Mengenai Bebas Visa ke Indonesia

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

61 Responses

  1. Elvi says:

    Halo mbak. Mau nanya donk..Dulu wkt masi VOA setau saya bisa diperpanjang kan ya visanya, jd boleh tinggal lebih dari 30 hari. Nah kalo yg skrg bagaimana ya? Yg saya baca sih katanya bebas visa 30 hari dan tidak bisa diperpanjang. Kalo mau tinggal lebih dari 30 hari gimana yah? Apakah harus keluar dari indo baru masuk kembali? Kita uda terlanjur beli tiket untuk 5 minggu soalnya 😣 Makasihh..

    • Hai mbak Elvi,
      • Bebas visa hanya berlaku 30 hari, kalau mau tinggal lebih lama, bisa keluar Indonesia dulu lalu masuk kembali.
      • Kalau mau tinggal lebih lama pakai visa sosbud kunjungan saja, bisa diperpanjang 4 kali @30 hari, jadi total stay di Indonesia bisa 60 hari. Klo urus perpanjangan sendiri Rp. 355.000 .
      • Perpanjang 10 hari sebelum expiry date nya setiap bulan. Apply di Penang, KL atau Singapore. Urus sendiri aja gampang ko.

  2. nia says:

    Mbak mau tanya klo india jg bebas visa yaa,berarti gak mesti isi form lg ya cm beli tiket sm bw paspor aja kan?tkt nanti uudh smpe jkrta gak blh msuk krna gak ada visa..mksh ya mbak sblmnya

  3. Gandi says:

    Saya mau tanya dong,, Saya ada teman dari Filipina kan bebas visa tuh, dia lg berkunjung ke Indonesia, bebas visanya untuk berapa lama ya?
    Dan kalo misalkan dia pergi dulu ke Singapura untuk satu 1 tanpa bermalam, apa bebas visanya akan me re-fresh ulang kembali menjadi 30 hari? atau harus stay di luar negri lebih dari 1 hari dulu?

  4. Penasaran, kalau WNA itu setelah 30 hari kemudian kembali lagi masih bisa dapat bebas visa ngga ya? atau ada jangka waktu dia harus meninggalkan Indonesia selama berapa lama gitu?

    • bebas visanya hanya berlaku 30 hari, klo keluar indonesia dulu lalu masuk lagi bisa ko apply bebas visa lagi.
      Kalau mau yg agak lama pakai visa sosbud kunjungan saja, bisa diperpanjang 4 kali @30 hari, jadi total stay bisa 60 hari.
      Klo urus perpanjangan sendiri Rp. 355.000 .

  5. nelsonmuliagroup says:

    Ayo dong diulas bebas visa yang dari Indonesia keluar negeri, ito.. kalau dari luar ke Indonesia mah yang pakai orang asing tho? Hehehehehe maklum blum pernah jalan ke luar..

  6. Jeskka says:

    Share pengalaman mudik juli maren, anak saya paspor salah satu negara schengen, msk lwt soetta dan petugas lsg cap free visa dgn tulisan tourism purpose only, ga ditsnya apa2 tuh, jd tergantung petugasnya jg deh

  7. Thanks for sharing mba 🙂 Saya juga beberapa waktu lalu sempat membaca sekilas mengenai info ini tapi baru sekarang tau info detailnya hehe

  8. Kiki :) says:

    Wah, visa kunjungan ke INDONESIA yaa ?
    Ijin menyimak dulu postingannya. Agak kurang ngerti soal ini hehehehehe

    Pembebasan visa bagi 45 negara mungkin dilakukan untuk turut serta mendongkrak pariwisata Indonesia. Visit Indonesia 2015.

    Pembebesan visa ke Indonesia juga mungkin dilakukan untuk lebih ‘memperkenalkan’ Indonesia ke luar negeri, terutama ke negara-negara yang dibebaskan visa ke Indonesia. Kemarin-kemerin juga di Bandung digelar hajat akbar Konferensi Asia-Afrika yang dihadiri oleh para delegasi-delegasi dan rombongan-rombongan dari negera-negara peserta KAA. Terus tahun 2018 juga Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games.

    Correct me if I wrong 😀
    Terima kasih, 🙂

  9. O says:

    Halo, saya cuma mau berbagi pengalaman baru2 ini nih.
    Jadi ceritanya beberapa waktu yang lalu pas sampai di imigrasi Soetta, saya langsung nanya ke petugasnya apakah si Monsieur perlu bayar VOA? Lalu dia tanya balik untuk apa dan berapa lama si Monsieur mau tinggal di Indonesia?. Saya jawab untuk liburan dan lamanya 2 bulan. Nah terus dia bilang kalau gitu harus bayar visa dulu nanti terus harus perpanjang di imigrasi. Saya terus bilang ke bapaknya “kok bayar sih Pak? Bukannya udah gratis ya?”. Lalu dijawabnya: “ya saya gak tahu ya Bu,…soalnya masih belum jelas aplikasinya”. Saya waktu itu yang udah capek banget cuma bisa kesel aja, soalnya aturan kok gak jelas banget…padahal dari Perancis kami udah yakin kalau nanti si Monsieur gak perlu bayar VOA dan tinggal bayar perpanjanganny saja. Jadi mungkin kalau menurut saya, tergantung dari pengetahuan petugasnya kali yaa.

    • Halo juga O, bebas visanya untuk kunjungan singkat, maksimal tinggal 30 hari. Klo lebih 30 hari tidak bisa ikut aturan bebas visa tsb.
      Berikutnya klo datang lagi bilang langsung stay 30 hari, lalu print out juga pengumuman resmi dr kbri. Klo ngotot kemungkinan besar dikasih bebas visanya 😉 . Utk perpanjang tinggal ke kntr imigrasi terdekat.

  10. kalo diluar tempat pemeriksaan imigrasi yang bebas memberikan visa kunjungan itu gimana perlakuannya? misal imigrasi makassar, apakah cuma mengisi form aja tapi tetap gak perlu bayar yah? Peraturannya kan baru kakak, mereka dalam proses move on…..hehe… mudah2an mereka cepat terima kenyataan…

  11. Nel, aku belon dapet cerita apapun nih karena semua kenalan aku masuk pake socbud tapi agak aneh juga ya kalau masuk untuk ngunjungin keluarga dikenakan biaya malahan yang hura2 digratisin hehe

    • Kalau pakai sosbud mungkin tinggalnya lebih dari 30 hr kali ya Non?. klo yg bebas visa singkat tuh max 30 hari saja. Harusnya sih yg kunjungan keluarga dan liburan sama saja ya, toh itu yang mengunjungi keluarga ngabisin duit juga buat jalan-jalan di Indo 😀 .

  12. bawangijo says:

    WNI bebas visa schengen kapan yaa hehe

  13. joeyz14 says:

    Teteup aja ada petugas nakalnya ya kak nel…..

  14. Wahh aturanya masih gak jelas gitu ya mba, tertulis dan orakteknya beda. Moso ngunjungin keluarga bayar.. Kan aneh ..

  15. Kalau indonesia ke negara gede lain, kapan bebas visanya ya? hehee~

  16. Beberapa waktu lalu dapat edaran dari deplu tentang hal ini, Irlandia belum masuk di list 🙁

  17. kayka says:

    wah sayang ya berlakunya setelah saya balik ke jerman. tapi terima kasih infonya mbak nel, harus print nih kalo kapan-kapan mudik lagi.

    saat ngantri suami mesti ngantri sendiri nih mbak nella, biar gak ketahuan mudik pulang ke kampung istrinya ya.

    salam
    /kayka

    • Semoga berguna buat lain kali ya mbak Kay. Hehehe iya ya suami bilang tujuannya mau liburan mbak biar free visa 😉 .

      • kayka says:

        iya mbak nel, trims noch mal ja.

        btw ajib juga ya peraturannya ya kog mengunjungi keluarga malah gak dibebasin. beda banget dengan disini apapun yang menyangkut keluarga mesti ada kemudahannya.

        salam
        /kayka

  18. Urun komen ya mbak 🙂
    Sepengetahuan saya memang saat ini ada 45 negara yang bebas visa untuk masuk ke indonesia. bebas visa itu sendiri dibagi jadi 2 yang biasanya disebut bebas visa kunjungan singkat (bvks) sebanyak 15 negara dan bebas visa kunjungan wisata (bvkw) sebanyak 30 negara.

    Untuk pasal 6 ayat 2 yang disebutkan salah satu tujuannya untuk kunjungan keluarga memang benar mbak, tapi ayat ini merujuk ke negara subjek bvks (yang 15 negara). Jadi yang 30 negara lainnya murni untuk tujuan wisata saja dan tidak lebih dari 30 hari.

    Jadi mungkin kenapa temannya mbak yg wn.jerman diminta bayar, itu karena jerman masuknya ke negara subjek bebas visa kunjungan wisata.

    Demikian mbak, mohon maaf kalau ada salah. Kalau berkenan nanti tulisan mbak saya fw ke teman2 di TPI yang lebih mengerti 🙂

    • Dear mbak Azita terima kasih untuk informasinya 🙂 . Saya kan baca-baca komen dari forum, nah kenapa yang dari belanda untuk kunjungan keluarga bebas visa ya?, sedangkan bpk tsb yang dari Jerman malah disuruh bayar. Yg bikin bingung ya karena dilapangan beda-beda penangganannya. Sekali lagi makaish mbak ya komennya 😉 .

  19. arjuna says:

    aanda berart tidak mengerti hukum di indonesia.. Bebas visa bagi bisnis, sosial budaya, jurnalistik dll itu bagi negara bebas visa kunjungan sementara yaitu 15 negara yaitu sekuruh asean (kecuali timor leate) dan ekuador hongkong sar dll… Sedangkan bagi yang bebaa visa yang anda maksud hanya khusus holiday mohon dilihat aturan presiden jokowiiiiii

    • Yth. bapak Rui Rully, pertama terima kasih untuk komentar bapak yang baru pertama kali di blog saya ini. Kedua karena bapak bekerja di kantor imigrasi Jakarta Barat jadi alangkah bijaknya menginformasikan/memberi komentar sesuatu yang mungkin bapak lihat/baca tidak tepat dikomentari dengan baik bukan dengan kalimat seperti orang berteriak. Mungkin bapak anggap saya bodoh karena saya tidak ada ditanah air untuk mengetahui peraturan yang sudah berjalan dilapangan, karena itulah saya buat postingan ini supaya saya mendapat masukkan dari mereka yang sudah pernah datang ke Indonesia setelah peraturan bebas visa tersebut berlangsung.

      Saya mengikuti sedikitnya 2 forum yakni KWI https://www.facebook.com/groups/KSCAPENS dan kawin campur https://www.facebook.com/groups/Perkawinancampuran di 2 forum tersebut pernah ada share mengenai bebas visa, banyak yang memberikan komentar. Ada keluarga dari Belanda bebas visa ketika masuk indonesia, tujuan kunjungan keluarga/liburan, dan ada dari Jerman dikenakan biaya visa padahal untuk tujuan yang sama.

      yang menjadi pertayaannya adalah, “apakah kunjungan keluarga BUKAN termasuk holiday?”.

  20. dani says:

    Wah Mbak Nel, baru tahu ke Indonesia ternyata gak pake visa untuk negara-negara itu. Biar kunjungan ke Indonesia semakin meningkat gitu ya Mbak? 😀

  21. adhyasahib says:

    Rumania gak masuk dalam daftar sigh, berarti suami msh harus bayar nih mbak. ini berarti bebas visa maksudnya bebas visa gak bayar visa kn ya? bukan gak oake visa sama sekali, tetap ada visa on arrivenya tapi gak bayar gitu kn ya mbak?

  22. just A says:

    Terima kasih atas infonya Sis ^^

  23. Jadi mending bilang turis yaaa di bandingkan kunjungan keluarga, aneh banget 🙂

  24. -n- says:

    Mengunjungi keluarga malah bayar…. Hmmm aneh jg ya?

  25. Yup bilangnya liburan jadi kalau bw istri yg WNI suruh jalan duluan biar ngak ketahuan..

  26. Arman says:

    Good to know bilangnya liburan ya.
    Jd tetep mesti wawancara dan isi formulir cuma gak ush bayar gt ya nel?

    • Setau gw nanti paspor wna nya di cap bebas visa. Mengenai isi formulir atau tidak gw belum jelas Man. Drpd gw jawab salah, ntar malah disemprot spt komentar diatas tuh, jd ntar klo sdh banyak yg komen (kasih masukkan) pengen bikin rekap nya 😀 .

  27. Jian Septian says:

    Kak, perkenalkan sebelumnya saya jian, asli orang indonesia lhoo hehe..:) dulu saya sempat pernah ikutin blognya kakakkk.. tapi saat itu saya gak begitu peduli.. apaan sih ini blog gak jelas… tapiiiiiiiiiiiii stelah penasaran baca2 blognya kakakkkkk,, waaaah jadi semangat bangeeett pngen ke jermaaaann…

    dulu sempat pernah lo waktu sma, kepingin bangeeeeeeeeeeeet ke jerman. jadi ceritanya waktu itu saya pernah ikut kompetisi bahasa jerman *padahal cuma bisa dasar doang hahaha 🙂 dan klo menang dapet hadiah gratis ke jerman untuk liburan, tpi sayang saya gak menang saat itu, jadii impian pun belum kesampaian.. may be next time,, hehe amiien

    jujuurr kak, saya kaget dan menganga,, *cieeeee lebayy, pas baca klo kakakkk dapet jodoh orang bule via online dating hehehehe… kaget juga sih ngebaca perjuangan kakakkk buat dapetin jodoh orang bule dan pengen tinggal di luar negeri sebegituu strongnyaaa,,, hahaha, tapi saya salut samaaa perjuangan kakak yg gak prnah menyerah buat dapetin mimpinyaa.. sesuai sama blognyaaa *pursuing my dreams hehe

    Kayaknya tinggal di jerman seru banget ya kak?? jadi penasaran,, kapan ya saya bisa kesanaa?? hmmm

    oiya kak, buat yang bebas visa ke indonesia,,, emmang bener sih kata kakakkk klo orang asing yg ke indonesia skrg udh bebas visa, sama kyk penjelasan kakak di blog ini… tp kita emang belum bisa ke LN dgn bebas visaaa..*rugi kita… masih dalam tahap persetujuan negara2 penerima bebas visa indonesia.

    kakkkk,, mau tau dong caranya bisaaa bahasaaa jermaaaan lancaaaaarrr.. mungkin ada rekomendasi harus gmn? kmn? dan tanpa biaya… hehehe 😛

    makasih kakk buat tulisannya yg inspirasi bangeeeettt… semoga next time bisa kerumah kakak di jermaaaannn.. amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnn

    sorryyy nih kak curcool di blog kakakk hehehe *gak punya malu 😛

    • Hai Jian, salam kenal ya 🙂 . Hahaha blog gak jelas krn seringnya update tanaman ya :mrgreen: . Buat saya di Jerman seru nya dalam hal berkebun, menghadapi 4 musim beda2 penanggangannya.
      Semoga suatu hari nanti negara kita juga semakin banyak bebas masuk ke negara lain misal eropa ya 😀 .

      Ga hanya bhs Jerman, bhs asing lainnya klo mau lancar ya harus sering dipakai. Klo tanpa biaya ya misal masuk lah ke forum2 bhs Jerman, coba google saja, atau klo sdh pernah kursus kan jd ada teman buat latihan ngomong dong.

      Semoga suatu hari nanti kita bisa ketemuannya ya 😀 .

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: