Perkembangan Benjamin Usia 11 ke 12 Bulan

Perkembangan Benjamin Usia 11 ke 12 Bulan. Sampailah kita di milestone Benjamin 11 ke 12 bulan. Horeee Benjamin jagoanku sudah 1 tahun usianya <3 . Sama seperti bapak dan emaknya yang tidak pernah merayakan ulang tahun, cuma menerima kado saja haha, begitu juga Benjamin, tidak dirayain ultahnya. Benjamin lahir 15 Juli 2014 melalui operasi sesar, ceritanya (baca: Cerita Melahirkan Melalui Operasi Caesar ) .

Entahlah apakah saya akan melanjutkan menuliskan milestone berikutnyanya (12 bulan ke 13 bulan), namun kali ini saya ingin menceritakan perkembangan Benjamin saat 11 bulan:

• Benjamin bisa mengambil benda-benda yang lebih tinggi letaknya dari dia. Caranya si anak berjinjit meraih benda tersebut. Ben bisa loh ambil dompet saya diatas rak/lemari padahal lemari tersebut lebih tinggi dari Ben. Girang sekali si Ben saat berhasil mengambil dompet mamanya. Pas saya lihat, saya mau ambil dong domept tersebut, jadi kami kejar-kejaran dari ruang tidur ke dapur dan berakhir di kamar mandi.

Perkembangan Benjamin Usia 11 ke 12 Bulan. Benjamin ambil dompet mama nih. Dari kamar tidur kabur ke kamar mandi. Susah sekali minta balik dompetnya tuh

Benjamin ambil dompet mama nih. Dari kamar tidur kabur ke kamar mandi. Susah sekali minta balik dompetnya tuh

 

• Bisa angkat benda yang berat. Misal botol air mineral kemasan 500 ml terisi penuh bisa di bawa kemana-mana. Sering juga menggeser mainan dari kayu. Buat saya saja tuh mainan agak berat, eh si Ben bisa geser atau pernah juga diangkat (pegang besinya). Kotak kayu mainan tersebut kami taruh sebagai penghalang meja dan sofa, karena Ben sering lihat kami ortunya angkat tuh mainan jadi dia tahu cara memindahkan mainan tersebut.

Mainan dari kayu ini padahal berat banget, bisa didorong si Ben, atau gaya mau diangkat sambil teriak uhhhh

Mainan dari kayu ini padahal berat banget, bisa didorong si Ben, atau gaya mau diangkat sambil teriak uhhhh

 

• Mengerti instruksi/perintah sederhana. Kalau saya lihat Ben memungut sesuatu dari lantai (sampah, remah makanan atau benda kecil sekali), lalu saya bujuk minta sampahnya, dia akan kasih. Seringnya sih Ben nolak lalu kabur bawa sampah tersebut, lalu kami kejar-kejaran karena Ben sering masukin mulut tuh benda kecil yang dia pungut *gggrrrhhh bikin emosi jiwa.

• Tiap kali mau kasih susu (dalam botol) saya bilang aja ke Ben „Ben minum susu yuk, sini sayang“. Nanti Ben akan mengikuti saya ke kamar tidurnya, Ben sudah mengerti jadwal dia minum, termasuk sudah mengerti omongan saya. Begitu pula saat makan siang, saya tinggal panggil dia sambil tunjukkan piring makannya, nanti Ben akan datang ke meja dia.

• Ben sudah banyak ngomongnya, hanya kami orangtuanya banyak belum mengerti bahasanya si Ben haha. Paling sering Ben bilang „sudah“ dihilangkan huruf s nya jadinya „udah“, „mama“, „bababa“. Bilang mamam alias makan sudah lancar sekali.

Tiap kali lihat makanan dia akan bilang „mamam“, kami pergi jalan-jalan lihat makanan entah ditoko atau pas lewat dia akan bilang „mamam“. Nah kalau minum si Ben menganggap makan juga kali ya, jadi minum (minuman) pun dibilang mamam sama dia. Setiap kali dia salah saya ralat terus, bilang „minum, bukan makan. Minummmmm Ben“, tetap saja dia jawab “mamam“.

*klik gambar untuk melihat ukuran penuh

 

• Minum dari gelas sudah lancar walau kadang bocor hehe alias keluar tuh airnya. Minum pakai sedotan juga sudah bisa, cuma jarang gaya ini karena sedotannya malah diambil buat mainan. Paling top adalah minum dari botol air. Sudah dari umur 7 bulanan Ben bisa minum dari botol air saya.

Kalau lagi skype an sama opung di Jakarta jangan dikasih minum dari botol karea diomelin haha. Kata opungnya Ben nanti gigi Ben rusak kena botol beling. Kalau bapaknya yang kasih tidak bisa, selalu tumpah dan baju Ben jadi basah. Yang tahu kiatnya saya aja emaknya haha. Bagusnya posisi Ben digendong model berdiri, lalu botol pelan-pelan tuang airnya. Kalau anaknya duduk malah bocor alias keluar airnya, jadi basah bajunya Ben. Sudah sebulanan ini tidak pernah minum dari botol beling lagi karena saya tidak kuat gendong lama si Ben, sudah hampir 10 kg berat euy.

Video Benjamin jago minum dari botol beling

 

Pada video diatas, saya nyebut bier, bukan Ben minum bier ya, melainkan bapaknya yang minum. Dirumah kami minum jarang banget minum pakai gelas, langsung dari botol kami glek. Air minum beli yang botolan karena masak air mahal listriknya. Airnya namanya sprudelwasser air soda atau air berkarbonasi. 4 tahun di Jerman saya sudah jadi suka banget jenis air tersebut.

• Usia 11 bulan ini bertambah 2 giginya Benjamin, yakni numbuh gigi atas. Jadi total sudah 4 gigi, 2 dibawah dan 2 diatas.

Selain alergi kacang tanah, ternyata Ben kicik alergi telur!. Untuk pertama kalinya saya ingin memberikan telur rebus ke Ben, mau tahu apakah Ben alergi telur atau tidak, ternyata dia tidak bisa makan telur. Satu butir telur rebus saya campurkan ke makan siang Ben hari itu, saya blender halus.

Makanan belum habis, sekeliling bibir Ben sudah merah. Bapaknya sih sudah bilang “merah tuh bibir si Ben”. Saya tetap lanjutkan kasih makanannya sampai habis, sayang sudah dimasak hehe. Pipi Ben jadi muncul bentol-bentol kecil, kulitnya merah, anaknya mulai garuk-garuk. Sama bapaknya dikompres air dingin, untunglah tidak sampai 30 menit hilang bentolnya.

Lalu bapak dan anak pergi mengunjungi omanya Ben di kota sebelah. Biasanya paling sedikit 4 jam disana, lah ini baru 2 jam sudah pulang. Katanya Ben garuk-garuk melulu, dimandikan bentolnya malah tambah parah, lalu yang biasanya Ben ceriah tidak bisa diam main, hari itu lemes diam saja tidak bergairah.

Mau ke rumah sakit, bentolnya sudah menghilang. Ternyata 2 jam kemudian saat tidur si Ben tidak bisa pules tidurnya, dia teriak-teriak (pasti karena gatal). Kami lihat bentolnya makin banyak, jadilah ke rumah sakit dekat rumah. 21.30 sampai rumah sakit, mengantri lama. Jam 12 malam baru dirumah kembali. Ben alergi putih telur.

Sehari setelah hilang gatal alergi, Ben kembali ceria. 28 Juni 2015

Sehari setelah hilang gatal alergi, Ben kembali ceria. 28 Juni 2015

 

Kalau ada kesempatan pengen cerita khusus mengenai alergi telur ini dan alergi kacang. 13 Juli lalu jadwal pemeriksaan rutin (U6) ke dokter anak. 16 Juli nanti Ben akan diambil darah untuk dicek di lab, karena kata dokter alergi kacang berbahaya. Kalau telur malah disuruh coba kasih lagi buat ngetes. Kita sudah ada obat alerginya dirumah, kalau memang bentol lagi bisa langsung kasih obat penawarnya.

Foto-foto dan video Ben saat usia 11 bulan seperti dibawah ini:

Mamamaaa keluarkan Ben dong. Bos kecil ngamuk, semua barang dari boks dilempar.

Mamamaaa keluarkan Ben dong. Bos kecil ngamuk, semua barang dari boks dilempar.

 

Benjamin menjatuhkan wadah petikan kuntum bunga buat pembibitan gggrrr lalu dihancurin kuntum keringnya. Serius sekali nunjukin

Benjamin menjatuhkan wadah petikan kuntum bunga buat pembibitan gggrrr lalu dihancurin kuntum keringnya. Serius sekali nunjukin

 

Entah kenapa setiap kali Benjamin dipotret pakai tablet selalu gaya mulut terbuka lebar begitu. Manggap melulu Ben yaa. Benjamin 11 bulan.

Entah kenapa setiap kali Benjamin dipotret pakai tablet selalu gaya mulut terbuka lebar begitu. Manggap melulu Ben yaa. Benjamin 11 bulan.

 

Benjamin lagi suka main Ciluk ba

Benjamin lagi suka main Ciluk ba

 

Ben dan kuda pony kesayangan

Ben dan kuda pony kesayangan

 

Video Benjamin ceritanya dorong mobil

 

Selamat ulang tahun Benjamin sayang jagoan mama dan papa, tetap jadi anak lucu yaa Ben supaya ada bahan cerita di blog emakmu ini haha <3 .

Waktu cepat sekali berlalu, tak terasa jagoanku Benjamin sudah 1 tahun usianya. Foto kiri Ben usia 1 minggu saat kami mau pulang dari rumah sakit.

Waktu cepat sekali berlalu, tak terasa jagoanku Benjamin sudah 1 tahun usianya. Foto kiri Ben usia 1 minggu saat kami mau pulang dari rumah sakit.

 

Artikel terkait:
Cerita Benjamin Bisa Jalan
Berbagai Macam Gaya Tidur Benjamin
Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi

Advertisements
Advertisements

56 Comments

  1. Ilham August 24, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 24, 2015
  2. Andy Hardiyanti Hastuti July 26, 2015
  3. rumahkubahagiaku July 24, 2015
  4. megamegimegu July 23, 2015
  5. jessmite July 23, 2015
      • jessmite July 24, 2015
  6. evy July 21, 2015
  7. avicenna11 July 20, 2015
  8. chris13jkt July 18, 2015
  9. wulanwahyudi July 17, 2015
      • wulanwahyudi July 19, 2015
  10. aftri July 15, 2015
  11. NisadanChicco July 15, 2015
  12. mayang_koto July 15, 2015
  13. niee July 15, 2015
  14. omnduut July 15, 2015
  15. Nora Mayasari July 15, 2015
  16. Nora Mayasari July 15, 2015
  17. Arman July 15, 2015
  18. -n- July 15, 2015
  19. Puji July 14, 2015
      • Puji July 22, 2015
  20. Oma Kiarra July 14, 2015
  21. kayka July 14, 2015
  22. bawangijo July 14, 2015
  23. dianryan July 14, 2015
  24. just A July 14, 2015
  25. asmat July 14, 2015
  26. adhyasahib July 14, 2015
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: