Bisa Jalan
Berbagai Macam Gaya Tidur Benjamin
Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

56 thoughts on “Perkembangan Benjamin Usia 11 ke 12 Bulan

  • August 24, 2015 at 10:53 am
    Permalink

    Halo mbak nella. Udah lama nggak main kesini. Waah lucu banget si Ben-Ben. 😀 Ganteng banget. Kalo aku ada disana pasti aku gendong2 deh. Moga sehat terus ya Benjamin.

    • August 24, 2015 at 3:39 pm
      Permalink

      Hai Ilham makasih ya sudah mampir 😀 . Hahaha Benjamin sudah berat, kemarin nimbang 10 kg, saya klo gendong ga tahan lagi pegel 😆 .

  • July 26, 2015 at 10:01 am
    Permalink

    selamat ulang tahun Ben 🙂 serunya itu fotonya lagi main, puas dah berantakin mainannya yaa…heheheh..
    salam kenal ya mbak 🙂

    • July 26, 2015 at 6:59 pm
      Permalink

      Makasih ya tante Andy *kata Ben . Iya sih Ben puas tiap hari berantakin mainan, biarin saja nanti pas usia 2 tahun harus ditegasin setelah main harus beresin mainannya 😀 . Salam kenal juga ya 😉 .

  • July 24, 2015 at 1:52 am
    Permalink

    Wahh benar-benar waktu ngga berasa ya, perasaan baru aja emakmu hamil trus kemudian dikau lahir Ben. Eh sekarang tau-tau sudah setahun berlalu.
    Happy birthday ya Ben.. semoga selalu sehat dan bahagia ya bocah ganteng nan lucu *kiss
    Mudah-mudahan ngga beneran alergi putih telur dan kacang ya Ben.

    Buat mbak Nella juga Happy anniversary ya.. semoga rumahtangga mbak Nella semakin langgeng dan sejahtera.. *peluk

    • July 24, 2015 at 7:39 am
      Permalink

      Makasih mbak Ami, iya cepat banget waktu berlalu. Makanya dinikmati saja ya har2 yg kita jalani ini 🙂 . Tahu dari mana aku anniversary? hehe btw makasih ya mbak Ami 😉 .

  • July 23, 2015 at 7:33 pm
    Permalink

    Happy first birthday Benjamin baby
    !!!! Now you’re a toddler already 😉
    Ben suka ambil dompet mama kenapa ya…? Mau belanja apa sayang?

    Mbak sehari-hari minum air soda? Ga kembung ya? Hehehe

    • July 24, 2015 at 8:15 am
      Permalink

      Makasih ya tante Jessmite *kata Ben kicik 😀 .
      hahaha gak cuma ambil dompte, sampo, keripik mentah, mie instan dipakai main. Trus conditionerku selama seminggu hilang, gak taunya diumpein dikardus besa 😆 . Gak kembung ko. Sodanya bikin segar, mirip klo minum sprite atau cola. Cuma nih air gak ada rasanya 😉 .

      • July 24, 2015 at 8:47 am
        Permalink

        Ih persis sama seperti Kalki… remote TV sempat bingung dicariin ga ketemu-ketemu.. taunya di tumpukan mainannya Kalki.

        Apa itu “kicik”?

        • July 25, 2015 at 9:27 pm
          Permalink

          Akhirnya conditioner dan vicks balsemku sudah ketemu 😀 . Oh ya kicik artinya kecil, maklum Ben masih kecil, supaya keren dikit jadi bilang kicik saja haha.

  • July 21, 2015 at 12:19 pm
    Permalink

    waduh, padahal telur rebus enak tuh ben’ !! hahaha … makin gede makin gastenk poang. bah ! ckckckck …

    happy birthday ben’ !! makin besar, makin sehat, makin sayang papa-mama yaaa … Tuhan Yesus memberkatimu ben’ 🙂

    • July 21, 2015 at 1:33 pm
      Permalink

      Hehe iya enak banget kan telur yaa, bulan depan mau coba dikasih lagi, disuruh dokter mau tes beneran alergi atau tidak. Amin .. amin makasih ya tante Evy *kata Ben kicik 😉 .

  • July 20, 2015 at 6:02 pm
    Permalink

    Selamat ulang tahun Ben. Gaya minum airnya sm dengan Feyza nih Kak. Masuk semua itu lubang sampai sekarang (usia 2 th). Padahal temannya pada usia yang sama sudah bisa minum separuh mulut botol.
    Lagi lucu-lucunya usia begini Kak 🙂

    • July 21, 2015 at 1:48 pm
      Permalink

      Makasih tante Fidyah *kata Ben kicik 😀 . KLo dikasih botol dipegang, sering karetnya dipegang2, makany aaku gak kasih pegang lama, trus botolnya harusnya di tegakkin ya spy air keluar, Ben sih ga gitu, jd sampai thn depan air ga keminum haha, anak2 memang lucu yaa <3 .

  • July 18, 2015 at 9:49 am
    Permalink

    Wah perasaan belum lama lahir nih Ben, nggak tahunya udah satu tahun.
    Selamat Ulang Tahun ya Ben, cepet gede biar bisa temani orang tua jalan-jalan 🙂

    • July 18, 2015 at 11:43 pm
      Permalink

      Thanks Chris 🙂 .Iya ga terasa sdh 1 tahun berlalu 😀 . Ben sih memang selalu nemani kami jalan2, dia asyik di kereta dorongnya, nanti klo kami sbg ortunya sdh tua gantian Ben yg dorong kami hehe.

  • July 17, 2015 at 7:34 pm
    Permalink

    Happy bday Ben..
    Udah setahun aj ya mba, kayaknya baru kmrn baca postingan mba nel lagi hamil 🙂
    Ben, smoga tmbah ganteng dan pinter y
    Sehat slalu
    Aamiin

    • July 19, 2015 at 12:00 am
      Permalink

      Amin main makaish mbak Wulan buat doanya ya 🙂 . Btw selamat Idul fitri ya mbak, mohon maaf klo saya ada salah2 kata saat blog walking 😀 .

  • July 15, 2015 at 3:10 pm
    Permalink

    Met ulang tahun, Beeen!!!!
    kecup kecup

  • July 15, 2015 at 9:02 am
    Permalink

    happy birthday Ben !! cepet banget ya mba si ben tau2 udah setahun saja..welcome to the toddler world mba. enjoy every second of it.
    Makin pintar ya Ben..sehat selalu ya boy. nurut ama mama biar gak senewen mamanya hihihihi

    • July 15, 2015 at 4:18 pm
      Permalink

      Maksih ya Nis 🙂 . Wah klo nurut bgm tuh nyuruhnya, kita setiap hari kejar2an klo misal Ben bawa kabur barang2ku hahaha.

  • July 15, 2015 at 7:55 am
    Permalink

    hbd ben 😀 , moga sehat selalu n tambah pinter. sering2 aja jahilin mamanya ya ben 😛 😀
    itu si ben diajarin bhs indo ya kak? 😀
    wah, ben tambah 1 lagi alerginya ya kak. kesian si ben 🙁
    btw ditunggu kak postingan tentang alergi kacang ama telurnya

  • July 15, 2015 at 6:26 am
    Permalink

    Selamat ulangtahun ya ben. Semiga makin pinterr ??

  • July 15, 2015 at 5:35 am
    Permalink

    Naksir kamarnya Ben 🙂 walaupun kalo diterapkan di Indonesia kayaknya nggak cocok soalnya cuacanya puanas banget. Ben ganteng semoga sehat teruuus 🙂

    • July 15, 2015 at 4:23 pm
      Permalink

      Thn ini kita baru tahu ternyata ada roolong door kaca besar di kamar Ben, klo ga ditutup gilaa bangett panasnya tuh. Makasih ya om Nduut buat ucapannya *salam dari Ben kicik.

  • July 15, 2015 at 4:53 am
    Permalink

    Reblogged this on NORA MAYA and commented:

    Akhirnya idola kicikku berulang tahun yang pertama hari ini, walau terpisah jarak tetap merasakan kebahagiaan buat Ben bersama Bapak dan mamaknya….:))

    Selamat Ulang tahun Benjamin……….#Bighug #KissKiss

  • July 15, 2015 at 4:50 am
    Permalink

    Selamat ulang tahun benjamin, semoga selalu jadi kebanggaan bapak dan mamak……Aunty selalu mendoakan yang terbaik buatmu sayang, Love you ben………#bighug #kisskiss

  • July 15, 2015 at 2:42 am
    Permalink

    mesti dicatet dan diinget2 dah kalo anak alergi ya nel…
    wah bulan depan ada yang mau ultah nih… 🙂

    • July 16, 2015 at 1:51 pm
      Permalink

      Iya nih Man kudu dicatet klo punya alergi, gak bisa cuma diingat2 doang krn sering bablas lupa makan yg bikin alergi 😀 .

  • July 15, 2015 at 1:23 am
    Permalink

    Senang ya ben udah makin gede. Makin handsome 🙂

  • July 14, 2015 at 3:29 pm
    Permalink

    Happy birthday anak ganteng, sehat terus dan tambah pinter ya. Btw, alergi kacang emang serinya dipunya sama orang bule ya? 😀 soalnya aku jarang denger orang indonesia yang alergi kacang.
    Btw, aku paling seneng baca bagian kejar2an Ben ama mamak hehe

    • July 16, 2015 at 1:49 pm
      Permalink

      Hai tante Puji makasih ya *kata Ben kicik 😆 .
      Ga tau deh apa bule sering alergi kacang, aku malah baru tau krn kena si Ben nih, tadi pagi diambil darah buat cek di lab, minggu depan akan keluar hasilnya.

      btw selamat Idul Fitri ya Ji 😉 .

  • July 14, 2015 at 3:10 pm
    Permalink

    Cepat bangat waktu berlalu,ga terasa besok benjamin sdah umur 1 tahun pdhal perasaan blm lama mama pulang dri jerman sewaktu tungguin ben lahir.klo lihat fhoto2 nya ben lucu lincah apalagi yg dorong2 mainan nya gemas pengen gendong ben.

  • July 14, 2015 at 2:22 pm
    Permalink

    cepet banget ya mbak nel, tau-tau ben udah setahun aja ya.

    Untuk Benjamin: alles Gute und Beste zum Geburtstag nachträglich.

    LG
    /kayka

  • July 14, 2015 at 1:35 pm
    Permalink

    Hepi beday Ben, semoga sehat terus, cepet gede & punya dedek lagi

  • July 14, 2015 at 10:49 am
    Permalink

    ya Ampun ben, kamu cepet banget sih gedenya, udah setahun aja. Selamat Ulang Tahun Ben ganteng, semoga slalu menjadi anak yang ceria dan membawa kebahagiaan 😀

  • July 14, 2015 at 10:38 am
    Permalink

    Umur panjang ada di tangan kanan Nya, di tangan kiri Nya kekayaan dan kehormatan – Ams 3:16.

    HAPPY BIRTHDAY untuk Benjamin, semoga menjadi anak yang selalu takut akan Tuhan, berbakti kepada kedua orang tua dan di karuniai kesehatan sepanjang waktu.

    Sewaktu aku masih menjadi silent reader/admirer aku nggak pernah ketinggalan mengikuti perkembangan Benjamin.. nggak disangka saja waktu berlalu begitu cepat and Benjamin sudah sebesar ini.. he he.

    Once again happy birthday and God bless.

  • July 14, 2015 at 10:26 am
    Permalink

    Selamat ulang tahun Ben. jadilah kau anak yg berbakti kepada bapak ibumu… sehat selalu yaa.. aamiin..

  • July 14, 2015 at 10:13 am
    Permalink

    selamat ulang tahun Benjamim, semoga panjang umur dan sehat selalu. semoga Ben juga gak beneran kena alergi kacang dan putih telur ya, kasian Ben jadi garuk2. ohya air mineral disini juga besoda mbak Nel, saya gak suka jadilah selalu beli yang biasa rasanya aneh kayak minum sprite tapi gak ada rasanya,hahaha

    • July 14, 2015 at 1:52 pm
      Permalink

      Makasih tante Adhy buat doanya. Iya nih semoga ga beneran nantinya setelah cek darah *salam dari Ben kicik. Klo dibiasakan minum, nanti lama-lama suka deh. Klo ga ada soda katanya Bpknya si Ben spt air yg mati hahaha.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: